Minggu, 26 November 2017

🌐🌐 K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷 🔹(CLaSS KeSPRo WUS)🔹 Kamis, 16 November 2017




Kamis, 16 November 2017

➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Bund Roro
Mau tanya mb Nisa..
Untuk mengurangi kelembaban di area V bagaimana ya? 
Biasanya habis kekamar mandi sudah di handuk, cuma ketika pergi lama dan belim kekamar mandi area V lembab banget, keputihan juga tidak!

Pembalut yang aman apa nggeh?

🌐Jawab :
Bantu jawab...yah...
Gunakan bahan celana dalam yang berbahan katun. Hindari celana ketat dan berbahan non sintetik.

Biasanya kaya saya bunda, Habis cebok pakai tisu baru aku angin-anginin. Kipas-kipas kalau sudah yakin baru segera pakai celana dalam. Tapi kalau sudah tidak nyaman lebih baik ganti celana dalamnya.

🌐1. Area kewanitaan memang pasti cenderung lembab, karena tertutup rapat. Karenanya dianjurkan menggunakan pakaian dalam yang bahannya menyerap keringat agar ada sirkulasi udara di area V, hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat.

Penyebab lain mengapa sering lembab area V nya, dikarenakan faktor kegemukan, sehingga paha kanan dan kirinya terlalu rapat dan kurang sirkulasi udara.

Jadi sebaiknya hindari semua penyebabnya di atas ya.

0⃣2⃣ Rini
Assalamualaikum wr.wb.
Kak bidan shalihah,
Perlukah iud dilepas karena penebalan dinding rahim tersebut ?

🌐Jawab:
Selama keputihanNya masih normal dan nyaman, sebaiknya tidak usah di buka.
Tapi untuk lebih yakin, coba kontrol IUD nya pastikan portio atau mulut rahim bagus.

🌐Ya bunda rini, sebaiknya dilepas IUD nya. Karena penebalan dinding rahim atau hiperplasia endometrium merupakan salah satu kontraindikasi pemakaian kontrasepsi IUD.
Agak berbeda dengan jawaban bidan devi di atas, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter SpOG, terkait kondisi penebalan dinding rahimnya bunda rini ya.

0⃣3⃣ ULum
Assalamualaikum bubid..
Selamat pagi bagi info tentang steril dong keuntungan dan kerugiannya bagaimana ?

🌐 Jawab :
Keunggulan tubektomi antara lain :

▪Tidak akan memengaruhi produksi hormon sehingga tidak akan  terjadi perubahan pada gairah seks ataupun menstruasi.
▪Tidak memengaruhi kapan terjadi menopause.
▪Berkurangnya kekhawatiran hamil saat melakukan hubungan seksual, karena tubektomi bertujuan untuk mencegah kehamilan secara permanen.
▪Hanya perlu satu kali menjalani tubektomi. Dapat mengurangi risiko kanker ovarium.

Ada pula kelemahan dari prosedur tubektomi, seperti :

⭕Tidak dapat melindungi dari penyakit atau infeksi menular seksual, sehingga masih diperlukan alat kontrasepsi lain seperti kondom.
⭕Sulit untuk dilakukan penyambungan tuba kembali apabila wanita yang telah menjalani tubektomi ingin kembali hamil.
⭕Semakin muda usia seorang wanita melakukan tubektomi, maka semakin tinggi kemungkinan gagal.
⭕Biayanya relatif besar.

🌴Semakin muda usia seorang wanita melakukan tubektomi, maka semakin tinggi kemungkinan  gagal? 
Kenapa?

🌐Masih muda. harapan ingin punya anak tinggi. Jumlah anakya pun menentukan untuk dilakukan tubektomi.
Nah..tubektomi keberhasilannya hampir 9.99%  untuk 0.01% yang bisa hamil. Itu pada sebagian usia muda. Karena kesempurnaan hanya milik Allah.

🌐Tambahan jawaban dari bidan devi :                                                                                                                                   Pasangan suami istri yang sudah tidak menginginkan kehamilan biasanya akan mempertimbangkan untuk melakukan sterilisasi. Sterilisasi sendiri merupakan tindakan pencegahan kehamilan yang bersifat permanen. Maka biasanya tindakan ini diambil oleh wanita atau pria yang sudah memiliki lebih dari tiga anak, berusia di atas 30 tahun, atau tidak menginginkan keturunan lagi.
Sterilisasi juga kerap menjadi pilihan bagi mereka yang kehamilannya berisiko tinggi. Pada laki-laki, proses sterilisasi dilakukan melalui prosedur vasektomi, sedangkan proses sterilisasi pada wanita yaitu dengan prosedur tubektomi. 

🔹Tubektomi adalah metode kontrasepsi atau pencegah kehamilan yang dilakukan oleh wanita.
Tidak seperti pil KB atau spiral yang bisa dihentikan kapan pun ketika Anda memutuskan untuk hamil, tubektomi sifatnya permanen. Cara kerja KB steril tubektomi adalah memotong atau mengikat saluran tuba falopi. Dengan demikian, sel telur pun tidak akan bisa menemukan jalan menuju rahim. Sel sperma juga tak akan bisa mencapai tuba falopi dan membuahi sel telur. Tindakan tersebut berfungsi untuk mencegah pembuahan dan kehamilan.

Keuntungan Tubektomi :
1. Sebagai KB steril yang bersifat permanen, kemampuan tubektomi dalam mencegah kehamilan mencapai 99,9%. Maksudnya yaitu dari setiap 100 wanita yang menjalani prosedur tubektomi, ada satu atau kurang dari satu orang wanita yang hamil. Namun, tubektomi tidak bisa melindungi wanita dari penyakit kelamin. Maka, gunakan kondom untuk bisa terlindungi dari penyakit kelamin seperti kondom laki-laki dan kondom wanita saat berhubungan seks.
2. Tidak berpengaruh pada hormon dan siklus menstruasi.
3. Tidak berpengaruh pada gairah seksual.
4. Tidak berpengaruh pada kapan Anda akan mengalami menopause.
5. Hanya butuh satu kali tindakan untuk mencegah kehamilan.
6. Prosedur yang cukup sederhana dan biayanya ditanggung oleh sebagian besar asuransi kesehatan.

Macam - Macam  Teknik Tubektomi =
1. Bedah Laparoskopi : Pada proses ini, Anda akan diberikan bius total melalui punggung bawah. Setelah itu, dokter dan ahli bedah akan membuat sayatan kecil pada area di atas pubis. Melalui sayatan tersebut, dokter memasukkan alat laparoskopi untuk menentukan letak tuba falopi serta peralatan bedah yang berfungsi untuk menutup saluran tuba falopi Anda.

2. Minilaparotomy : Untuk prosedur tubektomi ini, Anda akan mendapatkan bius lokal. Pembedahan yang dilakukan mirip dengan bedah laparoskopi. Namun, perbedaannya terletak dari teknik pemotongan saluran tuba falopi. Jika pada bedah laparoskopi saluran tersebut akan dipotong dan dijahit kembali, minilaparotomy menggunakan teknik mengikat dan menjepit tuba falopi dengan alat khusus.

3. Tuba implan : KB steril melalui tuba implan tidak membutuhkan pembedahan. Maka, biasanya Anda tidak memerlukan bius tertentu. Dokter akan memasukkan semacam tabung kecil melalui vagina dan leher rahim hingga mencapai saluran tuba falopi. Implan ini berfungsi untuk menghambat, bukan memotong atau mengikat saluran tuba falopi Anda. Untuk mengecek apakah  implan sudah tertanam dengan baik, Anda akan diminta untuk melakukan pemindaian (scan) badan melalui rontgen. 

Sebelum menjalani tubektomi, sebaiknya dipertimbangkan secara matang keputusan ini. Karena sifatnya yang permanen, sehingga tidak bisa menghentikan kontrasepsi ini begitu saja karena tindakan medis sudah terlanjur dilakukan pada saluran tuba falopi. Karenanya disarankan untuk membicarakan dengan pasangan dan keluarga sebelum memilih KB steril ini.
Jika memang sudah yakin dengan prosedur ini, maka temui dokter dan ahli kebidanan yang terpercaya untuk merencanakan tubektomi.
Tubektomi bisa dilakukan setelah melahirkan normal atau dengan operasi Caesar,  juga bisa dilakukan kapan pun dalam kondisi siap dan sehat, umumnya seminggu setelah mendapat haid.

0⃣4⃣ Lela
Bubid ana mau tanya,
Kalau setiap berhubungan badan itu slalu sakit, padahal tidak sering hubungan nya, terus banyak lendir yang keluar, tapi tidak berbau, itu kenapa ya bubid ?
Mohon penjelasannya!!!
Syukron

🌐Jawab:
Asalamualikum mba Lella.
Semoga hari Ini Allah kasih kenikmatan dunia akhirat amin.

Untuk hubungan badan yang suka sakit, coba mba lela kroscek ada pemanasan tidak? Usahakan ada pemanasan dan ada klimaks dari hubungan badan.

Usahakan juga untuk siap dan rileks.
Kondisikan badan fit, tidak lelah. Dan sugestikan yang baik untuk pasangan kita niatkan ibadah.

Lendir banyak jika tidak berbau, tidak berwarna dan tidak gatal itu Aman dan Normal.

🌐Mungkin saat bersetubuh bunda tidak relax dan saat tubuh capek dan kurang forplay sehingga kurang menikmati dan akhirnya terasa sakit.

Lendir yang keluar dari vagina saat bersetubuh merupakan pelumas vagina agar tidak nyeri saat bersetubuh.

Namun, jika lendir yang keluar berlebihan dan ada darah, sebaiknya segera periksakan ke dokter SpOG.

0⃣5⃣ Rizki
Jika di bibir vagina ada benjolan kecil harus diobservasi berapa lama terus harus segera diwaspadai jika bagaimana? (benjolan yang harus di waspadai yang seperti apa?)
Jazakillah

🌐Jawab:
Sudah konsul dokter belum bunda? Biasanya jika makin membesar, Di operasi kecil dan dibuang benjolannya. Bisa kelenjar bartolini.

Ada pasienku, awalnya kecil diobati hilang.
Terus timbul lagi dan tidak bisa diobati minum akhirnya operasi.

Kroscek pola makannya bunda kurangi pegawet-pengawet dan makanan siap saji. Usahakan menu seimbang biasanya membantu pemulihan dan personal hygne pada miss V Nya.

🌴Belum konsul bu. Baru ketahuan, tidak sakit sih. Apa tetap perlu konsul?

🌐Konsul saja bunda.
Biasanya itu kelenjar bartolini.

🌴bisa ke bidan atau harus ke dokter spot bu?

🌐Cari yang terdekat sama bunda saja. Bisa bidan atau langsung ke dokter.

🌐 🔹Macam-macam benjolan di vulva vagina =
1. Kanker vulva : Kanker vulva adalah kanker yang menyerang bagian luar sistem reproduksi wanita (vulva). Area ini termasuk bagian depan vagina, bibir vagina (labia), klitoris, dan kulit serta jaringan yang menutupi tulang kemaluan. Salah satu tandanya adalah kutil yang tumbuh pada vulva atau benjolan di labia yang diikuti oleh sejumlah tanda berikut : perdarahan setelah hubungan seks, sakit pada vulva, perubahan warna kulit, dan rasa gatal dan terbakar pada vulva yang bertahan lama.
Kecil kemungkinannya benjolan yang Anda temukan adalah tumor sel kanker. Kanker vulva termasuk langka, hanya menduduki 3-4% dari total kasus kanker alat reproduksi wanita. Jenis kanker ini adalah kanker kulit lambat, butuh waktu tahunan untuk berkembang. Perubahan prakanker biasanya dapat dideteksi dan diobati.

2. Herpes genital : Herpes genital pada perempuan umumnya tidak menimbulkan tanda dan gejala sama sekali (asimptomatik). Tapi, jika ada, herpes genital menyebabkan borok atau koreng, bukannya benjolan. Borok biasanya terasa gatal, panas terbakar, dan lumayan sakit. Borok awalnya berupa bentol kecil mirip gigitan serangga yang berubah menjadi luka melepuh yang terbuka dan terlihat seperti bisul. Jika Anda memiliki borok herpes genital Anda akan cepat menyadarinya karena rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkannya.

3. Kutil kelamin : Benjolan berdaging berukuran kecil yang padat, timbul, dan memiliki permukaan kasar bisa menjadi pertanda kutil kelamin. Kutil kelamin disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. Benjolan ini menyerupai kembang kol dan dapat tumbuh dalam kelompok. Anda bisa mendapatkan kutil kelamin melalui kontak kulit antar kelamin atau bahkan menyentuh alat kelamin dengan tangan yang membawa virus.
Kutil dapat tumbuh pada bibir vagina (labia), di dalam vagina, pada leher rahim, dan bahkan di sekitar anus. Benjolan mulai sebagai bintil seukuran butir beras merah muda atau cokelat. Beberapa kutil tidak menimbulkan rasa sakit dan hampir tidak terlihat, sementara yang lain dapat tumbuh dengan diameter lebih dari 7 cm. Beberapa kutil kelamin akan menyebabkan rasa gatal dan terbakar.
Tapi di sisi lain, kebanyakan orang yang mengalami infeksi HPV bisa tidak mengembangkan kutil sama sekali. Jika kutil kelamin muncul, hanya akan tampak dalam beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahunan setelah Anda pertama kali terpapar kontak dengan virus.

4. Ulkus mole (chancroid) : Chancroid atau ulkus mole adalah infeksi genital yang disebabkan bakteri Haemophilus ducreyi. Bakteri menghasilkan luka terbuka alias koreng yang muncul pada atau dekat organ reproduksi eksternal. Koreng mungkin berdarah dengan mudah saat disentuh atau menghasilkan nanah menular yang dapat menyebar bakteri selama seks oral, anal, atau vagina.
Chancroid juga dapat menyebar antar kontak kulit dengan orang yang terinfeksi.
Wanita dapat mengembangkan empat atau lebih benjolan merah di labia, di antara labia dan anus, atau di paha. Setelah benjolan menjadi borok, atau terbuka, Anda mungkin mengalami sensasi terbakar atau nyeri saat buang buang air kecil atau buang air besar. Borok memiliki titik pusat yang lembut berwarna abu-abu hingga kuning keabuan dengan ujung yang tajam dan jelas.

5. Sifilis : Selama tahap primer sifilis, ulkus yang biasanya menimbulkan rasa sakit berkembang di tempat di mana bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini biasanya terjadi dalam waktu 3 minggu dari paparan, tetapi dapat berkisar dari 10 sampai 90 hari. Pada wanita, ulkus dapat timbul pada bagian luar vagina atau di dalamnya. Ulkus biasanya tanpa rasa sakit dan tidak mudah terlihat. Anda bisa tidak mengetahui Anda memiliki ulkus jika itu tumbuh di dalam vagina atau di bukaan rahim (leher rahim).
Ulkus juga dapat muncul di daerah tubuh selain alat kelamin. Ulkus biasanya bertahan selama 3 sampai 6 minggu, dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan, dan dapat meninggalkan bekas luka tipis. Tapi meskipun ulkus telah sembuh, virusnya masih ada dan Anda masih bisa menularkan infeksi kepada orang lain.

6. Molluscum contagiosum : Pertumbuhan kutil atau kulit ekstra mirip tahi lalat yang timbul abnormal bisa diakibatkan oleh molluscum contagiosum, virus yang ditularkan melalui kontak kulit atau kontaminasi dari pertukaran barang pribadi, seperti handuk. Kutil pada awalnya berukuran kecil, padat, memiliki bentuk seperti kubah, tanpa rasa sakit, berwarna merah muda atau seperti daging. Kutil juga memiliki lesung di tengahnya, terlihat licin seperti lilin dan berkilau putih susu. Kutil akan menyebar di seluruh bagian tubuh, terutama akan banyak muncul di wajah, kecuali di telapak tangan dan kaki. Kutil akan berubah memerah begitu sistem imun tubuh Anda mulai memerangi virus tersebut, dan biasanya akan kebal terhadap pengobatan jika anda memiliki sistem imun yang lemah.
Penyakit kelamin tidak selalu menjadi penyebab kutil dan benjolan di bibir vagina. Ada beberapa kondisi kulit kronis yang dapat menghasilkan luka dan gejala mirip, seperti gatal, sensasi terbakar, dan nyeri.

🔹Penyebab lain timbulnya bisul dan benjolan di bibir vagina =
1. Vulvovaginitis : Vulvovaginitis adalah peradangan atau infeksi di sekitar bibir vagina (labia) dan area perineum.
Ini adalah kondisi umum yang mempengaruhi wanita dan anak perempuan dari segala usia, dan memiliki berbagai penyebab. Candida albicans adalah infeksi jamur penyebab umum dari vulvovaginitis. Vulvovaginitis pada remaja perempuan dapat disebabkan oleh kadar estrogen yang rendah.
Vulvovaginitis akan memengaruhi sekitar 75 persen perempuan dalam hidup mereka. Infeksi jamur ini dapat menyebabkan rasa gatal dan keputihan berwarna putih kental yang mirip dengan keju cottage. Tanda lainnya adalah nyeri saat buang air kecil.

2. Dermatitis : Eksim mengacu pada kondisi kulit yang menyebabkan kulit meradang, bengkak, iritasi, dan gatal.
Salah satu jenis eksim yang sering terjadi adalah dermatitis atopik (disebabkan oleh sensitivitas kulit terhadap alergen) dan dermatitis kontak (disebabkan iritan eksternal atau kimiawi).
Gejala yang berhubungan dengan dermatitis kontak alergi termasuk: kering, bersisik, kulit terkelupas, gatal-gatal, bisul yang basah mengalir atau lecet kering, kulit kemerahan, kulit berubah gelap atau kasar, sensasi panas terbakar dengan atau tanpa borok. gatal ekstrim.

3. Kista vagina : Kista vagina biasanya terbentuk ketika kelenjar kulit atau saluran keringat tersumbat, menyebabkan penggumpalan cairan atau bahan lain di bawah kulit.
Kista sering terlihat seperti jerawat atau benjolan di bawah kulit. Jika berukuran cukup besar atau tidak tak nyaman, dokter dapat mengempiskan benjolannya. Memencet kista sendiri bukan ide yang baik karena dapat membuka gerbang bagi masuknya bakteri dan menyebabkan infeksi dan bernanah; biasanya diakibatkan oleh bakteri penyebab penyakit menular seksual, seperti gonore atau klamidia.

Intinya jika melihat atau mencurigai adanya benjolan di bibir vagina atau perubahan fisik apapun yang tampak tidak normal segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk diperiksa dan mendapatkan diagnosis tepat.

0⃣6⃣ Aminah
Tanya lagi boleh ya bunda....

Karena saya sudah sesar 3x bolehkah saya hamil lagi?
Waktu sesar terakhir tidak langsung steril. Apakah sesar juga bisa menyebabkan kanker karena teman saya meninggal kena kanker servic dan riwayat sesar 2x jadi para tetangga disini mengkaitkan gara-gara sesar.

🌐Jawab:
Untuk SC setiap dr. SpoG punya kebijakan masing-masing, umumnya 3 tapi ada yang memberanikan >3. Untuk hamil lagi baiknya konsul dengan dokter yang sebelumnya yang menangani SC ibu. Karena kondisi pasti dia lebih paham.

Untuk penyebab kanker bunda lihat vidio yah.

0⃣7⃣ Yuni
Bu bidan kalau setelah tes iva kita perlu papsmear lagi atau tidak?

🌐Jawab:
Dianjurkan melakukan papsmear jika hasil tes IVA positif.

0⃣8⃣ Luthfiah
Assalamu'alaikum bu bidan, 
Saya mau nanya, kan tadi yang disampaikan semalam mengenai deteksi dini kanker serviks dengan cara tes IVA syartnya harus sudah menikah,  terus bagaimna untuk deteksi dini kanker serviks bagi yang belum menikah? 
Apa ada cara lain?

🌐Jawab:
Cara yang paling mudah adalah jika terdapat keputihan yang patologis maka segeralah periksa ke dokter SpOG.

0⃣9⃣ iNdah
Ada temen yang pernah bilang jika berhubungan saat kondisi sedang lelah dapat menyebabkan kemungkinan anaknya cacat, benar atau tidak ya bu?

🌐Jawab:
Tidak benar

1⃣0⃣ Syarah
Assalamu'alaikum , bubid,

Kalau misalkan keputihannya mengental warnanya putih tulang , tidak berbau , itu kenapa yah?   
Apakah berbahaya?

🌐Jawab:
Insyaallah tidak mengapa, yang penting karakteristik keputihannya bukan keputihan yang patologis.

Silahkan dilihat kembali jawaban dari pertanyaan seputar teori keputihan diatas ya bunda.

1⃣1⃣ iShmah
Saya belum menikah lalu bagaimana menjaga kesehatan vagina agar tidak keputihan dan lain-lain?
Apakah memakai pentilainer itu baik?
Terimakasih.

🌐Jawab:
Keputihan sebenarnya merupakan mekanisme normal tubuh wanita untuk membersihkan organ intim, di mana pada kondisi tertentu produksi keputihan ini dapat meningkat (seperti menjelang menstruasi, saat ovulasi, ataupun dalam kehamilan).

Ciri Keputihan yang normal : tidak berwarna (jernih atau keputih-putihan), tidak berbau, dan tidak disertai dengan rasa gatal atau nyeri.

Adapun keputihan yang berwarna hijau merupakan kondisi yang tidak normal, pada usia berapapun.

Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain :
1. Infeksi bakteri/vaginosis bakterial
2. Vaginitis (peradangan vagina)
3. Trikomoniasis
4. Gonore
5. Klamidia

Berbahaya atau tidaknya keputihan yang dialami tentunya akan sangat tergantung pada penyebabnya. Untuk dapat memastikannya sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut, baik melalui pemeriksaan fisik maupun tes penunjang jika diperlukan (seperti tes cairan vagina atau tes darah). Dengan demikian maka penyebabnya dapat diidentifikasi sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya.

Cara mencegah keputihan tetap normal :
1.Menjaga higiene organ intim
2.Mengenakan pakaian dalam yang kering, berbahan katun, dan tidak terlalu ketat
3.Mengganti pakaian dalam secara rutin
4.Biasakan membersihkan organ intim dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri berpindah dari anus ke vagina
5.Hindari penggunaan pembersih kewanitaan yang terlalu sering karena justru dapat menyebabkan gangguan keseimbangan flora normal vagina, sehingga rentan terjadi infeksi
6.Mengganti pembalut secara teratur saat menstruasi
7.Tunda melakukan hubungan intim selama keluhan belum teratasi

Boleh menggunakan pantyliner, tapi jangan sering untuk memberi kesempatan bagi vagina untuk bernafas.

1⃣2⃣ Esa
Setiap kali habis berhubungan, 1-2 hari setelahnya kalau mau BAK selalu keluar cairan bening dan banyak.
Itu cairan apa ya bun?
Normalkah?

🌐Jawab:
Insyaallah Normal bunda.
Cairan bening tersebut dapat merupakan cairan sperma yang keluar kembali atau mungkin juga keputihan yang normal.

1⃣3⃣ Erna
Kalau setelah hubungan kemudian air maninya keluar lagi bagaimana ? Meskipun kaki sudah di angkat beberapa menit tapi tetap masih keluar, bagaimana?

🌐Jawab:
Tidak mengapa bunda.
Cairan sperma atau air mani memang secara normal sebagian akan keluar kembali dari dalam vagina. Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi yang akan mengalirkan cairan ke tempat yang lebih rendah ketika duduk atau berdiri setelah melakukan aktivitas seksual.

🌴Apakah itu berpengaruh dengan keadaan saya yang belum hamil juga bund ? Saya sudah 2,5 th menikah belum di karunia keturunan.

🌐Nambahin ya bunda.
Insa Allah 1 tetes sperma jika bagus menghasilkan bakal calon anak. Jika mau lihat bagus atau tidaknya, Bunda bisa promil dimana bunda bisa cek HCG dan suami cek spermanya. InsyaAllah jika tuba dan sperma bagus insa Allah lebih mudah promilnya.

🌐Aamiin yaa robbal aalamiin
Bunda Erna..
Banyak faktor yang menyebabkan lamanya pasangan suami istri untuk memperoleh keturunan atau bisa hamil.

Membutuhkan extra sabar dan biaya yang cukup untuk mengikuti program hamil ini, karena diperlukan pemeriksaan lengkap untuk suami dan istri.

Silahkan datangi dokter kandungan bunda untuk mengikuti prosedur promil terbaik.

1⃣4⃣ Yulianti
Bismillah Bu bidan saya mau tanya tapi diluar tema kajian semalam.

Bayi saya di bagian ketiak kanannya ada benjolan kecil, sudah saya pernah bawa ke dokter anak, kata dokternya itu pengaruh dari suntik vaksin BCG yang bisa jadi suntik terlalu dalam atau terlalu banyak obatnya, dan nama benjolan nya itu BCG ITIS.
Saya periksa saat anak usia 3 bulan dan sekarang sudah usia 7 bulan benjolan masih belum hilang.

Menurut Bu bidan BCG ITIS ini berbahaya tidak ya?

🌐Jawab:
Bunda yulianti..
KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) BCG = biasanya muncul dua minggu atau lebih setelah imunisasi BCG berupa pembengkakan kecil dan merah di tempat suntikan, seterusnya timbul bisul kecil dan menjadi luka parut.

Namun jika dari keterangan bunda yulianti di atas benjolannya terdapat di ketiak perlu diperiksakan dan dikaji lebih lanjut. Kemungkinan benjolan tersebut adalah pembesaran kelenjar getah bening yang ada di ketiak.
Kelenjar getah bening biasanya membesar jika disekitar area tersebut terdapat infeksi atau sakit.

🌴Di ketiak saya juga ada benjolan, tidak begitu sakit, cuman ngilu sedikit,
itu kenapa ya bu?

🌐Benjolan diketiak kemungkinan adalah pembesaran kelenjar getah bening.
Adakah keluhan nyeri disekitar ketiak seperti lengan, payudara?

Jika ya, berarti itu penyebab membesarnya kelenjar getah bening di ketiak mba' lela.

🌴Tidak ada nyeri di sekitar ketiak dan payudara bu,
lalu cara penyembuhan nya itu bagaimana ?

1⃣5⃣ Ulum
Anak gadis saya sekarang usia nya 9 tahun, tapi di bagian atas vaginanya ada keloid bekas cacar dulu kalau keloid dibagian yang lain udah di suntik dan Alhamdulillah hasilnya sudah kempes. Pertanyaan nya, apa akan ada bahaya dikemudian hari???

🌐Jawab:
Bunda ulum, alhamdulillah keloidnya sudah kempes. Insyaallah tidak menebal lagi ya bunda. Aamiin.
Insyaallah aman

🌴Yang bagian diatas vagina belum kempes bubid, dokter tidak berani suntik habis.

🌐 Konsultasikan kembali ke dokter kulit ya bun, insyaallah akan diberikan solusi terapy terbaik yang lain untuk menghilangkan keloidnya.

1⃣6⃣Ummu Hafshoh
Afwan bun diluar tema.
Kalau terdapat pembesaran kelenjar getah bening apakah berbahaya?
Apa bisa berefek pada kanker payudar*?

🌐Jawab:
Ummu hafshoh yang dimuliakan Allah

Kelenjar getah bening yang membesar adalah reaksi normal tubuh dalam mengatasi atau memerangi adanya infeksi atau sakit di area tersebut.

Bukan berefek pada kanker payudara. Tapi, jika terdapat kanker di payudara maka otomatis kelenjar getah bening yang terdapat di ketiak akan membesar.

1⃣7⃣ Mina
Bu Bidan, kalau menjelang-hari ketiga haid biasanya nyeri hebat di area punggung (segaris sama pusar) sampai rasanya itu tembus ke perut sekitar pusar itu normal tidak, Bu?

🌐Jawab:
Keluhan nyeri tersebut hanya timbul di hari ketigakah?

🌴Tidak tentu, kadang sebelum, kadang hari pertama, paling jauh sakitnya cuma sampai hari ketiga.

🌐Ini yang disebut disminorhea mba' mina. Keluhannya dirasa hebat bisa karena mba' mina lelah karena aktifitas fisik dan psikis yang padat, ditambah kurang teratur makannya.

Solusinya =
Saat menjelang haid dan selama haid, cukupi istirahat, kurangi aktifitas yang berat, penuhi asupan gizi seimbang, jika perlu minum tablet tambah darah.

Jika keluhannya paling lambat sampai hari ketiga haid. Insyaallah normal.

Namun jika keluhannya berlanjut dan semakin nyeri, sebaiknya segera periksakan ke dokter SpOG.

1⃣8⃣ ULfa
Bu bidan mau tanya, anak saya umur 8 tahun, kalau saya perhatikan 1-2x pernah di celananya ada bekas kuning lalu bau aroma celana sangat sengar sekali.
Kalau yang pernah saya dapat itu faktor makanan dan capek apakah betul begitu ? Lalu bagimana penanganannya ?
Bermasalahkah ?

🌐Jawab:
Betul bun, salah satu faktor penyebabnya dari pola makan. Jujur, sepert teh botol dan lain-lain yang pengawet bisa memicu keputihan.,
Faktor aktifitas, Faktor personal hygne dan lain-lain.

🌐izin menambahkan ya teh devi.
Usia 8 tahun, berarti masih sekolah SD ya bunda ulfah.

Faktor capek fisik dan psikis, juga status kebersihan daerah kewanitaan menyebabkan timbulnya keputihan.

Yang tidak boleh adalah warnanya kuning dan bau dari pengeluaran pervaginamnya putri bunda.

Solusinya =
1) Cukupi istirahat.
2) Ajarkan teknik personal hygien terutama vulva hygien yang baik.
3) Pastikan kondisi area kewanitaan dalam keadaan bersih dan kering.
4) Jka keputihannya semakin banyak dan terdapat tanda patologis atau berbahaya sebaiknya diperiksakan ke dokter SpOG.

1⃣9⃣ Puji
Bu bid, kalau sering sakit bagian perut bawah kenapa ya? Terus sama pinggang kanan juga sakit.

🌐Jawab:
Sebaiknya periksa mba ke nakes, Bisa banyak faktor.
Minum air putih rajin tidak?

🌴Iya sering minum air putih

🌐Bunda puji sedang hamil, sering sakit perut bagian bawah biasanya disebabkan karena sering menahan BAK, dan atau disebabkan proses masuknya kepala janin ke panggul ibu.

Untuk pinggang kanan yang sakit, solusinya = cukupi kebutuhan minum air putih, dan senam hamil.

Jika semakin nyeri, maka segera periksakan ke dokter.

🌴Kakak ipar saya yang sakit itu bu bid, bukan saya hehe, alhamdulillaah kehamilan saya baik saja. Afwan kurang tau.

2⃣0⃣Fitri
Bu bidan saya juga sesekali mengalami nyeri dibagian perut kiri atas misss V maaf itu karena apa?
Terus jika berpuasa dan sehari tidak makan keputihanya berwarna coklat sangat banyak hampir warna haid!

🌐Jawab:
Mba fitri sudah menikah?
Apakah menggunakan alat kontrasepsi?
Apakah sedang hamil?
Yuuk evaluasi, keluhan nyerinya timbul jika habis melakukan apa?

🌴Saya sudah menikah baru program hamil jadi tidak memakai apapun bund.
Nyeri bagian kiri itu kadang timbul kadang tidak bu bidan. Rasanya cekit-cekit atau terkadang juga nyeri. Kalau yang keputihan sebelum menikah sudah bu bidan.

Dan maaf ada tambahan, waktu haid untuk BAB juga sakit.

🌐Mohon maaf terlewat  bunda fitri
Apakah bunda sering mengalami sembelit?

Apakah juga sering mengalami nyeri haid? Kalau ya, berapa lama nyeri haidnya setiap kali siklus haid?

🌴Sebelumnya terimaksh ya bubid.
Sembelit waktu haid saja bund kalau nyeri haid kalau air putih kurang banyak nyerinya sakit sekali tapi kalau kurang  BAB sakit bu, kalau nyeri skitar 1-2 hari saja sampai tidak nafsu makan. Maafya bu kalau malam jam 8 sudah tidur.

🌐Bunda fitri, mengeluh sembelit jika datang haid. Dirasakan haid terasa nyeri jika kurang minum air putih dan jika BAB tidak teratur.

Keluhan Nyeri perut kiri bawah biasanya terkait dengan saluran pencernaan, kulit, organ reproduksi, saluran kemih, dinding perut atau pembuluh darah.

🔹Bunda.. penyebab nyeri perut kiri bawah diantaranya =
1. Diverticulitis : Kondisi ini sering terjadi pada orang yang lebih tua dan biasanya ia akan mengeluh perut kiri bawah sakit.
Rasa sakit ini sering tiba-tiba dan parah, dan memburuk dari waktu ke waktu, berpotensi hilang timbul. Rasa sakit biasanya disertai juga dengan gejala lain berupa: Demam Pembengkakan di daerah perut kiri bawah Kembung Mual muntah Terkadang, diare dengan darah merah terang.
Kasus ringan dapat diobati dengan istirahat, perubahan diet, dan minum antibiotik. Namun, kasus yang lebih serius mungkin memerlukan operasi.

2. Konstipasi (Sembelit)
Susah buang air besar karena sembelit bisa menyebabkan nyeri perut kiri bawah, yaitu ketidakmampuan untuk mengeluarkan fese secara teratur, dan biasanya rasa sakit akan hilang setelah berhasil buang air besar. Dikatakan sembelit apabila juga bila BAB keras, kurang dari 3 kali per minggu. Gejala lain termasuk kembung dan perasaan penuh atau tekanan di dalam rektum.
Solusinya : obat pencahar, dan diet serat tinggi dengan banyak asupan cairan.

3. Gangguan Saluran Kemih Infeksi Saluran Kemih: yaitu nyeri saat buang air kecil atau dorongan terus menerus untuk buang air kecil.
Infeksi biasanya oleh bakteri yang menyerang sistem ekskresi yang terdiri dari ginjal, kandung kemih dan ureter atau uretra. Infeksi bakteri pada kandung kemih menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai cystitis yang juga dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah, sensasi terbakar saat buang air kecil dan dorongan ingin buang air kecil berulang.

4. Batu Ginjal : Ketika batu ginjal melewati saluran kemih dari ginjal ke kandung kemih, maka akan menimbulkan nyeri perut kiri bawah yang begitu parah dan mendadak. Rasa sakit dapat menyebar ke pinggang dan punggung, daerah perut kiri bawah dan pangkal paha. Rasa sakit biasanya datang secara bergelombang dan berfluktuasi. Gejala lain termasuk mual, muntah, demam dan menggigil, nyeri saat buang air kecil, urin merah, merah muda, berbau busuk, urin keruh, dan sering buang air kecil.

5. Infeksi Ginjal : Infeksi saluran kemih dapat menyebar ke ginjal kiri, menyebabkan rasa sakit pada perut kiri bagian bawah yang dapat menyebar ke bagian pinggang, dan pangkal paha.
Rasa sakit ini tidak tiba-tiba (seperti batu ginjal) dan pasien biasanya merasa tidak enak badan, dan mengalami gejala seperti demam dan muntah. Buang air kecil yang menyakitkan dan sering. Darah atau nanah terlihat dalam urin.
Infeksi ginjal harus segera diobati dengan antibiotik karena dapat menyebabkan infeksi yang luas dan kerusakan ginjal.

6. Masalah Usus Radang Usus : Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa adalah penyebab umum sakit perut sebelah kiri.
Kondisi ini menyebabkan radang usus yang ditandai dengan nyeri akut di perut, diare berat, muntah dan buang air besar berdarah.

7. Obstruksi Usus : Setiap kondisi yang menyebabkan obstruksi di bagian kiri usus kecil atau besar dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah.
Penyebabnya termasuk volvulus atau usus besar terpuntir, strangulasi hernia inguinalis, tumor atau adhesi (band fibrosa jaringan di perut). Sumbatan usus akan mencegah lewatnya makanan dan cairan sehinggat menyebabkan peradangan dan nyeri berupa kram perut, mual muntah, dan diare atau sembelit.

8. Kehamilan Ektopik : Disebut juga hamil diluar kandungan yang apabila terganggu menyebabkan nyeri perut kiri bawah atau kanan bawah.

9. Endometriosis : yang melibatkan pertumbuhan lapisan jaringan rahim di luar rongga rahim menyebabkan nyeri dan iritasi. Hal ini juga dapat menyebabkan konstipasi, diare dan nyeri saat buang air kecil dan saat menstruasi.

10. Mittelschmerz : Nyeri ovulasi atau mittelschmerz terjadi ketika telur dilepaskan dua minggu sebelum periode yang diharapkan. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit ringan sampai sedang di daerah perut bagian bawah kiri.
Masalah ini sering hilang dengan istirahat dan obat penghilang rasa sakit.

11. Kista ovarium kiri : Kista pada ovarium apabila terlalu besar atau terpuntir maka akan menimbulkan rasa sakit yang hebat bisa konstan atau intermiten, dan dapat menyebar ke punggung bawah. Gejala lain berupa mual, muntah, perut terasa penuh, menstruasi tak teratur, dan tekanan pada rektum atau kandung kemih.

🔹Solusinya :
~ Atur Pola Makan, diet gizi seimbang.
~ Pastikan cukup minum setidaknya 8 gelas air per hari.
~ Hindari juga makanan penyebab iritasi seperti makanan pedas dan asam.
~ Atur Gaya Hidup
~ Latihan fisik seperti tari pinggang dan yoga sangat membantu dalam membuat otot perut rileks.
~ Hindari tekanan pada daerah perut yang sakit.

Keputihan berwarna coklat ya bun?

Keputihan berwarna coklat muda hingga coklat tua bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstruasi dimulai atau diujung siklus menstruasi. Dan hal ini tidak bisa mencegah terjadi secara alami. Insyaallah Normal.

Sedangkan beberapa penyebab lain keputihan berwarna coklat = seperti kanker serviks, penyakit menular seksual, polip rahim, atau penyakit inflamasi panggul. Jika ini terjadi maka perlu diatasi.
Keputihan berwarna coklat sebenarnya adalah hal yang wajar, namun jika merasa terganggu, segera konsultasikan hal ini kepada dokter.

🌴Jazakillah khoir bubid sampai sempatkan subuh-subuh.
Terimakasih juga atas penjelasannya yang begitu banyak.

🌐Ada lagi bung itu di atas yang tentang keputihan.

2⃣1⃣ iShmah
Bu bidan, temen saya belum nikah dan dia ngerasa nyeri di tulang bawah payudara jadi kalau di tekan nyeri, apakah itu tidak apa ya? Jadi yang nyeri tulang bawah payudaranya.

Terimakasih

🌐Jawab:
Apakah temannya pernah terjatuh dan menyebabkan cedera ?

Apakah memiliki riwayat nyeri lambung? (sakit magh)

🌴Ternyata karena pakai bh kawat saat tidur bu bidan, tidak kenapa kenapa ya berarti?
Tapi sakitnya sudah dari minggu kemaren sampai sekarang jadi kalau buat tidur tengkurap sakit akhirnya sama teman di kompres pake es batu sambil di pijat pijat tapi belum sembuh.

2⃣2⃣ Ana
Bu bidan yang ilmunya diberkahi Allah, bagaimana menjaga kebersihan warna kulit di bagian selangkangan yang menghitam, dan bagian parut perut pasca hamil. dapatkah memutih kembali?

🌐Jawab:
Yang lebih cepat pemulihannya menjadi cantik kembali adalah ke dokter spesialis kulit dan kelamin bunda ana.

🌴Berarti memang kenangan pasca melahirkan ya.

2⃣3⃣ Anggrainy
Di ketiak saya juga ada benjolan, tidak begitu sakit, cuman ngilu sedikit,
itu kenapa ya bu?

🌐Jawab:
Benjolan diketiak kemungkinan adalah pembesaran kelenjar getah bening.

Adakah keluhan nyeri disekitar ketiak seperti lengan, payudara?

Jika ya, berarti itu penyebab membesarnya kelenjar getah bening di ketiak mba' lela.

🌴Tidak ada nyeri di sekitar ketiak dan payudara bu,
lalu cara penyembuhannya itu bagaimana ?

🌐Benjolan di ketiak dapat dialami oleh pria maupun wanita.
Sumber yang paling umum adalah dari pembesaran kelenjar getah gening di bawah lengan. Bentuk dalam keadaan normalnya lonjong dan kecil, berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini lebih sering dialami wanita di masa menstruasi ataupun infeksi. Hal ini merupakan situasi yang normal dan kondisi ini akan mereda saat kondisi kesehatan membaik.

Benjolan di ketiak juga dapat berasal dari skin tag (sejenis kutil) di permukaan kulit yang terus bergesekan dengan pakaian. Kondisi ini sama sekali tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus. Selain itu, terdapat penyebab lain dari benjolan di ketiak, yaitu akibat infeksi bakteri, kista, iritasi, atau alergi akibat penggunaan deodoran atau alat cukur.

Meski umumnya tidak berbahaya, namun benjolan ini juga bisa berupa gejala penyakit serius. Segera periksakan diri jika benjolan tidak kunjung mengecil atau justru terasa sakit. Pada kasus tertentu, benjolan dapat menjadi indikasi kondisi yang lebih serius, seperti:
🔸Reaksi negatif terhadap vaksinasi.
🔸Infeksi virus.
🔸Fibroadenoma atau pertumbuhan abnormal jaringan fibrosa, namun tidak bersifat kanker.
🔸Kanker payudara.
🔸Limfoma: kanker sistem getah bening.
🔸Leukemia: kanker darah pada sumsum tulang.

Perlu diperiksakan ke dokter jika benjolannya semakin nyeri dan membesar, dan biasanya dokter akan menganjurkan untuk :
🔸Cek darah lengkap untuk memeriksa kadar sel darah merah dan putih dalam sistem tubuh.
🔸Mamogram untuk melihat bentuk benjolan dengan lebih saksama.
🔸Tes alergi.
🔸Biopsi: pengambilan sampel dari jaringan benjolan untuk diperiksa lebih lanjut.

Cara Menangani Benjolan di ketiak :
Tergantung faktor penyebabnya. Umumnya situasi ini tidak membutuhkan penanganan tertentu. Jika status benjolannya ringan dan tidak berbahaya, cukup dengan diberikan Obat pereda nyeri dan kompres hangat. Benjolan yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat mengecil dengan sendirinya. Sedangkan benjolan yang disebabkan lipomas biasanya akan tetap ada, tapi tidak berbahaya.
Sementara itu, infeksi bakteri umumnya dapat ditangani dengan antibiotik.

Tetapi jika benjolan disebabkan oleh alergi, sebaiknya hindari penggunaan benda-benda yang berisiko menyebabkan alergi, seperti krim deodorant atau alat cukur. Namun jika setelah pemeriksaan secara saksama benjolan pada ketiak diidentifikasi sebagai kanker, penanganan perlu dilakukan dengan metode operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi.
Waspadai kemunculan benjolan di ketiak sejak dini dengan melakukan pemeriksaan sendiri di rumah. Segera temui dokter jika merasakan keanehan pada tubuh untuk mendapatkan diagnosis secara tepat.

2⃣4⃣ Annisa
Bu bid mau nanya saya pernah keluar keputihan warna hijau tapi tidak gatal dan tidak bau saat itu lagi hamil 31w, itu apa ya bu bid?

🌐Jawab :
Bunda annisa eka putri keputihan hijau, tidak gatal dan tidak bau.

Jawabannya sama dengan Pertanyaan no. 1⃣1⃣ ya bund.


^^^---^^^

@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar