Minggu, 26 November 2017

🌐🌐 K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷 🔹(CLaSS KeSPRo LaNSia)🔹 Senin, 13 NoVember 2017



Senin, 13 NoVember 2017

➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Bunda Roro
Afwan mau tanya... 
Sejak usia 30 an lebih sedikit, hamil anak ke tiga selangkang mudah banget iritasi meski tidak ada keputihan, hingga berlanjut sekarang sehingga sulit pakai celana dalam karena sakit, sampai cari celana dalam yang tempat v nya yang kecil tapi ya begitu sama saja.
Sehingga jika haid seringnya tersiksa atau bepergian jauh karena pakai celana dalam.
Adakah solusinya?

🌐 Jawab:
Rasa perih dan tidak nyaman biasa dikeluhkan seseorang ketika mengalami lecet di area sela paha atau selangkangan. Salah satu penyebabnya adalah pemakaian pakaian dalam yang tidak tepat.

Dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala SpKK mengatakan bahwa iritasi pada selangkangan atau disebut  textile contact dermatitis  didefinisikan sebagai manifestasi akibat bahan kain pakaian tersebut.

"Penyebabnya adalah serat-serat kain tersebut atau bahan-bahan yang digunakan untuk memproses kain seperti  formaldehyde  untuk mengurangi kusut,  Para-phenylenediamine  sebagai pewarna, penyebab terjadinya lecet di kulit seseorang adalah kelembaban. Terlebih pada wanita yang harus menggunakan pembalut penting baginya untuk mengontrol kelembaban area selangkangan agar tak mudah lecet.

Sama seperti pemakaian pampers pada bayi, lembab awal mula terjadinya lecet. Lembab menyebabkan jamur bersarang di area selangkangan, hal lainnya bisa juga karena alergi pada bahan pembalut yang digunakan sehingga menyebabkan lecet.
 
Untuk mengatasi iritasi kulit selangkangan, adalah dengan memberikan salep anti iritasi. Selain itu perhatikan pula pakaian dalam dengan mengganti pakaian dalam yang lebih cocok.

Tips wear gunakan pakaian dari bahan kain alami seperti katun, gunakan pakaian berwarna terang karena penggunaan bahan pewarnanya lebih sedikit, gunakan pakaian yang longgar pada kondisi lembab atau panas.

0⃣2⃣ Bunda Atin
Afwan,
Saya menopouse usia 49. Sebelum menopause banyak dengar cerita kalau sudah menopause vagina akan kering. Tapi sampai sekarang usia hampir 52 tahun masih berlendir dan kadang keputihan. Normalkah?

🌐 Jawab:
Keluarnya lendir pada vagina (keputihan) atau vaginal discharge muncul dalam beberapa jenis. Dalam beberapa kasus, lendir bersifat berat dengan bau, tanpa bau, bersih atau putih, berbau amis, atau dengan darah. Tipe lendir tergantung dari penyebabnya. Gejalanya bisa berupa sakit yang serius termasuk infeksi atau kanker yang ditularkan melalui hubungan seksual. Para wanita harus berkonsultasi dengan dokter kandungan atau ginekolog terkait dengan masalah keluarnya lendir (keputihan) ini.

Kanker Rahim
Menurut Medline Plus, Kanker endometrial merupakan salah satu tipe kanker rahim yang umum ditemukan. Diperkirakan, adanya peningkatan jumlah estrogen berperan penting pada pertumbuhan endometrial dan kanker. Salah satu gejala kanker ini adalah keluarnya lendir berwarna putih atau jernih. Gejala ini biasanya muncul setelah menopause. 
Pendarahan diantara periode menstruasi normal atau setelah menopause diikuti dengan pendarahan berat di atas usia 40 tahun juga menjadi gejala kanker tipe ini. Biasanya, kanker endometrial menyerang wanita antara usia 60 tahun hingga 70 tahun.

Bunda atin..adakah bunda saat ini mengkonsumsi obat yang mengandung hormon?

🔸Sudah 4 tahun rutin konsumsi obat hipertensi dan pengencer darah

🌐Tidak ada yang lain ya bunda?

🔸Lendir jernih. Kadang kental, kadang tidak bau.
Sebaiknya gimana mbak?

🌐Sebaiknya diperiksakan ke dokter SpOG bundaku

🔸Kadang diberi obat mengatasi kaku dan nyeri

🌐Syafakillah bunda Atin. Aamiin yaa robbal aalamiin
Sebatas yang nisa tahu dan pelajari, tapi nisa bukan dokter spesialis obstetri- gynekologi, atau spesialis onkologi. Jadi baik sekali jika segera memeriksakan kondisi ini kepada ahlinya.

🔸Atau ikut papsmear aja dulu!

🌐Ya, papsmear dengan dokter SpOG bundaku,
Sampaikan ke dokter SpOG keluhan bunda secara jelas dan lengkap, dan kemudian ikuti anjuran terapinya. Insyaallah semakin cepat terdeteksi, semakin cepat dan mudah disembuhkan. Aamiin

🔸Jengah ke dr Sp.OG. Kebetulan tanggal 25 ada program papsmear di bidan.

🌐Bidan tidak melakukan papsmear tapi IVA tes
Yang melakukan papsmear hanya dokter SpOG di rumah sakit.

0⃣3⃣ Phity
Mbak nissa mau tanya ya..

Sebetulnya kapan wanita itu harus menggunakan sabun untuk organ intim? 
Apakah hanya untuk yang sudah menikah saja atau yang sudah baligh?

🌐Jawab:
Sabun kewanitaan tidak mesti digunakan. Kecuali jika diperlukan.
Karena jika sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan bisa mengganggu PH vagina menjadi tidak normal.

0⃣4⃣ Bunda Roro
IVA tes apaan mbak, bidan bilangnya kok papsmear ya?

🌐Jawab:
▪IVA tes = Inspeksi Visual dengan Asam Asetat = pemeriksaan leher rahim atau serviks dengan mata telanjang dengan melakukan pemulasan asam asetat 3-5% di mulut rahim untuk mendeteksi secara dini adanya kanker serviks.

▪Kalau papsmear = contoh sel sel dileher rahim yang diambil selama tes pap
Tes pap dilakukan untuk menentukan kesehatan leher rahim atau servix, atau menemukan adanya perubahan sel sel abnormal pada leher rahim yang diletakkan di kaca mikroskop.

🔸Mungkin tidak bidan kerjasama sama dokter, ambil contohnya di bidan, yang bawa ke dokter bidannya?

🌐Terlalu lama waktunya, karena sediaan lendir servix yang diletakkan di kaca mikroskop harus segera dibaca di mikroskop. Kecuali, memang bidan tersebut memiliki sarana laboratorium lengkap dan ada fasilitas dokter SpOG.

0⃣5⃣ Han
1. Kalau masih single apakah bisa cek Papsmear dan IVA juga kak?
Atau khusus yang sudah menikah saja!!!

2. Dan itu sebaiknya dilakukan setiap berapa bulan atau tahun sekali?

🌐Jawab:
1. Tidak bisa de', karena melakukan IVA tes dan papsmear harus melewati selaput dara yang sudah bolong.

Dan berarti hanya bisa dilakukan pada wanita yang  sudah pernah bersetubuh.

2. IVA tes dilakukan 1 tahun sekali, kalau papsmear hanya untuk wanita usia diatas 40 tahun.

🔸MMisalnya, lubangnya selaput dara karena kecelakaan misalnya jatuh dan sebagainya yang mengakibatkan selaput dara lubang berarti harus cek IVA atau Papsmear ya kak walaupun belum pernah bersetubuh?

🌐Tergantung hasil pemeriksaannya de'
Selaput dara pada gadis memang berlubang, tapi lubangnya kecil kecil, hanya cukup untuk mengalirkan darah haid saat menstruasi.

Tapi berbeda pada yang sudah bersetubuh apalagi yang sudah pernah melahirkan normal, bolong-plong, tidak ada sedikitpun selaput dara.

0⃣6⃣ Bunda Ani
Assalamualaikum mba nisa ,,,,
Afwan mau tanya ,  
Dua anak saya kalau haid itu merasa  sakit kenapa ya mbak sebaiknya di kasih obat apa ya mba..? Terimakasih

🌐Jawab:
Wa'alaikumussalam wr wb. 
Bunda Ani Maryani. 

Nyeri haid atau disnenorea = nyeri kram pada perut bagian bawah saat menstruasi. Nyeri yang mengganggu dapat menyebabkan terganggunya aktifitas sehari hari.

Jika nyeri haidnya hanya berlangsung sampai 1-2 hari pertama haid, masih dianggap normal bunda, tapi jika sepanjang haid terasa nyeri, dan atau nyeri haidnya sudah dimulai sejak beberapa hari sebelum haid, maka sebaiknya dikonsulkan ke dokter SpOG ya bun..

Apakah kedua putri bunda sudah menikah?

▪Obat penghilang nyeri haid dengan memperhatikan juga riwayat alergi obat = 
1) Obat analgetik = seperti : asam mefenamat (merk dagangnya : ponstan) dosisnya 3x1 atau bila nyeri

2) Jika nyeri kramnya dahsyat boleh diberikan obat anti spasmodik, seperti = spasminal

🔸Keduanya masih pelajar ,  sakitnya  kalau awal-awal haid saja mbak.

🌐Insyaallah normal bunda ani. Selain diberikan obat analgetik berikan juga multivitamin atau tablet penambah darah ya bun, agar tetap fit dalam menjalankan aktifitas sehari harinya. Aamiin

Semoga sharing hari ini bisa memenuhi pertanyaan semua bunda dan eyang disini, dan bermanfaat. Nisa mohon maaf bila ada kekurangan dalam jawaban nisa. selamat rehat bunda dan eyang shalihah, insyaallah bertemu lagi di sepertiga malam terakhirNya dan di kesempatan kajian berikutnya. 

Aamiin yaa robbal aalamiin

^^^---^^^

@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar