Minggu, 26 November 2017

Mengenal Penyakit Jantung



OLeh   : dr. Muhammad Abdul Rosyid

💎Materinya tentang apa ini...
Jantung to… Atau kangker payudara!

🌷Jantung dok.😁

💎Oh jantung.. Tak kira kangker payudara.. Soalnya suka kalau bahas itu...
Ayo semangat lah...

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan unsur lainnya. Gangguan aliran darah ke jantung tersebut bisa merusak atau menghancurkan otot jantung dan bisa berakibat fatal. Dalam dunia medis, serangan jantung disebut juga sebagai infark miokard.

Kalau seminar itu semangat gitu loch.. Seperti kalau lagi ngerumpi begitu...???

💎Berikut ini adalah gejala yang mungkin muncul pada penderita serangan jantung.

✔Sesak napas.

✔Sakit atau nyeri di bagian dada.

✔Merasa lemah dan pusing.

✔Sangat gelisah atau cemas.

Serangan jantung tidak tergantung pada keparahan sakit dada yang dirasakan. Sakit dada yang dirasakan belum tentu terjadi pada semua orang yang merasakan sakit jantung. Kadang-kadang rasa sakitnya ringan dan disalahartikan sebagai gangguan pencernaan biasa, seperti sakit lambung (maag). Sebaliknya, tidak semua sakit dada adalah akibat serangan jantung.

💎Penyebab Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi karena pasokan darah ke jantung terganggu. Jantung membutuhkan pasokan darah konstan yang mengandung oksigen, sama halnya dengan organ dan jaringan lain di dalam tubuh. Jika jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, otot-otot jantung akan rusak dan akhirnya bisa mati.

Otot jantung bisa mengalami kerusakan yang tidak bisa dipulihkan kembali apabila tidak segera diobati. Jantung akan berhenti berdetak jika kerusakan terjadi pada sebagian besar jantung, ini dikenal dengan istilah henti jantung. Pada akhirnya, kondisi ini akan menyebabkan kematian.

Kondisi utama yang sering menyebabkan serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Ini adalah kondisi di mana pembuluh koroner tersumbat oleh penumpukan kolesterol (plak). Setelah beberapa waktu, plak akan mengalami keretakan. Hasilnya, terjadi penggumpalan darah pada plak yang retak itu. Aliran pasokan darah yang melewati pembuluh koroner menuju jantung akan terhalang oleh penggumpalan ini dan akhirnya menyebabkan serangan jantung.

💎Selain penyakit jantung koroner, berikut adalah penyebab lain untuk serangan jantung:

✔Penyalahgunaan obat-obatan. Obat-obatan stimulan saraf seperti kokain, amphetamine (shabu), dan methamphetamine (disebut juga kristal Meth) bisa menyebabkan penyempitan pembuluh koroner, menghambat pasokan darah, serta memicu terjadinya serangan jantung. Serangan jantung yang terjadi pada pemakai kokain menjadi penyebab utama kematian pada usia muda.

✔Aneurisma. Ini adalah kondisi ketika terdapat kelemahan pada dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang melemah akhirnya tidak akan bisa menahan tekanan dari darah yang mengalir melewatinya. Akibatnya pembuluh darah akan mengalami keretakan. Jika aneurisma terjadi di pembuluh koroner, maka aliran darah terhambat dan serangan jantung terjadi.

✔Hipoksia atau kekurangan oksigen di dalam darah. Kadar oksigen dalam darah bisa menurun karena keracunan karbonmonoksida atau fungsi paru yang rusak. Sebagai akibatnya, tubuh dialiri darah yang tidak mengandung oksigen dan akhirnya memicu terjadinya serangan jantung.

Terdapat beberapa faktor risiko yang berkontribusi dalam menyebabkan terjadinya penimbunan lemak dan akhirnya mempersempit pembuluh darah. Beberapa faktor yang disebutkan di bawah ini dapat ditangani atau dihilangkan untuk menghindari terjadinya serangan jantung.

✔Riwayat kesehatan keluarga. Jika terdapat anggota keluarga dekat, terutama orang tua dan saudara kandung yang memiliki riwayat penyakit jantung, risiko Anda mengalaminya akan dua kali lipat lebih tinggi.

✔Merokok. Karbonmonoksida dan nikotin pada rokok dapat meningkatkan tekanan pada jantung dengan membuat jantung bekerja lebih cepat. Rokok juga dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah. Bahan kimia dalam rokok bisa merusak lapisan pembuluh koroner. Orang yang merokok berisiko lebih tinggi 24 persen untuk mengalami penyakit jantung.

✔Diabetes. Pada diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yang tidak terkendali, kadar glukosa dalam darah yang tinggi merusak dinding pembuluh koroner. Penderita diabetes lebih rentan terkena penyakit jantung koroner.

✔Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pembuluh koroner akan menjadi lemah jika hipertensi tidak ditangani.

✔Obesitas atau kelebihan berat badan. Kondisi ini tidak secara langsung meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Tapi kondisi ini bisa menjadi pemicu munculnya faktor risiko lain. Orang dengan berat badan lebih cenderung mengalami hipertensi, makan makanan berlemak, dan berisiko terkena diabetes.

✔Usia dan jenis kelamin. Makin bertambah usia seseorang, kemungkinan menderita penyakit jantung koroner juga meningkat. Pria lebih cenderung terserang penyakit jantung koroner dibandingkan wanita.

✔Minuman keras. Mengonsumsi minuman keras secara berlebih bisa menyebabkan hipertensi dan kadar kolesterol bertambah. Akibatnya risiko terkena penyakit jantung koroner juga meningkat. Orang yang suka mengonsumsi minuman keras cenderung menjalani gaya hidup yang lebih buruk, misalnya merokok, makan makanan berlemak, dan kurang berolahraga.Makanan.

✔Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, risiko menderita penyakit jantung koroner dan serangan jantung juga akan meningkat. Untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa mengubah pola makan dan mengonsumsi obat statin.

✔Olahraga. Kurang berolahraga bisa berakibat pada obesitas dan hipertensi, yang pada akhirnya akan meningkatkan risiko serangan jantung.

✔Polusi udara. Berdasarkan penelitian, pajanan terhadap polusi udara terutama asap kendaraan, bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

✔Memiliki masalah dengan penyakit autoimun. Penyakit seperti artritis, lupus, dan penyakit autoimun lain bisa meningkatkan risiko mengalami serangan jantung.

✔Riwayat preeklamsia saat hamil. Wanita yang mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi saat hamil lebih berisiko mengalami serangan jantung.

🌷🌸🌷
Serangan jantung dapat dicegah dengan melakukan perubahan gaya hidup dan mengobati kondisi kesehatan yang ada seperti diabetes dan hipertensi. Cara-cara pencegahan serangan jantung juga mengurangi risiko stroke. Terdapat banyak bentuk perubahan pada gaya hidup yang bisa dilakukan semua orang.

Memilih makanan yang sehat bisa dianggap sebagai cara terbaik. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi dapat memperparah atau meningkatkan risiko serangan jantung. Lemak dari makanan akan membentuk plak di pembuluh darah sehingga menghalangi aliran darah. Untuk lebih memahaminya, baca lebih lanjut tentang kolesterol tinggi.

Segera hentikan kebiasaan rokok. Merokok adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merokok juga menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan lemak pada pembuluh darah.

Sudah ini dulu kebanyakan tambah pusing nanti.
Diskusi saja enak...


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
       💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Mitha
Dok kok sakit jantung gen pengaruh tidak?

💎Jawab:
Pengaruh ya...???

0⃣2⃣ Sofie
Kalau tachycardi itu bahaya tidak sih dok?
Itu temporary apa permanent ya?

💎Jawab:
Bahaya....
Biasanya tato temporer dibuat dengan menggunakan bahan henna. Henna adalah pewarna berwarna cokelat kemerahan yang terbuat dari tanaman berbunga.
Penggunaan henna hanya direkomendasikan untuk pewarna rambut dan bukan untuk diaplikasikan di kulit. Belum lagi henna yang beredar saat ini kebanyakan sudah dicampur dengan bahan lainnya seperti phenylenediamine (PPD). Jadi kalau bisa tidak usah ya....

🌷Maksud saya itu dok...yang irama jantungnya terlalu cepat...

💎Maaf salah room
Hihihi
Bingung jawabnya nich...
Group satu bahas kesehatan kulit dan kelamin group sini bahas jantung...

0⃣3⃣ Rara
Dok... Ijin bertanya..

Pengalaman kemaren pas lebaran anakku yang kecil, tiba" yang badan dingin.. Telapak kaki dingin putih.. Jantung berdebar"...  Katanya dingin.. Sampai 3 selimut tiak bisa membuat hangat, Dan kaya sesak begitu..
Kami dah ketakutan...

Atas saran bulek, disuruh menghirup uap air panas..
Dan Alhamdulillah membaik..

Apa itu termasuk dalam penyakit jantung? , soalnya kata orang itu bisa  angin duduk..

💎Jawab:
Itu mungkin gejala sesak napas saja mbak... Sudah di periksakan ke dokter belum...???
Penyebab sesak nafas sangat bervariasi, bisa karena proses infeksi, alergi saluran napas termasuk asma, tersedak benda asing, dan kelainan bawaan saluran nafas. Sesak nafas karena proses infeksi paru, dll.

🌷Habis hirup uap air panas langsung saya bawa ke RS...
Takut kenapa"...
Tapi kata dokter jaga (pas lebaran)  masuk angin, kecapekkan.. 

💎Di bawa ke dokter apa umum ta

🌷Dokter jaga RS, UGD,
Pas hari lebaran.. Dokter pada cuti

💎Ini yang dia tidak paham hehehe

🌷Waduuh...
Alhamdulillah ..
Sekarang sudah sembuh...
Jadi buat pengalaman.. 
Takut yang pembicaraan orang awam.. Yaitu dengan angin duduk

0⃣4⃣ Sri Masriah
Kalau jantung bengkak tuh bagaimana?

💎Jawab:
Istilah jawanya jantung bengkak disebut sebagai Kardiomegali (Cardiomegaly) yaitu pembengkakan jantung sehingga ukurannya membesar melebihi jantung normal.  Jantungnya lebih besar mbak dari normal. Sebabnya akibat respons terhadap kerusakan pada otot jantung.

🌷Cara mengobatinya bagaimana dok?

💎Diuretik, blockers.Digoxin.Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor. Angiotensin receptor blocker (ARB). Antikoagulan.. ini mcm mcm obatnya..

🌷Suatu saat bisa pulih tidak ya dok?

💎Bisa meskipun sulit

🌷Cara manjaga nya bagaimana biar tidak parah,
Pantangannya apa dok...

💎Telpon saja ya nanti.. Tak jawab yang lain dulu... 😃😃 kelihatannya panjang ini konsultasinya..

🌷Ya dok... Makasih. Soalnya ini ibu saya yang mengalami.

0⃣5⃣Neng Ella
Pak Dokter, kalau awalnya sakit lemah jantung apakah lama" bisa beresiko terkena jantung koroner....
Terus cara mengobatinya bagaimana?

💎Jawab:
Penyakit jantung lemah biasanya disebabkan oleh melemahnya Fungsi kerja otot jantung sehingga detak jantung pun juga ikut melemah.
Jika tidak diobati maka bisa terjadi resiko henti jantung yang menyebabkan kematian.
Kalau koroner penyakit jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah koroner jantung akibat dari kolesterol atau trigliserida pada pembuluh darah arteri. Sama sama bahayanya ya…

🌷Berarti kalau henti jantung, bisa sewaktu" jantungnya berhenti mendadak ya dok?
Cara mengobatinya dok?
Selain berolahraga😊

💎Iya bisa.... Terapkan pola hidup sehat. Berhenti merokok. Alkohol..
Olahraga yang teratur dan sehat... Dan rajin cek ke dokter. Oke klik

0⃣6⃣ Panda
Dok, panda punya kebiasaan kalau kelelahan itu ketika awal tidur mesti seperti kaget. Jadi kaya mau jatuh atau gimanaa gitu. Bad langsung nyenyak tidurnya. Gitu dulu dibilang jantungnya kurang oke. Benar kah?


💎Jawab:
Bukan..
Itu mungkin karena Gejala hipotensi (tekanan darah rendah) atau vertigo.

0⃣7⃣ Nanda
Assalamu'alaikum dokter,
Mau tanya adakah aktifitas yang menyebabkan serangan jantung dadakan?

Soalnya dulu pernah didaerah saya pas ada anak main futsal tiba" pingsan dan meninggal, katanya serangan jantung dadakann, padahal anaknya sehat" saja sebelumnya. Benar kah begitu?
Kenapa ya dok?


💎Jawab:
Henti jantung mendadak atau sudden cardiac arrest adalah kondisi dimana detak jantung mendadak berhenti, mengakibatkan penderitanya tidak dapat bernapas dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini sangat membahayakan karena dapat menyebabkan cacat hingga kematian dalam hitungan menit jika tidak cepat ditangani.

Henti jantung mendadak terjadi tanpa peringatan. Hal ini disebabkan oleh gangguan arus listrik (electrical impulses) dalam jantung sehingga menghambat aktivitas pemompaan darah dan menghentikan sirkulasi darah dalam tubuh, jadi bisa mbak.. Mungkin dia olahraganya terlalu di forsir.

0⃣8⃣ Nitnit
Kalau lemah jantung atau jantung lemah itu begaimana dok... berbahayakah? Bagaimana cara mengantisipasinya....

💎Jawab:
Bahaya..
Cara mengantisipasinya

✔Kurangi berat badan jika Anda tergolong mengalami obesitas.

✔Mulailah kebiasaan olahraga yang tidak terlalu berat bagi jantung.

✔Hentikan kebiasaan merokok.

✔Kurangi konsumsi minuman beralkohol.

✔Atur waktu dengan baik demi mendapatkan waktu tidur yang cukup.

✔Perhatikan asupan makanan dengan menerapkan diet sehat tiap hari, termasuk mengurangi kadar garam dan sodium.
Hindari stres.

✔Jadwalkan kunjungan rutin ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan atau jika Anda mengidap penyakit lain di saat bersamaan.

✔Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter saat mengonsumsi obat-obatan.

0⃣9⃣ Dindin
Kalau jantung berdugup kencang saat melihat dia itu penyakit tidakk dok...
eeeeeeaaaaa 😄

💎Jawab:
Penyakit cinta mbak....?? Mungkin ya seperti malam ini saya mengisi kajian di sini banyak yang jantungnya mau copot..
Jujur kalau saya mengisi kajian di sini jariku yang mau copot bukan jantungku.

1⃣0⃣ Refia
Izin bertanyaaa...
sepupu saya masih dibawah 10 tahun sudah pulang ke surga duluan karena kata dokter nya jantung bocor 🤔

Maksudnya jantung bocor itu bagimana ya dok??
Katanya juga itu pup nya itu warnanya hitam begitu sebelumnya,

Kenapa bisa begitu ya dok??
Apa hubungannya ya??

syukron dok.

💎Jawab:
Jantung bocor adalah kelainan bawaan atau kongenital yaitu masalah pada struktur jantung yang sudah ada sejak lahir sehingga akan mengubah aliran normal darah melalui jantung.

1⃣1⃣ Arni
Ana sering sesak nafas dok, kadang sampai sakit didada, seperti kena duri begitu.
Terus kalau angkat berat sedikit langsung mau jatuh.
Yang mau arni tanyakan dok, bisa jadi beresiko serangan jantung kah gejala diatas? 
Dan dengan BB 53 TB 155 bisa  kena resiko juga tidak dok!

💎Jawab:
Periksakan ke dokter.. Perlu EKG.. periksakan ya... Jangan tunda.

1⃣2⃣ Eriska
Assalamu'alaikum dok. Saya mau bertanya
💞 Apakah alergi obat bisa jadi pemicu penyakit jantung?

💎Jawab:
Bisa..
Reaksi alergi yang parah dapat memicu anafilaksis (reaksi alergi yang menyebabkan kegagalan fungsi sistem tubuh secara luas) mbak.

1⃣3⃣ Anita
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dokter atas pemaparan materinya..

Tadi di materi dijelaskan kondisi yang menyebabkan jantung koroner adalah pembuluh koroner tersumbat oleh penumpukan kolesterol. Yang saya tanyakan :

1. Apakah Trigliserida juga salah satu lemak yang mempengaruhi penyumbatan itu dokter? Karena tiap ada pasien jantung selalu disertakan pemeriksaan Tg, UA, Chol, HDL & LDL..

2. Sebenernya Tg itu sejenis lemak yang seperti apa dokter?
Mohon penjelasannya yaa dokter (biar kalau ditanya pasien saya bisa jawab😄)

Terima kasih dokter🙏🏻

💎Jawab:
Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah..
Semakin tinggi kadar trigliserida, maka risiko kita untuk terkena penyakit jantung dan sindrom metabolik yang juga berhubungan dengan stroke.. Jadi makanya setiap pemeriksaan pasti akan di cek..... Mbak.

1⃣4⃣ Mey
Assalamu'alaikum dokter,

Mau tanya, saya sering merasa degup jantung cepat dalam satu tarikan, itu kenapa ya dok🤔. Seperti goyang begitu dok, sekali hentakan...,
Syukron🙏🏻

💎Jawab:
Frekwensinya cepat atau tidak ya?

🌷Cepat dok, sekali hentakan
💎Periksa dan konsultasi...
🌷Ok baiklah dok😍😎

1⃣5⃣ Yuli
Apakah ada hubungnnya sakit jantung dengan angin duduk?
JazakAlloh…

💎Jawab:
Angina adalah sebuah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah.

Terganggunya pasokan darah ini terjadi karena adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Berarti ada hubungannya dengan jantung.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

SAYANGI JANTUNGMU SEBAGAIMANA ENGKAU MENYAYANGI KEKASIHMU...
TERIMAKASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar