Minggu, 26 November 2017

Cara Mengatasi Keluhan Kehamilan



OLeh   : Khoirunnisa Y., S.Si.T.,M.Kes

💎M a T e R i💎

Assalamualaikum wr.wb. sahabat BKC
Jazaakumullah khairan Trio BS , ibu Irnawati Syamsuir koto, tim BKC bunda sansan sebagai momod malam hari ini atas waktu dan kesempatan yang insyallah senantiasa diberkahi Allah ini. Aamiin.

Apa kabar sahabat ibu hamil? 
Semoga semua bunda hamil di forum ini senantiasa dalam keadaan sehat, dan selalu bisa mengatasi berbagai keluhan kehamilan. Aamiin
Karenanya kita ngobrol disini, untuk bisa saling berbagi pengalaman.
Lanjut ke materi ya bunda shalihah.

🌷CARA MENGATASI KELUHAN KEHAMILAN

Keluhan selama kehamilan berbeda-beda antara wanita yang satu dengan yang lainnya. Ada yang merasakan begitu banyak keluhan, tapi ada yang hanya mengalami satu atau dua keluhan. Ada ibu hamil yang kepayahan selama 9 bulan, ada yang hanya beberapa bulan pertama (biasanya pada trimester pertama), dan ada pula yang menjalani kehamilan tanpa keluhan yang berarti.

1. Keletihan Terus Menerus
Tubuh ibu hamil bekerja lebih keras dibanding ketika sedang tidak hamil. Hanya saja ibu hamil tidak menyadari bahwa tubuhnya sedang bekerja keras dan menyesuaikan diri dengan banyaknya tuntutan fisik dan emosional dari kehamilan.
▪Solusi :
a. Cukup tidur, terutama dimalam hari.
b. Kerjakan pekerjaan semampunya saja (jangan memaksakan diri).
c. Mintalah bantuan kepada suami atau orang-orang terdekat untuk suatu pekerjaan tertentu.
d. Lakukan olahraga ringan, karena terlalu banyak istirahat dan kurangnya aktivitas justru akan meningkatkan keletihan.
e. Jika keletihan sangat parah, terutama jika disertai dengan pingsan, terutama jika disertai dengan pingsan, pucat, sesak nafas, denyyut jantung sangat cepat, maka segeralah periksakan ke dokter.

2. Mual dan Muntah
Mual dan muntah berlebihan dapat menyebabkan kekurangan gizi maupun dehidrasi (kekurangan cairan).
▪Solusi :
a. Makan sedikit tapi sering dan dalam kondisi hangat.
b. Makanlah makanan selingan seperti biskuit atau roti kering dengan minuman hangat saat bangun pagi dan sebelum tidur.
c. Hindari rasa bau, dan rasa makanan yang membuat mual.
d. Perbanyak minum air putih diantara waktu makan.
e. Konsumsi suplemen tambahan khusus untuk ibu hamil. Kandungan vitamin B6 sangat membantu meredakan mual pada beberapa ibu hamil.
f. Istirahat yang cukup dan berkualitas.
g. Bangun pagi secara perlahan-lahan, jangan langsung turun dari tempat tidur, jangan tergesa-gesa, karena hal tersebut dapat memperparah mual.
h. Sikatlah gigi dengan pasta gigi yang rasa dan aromanya tidak menambah mual atau berkumur setiap selesai makan dan muntah.

3. Ngidam
Ngidam atau justru membenci suatu makanan merupakan hal yang wajar dan terkait dengan perubahan hormonal terutama pada awal-awal kehamilan. Terkadang hal ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan emosional ibu hamil.
▪Solusi :
A. Selama makanan yang diinginkan tidak berbahaya bagi ibu hamil beserta janinnya dan bisa dipenuhi (permintaan yang wajar), maka sah-sah saja mengkonsumsi makanan tersebut.
B. Sebaliknyya jika sangat membenci makanan tertentu, maka tidak perlu memaksakan diri untuk memakannya. Cari penggantinya jika makanan tersebut dibutuhkan karena kandungan zat gizinya.
C. Mintalah pengertian dari suami atau orang terdekat dan ungkapkan perasaan.

4. Ludah Berlebih
Produksi ludah yang berlebihan tidak berbahaya, namun tidak menyenangkan. Biasanya tidak berlangsung lama dan akan menghilang setelah beberapa bulan pertama.
▪Solusi :
A. Sering bersiwak atau sikat gigi mengggunakan pasta gigi yang mengandung mentol.
B. Berkumur dengan cairan atau obat kumur yang mengandung mentol atau mint.

5. Tekanan di Perut Bagian Bawah
Selama tidak ada nyeri, perdarahan dan gejala lain terkait dengan keguguran atau kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan), maka keluhan ini tidak perlu dirisaukan. Kemungkinan besar karena tubuh menangkap sinyal perubahan diperut bagian bawah yang merupakkan lokasi rahim saat ini. Hal ini merupakan sensasi penanaman bakal janin didinding rahim. Bertambahnya aliran darah, menebalnya lapisan dinding rahim, dan bertambah besarnya ukuran rahim.
▪Solusi :
A. Gunakan pakaian yang tidak ketat.
B. Ganti celana daam agar tidak menambah tekanan pada perut.
C. Konsultasikan dengan dokter jika keluhan bertambah parah atau disertai gejala lain seperti nyeri, perdarahan, dan lain-lain.

6. Sering Buang Air Kecil
Sering BAK, sering dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama dan ketiga. Meningkatnya volume cairan tubuh dan kerja ginjal mempercepat pembuangan produk sisa. Ditambah lagi tekanan dari rahim yang membesar pada kandung kemih.
▪Solusi :
A. Jangan mengurangi jumlah cairan karena tubuh membutuhkan cairan yang cukup selama hamil.
B. Boleh membatasi minum menjelang tidur malam untuk menghindari sering terbangun pada malam hari.

7. Nyeri Ulu Hati dan Ganggguan Pencernaan
Hormon progesteron cenderung melemaskan jaringan otot polos di semua bagian tubuh, termasuk di saluran pencernaan. Akibatnya kadang-kadang makanan bergerak lebih lambat melalui sistem pencernaan, sehingga menimbulkan perasaan kembung dan penuh. Pelambatan ini menguntungkan bagi janin karena memungkinkan penyerapan zat gizi kedalam aliran darah ke plasenta dan janin.
Nyeri ulu hati terjadi bila cincin otot yang memisahkan esofagus (kerongkongan) dengan lambung melemas sehingga makanan dan asam lambung mengalir kembali dari lambung ke esofagus. Asam lambung ini mengiritasi dinding esofagus yang peka sehingga menyebabkan sensasi panas dan perih di area dekat jantung. Selama bulan-bulan terakhir dari kehamilan, masalah ini makin diperparah dengan pembesaran rahim sehingga menekan lambung.
▪Solusi : 
A. Hindari kenaikan berat badan berlebih.
B. Jangan mengenakan pakaian yang ketat.
C. Hindari makan yang terlalu banyak dalam sekali waktu.
D. Makan dengan perlahan dan kunyah dengan sempurna.
E. Hindari makanan pedas, berbumbu kuat, gorengan, makanan berlemak, coklat, kopi,atau minuman bersoda.

8. Pusing
Diawal kehamilan, pusing sering terjadi karena tidak cukupnya pasokan darah untuk memenuhi sistem peredaran darah yang sedang mengembang dengan cepat. Pada trimester kedua, pusing bisa disebabkan oleh tekanan rahim yang membesar pada pembuluh darah ibu. Pusing juga bisa menyerang setiap kali bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berdiri. Pusing juga dirasakan ketika kadar gula rendah, dehidrasi (kekurangan cairan), dan ketika sedang berada dalam ruangan yang pengap.
▪Solusi :
A. Bangun secara bertahap (tidak tiba-tiba).
B. Makan dalam porsi kecil dan lebih sering serta mengkonsumsi camilan sehat.
C. Minum dalam jumlah yang cukup dan lebih banyak lagi ketika cuaca panas atau sedang berolahraga.
D. Hindari berada dalam ruangan yang pengap, cari udara segar.
E. Jika kepala terasa pusing dan hampir pingsan, cobalah untuk meningkatkan aliran darah ke otak dengan berbaring, jika mungkin dengan kaki ditinggikan, atau duduk dengan kepala diletakkan diantara lutut sampai pusing berangsur hilang. Jika tidak ada tempat untuk berbaring atau duduk, berlututlah dengan satu lutut dan bungkukkan tubuh kedepan seperti ketika mengikat tali sepatu.
F. Jika sering terjadi, konsultasikan ke dokter.

9. Mati Rasa
Baal (mati rasa) dan kesemutan pada tangan dan kaki ketika hamil disebabkan oleh tekanan pada saraf oleh jaringan yang membengkak. Jika baal dan nyeri hanya terjadi pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan sebagian dari jari manis disebut : carpal tunnel syndrome , yakni membengkaknya saluran karpal yang berada dipergelangan tangan dan tempat berjalannya saraf menuju jari-jari, sehingga menimbulkan baal, kesemutan, rasa panas, dan nyeri yang biasanya memburuk pada malam hari. Nyeri dari sindrom saluran karpal yang terjadi pada kehamilan, biasanya akan membaik 2 atau 3 pekan pasca persalinan.
▪Solusi :
A. Tangan jangan tertindih selama tidur.
B. Gantungkan tangan yang baal disisi tempat tidur dan guncangkan dengan keras.
C. Istirahatkan tangan jika sering mengggunakannya (misal : mengetik).

10. Sesak Nafas
Hormon kehamilan merangsang pusat pernafasan untuk meninngkatkan frekuensi dan kedalaman sehingga ibu merasa sulit untuk bernafas. Sesak nafas juga bisa disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah kapiler dari saluran pernafasan dan bagian tubuh lainnya. Mengendurnya otot-otot paru, saluran bronchus (cabang paru), dan otot-otot lain. Tekanan rahim yang membesar pada diafragma dapat menyesakkan paru-paru sehinggga paru-paru sulit mengembbang dengan penuh.
▪Solusi :
A. Tenang dan tetap rileks membantu untuk menghindari terjadinya sesak nafas.
B. Akan lebih mudah bernafas jika posisi tegak dan tidak menyandar ke belakang.
C. Jika sulit tidur dalam posisi berbaring, cobalah untuk tidur pada posisi setengah duduk (disangga dengan 2 atau 3 bantal).
D. Hindari kerja fisik yang berat.
E. Segera ke dokter jika sesak nafas sangat parah disertai dengan pernafasan yang cepat, bibir dan ujung jari kebiruan, nyeri dada, dan atau denyut nadi yang cepat.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Fithrotul Ulum
1. Saya suka keringetan cuma bagian atas aaja, bagian kaki malah kedinginan. Apa solusi nya?

2. Saya lagi batuk hampir 10 harian, tapi saya lupa caranya batuk!

3. Saya suka (kadang-kadang pakai koyo cabe atau minyak yang panas-panas) buat ditempel ditulang belakang. Apa itu bisa beresiko ke kandungan atau debay nya?

🌷Jawab :
1. Bunda fithrotul ulum yang disayang allah, yuuk dievaluasi kembali, timbul keringet dinginnya kalau dalam kondisi apa?
Kehamilan memang bisa memberikan pengaruh yang sangat besar untuk semua wanita hamil. Ada janin yang sedang tumbuh dalam rahim dan sering membuat kondisi kesehatan ibu mengalami gangguan. Kemudian masalah perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil juga bisa membuat ibu hamil mudah terkena penyakit infeksi. Salah satu kondisi yang tidak nyaman adalah menggigil kedinginan. Biasanya masalah ini disertai dengan demam yang membuat tubuh ibu hamil sangat panas namun terasa sangat dingin di luar.
🔹Berikut ini adalah beberapa penyebab ibu hamil menggigiil kedinginan.

(1) Terkena infeksi saluran kemih.
Semua ibu hamil memiliki resiko terkena infeksi saluran kemih. Biasanya ibu hamil akan sering buang air kecil dan beberapa ibu hamil sengaja untuk menahannya. Kondisi ini juga bisa membuat ibu hamil terkena infeksi saluran kemih. Infeksi terjadi ketika bakteri berkembang biak dan masuk ke dalam sistem urin. Akhirnya infeksi berkembang baik pada bagian ureter maupun sampai ke bagian ginjal. Penyakit ini selalu menyebabkan tubuh ibu demam dan menggigil kedinginan. Infeksi saluran kemih harus segera mendapatkan perawatan agar tidak terjadi komplikasi baik pada ibu hamil dan janin. Namun semua penyebab ini harus diperiksa oleh dokter sehingga bisa dipastikan penyebab yang sebenarnya. 

(2) Ibu terkena flu atau influenza
Tubuh ibu hamil memang bisa lemah dan rentan dengan beberapa penyakit infeksi termasuk seperti penyakit influenza. Penyakit ini bisa menyebabkan tubuh ibu hamil tidak nyaman. Gejala selain menggigil termasuk seperti batuk, mual, sakit kepala, muntah, hidung tersumbat dan bersin. Tubuh ibu hamil memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah sehingga mudah terkena ancaman virus. Kemudian ketika virus sudah masuk maka bisa membuat tubuh memberi reaksi berlebihan seperti menggigil kedinginan. Untuk mengatasi efek samping yang berat maka ibu hamil bisa mendapatkan obat dari dokter yang merawat.

(3) Penyakit infeksi Pernafasan Atas
Kemudian ibu hamil juga bisa demam sampai menggigil karena terkena penyakit infeksi saluran pernafasan atas. Infeksi bisa menyebar ke semua saluran pernafasan atas termasuk sinus, hidung, laring dan faring. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala seperti flu, hidung yang terus mengeluarkan ingus, sakit pada tenggorokan, batuk dan juga sesak nafas. Meskipun penyakit ini terlihat berat sebenarnya bisa sembuh sendiri selama kurang lebih 3 sampai 14 hari. Kemungkinan ibu hamil juga bisa terkena penyakit lain yang berhubungan dengan infeksi termasuk seperti sinusitis, radang tenggorokan, bronkhitis dan pneumonia.

(4) Penyakit Saluran Pencernaan
Kemudian ibu hamil juga bisa terkena penyakit saluran pencernaan yang bisa menyebabkan tubuh ibu menggigil kedinginan. Penyakit ini sering ditandai dengan beberapa kondisi termasuk seperti muntah dan diare. Pada kasus yang sangat buruk maka ibu juga bisa mengalami penurunan tekanan darah dengan cepat, sakit kepala, tubuh yang sangat lemah, pingsan dan tubuh yang tidak berdaya. Kondisi ini juga bisa membuat tubuh ibu kekurangan cairan yang parah sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit. Jika ibu menunjukkan tanda dehidrasi yang parah maka ibu bisa mencoba mendapatkan perawatan darurat. 

(5) Gangguan Sistem Syaraf Otonom
Pada dasarnya kehamilan telah merubah semua sistem kerja dalam tubuh ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat sistem syaraf otonom juga mengalami gangguan. Penyebab dari gangguan ini sangat beragam termasuk seperti ibu hamil yang mengalami insomnia parah, ibu hamil yang kurang tidur dalam jangka panjang, morning sickness yang parah, dan juga stres. Semua masalah ini bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah. Akibatnya maka pembuluh darah memberi respon pada tubuh ibu hamil dan ibu hamil bisa merasa sangat dingin. 

(6) Gangguan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh
Ketika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga maka biasanya beban bayi di bagian depan tubuh bisa membuat gangguan keseimbangan. Hal ini juga bisa menyebabkan tekanan yang berat pada bagian panggul sehingga justru  bisa membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Kondisi ini juga bisa membuat tubuh ibu menggigil dan tidak bisa menahan demam dengan baik.Masalah peredaran darah yang tidak sempurna juga bisa membuat tubuh ibu menjadi kurang sehat. Pemicu lain dari masalah ini termasuk seperti ketika ibu hamil duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, atau ketika berbaring dengan posisi yang sama terus menerus. Jika darah tidak bisa mengalir ke bagian ekstremitas maka tubuh ibu bisa merespon dengan rasa dingin yang buruk. 

(7) Tubuh Ibu Kurang Gerak
Kemudian ketika ibu hamil tidak bergerak cukup maka bisa menyebabkan otot tubuh ibu hamil menjadi lebih lemah. Kemudian hal ini bisa membuat otot ibu tidak terlatih dengan baik dan tubuh tidak bisa menghasilkan panas tubuh secara alami. Respon tubuh yang cepat maka bisa membuat ibu merasa sangat dingin kemudian bisa menggigil. Untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya ibu hamil tetap bergerak baik dengan senam hamil, berenang, jalan kaki atau aktifitas yang lain.

(8) Adanya Perubahan Kadar Homon
Ibu hamil memang mengalami perubahan hormon kehamilan yang sangat cepat. Hormon estrogen dan progesteron yang sangat tinggi bisa membuat sistem tubuh mengalami kekacauan. Kemudian ketika itu terjadi maka tubuh mengirim respon menggigil. Kemudian jika ibu mengalami stres dan tekanan maka sistem hormon juga bisa kacau dan ibu menggigil. Untuk mengatasi ini maka ibu hamil bisa menjaga kesehatan dengan baik dan mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan trimester kehamilan.

2. Batuk sudah 10 hari, jika menggangu aktifitas sehari-hari sampai sesak sebaiinya diperiksakan ke dokter.
🌐Ijin menambahkan to Batuk yang sudah lama.

Bunda dapat melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi keluhan Anda :
🔹Berkumur dengan air garam hangat.
🔹Meminum air perasan lemon hangat yang dicampur madu.
🔹Banyak beristirahat.
🔹Makan sedikit-sedikit tapi sering.
🔹Banyak minum air putih.
🔹Pakai yang hangat-hangat pada bagian sekitar hidung dan pungung.
🔹Usahakan hindari orang-orang yang sedang merokok.

Dan benar konsultasi pada Nakes...

3. Tidak mengapa bunda.
🔹Sakit Punggung
Sendi pingggul ibu hamil akan melonggar sehingga kondisi tubuh tidak seimbang.  Untuk mengimbanginya, ibu hamil cenderung untuk menarik pundak dan leher  kearah belakang sehingga punggung bawah akan melengkung, otot pungggung terlalu tertarik, dan nyeri.

◼Solusi :
A. Menjaga berat badan agar tidak berlebihan.
B. Jangan mengggunakan sepatu tumit tinggi.
C. Jangan mengangkat benda dengan tiba-tiba.
D. Usahakan tidak berdiri atau duduk terlalu lama.
E. Ketika berdiri diatas yang keras, letakkan keset dibawah kaki untuk mengurangi tekanan.
F. Pilihkah kursi atau tempat duduk dengan sanndaran punggung yang lurus, berlengan, dan bantalan yang keras atau tidak terlalu empuk.
G. Gunakan kompres panas dan dingin secara bergantian untuk meredakan nyeri otot, masing-masing bergantian setiap 15 menit.

💎Batuknya gara-gara kemasukan hewan pas lagi naik motor, tapi hewannya sudah keluar. Tapi rasa gatalnya kok masih ada, apalagi pas lagi tidur.

Ternyata banyak banget keluhan saya ya??

Terima kasih bu..... 
In syaa allah saya coba terapinya.

🌐Syafakilla bunda.

0⃣2⃣ Widy
1. Saya kalau pagi terasa segar dan tidak mual sama sekali tetapi setelah jam 9 an sampai sore terasa mual tetapi tidak muntah hanya agak pahit-pahit di mulut, apakah ini normal ?
2. Kalau minum teh biasanya hawanya jadi segar tapi ada yang mengatakan teh tidak bail untuk ibu hamil apakah benar ?

🌷Jawab:
Bunda widy yang disayang Allah...

1. Silahkan dibaca kembali di materi di atas di keluhan no.2 ya bund. 
2. Sesekali tidak mengapa minum teh, tapi jangan sering. Karena teh bisa menghambat penyerapan zat gizi yang bunda konsumsi.

0⃣3⃣ Desi
Bagaimana cara mengatasi pegal di bagian pinggang belakang? Kalau malam tidurnya suka muter cari posisi enak?

🌷Jawab:
Pertanyaanya bunda desi hampir sama dengan pertanyaan ketiganya bunda fithrotul ulum di pertanyaan nomor 0⃣1⃣

Dan sebaiknya rutin melakukan senam hamil bunda desi.

0⃣4⃣ Sansan
Kenapa kalau pagi atau dini hari pas bangun tidur mau ke kamar mandi telapak kaki di buat jalan sakit bu bidan?

🌷Jawab:
Seperti kesemutankah?

Tidurnya pakai AC atau kipas angin tidak?

💎Tidak bu bidan sakit aja di injek kaya apa ya...  Soalnya sebelum hamil tidak pernah seperti itu.

Tidur pake kipas tapi tidak langsung, pasti di ke tembokin.
Tapi cuma sebentar bu bidan sakitnya nanti tidak lama jalan juga sembuh.

Tapi yang jadi keluhan itu kenapa pas hamil jadi sakit gini ya apa itu yang namanya asam urat? Saya juga tidak tau sih rasanya asam urat bagaimana hehehe...

🌷Kram dan sakit pada kaki menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum.

Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.

◼Solusinya : 
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dengan tumit untuk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan dan cukup istirahat.

0⃣5⃣ Oom Sri H. 
Bu Bidan sudah dua hari ini setiap bangun pagi kaki suka keram. Itu kenapa yaa?

🌷Jawab:
Adapun penyebab nyeri kaki pada ibu hamil baik berupa nyeri, kram atau kebas pada telapak maupun pergelangan kaki dapat di sebabkan oleh beberapa kondisi berikut:

◼Tertekannya saraf kaki (saraf sciatic) oleh rahim yang kian hari semakin membesar.
◼Pembengkakan kedua kaki pada saat hamil pada umumnya disebabkan oleh tertekannya pembuluh darah balik atau vena oleh rahim serta meningkatnya cairan di dalam tubuh.
◼Kram dan kaki pada ibu hamil pada umumnya di sebabkan berkurangnya kalsium saat kehamilan.
◼Varises atau pelebaran pembuluh darah balik pada kedua kaki. Beban yang meningkat pada kedua kaki.

🔹Adapun jika rasa nyeri pada kaki maupun telapak kaki bunda di rasa tidak terlalu parah, bunda bisa melakukan tips mengatasi nyeri kaki pada saat hamil di rumah berikut ini:

◼Kurangi aktivitas fisik, istirahatkan kedua kaki beberapa saat.
◼Angkat kedua kaki saat berbaring 15-20 menit.
◼Jaga berat badan ideal.
◼Kompres dingin pada kedua pergelangan kaki 15-20 menit.
◼Banyak mengonsumsi air putih.
◼Bisa juga... Olah raga ringan khusus ibu hamil.
◼Minum vitamin kalsium ia bunda.

💎Jazakillah  Bu bidan
💎Apa sama nyeri yang saya alami ya bu bidan sama penjelasan ukhti devi.
Mungkin tidak sih saya kena asam urat! Tapi saya tidak tahu rasanya sakit asam urat seperti gimana.
Tapi nanti kalau sudah di buat jalan sih sembuh.

🌷Penyebab tersering sakit pada telapak kaki adalah plantar faciitis, yaitu peradangan pada lapisan tebal yang disebut plantar fasia yang ada di sepanjang telapak kaki, menghubungkan tulang tumit ke telapak kaki bagian depan hingga jari-jari kaki. telapak kaki sakit Gejala Plantar Faciitis Seperti telah disinggung sebelumnya keluhan utama plantar fasciitis adalah nyeri atau sakit di telapak kaki terutama sekitar tumit. Hal ini berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu. Biasanya hanya satu kaki yang terkena, tetapi bisa juga kedua kaki. 

Beberapa mengalami rasa sakit seperti ditusuk-tusuk dan ada juga yang merasakan telapak kaki terasa panas seperti terbakar. Gejala yang khas yaitu telapak kaki sakit saat bangun tidur yang akan lebih buruk ketika mengambil langkah pertama saat kaki menyentuh lantai (menapak), atau setelah duduk atau berbaring untuk sementara waktu. 

Naik tangga bisa sangat sulit dan menyakitkan karena kekakuan tumit. Bagaimana plantar fasciitis dapat terjadi, apa penyebabnya? Dalam keadaan normal, plantar fasia berfungsi seperti shock absorber yang menyerap dan menahan goncangan serta membantu pergerakan melengkung telapak kaki. Jika terjadi ketegangan, tekanan atau beban yang begitu besar, maka dapat membuat fasia menjadi teriritasi atau meradang akibatnya timbul rasa sakit.

Oleh karena itu kondisi-kondisi berikut ini membuat seseorang berisiko terkena plantar fasciitis yang membuat telapak kaki sakit: Obesitas atau kegemukan Hamil terutama hamil tua Pelari jarak jauh Pekerjaan yang membebani kaki, seperti pekerja pabrik, guru dan lain-lain yang menghabiskan sebagian besar jam kerja mereka dengan berjalan atau berdiri. Usia antara 40-60 tahun. Perempuan lebih sering dibanding laki-laki. 

🔹Bagaimana cara mengobati sakit pada kaki akibat platar fasciitis?
▪Langkah utama adalah menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan yang dapat dilakukan dengan cara berikut ini: 
~ Perawatan di rumah Menerapkan kompres es pada telapak kaki yang sakit selama 15 sampai 20 menit tiga atau empat kali sehari. 
~ Kurangi aktivitas ataupun olahraga. 
~ Gunakan bantalan berupa lengkungan di sepatu. 
~ Gunakan alas kaki yang empuk, hindari sandal refleksi Selalu gunakan alas kaki, apalagi berjalan di daerah berbatu atau lantai yang tidak rata Latihan peregangan (senam hamil) juga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit.

💎Makasih bu bidan nanti saya pelajari lagi.

0⃣6⃣ Kiki
Bunda.. 
Mohon tips untuk ibu hamil yang akan menjalankan umroh...
Usia 9 week

🌷Jawab:
Luar biasa... 

🔹Tips Umroh Ketika Hamil

Berikut ini akan dibahas mengenai Tips umroh ketika hamil. 

Persiapan umroh bagi seorang ibu hamil berbeda dengan jamaah lainnya. Hal ini dikarenakan mengangkut dua jiwa yang berjihad ke Baitullah.
Tips bagi ibu hamil ketika umroh 

Langkah yang dapat ditempuh untuk dapat melaksanakan ibadah umroh bagi ibu hamil diantaranya :

🔹Sebelum Keberangkatan

◼Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan Anda sebelum memastikan untuk melaksanakan perjalanan ibadah umroh. Langkah ini sangat penting untuk mengetahui kondisi kehamilan Anda dan memastikan bahwa Anda sehat untuk melaksanakan ibadah umroh.
◼Pastikan travel umroh yang Anda pilih terpercaya dan melayani Anda semaksimal mungkin.
◼Bawalah obat-obatan pribadi sesuai resep dari dokter. Jangan sampai mengkonsumsi obat-obatan bebas selagi didalam pesawat karena dapat menyebabkan komplikasi.
◼Jangan pergi seorang diri.
◼Ketika akan melaksanakah ibadah umroh akan diminta menunjukkan kartu kuning hasil vaksin meningitis. Akan tetapi vaksin meningitis bagi ibu hamil beresiko karena akan mengganggu kesehatan ibu hamil.
◼Bawalah fotokopi rekam medis dari dokter, serta daftar nama yang bisa dihubungi jika ada kondisi darurat.
◼Pilih hotel yang jaraknya dekat dengan Ka’bah. Anda bisa mendiskusikannya dengan travel umroh Anda. 

Seorang Ibu hamil bisa saja mengalami kontraksi di perut dengan rasa ngilu dikala berjalan terlalu jauh. Ketika di dalam pesawat.

~ Beristirahatlah sebanyak mungkin. 
~Ibu hamil rentan mengalami dehidrasi, seorang ibu hamil perlu minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi serta menghindari makanan yang dapat mengakibatkan sakit perut, kopi, teh ataupun minuman lain yang dapat membuat ibu hamil lebih sering buang air kecil.
~Buat posisi tubuh Anda nyaman ketika di dalam pesawat terbang.
~Kehamilan dapat menimbulkan resiko kaki kram, varises dan kaki bengkak. 
~Bawa alas untuk tempat tumit kaki agar kaki Anda bisa lurus dan tidak mudah lelah. 
~Memakai sabuk pengaman dengan posisi yang nyaman untuk perut.
~Atur waktu untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar. Akan tetapi pastikan Anda tidak menganggu penumpang lain. 
~Jika Anda merasa sesak nafas saat pesawat mencapai ketinggian tertentu Anda dapat menggunakan masker oksigen yang tersedia. 
~Memakai pakaian yang nyaman dan tidak ketat.

Dan pergi umroh trimester ke 3 biasaNya kurang direkomendasikan. Karena mendekati proses persalinan.

Insa Allah...nanti di tambahkan bunda nisa yang sedang meriksa klien.

💎Bu bidan.. 
Suntik meningitis untuk ibu hamil bahayanya apa yaa? 
Karena pas suntik meningitis saya tidak tahu kalau sedang hamil.

🌷Bunda kiky yang disayang Allah..
Pemberian Vaksinasi atau imunisasi untuk ibu hamil hanya imunisasi TT (tetanus toxoid), selainnya tidak boleh.

💎Masyaa allah.. 
Bismillah semoga aman.

Jazakillah khoir bu bidan.

0⃣7⃣ Ummu Hafshoh 
1. Kalau sering keputihan bahaya tidak ya? 
Soalnya sudah dijaga kebersihanya tetap keputihan.
2. Terus saya suka sekali minum es teh hampir 3x sehari itu tiap hari kebiasaan dari kecil nanti ada efek kebayi tidak ya? 
3. Satu lagi kalau tidur saya suka menghadap kipas angin karena ke gerahan, apakah akan ada pengaruhnya ke janin ?

🌷Jawab:
💎Bantu jawab bubid. 
Untuk keputihannya sharung sebelumnya sudah ada yang bertanya bund. 

Kurang lebih seperti ini jawabanya mungkin nanti bu bidan bisa menambahkannya lagi.
                                          
1. Keluhan keputihan seringkali dialami ibu hamil, apalagi jika ibu hamil dalam kondisi capek fisik atau psikis dan ini normal. keputihan bisa beresiko (patologis) yaitu jika keputihannya gatal, bau, dan berwarna. 

Agar keputihannya tidak menjadi patologis pencegahannya = senantiasa cebok bersih dan mengeringkan area kemaluan setiap kali habis cebok dengan tisue toilet atau bahan non parfum, cebok jangan menggunakan air hangat, memastikan pakaian dalam selalu dalam keadaan kering dan bersih.

🌷Luar biasa bunda sansan.

💎Lanjut bu bidan

🌷Ummu hafshoh yang dirahmati Allah
1. Sudah dijawab bunda sansan✅

2. Minum es teh hampir 3 kali sehari, mmm.. rasanya maknyuus segerr, apalagi di cuaca panas. 

Seperti yang sudah disampaikan di jawaban pertanyaan sebelumnya. Teh = bisa menghambat penyerapan zat gizi yang dikonsumsi.

Sesekali minum teh boleh, untuk mengembalikan mood. Tapi jangan sering ya bund. 

3. Jika tidur menghadap kipas angin, sebaiknya jangan. Mohon bersabar nisa ketikkan dulu jawaban panjangnya.

🔹Bahaya yang ditimbulkan jika tidur menghadap kipas angin :
◼Otot nyeri Hembusan angin dingin yang menerpa tubuh kita secara berulang-ulang, akan mengurangi produksi cairan lubrikasi. Cairan ini berguna untuk menguatkan sendi tulang dan otot. Kekurangan cairan lubrikasi akan mengakibatkan otot terasa nyeri, saat bangun tidur. Hal ini dapat terjadi jika anda tidur semalaman dengan menyalakan AC.

◼Penyakit Bell Palsy Suhu sangat dingin dari AC yang menerpa wajah secara terus-menerus, dapat menegangkan saraf pada wajah. Dampak paling buruk akibat kondisi ini adalah kelumpuhan pada wajah anda, sehingga otot wajah sulit digerakkan untuk tersenyum atau tertawa. Samuel Zylgwyn merupakan salah seorang penderita penyakit ini, meskipun penyakitnya pada akhirnya sembuh oleh penggunaan antibiotik. Tapi, maukah anda memiliki wajah yang tidak simetris dan kaku tanpa ekspresi? Solusinya adalah olahraga teratur terutama senam wajah, dan jauhkan kipas angin dari wajah anda.

◼Kualitas tidur yang buruk Otak akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyaman, jika seseorang terbiasa tidur menggunakan kipas angin. Kebiasaan ini akan sulit dihentikan. Padahal, rasa lelah dan nyeri saat bangun tidur merupakan sebagai pertanda tidur yang tidak berkualitas.

◼Kekurangan oksigen pada jaringan tubuh. Oksigen dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menunjang kinerja semua sistem organ. AC atau kipas angin tidak hanya menghembuskan oksigen, tapi juga karbon dioksida. Angin yang menerpa wajah tanpa henti, akan mengganggu proses pernafasan.

◼Risiko terkena Infeksi Saluran Pernafasan (ISP) Udara yang digerakkan oleh kipas angin ke tubuh kita, tidak melalui proses penyaringan. Bahaya yang mungkin timbul adalah udara berpotensi mengandung virus atau bakteri yang langsung masuk melalui mulut dan hidung. Bahaya kipas angin terhadap pernafasan termasuk juga risiko serangan asma. 

◼Tubuh mengalami dehidrasi.
Seorang ahli saraf bernama Dr. Wendra Ali menjelaskan bahwa salah satu bahaya AC bagi kesehatan termasuk dehidrasi maupun hipotermia. Pendingin udara akan menyerap kelembaban ruangan, termasuk dari tubuh kita. Padahal, sekitar 70 persen organ tubuh memerlukan air. Dapat dibayangkan, bagaimana kondisi tubuh yang berada di ruangan dingin selama semalaman.

◼Sesak nafas Udara yang berasal dari kipas angin lebih sedikit mengandung oksigen.
Apalagi kipas angin yang menghadap ke wajah kita, akan menyulitkan proses respirasi. Kekacauan sirkulasi udara di sekitar mulut dan hidung, dapat meningkatkan risiko sesak nafas.

◼Kulit kering Bukan hanya sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, tapi terpaan angin dari kipas listrik maupun AC dapat berakibat kulit kering.

◼Kekebalan tubuh berkurang Metabolisme yang tidak lancar akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Kondisi ini dipicu oleh keringat yang tidak keluar dari tubuh. Padahal, sekresi keringat berguna untuk mengaktifkan kembali sel-sel imun. Jika aktivitas sel-sel imun melemah, maka tubuh lebih rentan terinfeksi virus. 

◼Menghambat proses detoksifikasi alami.
Keringat dikeluarkan oleh tubuh kita untuk mengatur suhu badan, serta pengeluaran racun (toksin) dalam tubuh. Di sinilah bahaya kipas angin, di mana proses keluarnya keringat tidak lagi terjadi. Dampak buruknya adalah proses detoksifikasi tidak berlangsung.

◼Risiko Hipotermia Gejala hipotermia seperti tubuh menggigil karena merasa sangat kedinginan. Kondisi ini jika berlanjut akan berakibat tubuh membeku, karena pembuluh darah mengkerut. Seseorang yang tidur dengan menyalakan AC pada suhu terlalu dingin, dapat mengalami kondisi ini. Mungkin saja suhu tubuhnya akan menurun hingga di bawah 36’C atau disebut juga hipotermia ringan.

🔹Tips mencegah bahaya kipas Angin Untuk mengurangi dampak buruk akibat penggunaan AC maupun kipas angin :
~Hindari tidur dengan kipas angin menghadap ke wajah anda. 
~Hindari menyalakan kipas listrik dalam ruangan tertutup. 
~Bagi anda yang terbiasa tidur menggunakan AC atau kipas angin, atur timer sehingga padam dalam 20-30 menit. 
~Jangan menghidupkan kipas angin dengan power terlalu tinggi. 
~Jika sulit menghentikan kebiasaan tidur dengan kipas angin menyala, posisikan kipas menghadap ke atas.

Jika ibunya sehat, insyaallah janin yang dikandungpun sehat. aamiin yaa robbal aalamiin.

💎Jazakillah khoir untuk jawabannya.
Terimakasih insha allah dikurangi sedikit sedikit Barakallahufikkk bu bidan.

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

Sebisa mungkin menangani keluhan selama kehamilan dengan metode alami, dan rajinlah senam hamil untuk meringankan ketegangan otot dan membuat bugar tubuh. 

Jika keluhan tidak berkurang dan mengganggu aktifitas sehari hari, sebaiknya segera dikonsulkan ke dokter.

Semangaaat sehat selalu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar