Selasa, 15 September 2020

TEMAN AKRABMU DI DUNIA, BISA MENJADI MENJADI MUSUHMU DI AKHIRAT



OLeH  : Ummu Nadia Alifulia

💘M a T e R i💘

🌷 TEMAN AKRABMU DI DUNIA, BISA MENJADI MENJADI MUSUHMU DI AKHIRAT


Bisa jadi teman sesama pengguna narkoba terlihat sangat akrab bahkan hampir bersaudara ketika menggunakan narkoba bersama-sama. Mereka mengatakan:

“Kita saling berbagi jika dapat narkoba dan susah-senang bersama”

Namun keadaan berbalik 100% tatkala mereka semua ditangkap oleh polisi, mereka saling menyalahkan siapa duluan yang mengajak, saling mengelak dan saling menuduh siapa yang membeli dan menghadirkan narkoba pertama kali.

Demikianlah keadaan “Teman Akrab” di dunia yang tidak dibangun berdasarkan “Pertemanan Karena Allah ﷻ,” bisa jadi mereka akan saling bermusuhan dihari kiamat. Misalnya saja mereka sangat akrab di dunia dan kompak dalam berbagai aktivitas dan kebersamaan, akan tetapi tatkala tiba waktu salat, tidak ada satupun dari mereka yang mengingatkan agar shalat dahulu, akhirnya mereka semua lalai akan shalat.

Sahabat akrab bisa jadi saling bermusuhan di hari kiamat. Allah ﷻ berfirman,

الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67)

Ahli Tafsir At-Thabari menjelaskan,

المتخالون يوم القيامة على معاصي الله في الدنيا, بعضهم لبعض عدوّ, يتبرأ بعضهم من بعض, إلا الذين كانوا تخالّوا فيها على تقوى الله.

“Orang-orang yang saling bersahabat di atas maksiat kepada Allah di dunia, di hari kiamat akan saling bermusuhan satu sama lain dan saling berlepas diri, kecuali mereka yang saling bersahabat di atas takwa kepada Allah.” (Lihat Tafsir At-Thabari)

Hendaknya kita benar-benar mencari sahabat yang baik dan jangan sampai kita menyesal di hari kiamat, sebagaimana firman Allah ﷻ,

وَيَوْمَ يَعَضُّ الظَّالِمُ عَلَىٰ يَدَيْهِ يَقُولُ يَا لَيْتَنِي اتَّخَذْتُ مَعَ الرَّسُولِ سَبِيلًا ﴿٢٧﴾ يَا وَيْلَتَىٰ لَيْتَنِي لَمْ أَتَّخِذْ فُلَانًا خَلِيلًا ﴿٢٨﴾ لَقَدْ أَضَلَّنِي عَنِ الذِّكْرِ بَعْدَ إِذْ جَاءَنِي ۗ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِلْإِنْسَانِ خَذُولًا

“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya (yakni: sangat menyesal), seraya berkata: “Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si Fulan itu teman akrab (ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku.” Dan adalah setan itu tidak mau menolong manusia.” (QS. Al-Furqan: 27-29)

Hendaknya kita selalu berkumpul bersama orang-orang shaleh dan jujur dalam keimanannya, sebagaimana firman Allah ﷻ,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).” (QS. At-Taubah: 119)

Wallahu a'lam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0️⃣1️⃣ Emi ~ Bekasi
Sekarang jamannya pertemanan di dunia maya. Anak muda-muda lebih banyak berteman dengan HP-nya dibanding teman-teman dunia nyata.

Teman dunia maya kadang kita tidak tahu ya baik buruknya.

Bagaimana kiatnya untuk anak-anak muda agar bisa mencari teman yang baik?

🔷Jawab:
Untuk berteman secara dunia maya maupun dunia nyata jikalau teman tersebut membawa kebaikan, mengingatkan kebaikan, mengajak kebaikan, tidak masalah shalihah. Carilah teman yang membuat kita selalu dekat dengan Allah ﷻ, maka itulah teman yang baik.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Nick ~ Cilegon
Saya punya teman, dia selalu mengingatkan untuk selalu dekat dengan Allah ﷻ, tapi saya juga ingin buat dia sedikit berubah karena terkadang kalau dia ada masalah itu selalu diumbar di medsos. Jika diingatkan terkadang tidak terima ujung-ujungnya nanti marahan. Tapi nanti baikan lagi, ingin merubah sedikit sifatnya itu tapi mungkin memang dia butuh pelampiasan tapi begitu, orangnya terlalu sensitif!

🔷Jawab:
Coba perlahan shalihah, setidaknya cobalah supaya ia mengungkapkan masalahnya kepada anti, agar tidak ke sosial media.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Dwilia ~ Lampung
Itukan perumpamaannya perbuatan yang benar-benar berdosa dan dosanya terlihat nih (memakai narkoba), pertanyaannya ada jenis manusia yang kadang merasa lebih baik dari temannya, kadang juga merasa buruk dari temannya sehingga ada rasa kesal tiap kali melihat temannya (sering menggerutu dalam hati soal si teman) apa ini juga akan menjadi boomerang di akhirat kelak?

🔷Jawab:
Na'am shalihah, benar.

Nantinya akan jadi boomerang jika selalu mengukur seperti itu atau bisa dibilang bersu'udzon tanpa alasan yang jelas, tanpa hal yang jelas.

Wallahu a'lam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Baiklah shalihah,
Jazakillah khair sudah diberikan kesempatan untuk berbagi dan sharing ilmu yang insyaaAllah bermanfaat dan bernilai kebaikan untuk kita semua.

Jangan putus untuk selalu menuntut ilmu yaa, karena ilmu itu luas dan ada dimana saja.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar