Selasa, 15 September 2020

KENAPA HARUS BERKAH



OLeH  : Ustadzah Chichi M.

  💎M a T e R i💎

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh,

Kita InSyaaAllah ketemu bareng di surga aamiin Allahumma aamiin.

بـــســم الـلّٰـــه الرحــمــن الرحــيــم

ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْمَوْتَ وَٱلْحَيَوٰةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفُورُ i:

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

Yang saya cintai karena Alloh ﷻ mbak Hanny, Bunda Mala Hasan, ummi uni Irnawati (kok doble) mba momod, teman-teman Bidadari Surga surga juga Sahabat Qur'an Sholih/ah saya semua yang ada disini...

Teriring in Syaa Allah berkah sehat, waktu, iman dan ilmu semoga Alloh ﷻ mudahkan kita memahami ayat ayat Alloh ﷻ, sebagai modal kita berdakwah aamiin Allahumma aamiin.

Kita lebih tepatnya diskusi bareng ya....
Ayok dong kita curcol bareng.

🌸 Yukk ngetik 5 orang saja apa sih berkah, Berkah menurut mba dan Bun Sholihah ya?

🔹Berkah itu bermanfaat.

🔹Berkah adalah sesuatu yang bisa membuat kita lebih baik dan lebih dekat dengan Alloh ﷻ.

🔹Berkah itu adalah bertambahnya kebaikan.

🔹Berkah itu, karunia Alloh ﷻ yang membawa kebaikan dalam kehidupan kita.

◼️Kenapa Yang Kita Cari Harus Berkah

Seorang sholih berdoa : "Ya Allah, berkahilah rezekiku". Ditanyakan : "kenapa tidak berdoa minta rezeki?". Ia menjawab : "rezeki sudah dijamin Alloh ﷻ, saya minta keberkahan pada rezeki karena keberkahan merupakan salah satu tentara Alloh ﷻ yang dikirim kepada siapapun yang dikehendaki-Nya. Jika turun pada anak bisa menjadikannya sholih, jika turun di badan menjadikannya kuat, jika turun di hati menjadikannya bahagia, jika turun pada harta menjadikannya bertambah."

Nah berkah kita bicara bukan hanya uang, materi, walau awal berkah adalah salah satunya dari materi yang Alloh ﷻ ridhoi. Kalau saya berpendapat seperti ini:

"Merasa nyaman dengan diri sendiri dan orang lain, serta mampu menjalankan ibadah dengan nikmat, menunaikan amanah dengan semangat adalah ciri seseorang memiliki jiwa yang sehat." (amelia 4DRTeam)

Tuh berkah menurut saya, Kalau menurut para ulama berkah itu....

Berkah adalah awet dan bertambahnya kebaikan. Karena itu, berkah menjadi sangat penting dalam kehidupan kita. Nabi ﷺ mengajari kita untuk mengucapkan salam setiap kali kita bertemu dengan saudara sesama muslim. Salah satu doa yang terkandung di dalam salam adalah doa keberkahan. Untuk mengakhiri shalat, Nabi ﷺ mengajari kita mengucapkan salam. Doa yang diajarkan Nabi ﷺ untuk kita ucapkan kepada saudara kita yang baru melaksanakan akad nikah adalah doa keberkahan. "barokallahu laka wa baroka 'alaika wa jama'a bainakuma fi khoir." (semoga Alloh ﷻ memberkahimu dalam keadaan senang dan susah, dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan - sunan Tirmidzi 2130)

Firman Allah tentang keberkahan..

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ

“Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka barokah dari langit dan bumi, tapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS.  Al-A’raaf : 96)

🌸🌷🌸
Nah berkah menurut Alquran itu kita menjadi ummat yang bertakwa.
Bagaimana kita bertakwa kalau kita lemah, lunglai dan cepat letih dalam beribadah.
Berkah itu hadiah dari Alloh ﷻ untuk orang yang bertakwa. Ciri orang yang bertakwa tidak pernah lelah belajar.
Jadi kalau kita males baca ketikan kajian, malas datang kajian, kita sulit digolongkan hamba yang bertakwa, karena takwa itu juga hidayah dan hidayah harus dijemput, bukan kita maaf, hanya duduk diam dan malas belajar.

◼️HIDAYAH ITU DIJEMPUT BUKAN DITUNGGU

"Hidayah itu dijemput dengan  segera, karena taubat tidak menunggu ajalmu, bukan lambat asal selamat tapi cepat agar selamat di akhirat." (oase fajar, muslimah soloraya)

Mari kita respon tiap kajian supaya takwa dan berkah hidup menjadi milik kita.

Mengapa uang yang banyak, rumah yang besar, istri yang jelita atau suami yang tampan, ilmu yang luas tidak mengangkat derajat pemiliknya? Malah menghinakannya? Bukan kebahagiaan atau ketentraman yang diperoleh melainkan masalah dan malapetaka. Apa sebabnya? Sebenarnya penyebabnya sederhana sekali, yakni bahwa semua itu tidak barakah.

🌸Pernah dapati kasus diatas kah?

🔹Pernah

🌸Ayoklah kita diskusi

Kita tidak boleh cukup senang memiliki sesuatu. Tetapi yang harus lebih kita senangi adalah keberkahan atas segala sesuatu itu. Jadi bukan takut tidak memiliki sesuatu tetapi harus lebih takut sesuatu yang sudah dimiliki tidak membawa berkah.

Kita lihat, misalnya suatu rumah tangga yang penuh dengan percekcokan, sebenarnya harus dicurigai jangan-jangan prosedur, keilmuan, dan etika dalam mengarungi dunia rumah tangga tidak cocok dengan yang disyariatkan Allah Subhanahu Wata’ala.

🔹Benar, contohnya para koruptor yaa mi.

🌸Iya semua rejeki didunia ini dari Alloh ﷻ, rejeki koruptor, pencuri, tukang tikung semua dari Alloh ﷻ.

Hanya rejeki yang berkah yang dijemput dengan nilai ketakwaan.
Makanya bagaimana agar berkah ada dalam hidup kita... Yukk perbaiki kualitas keimanan kita.

◼️PERBAIKI KUALITAS IBADAH KITA

Idealnya, orang yang rajin beribadah, maka perilaku kesehariannya juga akan baik. Namun yang perlu untuk diperhatikan adalah memperbaiki ibadah hati bukan lahiriah saja. Seperti:
ikhlas dalam ibadah, khusyuk, tawadhu, tawakkal, muraqabah (selalu merasa diawasi Alloh ﷻ), takut kepada Alloh ﷻ, meresapi dzikir dan bacaan Al-Qur'an dan lain-lain. (permata sunnah)

Orang yang hidup nya berkah amal Sholihnya akan diterima sampai ke surga, makanya melatih hidup berkah itu perlu ilmu, karena ilmulah yang menjadikan kita selamanya selamat , Istiqomah hanya jalan Alloh ﷻ yang kita pilih.

"Jangan risaukan apa yang tidak kita miliki, tapi risaukan hati saat tak bersungguh-sungguh mensyukuri setiap pemberian-Nya."
(Aa Gym)

Berkah itu melahirkan nilai-nilai kebaikan seperti sabar, syukur juga tawakal, Maka kita liat yukk siapakah manusia yang paling berkah selain Rasulullah ﷺ menurut Al-qur'an.

Muslim harus takut dengan hidup yang tidak berkah, yaitu hidup yang tidak bermanfat bagi dunia juga tidak bermanfaat bagi akhirat.

Ini semua menunjukkan betapa pentingnya keberkahan di dalam hidup. Karena itu setiap kali hendak melakukan sesuatu kita harus memastikan dan bertanya, apakah yang akan kita lakukan atau kita dapatkan itu berkah atau tidak.

Salah satu ukurannya keberkahan adalah jika harta, ilmu, jabatan dan kedudukan membuat kita makin dekat kepada Alloh ﷻ. Alloh ﷻ menyebut Nabi Isa alaihis salam sebagai sosok orang yang diberkahi. Alloh ﷻ berfirman:

وَّجَعَلَنِيْ مُبٰرَكًا اَيْنَ مَا كُنْتُۖ وَاَوْصٰنِيْ بِالصَّلٰوةِ وَالزَّكٰوةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ۖ   

"Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;"

(QS. Maryam: 31)

وَّبَرًّاۢ بِوَالِدَتِيْ وَلَمْ يَجْعَلْنِيْ جَبَّارًا شَقِيًّا

"dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka."
(QS. Maryam: 32)

وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا

"Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.”"
(QS. Maryam: 33)

Keberkahan ini menjadikan Nabi Isa alaihis salam komit menegakkan sholat, menunaikan zakat, berbakti kepada orang tua, tidak sombong, tidak celaka, dan mendapatkan kesejahteraan sejak datang ke dunia hingga dibangkitkan kembali di akhirat.

Ya selain Rasulullah ﷺ ternyata nabi Isa, nabi yang Alloh ﷻ berkahi apa yang membuat nabi Isa diberkahi Alloh ﷻ yaitu
Nabi Isa orang yang komitmen terhadap sholatnya... Sholat wajib tepat waktu, sholat Sunnah semua dikerjakan, Hakikat sholat itu mencegah dari perbuatan yang buruk dan munkar.
Jadi kalau kita masih sering julid sama kepintaran, dan kesuksesan orang kita engga berkah.

HASAD, susah melihat orang senang, senang melihat orang susah.

Tuh nilai terendah kita, jika kita jaga saja sholat kita kita akan terhindar dari hasad, hasud dan dengki.
Berkah kita mudah mengucapkan barakallah kepada teman yang sukses.
Maka tanya dalam hati kita kalau masih sering bolong sholat sunnah nya, malas sholat wajib tepat waktu ternyata berkah itu jauh dari hidup kita.

Apa lagi yang membuat nabi Isa diberkahi Alloh ﷻ nabi Isa selalu membayar zakat, sedekah dan infak, kita enggan sedekah, kita males empati lihat teman susah ternyata diri kita jauh dari nilai berkah, padahal sedekah itu mengobati penyakit yang berat dan ringan.

"Obatilah orang-orang sakit kalian dengan  sedekah."
(HR. Al-Baihaqi,  shahihul Jami':3358)

Jadi kalau kita punya Rizki berlebih jangan ge er kalau itu berkah, kalau rizki banyak tapi tidak sanggup belanja pada saudara yang muslim, tidak sanggup sedekah pada saudara yang susah, itu maaf tidak berkah.

Jadi ayok perbaiki sundul dakwah kita dengan sedekah ya...
Apalagi yang membuat nabi Isa diberkahi Alloh ﷻ nabi Isa orang yang berbakti kepada orang tua, tidak pernah nabi Isa mendebat orang tuanya, walaupun orang tuanya salah, maka dia mengalah.
Sudah cium tangan orang tua kita hari ini? Agar berkah.

Lalu apalagi yang membuat nabi Isa diberkahi Nabi Isa bukan orang yang Sombong.

Kalau ada kajian, lihat sini berketik. Belajar bareng, nyimak ikut dengan kasih emo, Semua berkah kalau ilmu lewat proses talaqi.
Hidayah datang karena talaqi, setiap japrian siapapun orang atau teman dibalas itu tidak sombong, hal yang ringan yang membuat kita berkah adalah belajar dari hal yang kecil, jalankan pelan-pelan latih untuk tidak abai, lalu bisa menerima ilmu dan kebaikan siapapun yang bicara walau orang baru sekalipun itu tidak sombong.
Jadi banyak kaidah hidup kita yang harus kita perbaiki dimulai dari memperbaiki hati untuk bersih karena nilai kesombongan itu tidak terasa, beneran deh.

"Menjaga hati agar tetap bersih itu perjuangan, Menjaga jiwa agar tetap  jernih butuh kesabaran."
(oase fajar, muslimah soloraya)

Tuh berkah ya.
Jiwa kita selalu positif karena kita terlatih bisa belajar dari siapapun.

Lalu apa lagi yang membuat nabi Isa berkah... Nabi Isa bukan orang yang celaka.

Menjauhi perbuatan dosa yang kecil itu sangat penting, karena kalau kita abai maka akan numpuk dosa kecil kita menjadi dosa besar, shalat wajib nanti-nanti atau di tunda-tunda sampai akhirnya lewat itu celaka ya, karena sholat senjata kita di alam kubur nanti.
Lalu kita maaf orang yang senang berdebat, setiap ketikan kita keluar isi perut kita hingga teman yang baca tulisan kita tersakiti itu tidak berkah, itu kehidupan kita sehari-hari ya... Banyak hal yang tidak berkah yang tidak sengaja kita lakukan, saling fitnah, ingin menang sendiri atau merasa paling benar... Itu maaf berkah akan jauh.
Walaupun kita benar, walaupun kita berilmu haruskah kita merasa orang yang paling tahu segala hal... Jangan.
Pahami bahwa setiap kita manusia pasti ada kurangnya, pasti kita ada lupanya, maka jangan merasa diri kita yang paling exist apalagi benar itu tidak berkah ya.

Nah itu gambaran manusia yang ada dalam Al-Qur'an tentang berkahnya hidup para nabi ya, lalu apa ya pangkal-pangkal keberkahan dalam hidup kita.

💎PANGKAL-PANGKAL KEBERKAHAN ADALAH:

◼️1. Hidup Dengan Mengikuti Al Qur'an

(QS. Al An'am: 155)

وَهَٰذَا كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ مُبَارَكٌ فَاتَّبِعُوهُ وَاتَّقُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

 Dan ini adalah Kitab (Al-Qur'an) yang Kami turunkan dengan penuh berkah. Ikutilah, dan bertakwalah agar kamu mendapat rahmat.

Nah ini hidup selalu exist dengan Al-Qur'an, yang susah tilawah satu juz Afwan akan susah hidup sampai nilai berkah.

Rasulullah ﷺ itu walaupun perang, sibuk tapi minimal tilawahnya 1 hari 3 juz, jadi yang mengaku ittibaur Rasul, pengikut Sunnah Rasulullah ﷺ bohong dong kalau tilawah saja susah, Serem tidak.
Makanya semangat ya kita dengan Al-Qur'an kita.

Al-Qur'an diturunkan sebagai obat penyakit hati dan sebagai penyiram pohon keimanan dalam hati
"Wahai sekalian manusia, sungguh telah datang kepada kalian dalam  petunjuk Allah yaitu  Al-Qur'an yang diturunkan-Nya : pelajaran, penyembuh bagi penyakit-penyakit yang berada dalam dada, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."
(QS. Yunus : 57).

Tuh yang punya penyakit julid, sering hasad cuma Alquran yang bisa jadi obat maka.... Yukk tilawah.

Semua ibadah bisa jadi mukjizat dalam hidup seorang muslim banyak testimoni kesuksesan hidup berawal dari ihtimam kita pada Al-Qur'an.

Teman saya di Lampung ada seorang ummahat yang hufadz Qur'an tiap hari tilawah lebih dari 5 juz, sapinya lahir perhari lebih dari 50 ekor bahkan ratusan.

Berkahnya zakat dan infaknya disalurkan hasil dari penjual ternak sapinya.

Jadi semua berawal dari Alquran maka berkah itu luar biasa, Al-Qur'an itu kitab yang diberkahi benar tidak?
Nah pangkal keberkahan yang lain adalah...

◼️2. Selalu Bersyukur (QS. Ibrahim : 7)

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."

Orang banyak syukurnya adalah orang yang terlatih keras dalam ibadah, sholat tepat waktu, tilawah pagi sudah khalas 1 juz, sedekah ba'da shubuh, lalu sholat Sunnah dhuha, tahajud tidak pernah lewat, sholat sunnah qobla dan ba'da juga full dikerjakan itu berkah.

Jadi kalau ummat yang berkah bukan ummat yang ababil tapi kuat aqidah nya, kokoh pemahamannya buah dari belajar, dan senantiasa Alloh ﷻ tegarkan, kuatkan hidupnya karena itu hadiah berkah dari Alloh ﷻ.
Jadi kalau, maaf hengkang dari room kajian ini akankah berkah yang kita peroleh?

"DISAAT YANG LAIN SUDAH BERGUGURAN, TETAPLAH KUAT DAN MENJADI PEMENANG"
(onedayonejuz).

Nah ya orang yang banyak syukur pun belom tentu tidak diuji Alloh ﷻ.
Tapi ketika ujian itu ada, kita tetap bisa husnuzhon ke Alloh ﷻ dan tetap kuat itu berkah.

"Jika dalam hidup semua inginnya terasa mudah,  kita tidak akan pernah tahu manisnya iman, dan indahnya bertawakal." (monday knowledge).

Kalau hidup berkah yang kita kejar maka kita tetap semangat rapih duduk disini.

Iya, tahu tidak kisah Maryam putri keluarga Imron Ibunda nabi Isa, Ini kalau baca kisahnya kita akan menjadi manusia yang terus bersyukur.
Nih Maryam hidup tidak pernah mikirin dunia, tetap saja itikaf di masjid aqsho, belajar dengan nabi Zakaria, istilahnya nyantri, tidak takut dengan tidak punya rupiah apalagi dollar.
Tapi malaikat Jibril selalu diutus Alloh ﷻ untuk mencukupi kebutuhan Maryam sampai makanan surga pun diantar malaikat Jibril...
Kalau kita takut kalau tidak kerja takut tidak makan.

Makanya mengejar dunia mati-matian, Sikut kanan, menipu sampai korupsi dilakukan, Karena tidak paham nilai berkah.
Ada juga seorang akhwat yang rajin tilawah 1 hari 5 juz, jalanin shoum Senin Kamis, jalanin sholat Sunnah. Semua kebutuhannya Alloh ﷻ cukupi bahkan yang dipikiri dibenaknya apa Alloh ﷻ kasih.
Tidak pusing mikir dunia karena Alloh ﷻ sediakan selalu jalan keluar, itulah berkah takwal minhaitsu layahtasib. Jadi walaupun pandemi begini tidak takut, Banyak saja contoh sifat Maryam insyaallah berkah.
Salah satu tanda kita tidak berkah kita berhenti belajar.

◼️3. Jujur

Seperti halnya gelas. Gelas hanya bisa enak digunakan untuk minum kalau terlebih dahulu gelas itu kita bersihkan. Jangan sekali-kali kita mencoba untuk tidak jujur.

Sebab, jujur atau tidak jujur tetap Allah Subhanahu Wata’ala  yang memberi. Rizki penjahat datang dari Allah Subhanahu Wata’ala, rizki takmir masjid juga datang dari Allah Subhanahu Wata’ala .

Bedanya, rizki yang diberikan kepada penjahat tadi haram, tidak berkah, sedangkah yang diberikan kepada orang jujur adalah rizki yang berkah. Sebab sebenarnya meskipun penjahat, kalau Allah Subhanahu Wata’ala  tidak memberi, tidak pernah dia dapatkan hasilnya. Banyak pencuri yang gagal, koruptor yang gagal. Semua itu karena kehendak Alloh ﷻ.

Jujur yang pertama kita bisa jujur pada Alloh ﷻ, Jika kita tidak bisa jujur pada Alloh ﷻ tidak mungkin kita bisa jujur pada manusia, Kita jujur pada Alloh ﷻ kita jujur pada diri sendiri. Susah hidup kalau kita tidak bisa jujur pada diri kita.
Yang terakhir ya.

◼️4. Mudahnya Kita Melakukan Amal Sholeh Dan Kita Tak Berhenti Berbuat Baik

Tuh berkah, nah kalau cepet lelah, sering bosan melakukan amal Sholeh tanda hidup kita tidak berkah ya, tetap semangat ngajak orang tilawah, tetap semangat mengajak sesama berbuat kebaikan InSyaaAllah itu berkah.

🌸🌷🌸
Tulisan terakhir nih.

Sesudah kita jujur, hati-hati pula jangan sampai ada hak-hak orang lain yang terampas atau belum tertunaikan, apalagi hak ummat. Na’udzubillahi min dzalik.

Alkisah, Umar bin Abdul Aziz r.a., ketika beliau sedang mengerjakan tugas negara malam hari di rumahnya, tiba-tiba anaknya mengetuk pintu kamar. Kemudian beliau membuka pintu dan lampu di kamar tersebut dimatikannya. Si anak lalu bertanya, “Kenapa lampu engkau matikan, ya Abi?” lalu beliau menjawab, “Karena minyak pada lampu ini milik negara. Tidak layak kita membicarakan urusan keluarga dengan menggunakan fasilitas negara,” begitulah Umar, sangat hati-hatinya karena mengharapkan hidupnya mendapat ridha dan berkah dari Allah Subhanahu Wata’ala.

Dari cerita yang dikisahkan di atas mengandung berbagai hikmah yang dapat kita teladani. Menggunakan jabatan dan wewenang yang sangat membawa berkah tiada lain kecuali mengenyampingkan kepentingan dan kesenangan pribadi di atas hak dan kesenangan Allah Subhanahu Wata’ala .

Harta kekayaan yang melimpah yang kita kuasai, yang membawa berkah, tiada lain kecuali harta yang bersih yang tertunaikan kewajiban-kewajibannya baik hak orang lain apalagi hak umat.

Wallahu a’lam.

Semoga kita tetap hidup berkah....
Jauhi transaksi haram seperti riba, jangan pernah miliki kartu kredit karena maaf itu kartu riba, sabar dan sholat saja pegangan hidup kita agar berkah aamiin Allahumma aamiin.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ Yeni ~ Semarang
Afwan Ummi...
Maksudnya jujur kepada Alloh ﷻ tuh apa yah, mungkin bisa beri contoh biar saya tidak salah tafsir?

🌸Jawab:
Jujur pada Alloh ﷻ itu mau mengakui kekurangan kita, minta maaf kalau kita salah, bisa saja tiap detik misal kita lupa istighfar, kita lupa berdoa akhirnya kita lupa kalau sudah berbuat mungkar seperti mengambil hak orang.

Jadi sering kita berbuat salah tapi lupa, sering kita menyakiti saudara kita tapi kita acuh bin abay maka itu maaf dosa yang sudah kita tumpuk-tumpuk.

Maka minta maaf ke Alloh ﷻ dan minta maaf kepada makhluk yang kita sakiti itu semua rangkaian jujur ke Alloh ﷻ ya...

Kata Alloh ﷻ dalam hadits qudsinya Dimana ada hamba Alloh ﷻ yang tersakiti disitu ada Alloh ﷻ.

Maka lihat Sifat Rasulullah ﷺ ketika disakiti, ketika dimaki, diejek atau di fitnah tidak pernah Rasulullah ﷺ membalas, karena adab kepada Alloh ﷻ yang Rosul jaga, takut ke Alloh ﷻ kalau ada ummat yang tersakiti Alloh ﷻ murka.

Maka meraih barakah memang tidak mudah, harus pelan-pelan belajar dengan ilmu, latihan sabar, syukur yang banyak InSyaaAllah kita akan berkah aamiin Allahumma aamiin.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣2️⃣ Septi ~ Palembang
Ustadzah, untuk poin ketiga tentang jujur.

Ada jujur pada Alloh ﷻ dan jujur pada sendiri.
Parameter dari kedua jujur itu seperti apa ya ustadzah? Atau ada contohnya langsung?

🌸Jawab:
Pernah dengar selftalk alias bicara dalam diri sendiri...

Misal kita datang kajian Sudah paham materi jujur, nah misal lagi kita ternyata hobi tidak jujur, setiap masalah ada saja bumbu bohongnya.

Nah itu cara merubahnya coba pelan-pelan tahajud rajin sujud lalu bicara pada diri bahwa bohong itu tidak bisa kita pertahankan dalam diri sendiri, bicara ke Alloh ﷻ dalam sholat kita minta hidayah untuk jujur, untuk lebih baik lagi, bisa mengakui kekurangan kita, dan tidak sombong dengan kelebihan kita.

InSyaaAllah jika kita banyak doanya dalam sholat Alloh ﷻ akan hadiahkan Furqon atau pembeda, kita akan bisa membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang halal dan haram. Syaratnya rajin selftalk dalam sholat, doa, dan rajin tilawah usahakan lebih dari 1 juz, InSyaaAllah Furqon itu akan datang ke kita. Aamiin.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Apa ya...
Begini agar hidup berkah salah satunya ingat ayat ini (baru kemarin selesai setoran, jadi masih ingat).

Yaa ayyuhaladziina aamanuu lata'kuluu amwaalakum bainakumm bilbathili illaa antakuuna tijaratann 'antaraadhim minkum..walaa taktuluu annfusakum.. Innallaha kaana bikum rahiimaa. (QS. An Nisa 29)

"Wahai orang orang yang beriman janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil (tidak benar)."

Jadi hidup berkah tidak mudah karena didalamnya mencakup sabar dan syukur, didalamnya harus kita peroleh dengan ilmu syariah, maka jangan bosan datang kajian karena ilmu akhirat itu membawa berkah sampai ke surga Alloh ﷻ.

Aamiin Allahumma aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar