Selasa, 29 September 2020

PERCAYA DIRI



OLeH  : Ustadzah Nimas

        💘M a T e R i💘

Alhamdulillah...
Terimakasih atas waktu dan kesempatannya.
Telah dibuka dengan doa yang indah.

Baiklah kita mulai majlis ilmu ini dengan bacaan basmalah terlebih dahulu...

Bismillahirrahmanirrahim

🌸PERCAYA DIRI

Seperti yang telah kita ketahui bersama, percaya diri adalah sebuah sikap yang muncul dari dalam diri kita, mempengaruhi pola berpikir, dan akan terlihat dari tingkah laku yang kita tunjukkan. Kadar percaya diri dalam setiap orang berbeda-beda, namun kesamaan prinsip dan patokan nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari biasanya membuat keberadaan percaya diri itu terlihat hampir sama di setiap pemahaman.

Langkah awal yang harus dibangun dalam memahami keberadaan percaya diri adalah pemahaman kita akan konsep diri. Nah, sebelumnya kamu juga harus tahu, bahwa konsep diri itu merupakan gambaran umum yang menjadi dasar bagi kita untuk mengarahkan ke mana tujuan hidup. Konsep itu akan menjadi bingkai dalam setiap pikiran dan tindakan.

Ada satu hal yang selama ini membuat orang keliru dengan makna percaya diri. Konsep yang tertanam cenderung mengidentikkan percaya diri dengan sikap masa bodoh, tidak peduli dengan anggapan orang lain, yang penting nyaman menjadi diri sendiri. Padahal masa bodoh dan percaya diri itu sangat tidak berdekatan. Dalam sikap masa bodoh kita akan mendapati bahwa kepercayaan terhadap apa yang dilakukan diri itu selalu benar terlalu besar, sehingga kebanyakan orang yang masa bodoh menghiraukan pandangan atau nasihat dari orang lain yang padahal peduli dengannya. Namun, orang yang percaya diri tidak demikian, dia tidak menutup diri dari datangnya masukan yang mengarahkannya pada suatu hal yang lebih baik.

Orang yang percaya diri bukanlah orang yang masa bodoh pada lingkungannya karena merasa telah terlalu yakin pada dirinya sendiri, sehingga seenaknya melakukan apapun yang ia mau. Justru, orang percaya diri itu adalah orang yang dengan sikap yakin terhadap dirinya mampu memposisikan dirinya secara tepat dalam lingkungan.

Cara meningkatkan percaya diri yang benar adalah seperti ini. Bukan pada penampilan, bukan dengan menjelekan orang lain, atau bukan dengan sebuah pencitraan. Citra diri jauh lebih penting dibandingkan pencitraa.

◼️Langkah #1: Motivasi, Langkah pertama adalah membangkitkan motivasi

Mengapa Anda harus memiliki kepercayaan diri?

Pada dasarnya Anda akan membuka peluang lebih banyak dengan percaya diri. Setelah percaya diri, Anda akan lebih banyak melakukan dan mencoba dibandingkan saat rendah diri. Saat Anda memiliki keberanian bertindak, maka peluang sukses akan semakin besar.

◼️Langkah #2 Memiliki Fondasi Yang Kuat

Kebanyakan orang mencari trik dan tips. Itu bagus, namun hanya akan memberikan solusi sesaat jika tidak dilandasi oleh fondasi yang kuat. Anda harus benar-benar menguasai dasarnya. Penguasaan dasar akan memberikan efek lebih lama pada diri Anda dibandingkan hanya menerapkan tip dan trik saja.

◼️Langkah #3 Membebaskan Diri Dari Belenggu Rendah Diri

Setelah memahami fondasi dasar, maka langkah selanjutkan membebaskan diri dari belenggu. Ya, orang yang rendah diri ada belenggu pada dirinya sehingga dia tidak bisa melejitkan potensinya

◼️Langkah #4 Mempertahankan dan Memupuk Kepercayaan Diri Yang Mulai Muncul

Salah satu kesalahan, saat seseorang berusaha meningkatkan kepercayaan diri baru sampai langkah #3.

◼️Langkah #5 Mengokohkan Kepercayaan Diri

Setelah percaya diri Anda tumbuh, maka upaya selanjutnya adalah mengokohkan kepercayaan diri Anda.

Wallahu a'lam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0️⃣1️⃣ Titin ~ Jambi
Assalamualaikum ustadzah,

Bagaimana cara membebaskan diri dari rasa rendah diri soalnya saya termasuk orang yang rendah diri hingga tidak percaya diri.

Mohon pencerahannya ustadzah.

Terimakasih.

🔷Jawab:
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirohmanirohim,
Supaya kita terbebas dari lidah ini maka penuhilah beberapa hal ini:

a) Ilmu
b) Tambah pergaulan
c)  Temukan potensi dirimu.
d) Sebagai tambahan coba kenali dirimu dengan cara berikan batas waktu 10 sampai 20 menit untuk mengenali setidaknya 30 kelebihan dan kekuranganmu dari situ kita akan memahami diri kita rubahlah kekurangan menjadi sebuah kelebihan demikian pula sebaliknya.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Safitri ~ Banten
Ustadzah gimana caranya kita bisa tau kekurangan dan kelebihan yang ada di diri kita?

🔷Jawab:
Coba buat list kekurangan dan kelebihan misalnya kekurangan kita baperan mudah nangis kelebihan kita misalnya setia kawan mudah percaya orang contoh-contoh seperti itu saja dan cari sebanyak mungkin yang ada dalam dirimu kemudian bisa kamu rubah yang menurut kamu adalah kekurangan bisa dirubah menjadi menurut kamu sebagai kelebihan.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Erni ~ Yogja
Assalamualaikum Ustadzah,

Sebelumnya mau menyampaikan ada salam dari coach fredy setya.

Bagaimana caranya membangun  mempertahankan rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang-orang yang berbuat sesuatu didepan kita yang memancing kita terjatuh dalam malu?

Mohon pencerahan.

🔷Jawab:
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Sampaikan salam balik saya untuk beliau.

Yang harus kita pahami bersama supaya kita tidak malu dihadapan orang lain karena kekurangan kita, maka yang harus kita lakukan adalah memahami diri kita sendiri. pahami kekurangan dan kelebihan kita lalu rubah pula dimana kekurangan itu bisa menjadi kelebihan dan sebaliknya kelebihan menjadi kekurangan selanjutnya jangan mudah baper kalau seseorang mempermalukan kita karena kekurangan fisik maka bikinlah sebuah kekurangan itu sebagai sebuah kelebihan.
Misalnya kita diolok-olok terlalu gemuk, jawab saja dengan santai siapa bilang saya gemuk bukan tapi seksi sambil tertawa jadi jangan terlalu terbawa perasaan dan jangan biarkan orang lain menghina dirimu jadikan kekurangan menjadi sebuah kelebihan.
Ketahuilah bahwa setiap kita adalah istimewa.

🌷Bagaimana caranya olok-olok an dan berbagai rintangan yang mereka  sajikan bisa menjadi penyemangat untuk bangkit?

🔷Lakukan muhasabah diri, koreksi diri, gabungkan dengan semua kelebihanmu dan selalu berpikir positif maka itu akan menjadi sebagai penyemangat.

🌷Bagaimana caranya menata kembali kata-kata dalam doa agar lebih pas?
Misalkan selama ini saya minta pada agar dimudahkan mempelajari irama bayyati. Yang ada di mudahkan Alloh ﷻ menghadiri berbagai kajian murotal, tapi ketika doa saya rubah redaksinya dengan kata  Ya Alloh pahamkan pada saya irama bayyati, Alloh mudahkan saya paham irama bayyati.

Bagaimana caranya agar bisa dimudahkan Alloh ﷻ  dalam memahami setiap esensi kajian? Sehingga ketika berhadapan dengan masyarakat bisa tegak dalam kelembutan? Begitu juga saat berhadapan dengan anak, menyelami kedalaman hati anak, sehingga tidak salah dalam menentukan tanggapan dan kata?

Mohon pencerahan.

🔷Sebenarnya doa apa saja yang kita panjatkan kepada Alloh ﷻ. Alloh ﷻ pasti mengerti apa maksudmu dan Alloh ﷻ pasti paham.

Dan jika kita ingin orang lain atau siapapun mengerti pembicaraan kita cobalah doa Nabi Musa ketika dia harus berdakwah kepada Firaun.

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Neni ~ Tangerang
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh, ustadzah,

Apakah ada doa agar ketetapan rasa percaya diri tidak pasang-surut?

Mohon pencerahannya. 

🔷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Kita telah diajarkan untuk doa kepada Alloh ﷻ supaya kita ditetapkan hati dan itu bisa kita tambah juga dengan bahasa kita supaya kita memiliki ketetapan, kepercayaan diri. Jadi sahabat, doa itu luas jangan dibatasin dan Alloh ﷻ Maha mengerti.

🌷Baik, ustadzah terima kasih banyak untuk arahan dan pencerahannya.

Wallahu a'lam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

PERCAYA DIRI akan timbul jika kita akan mengetahui kekurangan serta kelebihan kita. Kita bisa berubah sesuai dengan keperluan.

Semangat berjuang kawan, percaya diri bisa kita raih.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar