Selasa, 29 September 2020

POLA MAKAN UNTUK DIABETESI



OLeH  : Rif'atul Amini, S.Gz

        💎M a T e R i💎

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

🌸POLA MAKAN UNTUK DIABETESI


Berbicara topik diabetes mungkin masih hangat hingga sekarang ya... Materi tentang pola makan juga sudah seringkali kita dengar, hari ini kita akan mereview kembali pola makan yang tepat untuk penyandang diabetes.

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang memengaruhi kemampuan tubuh mengubah makanan menjadi energi. Pada diabetes tipe ini tubuh tidak mampu membuat cukup banyak insulin atau kalaupun ada cukup insulin, namun tubuh bermasalah dalam menggunakan insulin (resistensi insulin) atau dua-duanya.

√ Bila insulin dalam tubuh tidak cukup banyak atau tidak bisa bekerja dengan baik, glukosa tidak bisa diubah menjadi energi, lama kelamaan glukosa akan menumpuk dalam darah tidak masuk ke dalam sel, kadar glukosa darah menjadi tinggi, dan kemudian dikeluarkan melalui air kencing.

√ Hal ini yang dapat menyebabkan gangguan pada organ tubuh atau menimbulkan komplikasi kronik seperti
gangguan pada mata, ginjal, syaraf, jantung, pembuluh darah.

√ Komplikasi akut adalah bila terjadi hipoglikemia atau hiperglikemia.

√ Hipoglikemia terjadi bila kadar glukosa darah kurang dari 60 mg/dL, kadang sudah terjadi pada glukosa darah masih di atas angka tersebut.

√ Gejalanya berupa rasa lapar, gemetar, berdebar-debar, keringat dingin, bicara pelo, pandangan kabur, sampai tidak sadarkan diri.

√ Jika hal ini terjadi, maka harus segera minum air bergula (bukan pemanis buatan) seperti teh manis, sirup dan lain-lain. Lalu makan nasi dan lauk pauk seperti biasa.

√ Hiperglikemia adalah keadaan saat kadar glukosa darah terlalu tinggi akibat produksi glukosa darah dari hati berlebihan.

√ Gejalanya sering kencing, kurang cairan, mual, dan bisa menjadi tidak sadar.

√ Hiperglikemia dalam waktu lama bisa mengakibatkan komplikasi kronik seperti penyakit jantung, ginjal, mata dan lain-lain.

💎Penanganan Diabetes Terdiri Dari 4 Pilar:

1) Edukasi (Anjuran mengikuti penyuluhan diabetes agar pengetahuan dan keterampilan tentang cara menangani diabetes secara mandiri cukup mumpuni).

2) Perencanaan Makan (Makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar glukosa, pengaturan makan penting agar kadar glukosa darah tetap terkontrol).

3) Olahraga (Olahraga membantu otot agar dapat menggunakan insulin lebih baik).

4) Obat, bila diperlukan (Jika makanan sehat dan olahraga tidak membuat glukosa darah terkontrol bisa jadi tubuh perlu obat untuk menurunkan. Tablet diabetes adalah obat untuk menurunkan kadar glukosa darah, bukan insulin). Namun bila tablet juga tidak memberikan pengaruh, mungkin tubuh sudah memerlukan insulin, bahkan sejak awal.

💎Makanan Seimbang Untuk Diabetes

√ Anjuran makan penyandang diabetes hampir sama dengan anjuran makan sehat untuk masyarakat umum, yaitu makanan seimbang, sesuai dengan kebutuhan kalori dan zat gizi. Bedanya, anjuran makan pada penyandang diabetes lebih menekankan pada prinsip 3 J yakni:

1. Jenis Makanan.
2. Jumlah Makanan.
3. Jadwal Makan.

💎Sistem Perencanaan Makan Pada Diabetes

🔸SISTEM MODEL PIRING

Anjuran makan ini cocok bagi penyandang diabetes yang baru didiagnosis, yang menginginkan cara sederhana dan belum bisa memahami cara yang lebih rumit.

√ Sistem ini dapat digambarkan sebagai berikut:
Dalam 1 piring tdd 1/4 piring adalah nasi atau penggantinya, 1/2 piring sayuran, 1/4 piring lauk hewani dan nabati  ditambah buah.

🔸SISTEM LALU LINTAS

Sistem ini termasuk cara sederhana dan mudah dimengerti.

◼️Makanan dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yakni Makanan Hijau, Kuning, dan Merah.

🔹Kelompok HIJAU dimakan dalam jumlah cukup banyak, yaitu:
~ Makanan tinggi serat.
~ Makanan rendah lemak.

🔹Kelompok KUNING dimakan dalam jumlah sedang, yaitu:
~ Makanan rendah serat.
~ Makanan lemak sedang.

🔹Kelompok MERAH cukup dimakan sedikit saja, yaitu:
~ Makanan tinggi lemak.
~ Makanan tinggi KH.  sederhana yang refine.
~ Makanan tinggi Natrium.

◼️Tips Anjuran Makan untuk Diabetes Tipe 2:

√ Sumber KH sederhana dibatasi atau dihindari.  Contohnya: gula, madu, sirup, cake, tart, dodol, kue-kue manis lain.

♡ Gula untuk bumbu dalam masakan diperbolehkan, anggota keluarga yang menyandang diabetes bisa makan makanan keluarga, tidak perlu dimasak tersendiri.

♡ Pemanis buatan dapat dikonsumsi tidak melebihi batas aman.

♡ Pilih makanan tinggi serat contohnya buah, sayuran, padi-padian, produk sereal.

√ Lemak dan minyak tidak berlebihan. Makanan jangan banyak digoreng, sebaiknya lebih banyak masak dengan sedikit minyak semisal dipanggang, dikukus, direbus, atau dibakar.

√ Batasi makanan tinggi kolesterol contohnya jeroan, lemak hewani, otak.

√ Batasi asupan natrium. Sehari tidak lebih dari 6 gram (1 sdt).

Wallahu a'lam

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Menjaga pola makan bagi penyandang diabetes dapat dimulai dengan cara sederhana seperti penerapan sistem model piring atau sistem lalu lintas.

Menjaga pola makan, rajin mencari ilmu tentang makanan bagi diabetes, berolahraga, dan disertai konsumsi obat yang teratur (jika diperlukan) merupakan pilar utama agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar