Minggu, 26 November 2017

Peranan Wanita Dalam Keberhasilan Suami


OLeh   : Bunda Indra Asih

๐ŸŒทPeranan Wanita Dalam Keberhasilan Suami


Sabda Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam, “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang sebaik-baik harta pusaka seseorang? Yaitu wanita shalihah, yang menyenangkan jika dipandang, menaati jika diperintah suami, dan bisa menjaga (harta dan kehormatan) jika ditinggal pergi.” (HR. An-Nasa'i dan Imam Ahmad. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).


1. Menyenangkan Jika Dipandang Suami

Ciri istri terbaik yang pertama adalah menyenangkan jika dipandang oleh suami. Maksud menyenangkan di sini bukan berarti harus cantik secara fisik seperti kebanyakan dugaan orang. Akan tetapi lebih kepada inner beauty atau kecantikan yang bersumber dari dalam jiwa.

Rasulullah SAW bersabda: "istri yang terbaik ialah istri yang mempesonakanmu setiap kali di pandang." (HR.An-Nasai)

Wajah wanita muslimah yang bisa menyenangkan suami biasanya akan memancarkan aura keteduhan karena sering terkena air wudhu. Terdapat pancaran keikhlasan dan rasa syukur di wajah wanita tersebut karena telah hidup sebagai istri dari suaminya.

Dalam rangka menyenangkan suami jika ia memandangnya, maka seorang istri haruslah memancarkan aura keteduhan dan mengekspresikan roman muka yang membahagiakan sehingga akan membuat suami tersenyum apabila melihat kita.

Dengan melihat ekspresi istri yang menyenangkan tersebut dapat membuat suami bahagia, menghilangkan rasa penatnya dan akan berganti dengan kesegaran. Hal ini akan membuat sang suami betah berlama-lama memandangi wajah istrinya yang mempesona tersebut.

Rasulullah SAW Bersabda: 
"jangan sekali-kali kau abaikan kebajikan sekecil apapun, sekalipun hanya sekedar menampakkan wajah yang menyenangkan tatkala bertatap muka dengan saudaramu!." (HR.Muslim)

Jika perlu pakailah riasan saat bertemu suami agar ia semakin merasa senang dan semakin sayang kepada istrinya. Kecantikan jiwa dan ditambah riasan yang cantik tentu akan membuat suami betah di rumah. Jangan untuk selalu tebarkan senyuman saat bertemu dengan suami.

Untuk itu, jadilah istri yang bisa membahagiakan suami hanya dengan membuatnya senang memandang wajah istrinya. Jangan pernah tunjukkan wajah kesal atau marah di hadapan suami, karena hal ini bisa saja membuat dirinya tidak betah berada di rumah.

2. Mentaati Jika Diperintah

Ciri istri terbaik menurut Rasulullah selanjutnya adalah mereka yang senantiasa mentaati perintah suaminya. Sebab semua suami itu merupakan pemimpin bagi istri dan keluarganya. Seperti firman Allah Ta’ala yang artinya: “Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita” (QS. An Nisa’: 34)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; “Wahai Rasulullah, wanita yang bagaimana yang paling baik?” maka Beliau menjawab: “Wanita yang menyenangkan hati jika dilihat (suami), taat jika diperintah dan tidak menyelisihi pada sesuatu yang ia benci terjadi pada dirinya (istri) dan harta suaminya.” (HR. Ahmad)

Wanita yang paling baik itu adalah wanita yang mentaati perintah suaminya. Dengan catatatan perintah tersebut tidak bertentangan dengan syariat agama Islam.   

3. Menjaga Diri dan Harta Suaminya

Menjaga kehormatan diri sebagai seorang muslimah dan sebagai seorang istri akan melindunginya dari perbuatan dosa yang mungkin saja bisa terjadi.

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
๐ŸŒธSifat Wanita Istri Yang Membuat Pasangan Sukses


Panutan kita Rasulullah Shallallahu Aliahi Sallam yang selalu di dukung oleh istri tercintanya Khadijah Radhiyallahu Anha.

Bahkan, Aisyah Radhiyallahu Anha pernah mengatakan bahwa ia cemburu pada Khadijah karena Rasulullah selalu menyanjungnya dengan pujian yang luar biasa.

Aisyah Radhiyallahu Anha pernah menuturkan, yang artinya:

"Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam jika menyebut tentang khadijah maka iapun memujinya, dengan pujian yang sangat indah. Maka pada suatu hari akupun cemburu, maka aku berkata ‘Terlalu sering engkau menyebut-nya, ia seorang wanita yang sudah tua. Allah telah menggantikannya buatmu dengan wanita yang lebih baik darinya.’ Maka Nabi berkata ‘Allah tidak menggantikannya dengan seorang wanitapun yang lebih baik darinya.

1. Ia telah beriman kepadaku tatkala orang-orang kafir kepadaku.

2. Ia telah membenarkan aku tatkala orang-orang mendustakan aku.

3. Ia telah membantuku dengan hartanya tatkala orang-orang menahan hartanya tidak membantuku.

4. "Allah telah menganugerahkan darinya anak-anak tatkala Allah tidak menganugerahkan kepadaku anak-anak dari wanita-wanita yang lain." (HR. Ahmad)

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
๐ŸŒธPerempuan adalah makhluk istimewa.

Perempuan memiliki sifat- sifat yang merupakan potensi besar yang akan menghantarkan pasangannya kepada kesuksesan.

Sifat-sifat istri yang dapat membuat seorang suami menjadi lebih sukses dan hebat dalam hal pekerjaan, agama dan kebijaksanaannya dalam menjalankan kehidupan sebagai seorang suami, seorang ayah bagi anak-anaknya dan menjalankan kewajiban sebagai seorang laki-laki yang memberikan nafkah kepada anak istri pula.

Diantara sifat-sifat itu adalah seperti yang terdapat pada sebuah buku yang berjudul "Sifat-Sifat Perempuan yang Membuat Pasangannya Jadi Orang Sukses" buah karya Muyassaroh Hafidzoh antara lain :

1. Kasih sayang perempuan merupakan keteguhan, konsistensi, serta kekuatan bagi pasangannya meraih kesuksesan. Kasih sayang istri yang membuat suami menjadi kuat. Ia akan termotivasi untuk lebih menyenangkan istrinya dengan bekerja keras dan merubah diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

2. Kesabaran perempuan merupakan kunci bagi suami dalam menghadapi segala permasalahan dan rintangan dan mendorong pasangannya agar tidak mudah putus asa meraih kesuksesan. Kesabaran Istri dapat membuat suaminya nyaman dan kuat menghadapi segala masalah persoalan kehidupan rumah tangga dan pekerjaan yang menghadang. Kesabaran istrilah yang menjadi penenang dan penyemangat suami sehingga mampu berkembang lebih baik lagi.

3. Gemar bersyukur perempuan membuat keberkahan rejeki yang didapat pasangannya. Istri yang banyak bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan kepadanya akan mendamaikan hati suami, sehingga ia bekerja dengan tenang dan tanpa paksaan yang menjadi beban.

4. Kejujuran perempuan membentuk rasa percaya diri bagi pasangannya serta rasa saling percaya dan terbuka. Istri yang jujur satu faktor yang dapat membuat rumah tangga langgeng dan juga bagian dari kunci kesuksesan kebahagiaan kehidupan rumah tangga suami dan istri.

5. Motivasi perempuan membuat semangat suami tak pernah redup. Istri menjadi pendengar setia dari masalah pekerjaan si suami sehingga membuat perasaan pasangannya lebih tenang.

6. Kepekaan perempuan menjadikan pasangannya lebih progresif dalam merencanakan masa depan. Satu sifat yang sangat dibutuhkan dalam rumah tangga. Wanita yang peka mampu menghibur suami tanpa harus diminta. Hal ini akan membuat suami lebih semangat bekerja. Seorang istri akan dengan setia mendukung suami apapun situasinya.

7. Komunikatif perempuan membangun rasa saling menghargai dan menghormati antara pasangan suami istri.

8. Ketelitian perempuan menjadikan pasangannya hemat, cermat, serta terukur dalam bekerja. Istri yang teliti cermat akan mampu mengkoordinir rumah tangga dengan baik. Ia dapat mengkondisikan pendapatan suami dengan tepat sehingga rumah tangga menjadi lebih teratur dalam segala hal.

๐ŸŒธ๐ŸŒท๐ŸŒธ
๐ŸŒธMembangun Kebahagiaan Kunci Kesuksesan Suami


Wanita yang bisa membuat pasangannya bahagia adalah kunci utama dalam mendorong kesuksesan pasangannya. Ketika rumah tangga bahagia maka seseorang lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik di masa depan.

1. Istri senantiasa mendoakan sang suami setiap saat.

Di dalam setiap harinya istri selalu mendoakan sang suami agar dimudahkan dalam setiap kesulitan dan mencapai kebahagiaan kesuksesan keberhasilan dalam kehidupan di dunia maupun di akherat kelak nantinya.

Setiap istri menyadari bahwa untuk mencapai keberhasilan yang diimpikan akan selalu ada proses panjang yang dilewati. Tidak ada bumbu instan yang mengantarkan seseorang menuju keberhasilannya.

2. Kesabaran istri untuk membantu suami melewati proses mencapai keberhasilan itulah yang pada intinya membuat sang suami menjadi lebih kuat. Sang suami tahu bahwa meski ia harus jatuh-bangun meniti karirnya akan selalu ada istri tercinta yang mendampingi dengan penuh cinta.

3. Kesetiaan istri dalam mendampingi suami dalam meniti keberhasilannya tentu tidak disertai dengan motif tertentu. Ia hanya ia ingin orang yang dicintainya itu bisa berhasil memperoleh apa yang memang dia inginkan. Ketulusan istri inilah membuat sang suami bisa lebih cepat mencapai keberhasilan.

Banyak suami yang sukses dalam bekerja bukan karena kecerdasan otaknya, kepandaian berstartegi mengatasi masalah dan orang-orang dekatnya. Melainkan, ada seorang wanita yang mencintainya yang selalu mendukung usai melakukan pekerjaannya.

4. Peran istri dalam menjaga dan memerhatikan anaknya juga berkontribusi besar bagi kesuksesan sang suami. Dengan dukungan seperti ini suami bisa total bekerja tanpa harus memecah pikirannya untuk memikirkan anak-anak di rumah.

5. Tidak hanya berperan menjadi guru, koki, dan asisten rumah tangga saja. Istri pada banyak keluarga adalahseorang akuntan handal yang mampu mengatur keuangan meski gaji suami terkadang kurang.

Banyak pria sukses mengaku bahwa istrinya justru pintar memanajemen uang masuk dan keluar sehingga walau gaji suami kecil semua kebutuhan tetap bisa tertutupi. Hal ini secara tidak langsung mengurangi beban suami sehingga bisa lebih mudah langkahnya melenggang meraih keberhasilan.

Itulah beberapa sifat seorang istri yang dapat membuat suaminya sukses dalam pekerjaan maupun agama.

Allahu a’lam

Prinsipnya... Jangan kehilangan keyakinan akan kemuliaan wanita dalam pandangan Islam.

Sehingga... Memaknai proses menjalani kehidupan rumah tangga seperti jihad dan memang dimuliakan seperti itu.

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
       ๐Ÿ’ŽTaNYa JaWaB๐Ÿ’Ž

0⃣1⃣ Han
Bund bagaiman tuch dengan wanita yang merasa lebih hebat dari suaminya???
Baik materi, kepintaran dan lain-lainya!!!

๐ŸŒธ Jawab :
Repot sendiri wanita tersebut.

Karena mengambil alih kewajiban suaminya.

0⃣2⃣ Eka
Bund, bagaimana kiat nya, tips nya untuk yang belum menikah agar bisa menjadi istri yang menjadi Sumber kesuksesan suami?
Apa yang perlu di persiapkan dari sekarang bund?

๐ŸŒธ Jawab :
Kesiapan untuk jihad sebagai istri ditempa dari sekarang.

๐ŸŒทJihad sebagai istri bund?

๐ŸŒธIyaa...
Ketrampilan" praktis kuasai.
Yang bisa mendukung lancarnya tugas sebagai istri dan untuk mendukung suami menjadi sukses.
Harus tough dan trampil.

0⃣3⃣ iRna
Begini Bund...
Ada suami yang tidak kasih nafkah ke istrinya, kalau ada kasih, itu hanya cukup untuk beli pampers anak selama seminggu, dan itu pun tidak rutin tiap bulan.

Naah sekarang itu si istri pingin pisah dengan suami, karena dari awal nikah memang soal materi jauh banget, masih ditopang oleh orang tuanya si istri, salah tidak bund kalau di si istri minta cerai?
Dan sisuami tidak mau cerai bund.
Itu bagaimana yaa?

๐ŸŒธ Jawab :
Boleh minta cerai.
Jika hak nafkah tidak terpenuhi.

Tapi bersabar lebih baik.
Dorong suami agar memiliki netos kerja yang lebih baik.
Jangan mudah menyerah.

๐ŸŒทDorongan sudah dari awal bund, tapi kayaknya mending tidur dari pada kerja bagi sisuami, padahal sudah punya anak.

๐ŸŒธ Kalau asa sudah tidak sanggup...
Boleh minta cerai.
Dengan​ pertimbangan yang matang sekali.

Istri mencoba menggandeng suami... Untuk bangun...
Dan membantu menemukan kreatifitas dalam mencari nafkah.
Coba ikut membantu suami dulu.

0⃣4⃣ Han
Tapi kebanyakan wanita modern sekarang sperti itu bund,

Dan suami kadang juga merasa dak masalah dengan istri yang lebih besar penghasilannya!?

๐ŸŒธ Jawab :
Iyaa tidak apa...
Tapi mindsetnya yang harus dirubah, Jika lebih besa, Maka sedekahnya lebih banyak untuk keluarganya.
Tapi bukan berarti bahwa istri berubah yang jadi qowwam (Pemimpin dalam RT... Dan itu suami bukan istri)
Tetap kewajiban yang utama harus ditunaikan... Mendidik anak dan taat pada​ suami.

๐ŸŒท Tetap menghargai suami ya bund apapun kondisi suaminya.

๐ŸŒธ Istri Rasul Khadijah kan juga penghasilannya besar...
Tapi Khadijah demikian sangat hormat... Mendukung...
Dan taat pada Rasulullah Shallallahu a'laihi Wassalam.

๐ŸŒทQowwam itu apa bun?

๐ŸŒธPemimpin dalam rumah tangga, Dan itu suami bukan istri.


0⃣5⃣ Rizki
Bunda, dulu sebelum menikah apakah bunda khadijah tau bahwa Nabi Muhammad kelak menjadi Rasulullah?

Seberapa sulitkah hal yang dialami bunda khadijah sebelum dan sesudah Nabi Muhammad menjadi Rasul?

๐ŸŒธ Jawab :
Tidak Bahkan Rasulullah sendiri belum tau.

Sangat sulit, Karena ditekan dan diboikot oleh Quraisy.
Ketika sebelum tidak sulit…

0⃣6⃣ Risky
Bagaimana cara mengatur keuangan bund? Hehe...

๐ŸŒธ Jawab :
Sedekah keluarkan dulu... Rutinkan setiap pagi... Agar berkah…

Yang lain in syaa Allah jadi lebih mudah.

๐ŸŒท Tidak musti banyak kan ya bund?

๐ŸŒธ Iyaa...
Yang penting rutin.

Sediain kenclengan sedekah di rumah...
Diisi selesai sholat subuh... Bisa disetornya setelah banyak...
Sedekahnya...

0⃣7⃣ Risky
Bagaimana caranya mengetahui beliau sholeh bund?

๐ŸŒธ Jawab :
Tanya pada orang yang bisa dipercaya tentang dia, ibadahnya. Dan kedewasaan serta kebijaksanaannya untuk nanti menjadi wali kita.

Karena setelah menikah wali kita pindah dari orang tua ke suami.
Ketaatan kita ke suami dulu baru orang tua setelah menikah.
Jika suami tidak paham karena tidak sholeh.
Bisa​ konflik dalam RT

0⃣8⃣ Destiana
Tapi bun kalau misalkan kita masih tinggal sama orang tua dan kebutuhan anak kita masih di tanggung orang tua, mana yang lebih kita utamakan orang tua atau suami ?

๐ŸŒธ Jawab :
Suami,,
Sebaiknya sepahit dan seberat apapun.
Nikah... Langsung pisah, Harus siap seperti itu
Kalau suami paham.
Tidak akan membenturkan ketaatan kita ke suami atau orang tua.

0⃣9⃣ Eka
Bagaimana jika suami menolak bun?
Karena ternyata tidak sanggup hidup dari 0 ?

๐ŸŒธ Jawab :
Hal-hal seperti ini dibahas dari sejak awal persiapan menikah. Sampaikan bahwa kita siap untuk mandiri.
Kuatkan dan dorong suami untuk bisa siap juga.
Jadi persiapannya bukan cuma siap menikah tapi siap berumah tangga dengan​ semua konsekuensinya.

1⃣0⃣ Han
Lha kalau orang tuanya dari salah satu pihak yang malah tidak mau di tinggalkan bagaimana bund?
(Tinggal seorang diri orang tuanya)

๐ŸŒธ Jawab :
Kalalu masalahnya di orang tuanya yang butuh ditemani,
Beda...
Jadi tinggal dengan orang tuanya dalam rangka birrul walidain.
Dan punya izzah.

1⃣1⃣ Nida
Kalau pas awal mau nikah bilangnya siap tapi kenyataannya pas setelah menikah dalam kondisi yang mungkin benar" dibawah jadi tidak siap itu bagaimana bund kita antisipasinya supaya nanti tidak sampai seperti itu?

๐ŸŒธ Jawab :
Kalau kita memperlihatkan bahwa​ kita tabah dan sabar dengan kemampuan suami...
In syaa Allah suami akan siap...lama-lama.

Tapi kalau kitanya juga manja dan bnyak mengeluh...
Suaminya jadi tambah tidak siap...

Mulai berlatih survive tanpa bantuan dalam mengerjakan pekerjaan rt dan latihan masak dengan​ budget muraaaaaaah.

๐ŸŒท Berarti kuncinya tetap harus sabar tabah dan setia dalam kondisi apapun ya bund?

๐ŸŒธ Iyeess...
In syaa Allah

1⃣2⃣ Sofia BS
Ma'af bunda mau tanya.. Apakah ketika menjadi istri ada hal yang di korbankan demi menjalankan perintah suami dan apa itu??

Mungkin bisa beri sarannya dari pengalaman para bunda buat yang belum nikah ini, hehe..
Karena setahu saya kalau sudah jadi istri harus menjalankan apapun perintah suami selama tidak melenceng dari syariat, dan kalau seperti itukan kemungkinan dari perintah suami ada yang tidak istri sukai!!! Terimakasih.

๐ŸŒธ Jawab :
Biasanya sih kompromi masalah selera.
Selera macam-macam yang mungkin beda.

Karena kalau masalah syariat kan tidak bisa ditawar-tawar.
Selera rasa... Selera warna... dan seterusnya.

๐ŸŒท Owh...
Hanya itukah bunda yang biasanya tidak di sukai istri?

๐ŸŒธ Iyaa...
Sederhana sebenarnya tapi ego dan setan sering mengintai... Hingga masalah sederhana jadi rumit.

1⃣3⃣ Nida
Wauu..
Luar biasanya wanita jadi anak, setelah itu istri dan juga ibu rumah tangga plus madrasah untuk anaknya!

๐ŸŒธ Jawab :
Syahid kematian kita ketika semua kita maknai jihad
Dari hamil...
Melahirkan...
Menyusui...
Mendididik anak...
Melakukan pekerjaan rt...
Nikmati dan maknai prosesnya…

1⃣4⃣ Sofia
Maaf Apa bedanya bund, berjihad kan juga berkorban??

Kalo berkorban kan kesannya susah yaa..

๐ŸŒธ Jawab :
Tidak selalu.

1⃣5⃣ Nida
Bunda, cara menghilangkan ketakutan kalau-kalau gagal jadi salah satu dari tugas wanita bagaimana bund?

๐ŸŒธ Jawab :
Gagal itu bukan aib.
Tapi proses untuk menjadi baik.
Kalau tidak pernah gagal. Nanti kita takabbur.

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒŸ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
๐Ÿ’ŽCLoSiNG STaTeMeNT๐Ÿ’Ž


Menjadi istri itu karunia dari Allah..
Peluang jihad dari Allah.

Jihad yang menyenangkan dan membahagiakan. Karena​ tidak harus mengusung dan berhadapan dengan senjata. Tapi berhadapan dengan orang-orang yang kita cintai.

Jadi lakukanlah kewajiban dengan​ penuh nikmat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar