Selasa, 15 September 2020

PUBERTY GOALS



OLeH : Bunda Heradini Faizah, S.Psi

da seks sekunder, pacu tumbuh dan kesiapan untuk bereproduksi.

Akhwati fillah penghuni room perindu surga yang dirahmati Alloh ﷻ.
Masa pubertas memiliki beberapa proses atau karakteristik, yaitu:

◼️1. Periode Yang Tumpang Tindih

Karakteristik masa pubertas yang pertama adalah pubertas sebagai periode yang tumpang tindih. Hal ini dikarenakan terjadi tumpang tindih antara tahun akhir anak-anak dengan awal masa remaja.
Selama masa pubertas, anak mulai matang secara seksual anak dan lebih dikenal sebagai remaja muda.

◼️2. Periode Singkat

Karakteristik kedua adalah periode yang singkat, karena hanya berlangsung selama 2-4 tahun. Selama periode tersebut banyak terjadi perubahan dan berlangsung sangat cepat.

Meski begitu, ternyata bagi sebagian anak remaja masih memerlukan waktu sekitar 3-4 tahun untuk menyelesaikan masa peralihan menjadi orang dewasa.

Hal ini kemudian dianggap sebagai pubertas yang lambat matang. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa anak pubertas perempuan lebih cepat matang dibandingkan anak laki-laki.

◼️3. Pertumbuhan Dan Perubahan Yang Cepat

Karakteristik ketiga ini pubertas dianggap sebagai masa pertumbuhan dan perubahan yang cepat.
Hal ini karena masa pubertas merupakan salah satu dari dua periode rentang kehidupan manusia yang mengalami pertumbuhan sangat pesat, terutama pada pertumbuhan fisik.

Ciri khas dari masa pubertas adalah banyaknya perubahan bentuk penampilan tubuh, penampilan diri, kepemilikan, sikap, maupun minat seks.
Dampak buruk dari perubahan yang begitu pesat menyebabkan timbulnya sikap keraguan, perasaan tidak mampu, dan merasa tidak aman.

Pertumbuhan yang sangat cepat selama masa pubertas terjadi pada remaja berlangsung selama 1-2 tahun. Kematangan seks berlangsung enam bulan hingga satu tahun berikutnya.

Pada perempuan, pertumbuhan pesat terjadi pada usia 8,5-11,5 tahun dengan puncak kematangan di usia 12,5 tahun. Masa pertumbuhan akan menurun pada usia 17-18 tahun.

Sedangkan untuk pria mengalami masa pertumbuhan pesat antara usia 10,5-14,5 tahun dengan puncak kematangan usia 14,5-15,5 tahun. Masa pertumbuhan akan menurun pada usia 21 tahun.

◼️4. Fase Negatif

Karakteristik keempat masa pubertas adalah fase negatif, karena biasanya anak-anak pubertas mengambil sikap anti kepada aturan.

Bahkan beberapa anak remaja yang pubertas sering bertentangan dengan orang dewasa dan cenderung bersifat agresif.

Fase negatif pubertas ini akan berakhir seiring dengan fungsi seksualnya semakin matang.

InsyaaAllah ini yang bisa saya sampaikan pada kajian online kali ini.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ Kiki ~ Dumai
Bagian periode singkat tersebut dikatakan perempuan lebih cepat matang dari pada remaja laki-laki. Itu apakah dari segi fisik saja ya bunda?

🌸Jawab:
Perempuan lebih matang secara fisik dari pada laki-laki. Jadi perubahan badan mereka lebih terlihat perbedaannya daripada ketika masa kecilnya. Anak perempuan tumbuh lebih cepat. Mereka juga biasanya baligh lebih cepat dari laki-laki. Demikian juga kematangan emosi dan cara berfikir.

Namun ketika umur 16 tahun, biasanya diumur anak kelas 3 SMP, laki-laki akan melesat pertumbuhannya. Melejit melebihi anak laki-laki.
Suara mulai pecah, tubuh tumbuh keatas. Mulai ada tanda-tanda baligh dan lainnya.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣2️⃣ Han ~ Gresik
Assalamu'alaikum,

Bunda, bagaimana bisa mencapai puberty goal bila orang tua dan lingkungan tidak mendukung?

(Misal nich, banyak kita lihat orang tua juga pada sibuk bekerja sendiri, jadi pengasuhan anak kadang terabaikan atau bahkan diserahkan ke pengasuh anak).

🌸Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Kadang memang perwujudan tidak sesuai dengan harapan.
Ada remaja yang punya cita-cita bagus. Goal yang sempurna, menata masa depan sedemikian rupa, kemudian mereka dihadapkan pada kendala didepan mata dari orang-orang terdekat.

Orang tua tidak mendukung, lingkungan malah melecehkannya.
Bagaimana ini ??????
Yakinlah pada jalan yang telah kau tempuh. Jalan yang telah dilalui selama ini. Diskusikan konsepmu dengan orang tua. Mau jadi apa, ingin seperti apa kelak, ingin jadi apa besok ketika besar. Diskusikan. Orang tua dengan pendidikan tinggi diharapkan mampu menurunkan egonya untuk mendengarkan anaknya.

Jika tidak berhasil, minta tolong kepada orang yang suaranya lebih didengarkan mereka
Ketika lingkungan tidak mendukung dalam artian tidak ada fasilitas memadai, maka berusaha keraslah. Karena usaha yang dilakukan takkan mengkhianati hasil
Tetap bertawakal kepada Alloh ﷻ.
Serahkan semuanya kepada Alloh ﷻ.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Masa puber atau seringkali dinamakan dengan masa remaja adalah masa yang menentukan masa depan. Maka jadilah remaja yang bertaqwa. Siapkan jiwa dan raga untuk melalui masa ini dengan baik.

Jika Indonesia didominasi oleh generasi muda muslim yang bertakwa, bukan tidak mungkin bangsa ini dapat menjadi negara berprestasi dan mampu membangun peradaban yang unik seperti yang dicontohkan Rasul dan para sahabat.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar