Selasa, 15 September 2020

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS ~ Lansia)


OLeH: TeaM Kesehatan PeRiNDu SuRGa

Jum'at, 21 Agustus 2020
Moderator : Kiki
Notulensi   : Bunda Nurul
➖➖➖➖➖➖➖➖

0️⃣1️⃣ Hesti ~ Yogja
@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes

Assalamu'alaykum
1. Saya positif hamil, masuk 3 minggu
yang saya rasakan perut saya sering kembung, keras dan terasa sakit dibagian sebelah kanan perut, apakah kondisi ini normal?

2. Saya termasuk resiko tinggi dalam kehamilan karena usia saya 41 tahun, tips apa saja yang bisa saya lakukan supaya tenang dalam keadaan hamil sekarang ini
drngan catatan saya tidak memiliki riwayat penyakit berat.

Terimakasih

🍓Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb. bunda Hesti

1. Perut kembung bisa disebabkan karena:

a) Peningkatan hormon progesteron selama awal kehamilan, sehingga menyebabkan jaringan otot polos di saluran cerna menjadi rileks. Akibat otot yang rileks sistem pencernaan dan aliran darah ke janin menjadi lambat lalu menyebabkan perut terasa kembung dan kadang disertai kram perut.

b) Makan terlalu banyak,  atur pola makan dengan porsi kecil tapi sering, Contoh = tiga kali makan utama diselingi tiga kali Snack sehat.

c) Makan terlalu cepat, ️jangan terburu-buru makannya dan usahakan tenang saat makan ya Bund.

√ ️Kalau saya biasanya menganjurkan agar lebih sering minum air putih hangat untuk mengurangi kembung.

2. Tips tetap sehat saat hamil di usia 41 tahun:

a) Rutin periksa kesehatan kehamilan bunda ke dokter kandungan dan atau ke bidan sesuai jadwal yang diberikan, atau bisa lebih sering jika terdapat keluhan.

Ikuti paket skrining pemeriksaannya ya Bun untuk deteksi dini tanda bahaya kehamilan.

Lakukan anjuran yang diberikan oleh dokter dan bidannya bunda.

b) Pastikan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, agar tetap fit dan sehat. Seperti menjaga pola makan, istirahat cukup, olahraga ringan dan rutin, hindari stress-bahagiakan hati dengan penuh cinta dan syukur ke Alloh ﷻ, dan lain-lain.

Wallahu a'lam

0️⃣2️⃣ Bila ~ Tegal
@dr. Valleria, Sp.OG

1. Dok saya ingin melakukan program hamil, kebetulan saya baru 2 bulan menikah. Bagaimana promil yang tepat ya dok agar berhasil?

2. Saudara saya baru menikah 3 tahun usianya masih muda 23 tahun. Dia pernah mengalami pendarahan sedikit 10 hari warna cokelat, kemudian ke Sp.OG diberi obat pendarahan sembuh. Dia juga memiliki keputihan dalam 6 bulan terakhir, sekarang saudara saya kadang nyeri punggung dan kadang kalau BAK sakit. Apa itu tanda Caservix dok? Kira-kira butuh berapa lama wakty HPV berubah jadi kanker? Apalagi saudara saya usia masih muda.

🍓Jawab:
1. Hamil itu yang penting persiapannya. Pastikan ibunya sehat dan tidak punya penyakit fisik yang bisa menjadi komplikasi kehamilan dan persalinan. Berhasil atau tidak, ALLOH ﷻ yang menentukan.

2. Belum tentu kanker serviks. Harus diperiksa dulu. Waktu yang diperlukan untuk proses perubahan dari awal infeksi HPV menjadi kanker 10-20 tahun.

Wallahu a'lam

0️⃣3️⃣ Safitri ~ Banten
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

Assalamualaikum bu dokter.

Dokter kalau malam fitri tidur suka tiba-tiba kaki kram, kramnya tuh sakit sekali dua-duanya.  Padahal lagi tidur tapi suka seperti begitu dok.  Memang fitri tuh suka sekali keluhannya di kaki, kenapa yah dok?

Terimakasih

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

💎INILAH PENYEBAB KAKI KRAM DAN CARA MENANGANINYA

Penyebab kaki kram ada bermacam-macam, walaupun terkadang kaki kram juga bisa terjadi tanpa diketahui penyebab pastinya. Kaki kram umumnya disebabkan oleh cedera saat berolahraga, gangguan sirkulasi darah di tungkai atau kaki, kehamilan, dehidrasi, kekurangan asupan mineral tertentu, ataupun suhu dingin.

Kram otot, baik yang terjadi pada area kaki atau area lainnya, merupakan kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba. Kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit, dan umum terjadi pada kaki. Kram kaki di malam hari sering kali mengenai otot betis, dan biasanya terjadi ketika Anda baru saja tertidur atau baru terbangun.

💎BERBAGAI PENYEBAB KAKI KRAM

Berikut adalah berbagai penyebab dan faktor risiko kaki kram:

🔹Tekanan Terhadap Saraf

Tekanan pada saraf tulang belakang bisa membuat kaki kram dan terasa nyeri, yang bisa memburuk makin lama Anda berjalan.  Berjalan dengan posisi sedikit membungkuk ke depan biasanya dapat meringankan nyeri.

🔹Suplai Darah Yang Tidak Memadai

Penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki Anda dapat menimbulkan nyeri, misalnya kram di kaki saat Anda sedang berolahraga. Kram ini biasanya hilang dengan cepat setelah Anda beristirahat.

🔹Kehamilan

Kondisi kram sudah biasa terjadi pada ibu hamil, terutama saat bulan-bulan terakhir kehamilan. Kemungkinan hal ini terjadi oleh karena kekurangan kalium dan magnesium, atau karena aliran darah ke kaki yang kurang lancar.

🔹Cedera

Mengalami cedera atau menggunakan otot secara berlebihan juga bisa menyebabkan kram kaki. Terlalu lama duduk, berdiri terlalu lama di atas permukaan yang keras, atau meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman selama tidur juga dapat membuat otot kaki menegang atau kram. Kurang pemanasan sebelum berolahraga juga sering menyebabkan kaki kram.

🔹Kekurangan Mineral

Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium, dapat menyebabkan kaki kram.

🔹Dehidrasi
Dehidrasi, yaitu kondisi di mana tubuh kekurangan cairan, juga bisa memicu kram kaki. Dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit yang kemudian menyebabkan kaki kram.

🔹Efek Samping Dari Obat-obatan

Obat-obatan seperti pil kontrasepsi, obat antipsikotik, diuretik, statin, obat asma, dan kortikosteroid juga bisa meningkatkan risiko mengalami kram.

🔹Infeksi

Infeksi, misalnya tetanus, bisa menyebabkan kaku otot dan kram.

🔹Penyakit Hati

Penyakit yang melibatkan organ hati bisa menyebabkan kram pada kaki. Ketika organ hati tidak bisa bekerja dengan baik, racun di dalam darah akan meningkat dan bisa membuat otot kram.

🔹Kondisi medis lainnya

Penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabetes, atau masalah aliran darah (penyakit arteri perifer) juga berisiko meningkatkan terjadinya kram.

💎BEGINI CARA MENANGANINYA

Cara yang dapat dilakukan untuk menangani kram, antara lain adalah:

◼️Hentikan Aktivitas Dan Lemaskan Otot

Lakukanlah peregangan ringan, misalnya dengan menggerakkan kaki atau berjalan perlahan-lahan.

◼️Pijat

Memijat bagian otot yang menegang bisa membantu meredakan kram. Namun, jangan memijat kaki kram terlalu kencang karena dapat memengaruhi kelancaran aliran darah.

◼️Kompres

Kompres atau mandi dengan air panas bisa membantu mangatasi kram. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes atau cedera saraf tulang belakang. Selain itu, mengombinasikan kompres hangat dengan kompres dingin juga dapat membantu meringankan kaki kram.

◼️Minum Air Putih

Minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit, untuk mengisi cairan tubuh. Cara ini mungkin membutuhkan waktu yang relatif lebih lama, namun bisa mencegah terjadinya kram lebih lanjut.

◼️Konsumsi Makanan Kaya Magnesium

Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, yang kaya akan magnesium, bila Anda sering mengalami kram kaki yang tidak terkait dengan kondisi kesehatan lainnya. Bila perlu, Anda bisa mengonsumsi suplemen magnesium. Namun untuk ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi suplemen ini.

◼️Gunakan Obat-obatan Pereda Sakit

Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol atau gel penghilang nyeri, sesuai petunjuk penggunaan.

Untuk mencegah kram datang lagi, cobalah untuk sesekali melakukan pijatan pada bagian tubuh yang sering kram, melakukan pemanasan sebelum berolahraga, mencukupi kebutuhan air putih dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan lainnya. Selain itu, pakailah alas kaki yang layak dan nyaman untuk bergerak. Jika keluhan kaki kram sering muncul tanpa diketahui pasti penyebabnya, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Mbak ini saya ambil dari hallo dokter ya.

Wallahu a'lam

0️⃣4️⃣ Astri ~ Bogor
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Dok, anak saya pas lahir rambutnya hitam tapi makin kesini (usia 2 tahun) rambutnya jadi agak memerah.
Apa itu wajar dok? Selama ini insyaaAllah kebutuhan gizinya tercukupi.

Adakah shampoo atau minyak atau makanan yang membuat rambut anak hitam dan sehat dok?

Terimakasih

🍓Jawab:
Bagaimana dengan berat badannya, apakah kurus, seimbang atau obesitas? Pada anak yang kurus, bisa aja pertumbuhan rambut terganggu pula.

Wallahu a'lam

0️⃣5️⃣ Hanny ~ Hongkong
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S

Assalamu'alaikum dokter,

Kedua tangan saya sering sekali kesemutan, apa lagi bangun tidur, kesemutan dan terasa agak panas. Kadang kalau saya lagi memegang sesuatu benda, terkadang benda itu akan terlepas sendiri. Dan jari tengah tangan kanan saya seperti tidak berasa.
Penyakit apakah yang saya derita ini dokter?

Terima kasih atas penjelasannya.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Kesemutan juga bisa disebabkan banyak hal:
√ Kelainan syaraf.

√ Kelainan pembuluh darah atau aliran darah.

√ Kelainan otot.

√ Gangguan metabolisme seperti asam urat dan lain-lain.

Jadi lakukan pemeriksaan untuk memilah penyebabnya.
Saran saya konsul ke dokter syaraf.

Wallahu a'lam

0️⃣6️⃣ Risa ~ Tangsel
@drg. Selly Priliana Dewi

Bismillahirrohmanirohim,,
Assalamualaikum dokter,

Apa penyebab dari gigi yang memanjang? Dan apa solusinya?

Mohon penjelasannya.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Gigi memanjang atau gigi terasa memanjang?
Kalau gigi memanjang bisa jadi karena karang gigi merusak jaringan penyangga gigi. Jadi gusi turun dan gigi terlihat memanjang. Karang gigi harus rajin dibersihkan 6 bulan sekali.

Kalau gigi terasa memanjang penyebabnya karena radang pada gigi sehingga gigi terasa sakit di bagian akar dan rasanya gigi memanjang. Yang ini perlu diobati juga oleh dokter gigi.

Wallahu a'lam

0️⃣7️⃣ Yayu ~ Bandung
@dr. Barry Army Bakry, Sp. A

Dok, ponakan saya baru usia 12 bulan, kemari habis panas dikasih obat cacing dari posyandu.
Sekarang anaknya tidak mau makan, nafsu makannya berkurang.
Apakah pengaruh dari obat cacing ataukah pengaruh sufor yang diganti? Atau pengaruh dari kepintaran anak usia Golden Age?

Terimakasih

🍓Jawab:
Sebaiknya obat cacing di stop saja. Bila anak panas bisa diberikan obat panas kalau suhunya diatas 38°C. Minumlah yang cukup. Efek panas pada anak yang habis vaksin sangat wajar, tapi kalau demam masih naik turun 3 hari baiknya berobat ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Wallahu a'lam

^^^_^^^

@Bidan Khoirunnisa Yurliyana,S.Si.T.,M.Kes
@Bidan Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
@dr. Merta Arum Prastika
@Heradini Faizah, S.Psi
➖➖➖
🌷bkc🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar