Minggu, 26 November 2017

🌐🌐 K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷       🔹 (CLaSS iBu HaMiL) 🔹 Selasa, 07 November 2017



Selasa, 07 November 2017
➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ iNdah
Maaf mau tanya...
Inii perut saya kenceng sekali...sakit luar biasa..keringat dingin..tanda apa ya..umur khamilan 30w!

🌐Jawab:
Bunda indah yang disayang Allah..
Memasuki usia kehamilan 30 minggu keluhan perut terasa kencang sekali, terasa sakit luar biasa, hingga keluar keringat dingin yang disebabkan reaksi tubuh dalam menahan nyeri yang bunda indah rasakan.       
Nyeri perut ini yang disebut dengan kontraksi palsu /braxton hicks contraction = hal ini merupakan cara tubuh untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan yang sesungguhnya nanti setelah usia kehamilan 37minggu.

Ciri ciri braxton hicks = perut terasa tegang (terutama di area puser), rasa nyerinya hilang dan timbul namun tidak teratur intervalnya. Braxton hicks biasa dan seringkali dialami oleh ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga yaitu sejak usia kehamilan diatas 28mg. Yang harus dilakukan jika timbul braxton hicks = usahakan tetap relax, kendurkan otot tubuh terutama otot bagian pinggang kebawah (kaki), tarik nafas panjang sambil senyum boleh, untuk mengurangi ketegangan psikis, istirahat rebah miring kekiri sambil sampaikan ke dede janin agar dede tenang dan relax, dan pastinya sambil berdzikir atau sambil senandungkan sholawat Nabi Muhammad SAW, insyaallah cepat reda nyerinya.
Jika rasa nyerinya dirasakan luar biasa dan bunda tidak bisa menahannya sebaiknya segera diperiksakan ke bidan atau dokter kandungan.

🔹Trimakasih bun nisa.

🌐Dengan senang hati bunda indah.
Ooh ya, untuk keluhan sakit kepala berat saat ini ya bun.., sakit kepala biasanya dialami oleh ibu hamil yang diakibatkan faktor fisik (rasa lelah, kurang istirahat, mual, lapar, hipertensi, hipotensi, anemia), faktor emosional (perasaan tegang, dan depresi), peningkatan pasokan darah keseluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu hamil berubah posisi secara tiba tiba. Karenanya sebisa mungkin menghindari penyebab tersebut diatas. Jika tidak ada perubahan dan semakin nyeri sebaiknya diperiksakan agar diketahui penyebabnya dan diberikan obat penghilang nyerinya.
Syafakillah bunda indah. Aamiin yaa robbal aalamiin.

0⃣2⃣ Desi
Buu bidan, saya mual dan muntah berlebihan..
Kadang bisa 5 kali muntahnya dalam sehari..bikin saya turun berat badan 3Kg..kata dokter kalau tidak mual dan muntah justru itu yang di khawatirkan., betul kah begitu?

🌐Jawab:
Bunda desi usia kehamilannya 9 minggu ya bun.
Kondisi mual muntah pada usia kehamilan trimester pertama memang seringkali membuat BB turun drastis, apalagi ditambah tidak nafsu makan karena rasa kembung, sebah diperut, lidah terasa pahit. Sehingga sulit sekali mengkonsumsi makanan atau minuman yang bergizi.
Kondisi ini akan menjadi lebih buruk jika bunda tidak mengusahakan makan.
Solusinya = tetap semangaaat, untuk bisa makan dengan pola makan sedikit sedikit tapi sering, tentunya makanan dan minuman yang bergizi.

Salah satu kondisi yang dikatakan berbahaya adalah apabila selama 3 bulan berturut turut BB tidak naik, atau semakin menurun, sehingga menimbulkan dehidrasi. Maka segeralah diperiksakan ke bidan atau dokter kandungan di RS

🔹Terimakasih bu bidan,
kalau begitu semua sehat insyaAlloh. Sebaiknya pas nanti masuk trisemester kedua jika masih kondisi seperti ini saya konsultasikan ke dokter ya bu bidan?

🌐Betul sekali bunda Desi.

0⃣3⃣ Nety
Setelah tahu bahwa kita hamil, bolehkah berhubungan badan Bu bidan ?
Jika diperbolehkan, apa sebaiknya dilakukan suami mengeluarkan cairan di dalam apa diluar ?
Berbahayakah bagi janin ?

Syukron

🌐Jawab:
Bunda Nety yang berbahagia.
Berhubungan badan atau bersetubuh dengan suami saat tau hamil dibolehkan kecuali pada kondisi ibu hamil = sedang mengalami braxton hicks atau kontraksi palsu di usia kehamilan belum cukup bulan (< 37 minggu), memiliki riwayat keguguran berulang, riwayat persalinan prematur, hasil pemeriksaan USG letak plasenta menutupi jalan lahir atau plasenta previa.

Mengapa pada kondisi tersebut tidak boleh bersetubuh, karena sperma mengandung hormon prostaglandin yang mencetus kontraksi rahim menjadi lebih kuat dan beresiko keguguran atau melahirkan sebelum waktunya.
Jadi, boleh bersetubuh dengan sperma dimasukkan atau dikeluarkan di luar kemaluan.

🔹Bararti kalau masih belum sampai usia kehamilan 37 tidak boleh bersetubuh ya kk,,
Maksudnya sperma tidak boleh di masukkan.

🌐Boleh bersetubuh ade', sperma juga boleh dimasukkan yang penting sedang tidak ada kontraksi rahim atau braxton hicks dan kondisi diatas.

0⃣4⃣ Atieq
1. Faktor apa yang menyebabkan pendarahan pasca lahiran normal dan pencegahan supaya tidak terjadi pendarahan?

2. Bu bidan, jika saya hamil 35w tapi kok sering mulas ya?
Apa masuk kontraksi palsu?
Dan kalau mulas itu (maaf) BAB nya tidak bisa ke kontrol (belum mengedan sudah keluar) seperti mau lahiran.

🌐Jawab:
1. Bunda atieq yang dirahmati Allah.
Faktor penyebab terjadinya perdarahan pasca persalinan = hipertensi, anemia, atonia uteri (keadaan tidak adanya kontraksi rahim segera setelah plasenta lahir), robekan jalan lahir, partus (persalinan) lama berdasarkan partograf (partograf = alat pantau persalinan) , riwayat perdarahan pasca salin pada persalinan sebelumnya, partus presipitatus (persalinan yang berlangsung kurang dari 3jam atau persalinan cepat), berat bayi besar sehingga mengakibatkan robekan jalan lahir yang luas, terdapat sisa plasenta yang tertinggal di rahim. Pencegahannya = hindari penyebabnya di atas.

2. Disebut Kontraksi Palsu jika timbul kontraksinya tidak teratur. Jika setiap timbul mules kemudian keluar BAB spontan, perlu dievaluasi makanan dan minuman yang bunda konsumsi. Sebaiknya menghindari yang rasanya pedas, dan asam.
Di usia kehamilan trimester ketiga, beban rahim semakin berat dikarenakan berat bayi yang semakin bertambah sehingga otot panggul kebawah pun menjadi lebih berat menopang bebannya, akibatnya ibu hamil sering mengalami BAK atau BAB yang tiba tiba keluar pada saat ada reaksi mengedan, seperti saat batuk, bersin, mengangkat benda berat, berjalan jauh, naik-turun tangga, apalagi saat perut terasa mules yang itomatis menyebabkan mengedan. Solusinya = senam hamil, dan sebisa mungkin menghindari faktor penyebab tersebut diatas

0⃣5⃣ Nety
1. "Jangan makan semangka ya neng, nanti bisa keguguran" itu pesan tetangga saya kak nisa.
Adakah larangan atau bukti medis yang menyatakan bahwa salah satu penyebab keguguran karena konsumsi semangka ?
Mungkin ada zat tertentu yang membahayakan janin.

2. Usia kandungan berapa bulan ibu hamil diperbolehkan untuk safar menggunakan pesawat kak ?

Syukron

🌐Jawab:
1. Mitos

2. Ibu hamil diperbolehkan untuk safar menggunakan pesawat jika mendapatkan surat rekomendasi keterangan sehat dari dari SpOG bahwa kondisi ibu dan janin sehat dan aman jika melakukan safar dengan pesawat.

0⃣6⃣ Desi
Bu bidan mau nanya lagi, terkait pertanyaan saya tadi malam karena saya bablas ketiduran.
Di antara faktor-faktor kehamilan kembar yang terjadi pada saya, apa mungkin karena obat yang saya konsumsi sewaktu saya pasca kuret karena BO?
Karena kalau dilihat dari usia, usia saya baru 23th.

🌐Jawab:
Bisa jadi bunda Desi. Obat apakah yang bunda konsumsi pasca kuret BO? Hormonalkah?

🔹 Vit. E..isoprinosine, spirasin, sama di kasih obat penyubur kandungan..seinget saya itu bu bidan.

🌐 Berarti obat penyubur kandungannya salah satu penyebab ovum bunda Desi keluar lebih dari satu saat ovulasi.

0⃣7⃣ Atiek
Saya pernah pendarahan pada persalinan sebelumnya, berarti ada kemungkinan pendarahan lagi bu bidan? Trauma saya..
Oia apakah setelah lahiran sisa-sisa darah dbersihkan sebelum dokter jahit jalan lahir bu bidan?

🌐Jawab:
Ya bunda Atieq, riwayat perdarahan pasca salin di persalinan sebelumnya beresiko mengalami perdarahan berulang pada persalinan berikutnya. Masih ingatkah bunda atieq penyebab perdarahan pasca salin yang lalu?                                                   

Betul bunda, sisa plasenta, stolsel (gumpalan darah) wajib dibersihkan sebelum penjahitan robekan jalan lahir

🔹Seingat saya jahitannya robek bu bidan dan sisa plasenta atau darah masih tertinggal didalam (entah dokternya lupa bersihkan atau bagaimana).

🌐Berarti untuk persalinan yang akan datang usahakan tidak ada robekan jalan lahir.
Dengan cara =rutin senam hamil, jangan mengedan kecuali jika pembukaan serviks sudah 10cm, berat badan bayi lahirnya tidak melebihi berat badan lahir bayi sebelumnya, cukupi konsumsi sayur, buah, air putih, hindari minum jamu atau obat herbal dan antibiotik. Dan sampaikan ke bidan atau dokternya bunda riwayat perdarahan yang bunda alami pasca salin yang lalu agar dapat menjadi perhatian extra saat membantu persalinan bunda yang akan datang.

0⃣8⃣ Sansan
1. Usia kehamilan saya 19W, saya sering mengalami keputihan hampir setiap hari apalagi setelah berjalan lama, keputihan bahaya atau tidak ya bu bidan?
Bagaimana cara mengatasinya? Apakah boleh pakai pantyliner?
Agar jika dalam perjalanan terjadi keputihan saya bisa langsung ganti pantyline.

2. Pada saat usg saya menanyakan berat janin saya tapi dokternya tidak bisa infokan, tetapi perkembangan janinnya bagus katanya, detak jantungnya, plasenta, dan ari-arinya bagus, katanya janin saya kurang aktif pas di usg,
Apakah saya kurang banyak asupan yang baik ya bu bidan sehingga janin nya dikatakan kurang aktif, apakah hal itu normal di usia 18W (pas USG kmren usianya 18W)
Dan bagaimana cara mengatur makanan (sarapan nasi), vitamin dari dokter, buah, serta susu yang akan dimakan pada pagi hari... 
Biasanya saya pagi-pagi makan buah sarapan minum vitamin dan agak siangan minum susu. Apa ada susunan yang lebih baik agar tercerna dengan baik?

3. Saya pernah usg di awal kehamilan (4-5Week) , waktu itu kantung janin belum terlihat jelas, tetapi ada kista, 2 minggu kemudian saya di suruh kontrol lagi,  di usia 7W kantung sudah terlihat janin belum terlihat tetapi kista masih ada di ovarium sebelah kiri 3,98cm.
Kemudian setiap bulan saya periksa sampai dengan usia 18W kmren kista sudah tidak nampak...
Apakah kista saya sudah hilang atau belum yah bu bidan?

Kalau dokternya sendiri bilang bisa ngumpat atau hilang, biasanya hilang, dan muncul di saat hamil sudah banyak kasus seperti ini, tetapi saya tidak tau kista ini adanya setelah saya hamil atau sebelum saya hamil ada kista, nah sebaiknya apa yang harus saya lakukan untuk memastikan bahwa kista tidak berkembang?
Apakah jika di usg tidak ada bisa kemungkinan memang telah hilang atau mengumpat ya bu bidan...  Karena saya masih takut karena adanya kista tersebut.

🌐Jawab:
Bunda sansan yang dirahmati Allah.
1) Keluhan keputihan seringkali dialami ibu hamil, apalagi jika ibu hamil dalam kondisi capek fisik atau psikis dan ini normal. Keputihan bisa beresiko (patologis) yaitu jika keputihannya gatal, bau, dan berwarna. Agar keputihannya tidak menjadi patologis pencegahannya = senantiasa cebok bersih dan mengeringkan area kemaluan setiap kali habis cebok dengan tisue toilet atau bahan non parfum, cebok jangan menggunakan air hangat, memastikan pakaian dalam selalu dalam keadaan kering dan bersih. Boleh menggunakan pantyliner, tapi jangan sering.               

2) Pada usia kehamilan 19 minggu Pertambahan Berat janin memang belum merupakan prioritas karena di usia ini ibu hamil baru saja mulai merasakan nyaman saat makan-minum bergizi, karena baru selesai melewati ketidaknyamanan atau keluhan di trimester 1 seperti mual-muntah. Jadi penilaian BB janin masih diobservasi secara kontinyu sesuai pertambahan usia kehamilannya.
Janin yang kurang aktif bergerak bisa dibantu dengan (bunda dan ayah) rajin melakukan rangsangan keaktifan janin, dengan sering mengajak ngobrol janin, mengikutsertakan janin dalam setiap aktivitas ibu dan ayah.

3) Hamil dengan kista. Ada kista yang semakin mengecil dan kemudian menghilang seiring bertambah besarnya usia kehamilan. Ada juga kista yang semakin membesar sehingga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin, sehingga kista tersebut harus diangkat saat usia kehamilan sudah cukup besar dan kuat. Kalau memang dokternya bunda menyatakan kistanya tidak terlihat atau kemungkinan hilang, semoga memang benar. Insyaallah jika kista tersebut bukan jenis yang ganas aman untuk kehamilan. Aamiin yaa robbal aalamiin

0⃣9⃣ Anis
Bu bidan..saya baca beberapa penjelasan yang di atas itu banyak yang solusinya dengan senam hamil.
Sebaiknya mulai usia kehamilan berapa minggu senam hamil itu dilakukan ya?
Kalau punya riwayat lahiran anak 1 sc apakah selanjutnya juga harus sc?

🌐Jawab:
Bunda anis yang berbahagia, dari beberapa literatur berbeda penjelasannya mengenai kapan dimulai senam hamil. Namun senam hamil bisa dilakukan kapanpun yang penting persyaratan kondisi ibu dan janin terpenuhi seperti : hasil TTV (tanda tanda vital = TEkanan Darah, Nadi, Pernafasan) normal, tidak ada riwayat perdarahan, letak plasenta normal (tidak menutupi jalan lahir), rahim sedang tidak berkontraksi, dan pastikan ibu dan janin sehat. Gerakannya disesuaikan dengan usia kehamilan (pada usia kehamilan <28 minggu) dan keluhan yang dirasakan. Gerakan lengkap senam hamil bisa dilakukan semuanya diusia kehamilan >28 minggu jika memenuhi mempersyatan tersebut diatas.

Jika riwayat persalinan anak 1 secara SC, apakah persalinan selanjutnya juga harus SC ? Tergantung dari hasil pemeriksaan dokter SpOG dan riwayat indikasi persalinan SC sebelumnya. Jika persalinan yang lalu di SC karena panggul sempit, berarti kemungkinan besar dilakukan persalinan SC kembali pada kelahiran yang berikutnya.

1⃣0⃣ iMa
Bu bidan, kelahiran anak pertama saya kan dijahit, tahun 2016, sampe sekarang kok masih kerasa ya bu jahitannya dan kayak masih ada benangnya,,dan kadang bengkak kadang tiba-tiba sakit. Apa perlu saya periksa bu?

🌐Jawab:
Bunda Ima yang disayang Allah, normalnya luka jahitan jalan lahir pulih seperti sediakala paling cepat 2 minggu setelah persalinan dan paling lama 3-4 minggu setelah persalinan, tergantung dari perawatan luka tersebut, gizi yang ibu nifas konsumsi. Namun jika kondisinya masih terasa nyeri, dan kadang bengkak-sakit secara tiba tiba sebaiknya bunda kembali periksakan ke bidan atau dokter yang menangani bunda saat bersalin.

1⃣1⃣ Chusnul
Bu bidan anak pertama saya lahiran secara normal yang ke-2 caesar apa yang ke-3 bisa normal? Usia anak ke-2 saya sekarang 1 thn 8 bln!

🌐Jawab:
Bunda chusnul yang berbahagia.., jika melihat pada kebijakan yang dikeluarkan oleh asuransi BPJS, jika jarak persalinan SC sebelumnya kurang dari 3 tahun maka dilakukan SC kembali, dengan advis dokter SpOG

1⃣2⃣ Widy
Kemarin saya beli kelengkeng sama anggur kayaknya seger banget makan buah itu, setelah saya makan agak banyak ternyata ada yang bilang kalau kelengkeng sama anggur tidak diperbolehkan buat ibu hamil katanya sifatnya panas, saya jadi takut karena dah terlanjur makan, bagaimana bu bidan, sebenarnya mitos atau memang ada zat didalam buah tersebut sehingga tidak diperbolehkan ?

🌐Jawab:
Bunda widy yang dirahmati Allah..
Tidak mengapa mengkonsumsi buah kelengkeng dan anggur, yang penting tidak berlebihan. Apapun jika berlebihan adalah tidak baik.

^^^---^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar