Selasa, 15 September 2020

MENGENAL PALESTINA



OLeH  : Uni Rahma Hidayani

   🇵🇸 M a T e R i 🇵🇸

الحمد والشكر لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله واصحابه ومن واله
اللهم صل وسلم وبارك على رسول الله. .. اما بعد
احييكم بتحية الاسلام
تحية اهل الجنة


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Alhamdulillah, segala puji bagi Alloh ﷻ Tuhan semesta, Dzat yang maha Mengetahui lagi Maha Adil. Yang telah mempersatukan kita dalam lindungan kasih sayang-Nya.
Shalawat beserta salam kepada Junjungan umat semesta hingga akhir zaman, manusia pilihan, manusia mulia yang dijamin Surga oleh Alloh ﷻ. Yakni Rasulullah shalawat alaihi wasallam. Yang telah menerangi kehidupan kita, Cahaya ditengah kegelapan. Yang akan memberi syafaat.

Salam hangat dari Saudara kita di Palestina teruntuk sahabat Perindu Surga, terimakasih telah bersedia hadir malam ini menyimak bagaimana kisah mereka di tanah para syuhada.

Tanpa memperpanjang mukaddimah. Mari malam ini kita satukan hati dan pikiran kita bersiap untuk meluruskan niat dengan hati yang tulus ikhlas menerima informasi malam ini. Yang InsyaAllah akan bermanfaat bagi kehidupan kita hingga Jannah nanti.

Materi Malam Pertama ini tentang MENGENAL PALESTINA

MasyaAllah, Semoga tidak ada diantara kita yang tidak mengenal Palestina.

Mungkin dalam hati kita bertanya. Mengapa sih selalu Palestina?
Palestina lagi...
Palestina lagi...

Kenapa harus dan selalu Palestina?

Kini saatnya kita Mengenal Palestina. Negeri yang di Istimewakan oleh Alloh ﷻ dan Rasulullah ﷺ.

◾1. IKHTIAR RABBANI TEMPAT YANG ALLOH ﷻ PILIH

Alloh ﷻ telah mengistimewakan Syam (Palestina), memuliakan tanahnya dengan keberkahan dan menjadikannya salah satu tempat suci dengan memilih Masjidil Aqsho menjadi kiblat pertama Umat Islam, tempat hijrah dan berdakwahnya para Nabi dan Rasul dan dipilihnya tempat ini sebagai tempat Isra' dan Mi'raj nya nabi kita yang mulia.

◾2. MAUQI' JUGROFILL BERADA DIJANTUNG DUNIA

Palestina berada ditengah-tengah benua Asia, Afrika dan Eropa (Eurosia) sehingga menjadikan tempat ini sebagai Jantung Dunia yang berperan vital dalam peradaban Ummat Islam. Ahli Geografi Inggris Halford Jhon Macckinder dalam penelitiannya menyatakan "Siapa yang ingin menguasai dunia maka kuasailah Eurosia, siapa yang ingin menguasai Eurosia maka kuasailah Jantungnya yaitu Palestina."

◾3. BERHADAPAN LANGSUNG DENGAN MUSUH UMMAT (KAUM YAHUDI)

"Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik." (QS. Al-Ma'idah: 82)

"Laknat Allah untuk orang-orang Yahudi dan Nashrani." (HR. Bukhari  no. 435,436 dan Muslim no. 529)

◾4. KEISTIMEWAANNYA DISEBUTKAN DALAM AL-QUR'AN DAN HADIST-HADIST RASUL

Ulama Palestina Syaikh Nasher Abdallah menyatakan, sepertiga ayat Al-Qur'an berbicara tentang Al-Aqsha. Al-Aqsha itu sumber peradaban umat manusia, karena dalam Al-Qur'an seluruh Nabi dan Rasul dari zaman ke zaman, berasal dan lahir, tinggal atau pernah berkunjung ke Al-Aqsha, sehingga pergantian zaman dan peradaban bersama para Nabi dan Rasul tersebut, Alloh ﷻ pergilirkan di Al-Aqsha.

◾5. MASA DEPAN UMMAT DAN KEJADIAN AKHIR ZAMAN SANGAT BERKAITAN ERAT DENGAN BUMI PALESTINA

Semua peristiwa besar akhir zaman akan terjadi di negri syam (Palestina) dimulai dari kembalinya kekhalifahan, berkuasanya Imam Mahdi dan dibunuhnya Dajjal oleh Nabi Isa serta kemunculan Yakjuj dan Makjuj, hingga ditiupnya Sangkakala pertama dan kedua semua akan terjadi di Palestina dan Baitul Maqdis.

🇵🇸🌷🇵🇸
Palestina menjadi bahasan penting bagi seluruh umat muslim di dunia. Hal ini bukan hanya karena negeri Palestina dijajah dan belum mendapatkan hak kemerdekaannya saja, akan tetapi negeri Palestina memiliki keajaiban bagi seluruh umat muslim.

Palestina merupakan Negeri yang hingga kini belum mendapatkan hak kemerdekaan, serangan datang berulang kali hingga dengan mudah menewaskan ratusan bahkan ribuan korban jiwa.

Kita sering mendengar kisah tragis pembantaian dan pembunuhan di Palestina, juga dengan perjuangan warganya yang tidak pernah padam. Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui, sebenarnya yang mereka perjuangkan itu apa?

Perlu diketahui, bahwa Palestina merupakan negara yang memiliki keajaiban, khususnya bagi umat muslim.

Maka Lembaga Al Quds Volunteer Indonesia akan menyajikan keajaiban dan keistimewaan Bumi Palestina.

🔸Kiblat Pertama Umat Islam

Keistimewaan pertama, terdapat Masjid Al Aqsha yang merupakan kiblat pertama bagi umat Muslim dalam melaksanakan sholat.

Sebelum hijrah ke Madinah, Rasulullah ﷺ melaksanakan sholat dengan menghadap ke Masjidil Al Aqsha.
Kemudian setelah melakukan perjalanan Isra Miraj, yaitu berkisar 1 bulan, Rasulullah ﷺ mendapatkan wahyu berupa perintah sholat 5 waktu yang menghadap ke Ka’bah Mekah.

 Alloh ﷻ berfirman:
"Sungguh Kami (sering) melihat mukamu mengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkahlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya, dan Allah sekali-kali tidak lengah dengan apa yang mereka kerjakan." (QS. Al Baqarah ayat 44)

🔸Bangunan Kedua Yang Dibangun Di Muka Bumi

Keistimewaan kedua, adalah Terdapatnya Masjid kedua yang dibangun di muka bumi Seperti dinyatakan di dalam hadits berikut :

Abu Dzar al-Ghifari ra. Berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ: “Wahai, Rasulullah, Masjid apakah yang pertamakali dibangun di muka bumi?” beliau menjawab: “ Masjid al-Haram”. Lalu aku bertanya lagi: “ Kemudian Masjid apa lagi?” beliau menjawab: “Masjid al-Aqsha”. Aku bertanya lagi: “ Berapa jarak pembangunan antara keduanya?” beliau menjawab: “empat puluh tahun. Kemudian dimana saja kamu mendapati waktu shalat telah tiba, maka shalatlah (kamu disitu)”. (hadits shahih diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Nasai dan Qazuwaini)

🔸Tempat Yang Dianjurkan Untuk Dikunjungi

Keistimewaan ketiga, Terdapat tempat yang dianjurkan untuk di kunjungi.
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah ﷺ Bersabda: ”Tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan kecuali menuju tiga Masjid: Masjid al-Haram, masjidku ini (Masjid Nabawi) dan Masjid al-Aqsha”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw. Juga bersabda: ”Shalat di Masjid al-haram lebih utama seratus ribu kali lipat dibandingkan shalat di Masjid lainnya, dan shalat dimasjidku (Masjid Nabawi) lebih utama seribu kali lipat (dibanding shalat di Masjid lainnya) dan shalat di Masjid baitul maqdis (Masjid al-Aqsha) lebih utama lima ratus kali lipat (dibanding shalat di Masjid lainnya)”. (diriwayatkan oleh at Thahawi)

🔸Negeri Isra Mi’raj Rasulullah ﷺ

Keistimewaan keempat, Palestina menjadi terminal akhir dari perjalanan Isra’ Nabi Muhammad ﷺ dan sekaligus titik awal Mi’rajnya ke langit untuk menerima perintah shalat lima waktu.

Peristiwa ini sangat penting bagi umat muslim, sehingga setiap tahun ada peringatan untuk mengenang kisah yang tidak pernah terlepas dari sejarah tanah Palestina.

Penjelasan tersebut termaktub dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 1 yang artinya : “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

🔸Tempat Jihad Untuk Orang Orang Yang Dipilih Alloh ﷻ

Keistimewaan kelima, Palestina Tempat domisilinya Darul Islam. Orang yang teguh membela agama Alloh ﷻ untuk tetap tinggal di sana karena Alloh ﷻ, bagai seorang mujahid yang berjihad di jalan-Nya.

Abu Umamah al-Bahili ra. Berkata: bahwasanya Rasulullah ﷺ Bersabda: “Senantiasa akan ada sekelompok orang dari ummat-Ku yang memperjuangkan kebenaran dan memerangi musuh mereka. Mereka tidak peduli dengan orang-orang yang tidak sejalan dengan mereka hingga ketentuan Alloh ﷻ. Menyambangi mereka dan mereka akan tetap seperti itu”. Mereka bertanya: ”Ya Rasulullah, dimanakah mereka itu?” beliau menjawab: ”mereka berada di Baitul Maqdis di Sekitar Baitul Maqdis”.

🔸Negeri Para Nabi dan Rasul

Keistimewaan keenam, Palestina disebut sebagai negeri para Nabi, dengan alasan bahwa banyak Nabi-nabi dilahirkan, hidup dan dimakamkan disana.

Di antara Nabi-nabi tersebut adalah Nabi Ibrahim, Nabi Muhammad, Nabi Yusuf, Nabi Yaqub, Nabi Luth, Nabi Sulaiman, Nabi Ishak, Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Daud.

🔸Negeri Akhir Zaman

Keistimewaan ketujuh, Palestina merupakan negeri tempat terjadinya peristiwa kiamat

Palestina juga adalah Negeri tempat dikumpulkan dan dihidupkan kembali semua umat manusia, dari sejak Nabi Adam hingga generasi akhir zaman.

Hal tersebut dijelaskan oleh tafsir Al-Jalalain dari QS. Qaf ayat 41, bahwa Alloh ﷻ memerintah Malaikat Israfil untuk menyerukan kepada penghuni kubur untuk bangkit dan melaksanakan peradilan. Peristiwa ini berlangsung di atas Kubbah Shakhr di Baitul Maqdis, karena tempat ini paling dekat dengan langit.

By. Al Quds Volunteer Indonesia

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        🇵🇸TaNYa JaWaB🇵🇸

0️⃣1️⃣ Aini ~ Padang
MasyaAllah, dari apa yang uni sampaikan tadi semakin membuka mata kita bahwa Palestina adalah negeri yang luar biasa. Negeri itu merupakan milik kaum muslimin, yang seharusnya kita perjuangkan dan kita bela bersama-sama.

Namun, apa kira-kira yang membuat sebagian umat Islam belum timbul kepeduliannya terhadap Palestina? Bahkan ketika banyak yang berkontribusi membantu Palestina, ada yang bilang kurang lebih begini "Kenapa sibuk ngurusin Negara lain? Negara kita saja belum beres."

🇵🇸 Jawab
Subhanallah...
Membantu Palestina Sesungguhnya adalah kewajiban kita sebagai seorang Muslim. Yang mengaku cinta pada Alloh ﷻ dan Rasulullah ﷺ. Palestina terutama Masjid Aqsha adalah amanah kita sebagai muslim.

Sebagai seorang muslim, kita diminta untuk membantu Palestina dan mendukung Palestina bukanlah semata-mata agar mereka merdeka. Kalau hanya untuk memerdekakan Palestina sangat mudah bagi Alloh ﷻ. Tapi mengapa Alloh ﷻ belum juga membuat Palestina Merdeka? Jawabannya, karena Alloh ﷻ ingin umat Islam, para pengikut Rasulullah ﷺ ikut berjihad dan mengambil ladang pahala dari bumi yang diberkahi ini.

Jadi, sebagai seorang muslim. Jangan hanya berpikiran bahwa membantu Palestina hanya dengan harta saja.
Banyak fatwa yang tegas menyampaikan bahwa bela lah Palestina sesuai kapasitas dan kemampuan kita masing-masing.

Kalau kita tidak punya harta untuk membantu Palestina, maka lakukanlah dengan apa yang kita bisa.
Misalnya membagikan info tentang kondisi Palestina saat ini. Mengajak orang lain peduli pada Palestina. Dan mengajak orang lain berdonasi. Semua kebaikan-kebaikan itu bisa kita lakukan.

Dan bahkan ketika kita mengajak orang lain pada kebaikan, maka kita mendapatkan pahala sama hal nya dengan orang yang berbuat baik tersebut.

Saya berikan contoh. Ketika kita tidak punya uang Sedekah untuk Palestina hari ini. Tapi kita ikut menyebarkan info Palestina dan mengajak orang lain bersedekah untuk Palestina pada hari ini. Maka kita juga mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang bersedekah tersebut. Subhanallah.

Begitu banyak hal yang bisa kita lakukan. Justru kita sangat malu ketika kita memberikan alasan-alasan tidak bisa melakukan apa-apa untuk negeri yang dicintai Alloh ﷻ ini.

Wallahu alam

0️⃣2️⃣ Wandira ~ Depok
Assalamualaikum,

Masyaallah dari apa yang uni sampaikan. Menambah apa yang sudah saya ketahui.

Sebenarnya apa alasan mereka menjajah  Palestina. Apa karena masjid al-aqsha sebagai jantungnya dunia atau karena hal lain uni?

Dan jika memang Dajjal dan semua tanda akhir zaman berkaitan dengan Palestina apakah negara Palestina akan dijajah sampai akhir zaman?

🇵🇸Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Masya Allah pertanyaan ini tidak bisa ana jawab, karena berhubungan dengan sejarah yang panjang. Jika berkenan silahkan cek fanpage AVI disana ada live streaming program Q&A, silahkan simak banyak pertanyaan seputar Palestina yang dijawab disana.

Bismillah saya coba kasih jawaban ringkas yaa...
Apa sebabnya Palestina di jajah oleh Israel ? Kenapa bukan Indonesia saja?

Karena Palestina itu istimewa dan diistimewakan oleh Alloh ﷻ juga dalam Al Qur'an
Disini akan terjadi peristiwa hari kiamat.
Negrinya berkah. Dan Israel tahu siapa yang berhasil menguasai Palestina maka Ia bisa menguasai dunia. Karena Palestina itu adalah jantungnya dunia.

Silahkan simak lagi materi saya.

Dan lebih konkrit lagi. Israel ingin menghancurkan masjidil Aqsha dan menggantinya dengan bangun kuil Sulaiman.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar