Minggu, 26 November 2017

๐ŸŒ๐ŸŒ K O N S U L T A S I ๐ŸŒ๐ŸŒ ๐ŸŒทBiDaDaRi KeSPRo CLaSS๐ŸŒท ๐Ÿ”น(CLaSS iBu HaMiL)๐Ÿ”น


Ahad, 19 November 2017
Notulensi : Sinda
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Fani
1. Bu bid, aku punya ponakan yang tinggal sama aku dan ibu dari waktu pas lahir lagi, umurnya sekarang 7 bulan, dia tidak ASI sama sekali cuma sufor aja.
Berat badannya sekarang 8 kg bubid.
Cuma belakangan ini warna puupnya hijau lumut gitu, aman tidak sih bubid?

2. Terus dia kan cuma sufor, boleh tidak bayi 7 bulan dikasih vitamin? Kalau boleh vitamin apa?

3. Dan aku mau tau tanya, kelemahan anak yang tidak pernah ASI sama yang ASI apa aja?

4. Satu lagi, dia itu sebulan belakangan suka air ludahnya ngences gitu bubid sampe baju yang di pakai basah, itu kenapa ya?

๐ŸŒJawab:
1. Penyebab feses bayi non ASI berwarna hijau :
A. Bayi sedang sakit : Perut bayi yang terserang virus akan berdampak pada warna kotorannya dan juga konsistensi dalam BAB, terutama saat terserang diare. BAB bayi berwarna hijau juga bisa terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula.

B. Bayi sensitif dan alergi : Bayi bisa sensitif terhadap makanan maupun obat yang Anda konsumsi. BAB bayi bisa berwarna hijau dan mengandung lendir karena sesuatu yang Anda konsumsi. Meski kondisi ini jarang terjadi, tapi ketika muncul gejalanya biasanya disertai dengan masalah pencernaan, gangguan kulit, dan masalah pada pernapasan. Bayi yang lebih besar juga bisa mengalaminya ketika mereka diperkenalkan pada makanan-makanan baru.

C. Makanan yang dikonsumsi bayi : Saat bayi Anda mulai dikenalkan makanan padat, maka akan berpengaruh pada warna kotorannya. Warna hijau pada BAB bayi juga bisa berasal dari makanan seperti bubur kacang, kacang polong, dan bayam.

D. Terdapat lendir : Pertumbuhan gigi pada bayi dapat mengakibatkan produksi air liur yang berlebihan. Sehingga menyebabkan keluarnya lendir berwarna hijau pada kotoran bayi. Tapi waspadalah, kondisi ini mungkin juga menunjukkan adanya infeksi.

Dalam banyak kasus, BAB bayi berwarna hijau dapat disertai dengan diare. Pastikan bayi mendapatkan banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Jika kotoran berwarna hijau tidak hilang dalam beberapa hari, disarankan segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi.

2. Usia 7 bulan, berarti sudah diberikan makanan pendamping/tambahan. BB = 8 kg, sesuai untuk usianya.
Bila bayi dengan mudah menikmati dan mendapatkan asupan makanan cukup gizi, bayi tidak memerlukan suplementasi makanan atau vitamin.

Namun, jika bayi sulit makan, hanya mau satu jenis makanan, cenderung hanya mau minum susu saja, atau bayi sering sakit, maka sebaiknya bayi mendapatkan vitamin terutama yang mengandung zat besi tinggi.

3.  Biasanya lebih banyak keluhan di sistem pencernaan, karena dipengaruhi oleh kebersihan botol susu dan proses penyiapan susu yang tepat.

4. Mungkin giginya mulai tumbuh, coba dilihat gusinya ada yang mengeras dan berwarna lebih putih ga? Jika ya, berarti mau tumbuh gigi.

Silahkan ditambahkan teh devi.

๐ŸŒSudah cukup...
Yang penting.. Mba fani.. Jaga kebersihan botol. Cara membuat susu yang benar. 
Dan saat menyusui.. Harus di gendong dan tegak lurus agar tidak ada angin yang masuk dan mencegah segrekan atau keselek pada debay.

๐Ÿ“Jadi gitu ya bubid, mungkin memang karena makanan kali ya makanya warna hijau, soalnya makanan pendampingnya sering dikasih kacang hijau..
Berarti aman ya.
Alhamdulillah anaknya makan apapun dilahap aja, tidak milih-milih.

Jazakillahu khair bu bid 

0⃣2⃣ Ummu Hafshoh
1. Bu bid sayur apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bumil? Kata bumer saya bumil tidak boleh makan terong nanti anaknya jadi kisut kulitnya seperti terong!

2. Sama kalau tengah malem saya sering banget kelaparan.. Bolehkan saya makan? Apakah nanti bisa berefek pada obesitas? Kalau habis makan tengah malem biasanya langsung ngantuk berat!

3. Sama saya punya hobi ngemilin es batu apa kah nanti janin jadi besar kalau sering makan atau minum es?

๐ŸŒJawab:
1. Ibu hamil kalau makan terong bayinya akan kisut seperti kulit terong = mitos

Semua sayur insyaallah bergizi dan baik dikonsumsi ibu hamil, kecuali jika ibu hamil memiliki riwayat alergi jika mengkonsumsi makanan tertentu, maka jenis itulah yang dihindari.

2. Kalau tengah malam lapar, boleh makan. Berapakah usia kehamilan ummu hafshoh saat ini?
Anjuran diet untuk mengurangi makan adalah disesuaikan dengan hasil pemeriksaan bidan atau dokter SpOG

3. Mitos

๐Ÿ“33 minggu

๐ŸŒTidak mengapa makan malam, namun jangan berlebihan.
Silahkan tanyakan ke bidan atau dokternya bunda berdasarkan hasil pemeriksaan perkiraan TBJ (Taksiran Berat Janin) berapa dan apakah ada diet yang harus dilakukan.

0⃣3⃣ Nani
Bu bidan saya kemarin cek kolesterol hasilnya tinggi 220, kira-kira membahayakan tidak ya untuk ibu dan bayinya??

๐ŸŒJawab:
Kadar kolesterol normal pada ibu hamil =
~ LDL = 149 mg/dl (+/-) 10
~ HDL = 59 mg/dl (+/-) 6
Kadar total kolesterol normal ibu hamil = 200-259 mg/dl (+/-) 10

0⃣4⃣ Anis
Maaf di luar tema..izin bertanya..bu bidan atau bunda lain pernahkah ketika hamil muda ada keputihan berwarna coklat muda? 
Semalem saya kok ada begitu. usia kehamilan 5 minggu. Saya jadi takut, tadi cari bidan dekat rumah tidak ada yang buka..
Tetapi tidak berbau seperti ketika mau haid..
Barangkali ada yang pernah tau itu kenapa nggih? Apakah faktor kecapekan karena aktivitas? Solusinya bagaimana ya?

๐ŸŒJawab:
Salah satu tanda bahaya kehamilan adalah perdarahan...Flek coklat atau setetes darah merupakan tanda bahaya. Bagusnya ke dokter kandungan. Cek segera....

Sekarang sambil nunggu ke dokter dianjurkan Bedrest dulu saja. Rileks...

Maaf koreksi juga.. Apakah semalam... Habis berhubungan atau bersetubuh suami istri?

๐ŸŒBunda anis mengalami keputihan berwarna coklat muda di usia kehamilan 5 minggu.

Keputihan berwarna coklat saat hamil muda bisa disebabkan oleh =
1. Perdarahan yang disebabkan implantasi janin = yaitu saat penanaman telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Keputihan ini berwarna merah, merah muda, atau coklat muda dan merupakan tanda awal kehamilan. Keputihan ini tergolong normal dan bisa terjadi selama 10-14 hari setelah pembuahan.

2. Keputihan yang bercampur darah (beresiko keguguran). Hal ini disebabkan mulut rahim yang membuka karena kontraksi rahim. Rahim yang berkontraksi berlebihan menyebabkan mulut rahim membuka dan mengeluarkan lendir coklat yang bercampur darah, jika perdarahan berlanjut maka beresiko keguguran.

Solusinya =
A. Jika perut bawah terasa kencang, tegang, ngilu, nyeri, apalagi jika ada keluar kecoklatan melalui vagina maka wajib Bedrest atau istirahat di tempat tidur saja secara total kecuali jika ingin ke toilet.
B. Kurangi aktivitas fisik dan psikis yang berat.
C. Periksa atau konsultasikan ke dokter SpOG.

๐Ÿ“Tidak berhubungan bu bid.
Hari ini saya coba rileks saja tapi tetap melakukan aktivitas irt. Tapi tidak seperti hari sebelumnya yang terasa lemas sekali.
Alhamdulillah setelah saya lumayan rileks tidak keluar lagi keputihan coklatnya bu bidan. Dan keluarnya pas waktu itu setetes si..semoga bukan sesuatu yang membahayakan. InsyaAllah besok baru ke dokternya soalnya ahad banyak yang tutup.

0⃣5⃣ Puji
1. Apa hubungan keputihan yang patologis terhadap janin?

2. Apakah berbahaya jika di setiap makan harus ada yang pedas, karena usia kehamilan trimester pertama yang masih ada mual-mualnya, jadi kalau tidak pakai yang pedas, malah eneg dan cenderung ingin muntah?

๐ŸŒJawab:
Bunda puji..
1. Bahaya keputihan patologis terhadap kehamilan dan janin =
A. Kelahiran prematur
B. Ketuban pecah sebelum waktunya
C. Berat badan bayi lahir rendah
D. Mata bayi yang dilahirkan secara normal atau pervaginam bisa terinfeksi dan beresiko mengalami kebutaan.

2. Yang penting pedasnya tidak berlebihan tidak mengapa bunda puji. Lidahnya ibu hamil memang unik

๐ŸŒ1. Biasa ya... Cenderung ke bayi.. EndingNya... Terkadang  matanya konjungtivitis (belekan).
Dan biasaNya kalau belum lahiran... Memicu KPD...ketuban pecah dini.

2. BiasaNya cenderung ke lambung..  BundaNya..

0⃣6⃣ Sansan
Assalamualaikum semua...
Bubid ijin bertanya...

1. Tadi bubid bilang kalau:
A. Jika perut bawah terasa kencang, tegang, ngilu, nyeri, maka wajib Bedrest atau istirahat di tempat tidur saja secara total kecuali jika ingin ke toilet.

Ini indikasi kenapa ya...
Karena kemaren pas saya sedang safar saya mengalami gejala ini.
Tetapi hanya sebentar tidak terus-terusan dan saya langsung relax...

2. Apakah ibu hamil dengan usia kandungan 21week tidak boleh membawa beban berat misal tas punggung dan tas jinjingan...
Jika terpaksa sekali sedang bawa bawaan banyak berapa maksimalnya ya...  Atau gejala-gejala yang bisa dirasakan jika bumil kelelahan atau keberatan membawa beban karena suka tidak berasa ini kecapean atau tidak?
Dan efeknya bagaimana bun jika sampai kecapaian yang berlebihan!

Terimakasih

๐ŸŒJawab:
1. Yang dijelaskan bu nissa
2. Bahaya membawa beban maksimal 9 kg

Berikut ini bahayanya bagi kehamilan :

1. Nyeri Punggung dan Kelelahan.

Perbesaran rahim yang menyebabkan pusat gravitasi tubuh berubah menjadikan punggung belakang tertekan dan mudah merenggang. Hal ini menimbulkan ketidaknyamanan selama masa kehamilan berupa nyeri pada punggung. Dengan mengangkat beban berat, berarti ibu menambah beban pada tubuh sekaligus menambah kerja punggung dan membuatnya semakin mudah terasa nyeri dan ibu pun jadi cepat kelelahan. (Baca juga : ciri ciri orang hamil).

2. Risiko Terpeleset atau Jatuh.

Pada saat hamil (terutama pada trimester ketiga), ibu mengalami penambahan massa tubuh sehingga pada saat ibu berdiri ataupun berjalan akan merasakan kesulitan karena, gaya tarik bumi terhadap ibu bertambah dan postur tubuh yang berubah mengalami ketidakseimbangan. Untuk mempertahankan keseimbangannya, ibu berjalan dengan posisi cenderung lordosis karena posisi ini membuat ibu menjadi lebih seimbang dalam berjalan. Hal ini berkaitan dengan konsep keseimbangan tubuh dimana dipengaruhi oleh kesegarisan tubuh (body alignment) dan mekanika tubuh untuk mempertahankan keseimbangan postur dan kesegarisan tubuh selama berdiri.

Dalam posisi yang cenderung lordosis itu ketika ibu hamil mengangkat beban yang berat, artinya ibu menambah beban pada tubuh yang juga meningkatkan risiko terpeleset atau jatuh, saat membawa beban tersebut. Hal ini disebabkan karena ibu hamil cenderung kesulitan mengontrol keseimbangan tubuh. Faktor lain seperti kondisi pijakan dan alas kaki juga turut mempengaruhi seperti juga pada ibu hamil naik turun tangga.

3. Pre-eklampsia.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu yang selama kehamilannya sering mengangkat beban berat berisiko tinggi mengalami pre-eklampsia. Suatu kondisi keracunan atau komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah yang tinggi (hipertensi dalam kehamilan), terdapat protein dalam urin, dan oedema (pembengkakan) pada tungkai dan wajah.

4. Kelahiran Prematur dan BBLR.

Perubahan fisik akibat pembesaran rahim membuat titik pusat gravitasi pada tubuh berpindah ke depan. Ini menyebabkan ibu rentan kehilangan keseimbangan tubuh dan mudah terjatuh. Risiko kelahiran prematuratau kurang bulan sangat mungkin terjadi. Persalinan prematur turut meningkatkan jumlah bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR).

5. Keguguran.

Penelitian menunjukkan, ibu yang sering mengangkat beban berat terutama pada masa kehamilan muda berisiko tinggi mengalami keguguran. Meski masih ada faktor lain yang lebih mempengaruhi atau ibu dalam kondisi kehamilan berisiko tinggi atau dengan penyulit.

๐ŸŒBunda sansan yang berbahagia.
1. Berbeda kondisi antara bunda sansan dengan bunda anis. Bunda anis mengalami pengeluaran keputihan yang berwarna coklat yang artinya berarti keputihannya bercampur darah, pastinya jika pengeluaran kecoklatan pervaginamnya keterusan bahkan sampai berwarna merah, pastinya akan ada keluhan kontraksi rahim seperti = perut terasa kencang, tegang, ngilu, nyeri maka diwajibkan bedrest total untuk mempertahankan kehamilannya agar tidak keguguran, apalagi diusia kehamilan 5 minggu.

Di materi kajian sebelumnya, kita sudah pernah membahas tentang braxton hicks  atau kontraksi kecil atau ringan yang biasa dialami oleh ibu hamil. Yang apabila kontraksi ini berlanjut padahal usia kehamilan belum cukup bulan maka mengakibatkan kelahiran sebelum waktunya seperti keguguran pada hamil muda dan atau persalinan prematur.

2. Jawaban no. 2 sudah dijawab bidan devi.

๐Ÿ“Oooh berarti gejala kontraksi ringan ya bubid...
Apa itu disebabkan karena kecapekan?

๐ŸŒBanyak faktor, kecapean bisa, Suplai oksigen kurang juga bisa ke debay, dan lain-lain. Kalau sudah merasa tidak nyaman istirahat.

0⃣7⃣ Sansan
Apakah bumil boleh melakukan kerokan atau pijatan di punggung kalau lagi tidak enak badan?

๐ŸŒJawab:
Boleh.

Karena saya riwayat sampai 8 bulan. Mual kerok mual kerok. Asal jangan pijit di bagian perut.

๐Ÿ“Ada yang bilang tidak boleh katanya bubid.
Dan pernah ada kejadian abis dipijet dia besoknya keguguran.
Tapi insya allah kalau hati-hati, aman-aman saja ya bubid?

๐ŸŒKarenanya tidak dianjurkan mengurut bagian perut.

๐ŸŒPijitnya bagian mana? Kalau perut sangat tidak diperbolehkan, karena kematian janin di daerah bogor Terbesar karena pijit bagian perut. Bahasa ke dokterannya IUFD.

0⃣8⃣ iNdah
1. Bubid melihat bahaya keputihan patologis dan riwayat kista bartolin berarti kecil kemungkinan untuk lahir normal ya?

2. Lidah yang kotor pada bumil tanda apakah?

๐ŸŒJawab:
1. Jika saat hamil timbul keputihan patologis dan tidak diobati sebaiknya melahirkan secara SC.

Apa sih kista bartholin?
Kelenjar Bartholin adalah sepasang organ kecil di bawah lipatan bibir vagina, disebut labia, pada area kemaluan wanita. Kelenjar ini berperan mengeluarkan cairan untuk melembapkan bagian luar vagina. Cairan ini keluar dari saluran Bartholin yang berada pada mulut vagina.
Ada kalanya saluran Bartholin tersumbat sehingga terjadi penumpukan cairan pada kelenjar. Kondisi ini dinamakan kista kelenjar bartolin. Sementara abses kelenjar Bartholin terjadi ketika kelenjar atau saluran ini terinfeksi. Umumnya dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, pembengkakan, adanya lendir yang kental, atau efek penyakit menular seksual. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri E. coli dan juga bakteri lainnya yang memicu penyakit menular seksual, seperti klamidia dan gonore. Setelah berhubungan seksual, ukuran kista dapat membesar karena kelenjar memproduksi lebih banyak cairan selama proses hubungan intim terjadi.

Kista Bartholin yang tidak terinfeksi dapat berbentuk benjolan yang tidak terasa nyeri, tapi akan menyebabkan daerah kewanitaan terlihat membengkak atau berwarna kemerahan, serta membuat Anda tidak nyaman saat berhubungan seksual, duduk, maupun berjalan.

Jadi, kista bartolin bisa dihilangkan jika mengganggu pada saat hamil, agar bisa melahirkan normal pervaginam.

2. Lidah putih terjadi karena papila pada permukaaan lidah mengalami pertumbuhan berlebih dan pembengkakan. Lapisan putih ini muncul akibat sisa makanan, bakteri, dan sel-sel mati bersarang atau tersangkut di antara papila yang membesar dan terkadang meradang.

Lidah putih mungkin terlihat mengkhawatirkan, tapi biasanya tidak berbahaya dan bersifat sementara. Namun, lidah putih bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi serius, mulai dari infeksi hingga kondisi prakanker.

Saat hamil, tubuh wanita membutuhkan lebih banyak air untuk hidrasi, lidah yang nampak seperti dilapisi gajih putih dapat muncul. Yang dapat hilang dengan cara membersihkan mulut dan menghilangkan dehidrasi.
Jika lidah putih yang dialami oleh ibu hamil tidak bisa menghilang setelah dibersihkan dan menghilangkan dehidrasi, dan dirasakan nyeri, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter.

^^^---^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes


Tidak ada komentar:

Posting Komentar