Minggu, 26 November 2017

๐ŸŒ๐ŸŒ K O N S U L T A S I ๐ŸŒ๐ŸŒ ๐ŸŒทBiDaDaRi KeSPRo CLaSS๐ŸŒท       ๐Ÿ”น (CLaSS iBu HaMiL) ๐Ÿ”น Selasa, 21 November 2017




Selasa, 21 November 2017

➖➖➖➖➖➖➖➖


0⃣1⃣ Widy
Bu bidan mau tanya ya,,
Saya kan punya kucing di rumah, bagaimana ini ? Ada kekhawatiran dengan tokso, kira-kira apa yang harus saya lakukan?

Terimakasih

๐ŸŒJawab:
Bagusnya jangan ada kucing... Biar lebih aman.

Bisa juga, Pastikan kesehatan kucing ke dokter hewan.

Tapi tokso bukan hanya dari kucing, bisa Ayam,  burung dan lain-lain.

Jaga kebersihan kandang, jika ada kontak segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

๐Ÿ“Kalau selama ini kehamilan tidak ada keluhan bagaimana bubid?

๐ŸŒSebelum hamil pernah cek TOXCO belum? Ada riwayat abortus tidak?

Hati-hati juga kurangi lalap-lalapan yang tidak bersih.
Debu dari karpet dan lain-lain.

๐Ÿ“Belum pernah keguguran bubid, karena saya didesa unggas pasti  berkeliaran bubid.
Belum pernah cek toxso juga.

๐ŸŒKucing adalah sumber utama dari penyebaran parasit Toxoplasma gondii (T. gondii), yaitu organisme yang bisa menyebabkan penyakit toksoplasmosis.

Waspadai Kontak dengan Tinja Kucing
Ini bisa terjadi ketika kucing memakan mangsanya yang sudah terinfeksi T. gondii. Organisme yang menyerang sel di usus kucing akan membentuk sel ookista, yakni bentuk awal kehidupan parasit yang belum matang dan masih terbungkus oleh selubung berdinding tebal. Kucing akan membuang sel-sel tersebut lewat tinja, kemudian tersimpan di tanah atau tempat membuang tinja, seperti bak pasir atau kandang.

Sebenarnya tidak masalah berada di sekitar kucing, bahkan memelihara kucing saat hamil. Tapi harus berhati-hati saat membersihkan kandangnya. Tinja kucing, termasuk tanah atau pasir tempat membuang tinja, bisa menyebabkan toksoplasmosis.

Pastikan juga tubuh kucing rajin dibersihkan.
Toksoplasmosis dapat menyebabkan kematian atau cacat lahir pada janin ketika ibu hamil terkena infeksi. Untuk memastikan infeksi atau efek pada janin, dapat dilakukan pemeriksaan ultrasound (USG). Parasit yang sangat berbahaya ini akan melewati plasenta dan menularkan infeksi pada janin, sehingga bisa mengalami gangguan pada mata, otak, jantung, paru-paru, dan meningkatkan risiko keguguran.

Tips Aman untuk Ibu Hamil yang Memelihara Kucing Untuk mencegah terjadinya toksoplasmosis pada ibu hamil :
1. Membersihkan kandang kucing secara teratur. Jika sedang hamil, mintalah bantuan orang lain untuk membersihkan tinja dan kandangnya untuk mencegah terjangkit toksoplasmosis. Infeksi dapat terjadi ketika menyentuh tinja kucing, kemudian tangan menyentuh mulut.

Berhati-hatilah jika terpaksa harus membersihkan kandang kucing. Parasit biasanya tidak akan menular dalam waktu 1-5 hari, jadi lebih baik bersihkan kandang setiap hari.

Jangan lupa untuk memakai sarung tangan sekali pakai ketika membersihkan kandang kucing. Buang sarung tangan pada tempat sampah dan cuci tangan dengan bersih dan benar menggunakan sabun dan air.

2. Jangan biarkan kucing peliharaan di luar rumah
Untuk keamanan saat hamil, karena bisa meningkatkan risiko toksoplasmosis. Ketika menemukan kucing liar di luar yang membutuhkan perawatan, minta saja orang lain untuk merawatnya. Sebagian besar kucing tidak menunjukkan adanya tanda infeksi T. gondii.

3. Perhatikan konsumsi makanan pada kucing
Untuk mencegah toksoplasmosis, jangan berikan kucingmu daging mentah atau setengah matang. Saat kucing mengonsumsi makanan yang telah terinfeksi atau memakan daging setengah matang yang mengandung parasit, maka dia akan terinfeksi. Lebih baik memberikan makanan kering atau makanan kalengan khusus kucing.

Jika khawatir terjangkit toksoplasmosis, segera datang ke dokter untuk melakukan tes darah berupa pemeriksaan TORCH dan memastikan apakah sudah terkena infeksi atau memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Bila perlu periksakan juga hewan peliharaan pada dokter hewan, agar terjamin kesehatannya dan bebas dari berbagai penyebab penyakit.

0⃣2⃣ Ria
Assalamu'alaikum bubid.

Perut saya yang sebelah kiri semalam sakit sekali sampai kepinggang. Kira-kira kenapa yaa?

๐ŸŒJawab:
Mba.. Ria...
Apakah kemarin Sudah BAB?

Karena bisa fakor konstipasi, Pernah di jelaskan oleh bidan nissa.
➡ Tekanan di Perut Bagian Bawah
Selama tidak ada nyeri, perdarahan dan gejala lain terkait dengan keguguran atau kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan), maka keluhan ini tidak perlu     dirisaukan. Kemungkinan besar karena tubuh menangkap sinyal perubahan diperut bagian bawah yang merupakkan lokasi rahim saat ini. Hal ini merupakan sensasi penanaman bakal janin didinding rahim. Bertambahnya aliran darah, menebalnya lapisan dinding rahim, dan bertambah besarnya ukuran rahim.

Solusinya :
A. Gunakan pakaian yang tidak ketat.
B. Ganti celana daam agar tidak menambah tekanan pada perut.
C. Konsultasikan dengan dokter jika keluhan bertambah parah atau disertai gejala lain seperti nyeri, perdarahan, dan lain-lain.

➡Nyeri Ulu Hati dan Ganggguan Pencernaan
Hormon progesteron cenderung melemaskan jaringan otot polos di semua bagian tubuh, termasuk di saluran pencernaan. Akibatnya kadang-kadang     makanan bergerak lebih lambat melalui sistem pencernaan, sehingga menimbulkan perasaan kembung dan penuh. Pelambatan ini menguntungkan bagi janin karena memungkinkan penyerapan zat gizi kedalam aliran darah ke plasenta dan janin.
Nyeri ulu hati terjadi bila cincin otot yang memisahkan esofagus (kerongkongan)     dengan lambung melemas sehingga makanan dan asam lambung mengalir     kembali dari lambung ke esofagus. Asam lambung ini mengiritasi dinding esofagus yang peka sehingga menyebabkan sensasi panas dan perih di area dekat jantung. Selama bulan-bulan terakhir dari kehamilan, masalah ini makin diperparah dengan pembesaran rahim sehingga menekan lambung.

Solusi :
A. Hindari kenaikan berat badan berlebih.
B. Jangan mengenakan pakaian yang ketat.
C. Hindari makan yang terlalu banyak dalam sekali waktu.
D. Makan dengan perlahan dan kunyah dengan sempurna.
E. Hindari makanan pedas, berbumbu kuat, gorengan, makanan berlemak, coklat, kopi atau minuman bersoda.


๐ŸŒPertanyaan ini sudah pernah ditanyakan sebelumnya.

Bunda fitri, mengeluh sembelit jika datang haid. Dirasakan haid terasa nyeri jika kurang minum air putih dan jika BAB tidak teratur.

Keluhan Nyeri perut kiri bawah biasanya terkait dengan saluran pencernaan, kulit, organ reproduksi, saluran kemih, dinding perut atau pembuluh darah.

Bunda.. Penyebab nyeri perut disebelah kiri pada ibu hamil diantaranya karena =

1. Konstipasi (Sembelit) Susah buang air besar yaitu ketidakmampuan untuk mengeluarkan feses secara teratur, dan biasanya rasa sakit akan hilang setelah berhasil buang air besar. Dikatakan sembelit apabila juga bila BAB keras, kurang dari 3 kali per minggu. Gejala lain termasuk kembung dan perasaan penuh atau tekanan di dalam rektum.
Solusinya : obat pencahar, dan diet serat tinggi dengan banyak asupan cairan

2. Gangguan Saluran Kemih Infeksi Saluran Kemih: yaitu nyeri saat buang air kecil atau dorongan terus menerus untuk buang air kecil. Infeksi biasanya oleh bakteri yang menyerang sistem ekskresi yang terdiri dari ginjal, kandung kemih dan ureter atau uretra. Infeksi bakteri pada kandung kemih menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai cystitis yang juga dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah, sensasi terbakar saat buang air kecil dan dorongan ingin buang air kecil berulang.

3. Batu Ginjal : Ketika batu ginjal melewati saluran kemih dari ginjal ke kandung kemih, maka akan menimbulkan nyeri perut kiri bawah yang begitu parah dan mendadak. Rasa sakit dapat menyebar ke pinggang dan punggung, daerah perut kiri bawah dan pangkal paha. Rasa sakit biasanya datang secara bergelombang dan berfluktuasi. Gejala lain termasuk mual, muntah, demam dan menggigil, nyeri saat buang air kecil, urin merah, merah muda, berbau busuk, urin keruh, dan sering buang air kecil.

4. Kehamilan Ektopik : Disebut juga hamil diluar kandungan yang apabila terganggu menyebabkan nyeri perut kiri bawah atau kanan bawah.

Solusinya :
~ Atur Pola Makan, diet gizi seimbang.
~ Pastikan cukup minum setidaknya 8 gelas air per hari.
~ Hindari juga makanan penyebab iritasi seperti makanan pedas dan asam.
~ Atur Gaya Hidup.
~ Latihan fisik atau senam hamil.
~ Hindari tekanan pada daerah perut yang sakit.
~ Jangan menahan BAK.

0⃣3⃣ Desi
In syaa Allah akhir minggu ini jika sehat semua saya mulai memasuki trimester 2, yang mau saya tanyakan, apa yang harus saya tanyakan kepada dokter saat pemeriksaan nanti?

Terima kasih bu bidan..

๐ŸŒJawab:
Trimester ke 2. Pemeriksaanya sama dengan trimester 1. Tetapi bunda sudah bisa mendegar djj? Tanyakan djj nya normal tidak?
Ada kelainan jantung tidak? Posisi bagaimana? Ukuran TBJ nya normal tidak? Datang Lingkar kepala? Dan cek Lab. yang belum, Khusus untuk protein urine diatas 20 mg.

๐ŸŒTrimester kedua, Pemeriksaanya sama dgn trimester 1, Tetapi Bunda sudah bisa mendengar DJJ (Denyut Jantung Janin). Tanyakan djj nya normal tdk?, Adakah kelainan jantung ? Posisi janin?Ukuran/perkiraan TBJ (Taksiran Berat Janin)nya berapa?, Lingkar kepala? Dan cek Laboratorium lengkap = HB, golongan darah, tes HIV, protein urin, reduksi urin. Khusus pemeriksaan protein urine diatas 20 mg.
✅sudah terjawab

0⃣4⃣ Marriska 
Apakah ada obat obatan atau vitamin yang bisa membuat berat janin besar?
Karena ana riwayat melahirkan BBLR. pertama 700 gram lalu ke empat 1300 gram dan qadarallah meninggal semua. Kira-kira makanan apa saja yang bisa membuat janin bb cukup?

Jazakillah khair

๐ŸŒJawab:
Minum susu biasanya saya sarankan ke pasien 1 dus untuk 3hari.

Kalau vitamin Prolakta dha for mother biasanya.

Monggo bu nissa di tambahkan.

๐ŸŒbunda mariska yang disayang Allah..
Mohon infonya, kedua bayi bunda yang dilahirkan dengan kondisi BBLR dilahirkan pada usia kehamilan berapakah?
Apakah sudah cukup bulan?
Karena dilahirkan pada berat badan sangat rendah.
Apa hasil pemeriksaan dokter untuk kedua kasus persalinan bunda mariska ini?
Menurut dokter apakah penyebabnya?

๐Ÿ“Yang pertama 7 bulan yang kedua cukup 37 w, terjadi gangguan pertumbuhan janin karena ternyata lahir dalam keadaan fisik nampak seperti kelainan kromosom yang 1 edward dan yang satu robinow.

๐ŸŒSindrom Edward adalah salah satu kelainan bayi yang lahir disebabkan =
1) Kelainan kromosom= manusia normal, umumnya mempunyai jumlah kromosom 46 buah, yaitu 22 pasang kromosom somatik dan 1 pasang kromosom kelamin. Namun pada kasus ini jumlah kromosomnya mempunyai tambahan pasangan pada kromosom nomor 18, sehingga disebut sebagai sindrom edward

2) Faktor usia ibu saat hamil = ibu yang hamil diatas usia 30tahun beresiko  memiliki kelainan kromosom lebih besar dibandingkan ibu yang hamil dalam usia muda. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan usia sel telur perempuan dan selvtelur perempuan yang berusia tua akan sangat rentan terjadi kesalahan saat mengalami proses miosis dan mitosis.

Penyebab bayi lahir dengan robinow sindrom juga sama dengan edward sindrom bunda.

Kalau penyebab bayinya bunda faktor tersebut diatas, maka solusinya rajin kontrol ke dokter SpOG agar  penanganan pencegahannya lebih tepat untuk kehamilan yang selanjutnya.

Semoga dikehamilan ini, Allah menganugrahkan bayi yang sehat, sempurna, dan shalih atau shalihah.
Aamiin yaa robbal aalamiin.

0⃣5⃣ Puji
Bu bid berarti sebaiknya jangan makan sate yah kalau bisa?
Lalu untuk lalapan kalau bisa jangan makan timun mentah juga yah? Karena saya suka sekali itu!

๐ŸŒJawab:
Sebaiknya dikurangi.

Ya, Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan mentah selama hamil.

0⃣6⃣ Nety
Terkait materi semalam bubid, apakah buku KIA Itu wajib ada?
Waktu cek pertama ke bidan saya tidak dikasih, cuma dikasih kertas karton kecil begitu. Terus sudah saya tidak ke bidan lagi, hanya ke SpOG. Sama SpOG juga tidak dikasih, lalu bagaimana bubid?

๐ŸŒ Jawab
Jika dipemerintahan buku pasti diberikan selagi stok nya banyak.

Nah... Untuk kami yang menjadi bidan swasta atau bidan delima, biasanya kami beli Di IBI  Atau kliem ke puskesmas untuk tukar laporan kartu ibu. Dan biasanya diberikan perwilayah.

Jika stok habis saya juga kadang hanya memberikan kertas dan sambil berjanji. Semoga bulan depan dapat buku.

๐Ÿ“Jadi itu hanya dibidan saja ya bubid? Kalau SpOG ?

๐ŸŒBiasanya Suka ada bunda kalau rumah sakitnya mencetak.

๐ŸŒJika di fasilitas pemerintah seperti Puskesmas, Buku  KIA pasti diberikan selama persediaan masih ada. Buku KIA didistribusikan dari Dinkes setempat kepada Puskesmas dan Bidan Praktek Mandiri (BPM) melalui IBI (Ikatan Bidan Indonesia), BPM juga bisa mendapatkan buku KIA dari Puskesmas setempat pada saat penyerahan laporan bulanan.

Jika dari ceritanya bunda nety kemungkinan bidannya bunda tidak memiliki buku KIA, sehingga hanya memberikan kartu kunjungan saja.

Jika stok habis saya juga kadang hanya memberikan kartu periksa dan sambil berjanji, Semoga bulan depan bisa memberikan buku KIA.

RS swasta biasanya mencetak sendiri buku KIA untuk diberikan ke pasien (ibu hamil).

0⃣7⃣ Reni
1. Apakah benar daun kelor bisa memperbanyak ASI? Pernah disaranin teman buat saudara ana supaya asinya banyak. Soalnya kalau ana tanya keluarga dan sekitar tetangga pada baru tahu kalau daun kelor buat memperbanyak asi!

2. Penyebab bibir sumbing dan bocor jantung itu kenapa ya bu bidan? Waktu pas usg sepupuku semua dalam keadaan sehat dia lahir prematur kembar dari pihak RS dokter tidak bilang kalau ada kelainan. Apakah stress dan kurang nutrisi si Ibu mempengaruhi dengan keadaan bayinya?

๐ŸŒ Jawab:
1. Saat menyusui, dianjurkan banyak mengkonsumsi sayuran hijau untuk memperbanyak produksi ASI. Dan berdasarkan penelitian daun kelor banyak mengandung zat gizi dan dapat memperbanyak produksi ASI.

2. Bayi yang lahir dengan bibir sumbing dan bocor jantung berarti saat pembentukannya tidak sempurna, bisa disebabkan oleh kelainan kromosom, bisa juga karena adanya virus seperti virus TORCH, saat hamil ibu mengkonsumsi obat obatan terlarang dan alkohol, ada riwayat bayi sumbing di persalinan sebelumnya, kurang asam folat, ibu hamil dengan obesitas, dan adanya penyakit lain.


^^^_^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar