Selasa, 29 September 2020

SYUKURI DAN JALANI



OLeH  : Ummi Yulianti

        💘M a T e R i💘

بِسْــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمن الرَّحِيْمُ

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

الحمد لله
نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ...

ام بعد

Segalanya milik Alloh ﷻ apa yang ada di langit dan bumi, kenikmatan dan kesusahan asalnya dari Alloh ﷻ sudah selayaknya kita panjatkan puji dan syukur hanya kepada Alloh ﷻ.

Agama Islam adalah agama yang mengangkat dan membebaskan manusia dari jaman jahiliah jaman kegelapan menuju ke jaman yang terang benderang, sudah selayaknyalah kita sebagai umatnya senantiasa menghaturkan sholawat dan salam hanya kepada Nabi Muhammad ﷺ.

🌷SYUKURI DAN JALANI

Kita sering sekali mengeluh saat hidup kita kurang bahagia ataupun sangat tidak bahagia, padahal kebahagian itu bukan datang dari apa yang kita miliki, bukan datang dari orang-orang disekitar kita, dan bukan pula datang dari pekerjaan kita.

Tapi datang dari kita sendiri, dan tahukah apa kunci terbaik untuk kita selalu hidup bahagia? Yaitu jalani, nikmati dan syukuri segala hal yang telah Alloh ﷻ tetapkan kepada kita. Terimalah dengan ikhlas segala hal yang ditetapkan alloh ﷻ, lalu jalani sesuai dengan aturan-Nya.

Sekalipun menurut kita tidak baik kisah yang Alloh ﷻ tuliskan kepada kita, maka terimalah dengan rasa ikhlas, lalu jalani sesuai dengan aturan-Nya. Bukan malah mengeluhkannya dengan perasaan tidak karu-karuan, lagipula bukankah Alloh ﷻ telah menyuruh kita hanya bersabar disaat kisah tidak baiknya diturunkan kepada kita?

Nah, lakukan saja hal yang demikian, jangan terlalu sibuk memikirkan buruknya, tapi jalani dengan penuh rasa yakin bahwa bersama Alloh ﷻ kita pasti bisa.

Baik maupun buruk takdir-nya harus kita nikmati dengan rasa sabar, karena jika dikeluhkan tentu akan menjadi rumit.
Baik maupun buruk yang ditakdirkan-Nya harus tetap kita nikmati dengan rasa sabar, mengapa?
Karena jika dikeluhkan dan dijadikan bahan untuk menguras air mata, maka sungguh yang tadinya hanya kesulitan kecil akan berubah menjadi kesulitan yang besar.

Banyak ataupun sedikit yang diberikan-nya, harus selalu kita syukuri agar kita selalu merasa cukup. Seperti halnya rezeki yang ditetapkan-Nya, sedikitpun harusnya bukan suatu masalah, karena banyak ataupun sedikit yang ditetapkan-Nya kepada kita tentu akan membuat kita tetap baik-baik saja, jika kita bidik hati dengan rasa syukur.

Sebab, banyak atau sedikit sekalipun yang ditakarkan-Nya kepada kita, tentu kita akan senantiasa merasa cukup dikala kita mampu mensyukurinya dengan penuh rasa ikhlas.
Karena mudah tidaknya hidup yang kita jalani tergantung seberapa bijak kita memaknainya.
Karena sesungguhnya, mudah atau tidaknya hidup yang kita jalani hanya tergantung seberapa bijak kita memaknainya.

Jadi, dikala kita mampu menerima dengan rasa ikhlas, menjalaninya dengan sabar, menikmatinya dengan terus berprasangka baik, dan mensyukurinya dengan bijak maka tentu apapun yang ditakdirkan-Nya akan selalu membuat kita baik-baik saja.

Jika kita mengeluh dan tidak sabaran, maka tentu ketentuan baiknya pun akan menjadikan kita merasa tidak bahagia.

Tetapi sebaliknya, jika kita tidak pandai memaknainya, jika yang kita bisa hanya mengeluh dan tidak sabaran, maka tentu ketentuan baiknyapun akan menjadikan kita merasa tidak bahagia.

Kita akan selalu merasa sulit menjalani ketetapan-Nya, dikala kita tidak mampu menjalaninya dengan sabar, menikmatinya dengan ikhlas, dan mensyukurinya dengan penuh kerendahan hati.

Demikian Paparan kali ini.
Yang benar datangnya dari اللّه. Yang salah dari ketidaktahuan ana yang masih fakir ilmu agama.

Mohon maaf jika ada salah-salah kata dalam penulisan.

 العلم بلاعمل كا لشجر بلا ثمر

Ilmu itu apabila tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.

 جزاكم الله خير جزاء شكرا وعفوا منكم...
فا استبقوا الخيرات...

والسلام عليكم ورحمة الله و بر كاته

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0️⃣1️⃣ Safitri ~ Banten
Assalamualaikum Ustadzah.

Kalau kita masih mempertanyakan diri ini seperti misal kenapa sih mukaku tidak seperti cewek lain bersih glowing tidak ada jerawat, cewek lain sepertinya enak bisa beli skincare bisa perawatan pakai produk ini cocok sedangkan aku tidak bisa kebeli skincare yang jangankan mahal, yang standar saja tidak bisa beli karena masih banyak kebutuhan lain yang harus didahulukan, tidak cocok sama produk-produk kecantikan kulit ku susah sekali sih ingin punya wajah seperti mereka-mereka.  itu termasuk tidak mensyukuri yah ustadzah?

Soalnya Fitri tipe orang yang kalau ada orang ngomong itu langsung masuk ke hati dan kepikiran teman-teman bilang  berubah dong fit harus cantik pakai ini pakai itu biar cowok juga banyak yang suka.

Nahhh... seperti begitu ustadzah.
Sesungguhnya apa sih ustadzah arti menyukuri atau bersyukur itu dalam hidup harus seperti apa agar iman ini kuat dan dapat menjalaninya?

🔷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Daripada terus memikirkan kelebihan orang lain dan memikirkan kekurangan kita, lebih baik bersyukur akan hal baik yang telah menghiasi hari-hari kita, fokus pada kebaikan yang Alloh ﷻ anugerah kan pada kita, itulah bersyukur. Karena nikmat yang diberikan lebih banyak daripada kekurangan, kalau kita melihat segala sesuatu dari sisi positif nya.
Bergabung dengan komunitas seperti Perindu Surga ini, salah satu cara agar Iman kita kuat.

Tetap Istiqomah dalam menggapai Ridho-Nya.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Titin ~ Jambi
Assalamualaikim Ustadzah,

Bagimana caranya agar kita jangan berkeluh kesah bila ada masalah?
Terkadang sulit sekali untuk tidak mengeluh walaupun sama suami, bagaimana cara menguatkan hati agar jangan mengeluh dan selalu ikhlas?

Terimakasih.

🔷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Alloh ﷻ menyebutkan dalam salah satu ayat-Nya bahwa manusia itu bersifat mudah berkeluh kesah.
Sebaik-baik berkeluh kesah adalah pada Alloh ﷻ. Tetapi bukan berarti protes seperti ini "Ya Allah kenapa aku yang dikasih cobaan seperti ini"
Tetapi katakan "Ya Allah, berikan hamba kekuatan, berikan jalan keluar dari cobaan ini, berikan kesabaran."
Jadi tidak ada jalan lain meminta, menghiba dan berdoa pada Alloh ﷻ.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Wandira ~ Depok
Assalamu'alaikum Ummi.

Rasa sabar itu tidak memiliki batasan. Bagaimana kita tetap bisa bersabar meskipun hati terasa begitu pilu dengan apa yang terjadi?
Sampai tidak lagi percaya untuk berkeluh kesah pada siapapun kecuali Alloh ﷻ.

Dan bagaimana agar bisa tetap sabar dan kuat serta ikhlas dengan apa yang terjadi? 

Terimakasih.

🔷Jawab:
 Wa'alaikumsalam,

Jawaban sama dengan nomor 2 ya.

Alloh ﷻ menyebutkan dalam salah satu ayat-Nya bahwa manusia itu bersifat mudah berkeluh kesah.
Sebaik-baik berkeluh kesah adalah pada Alloh ﷻ. Tetapi bukan berarti protes seperti ini "Ya Allah kenapa aku yang dikasih cobaan seperti ini"
Tetapi katakan "Ya Allah, berikan hamba kekuatan, berikan jalan keluar dari cobaan ini, berikan kesabaran."
Jadi tidak ada jalan lain meminta, menghiba dan berdoa pada Alloh ﷻ.

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Desi ~ Rembang
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagaimana cara  kita agar selalu ikhlas dalam menghadapi segala cobaan yang ada?

Terimakasih.

🔷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Ketika pertama kali cobaan itu datang, pasti ada rasa ingin menolak, bertanya-tanya kenapa hal ini terjadi. Perasaan seperti ini jangan dibiarkan berlarut-larut. Toh sudah terjadi. Berusahalah untuk menerimanya, kalau tidak bisa, paksakan, sampai bisa menerimanya, pasrahkan pada Alloh ﷻ, yakin Alloh ﷻ akan berikan jalan keluar.

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Rahma ~ Depok
Bismillahirahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Bagaimana agar jadi muslimah yang tidak mudah baperan? Dan bagaimana cara agar kita selalu ikhlas atas takdir yang Alloh ﷻ beri?

Itu saja.
Jazakillah khayran.

🔷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Daripada terus memikirkan hal buruk yang mungkin terjadi dalam hidup kita.

Lebih baik bersyukur akan hal baik yang telah menghiasi hari-hari kita.
Selalu berbaik sangka terhadap peristiwa yang dijalani. Karena pasti ada hikmah yang terkandung di dalamnya.

Tetap Istiqomah dalam menggapai Ridho-Nya.

Jangan lupa bahagia.

Wallahu a'lam

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Jangan memikirkan hal-hal yang tidak kita dapatkan setelah berdoa. Pikirkanlah nikmat yang tidak terhitung jumlahnya yang Alloh ﷻ berikan kepada tanpa kita memintanya.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar