Minggu, 26 November 2017

7 Indikator Kebahagiaan



OLeh          : Ustadzah Heradini Faizah

بسم الله الر حمن الر حيم

الحمد لله رب العالمين..، حمدا طيبا مباركا فيه كما يحب ربنا ويرضاه ، قلاة وسلاما دائمين متلازمين على أشرف الأنبياء والمرسلين وعلى آله و أصحابه أجمعين..

Alhamdulillah segala puji bagi Allah Rabb semesta alam yang senantiasa meliputi tiap sisi kehidupan kita, memahami segala perbuatan kita, dan selalu mengawasi gerak-gerik langkah kita.

Alhamdulillah pada malam ini kita diberi kesempatan olehNya untuk bersilaturrahim bersama di room kajian bidadari surga ini, semoga apa yang kita dapatkan menjadi perantara datangnya keberkahan hidup dan dinilai sebagai rasa syukur kita kepadaNya. Aamiiin aamiiin yaa Rabbal 'Alamiiin..

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada kekasih Allah SWT, seorang inspirator dan suri tauladan jutaan manusia dari generasi ke generasi, dari zaman dahulu sampai sekarang bahkan hingga masa depan nanti. Dialah Nabiyullah Muhammad SAW, sang Al-Qur'an berjalan....

Tema kajian kita malam ini adalah:

TUJUH INDIKATOR KEBAHAGIAAN MENURUT AL QURAN


Ahwati fillah yang dimuliakan Allah.....
Banyak hal yang bisa membuat orang bahagia, sebagaimana banyak hal pula yang bisa membuat orang merana.
Sejak lahir hingga kini sampai ajal menjemput nanti, dua emosi itu datang silih berganti. Bagai datangnya siang dan malam.

Kebahagiaan membuat kita tersenyum dan tertawa riang.
Kesedihan membuat duka berkepanjangan di dalam dada.
Harta, anak, kedudukan dan berbagai perhiasaan dunialah yang secara manusiawi seringkali membuat 2 rasa itu datang silih berganti.

Namun disini kita tidak akan membahas kebahagiaan semua berdasar nafsu dunia semata, akan tetapi kebahagiaan seperti apa yang Allah ridhoi.

Dibawah ini akan saya paparkan 7 indikator kebahagiaan sesuai dengan Qur'an.
Semoga ke tujuh indikator ini kita miliki dan mampu membuat kita tersenyum manis.

🌸🌷🌸
Ayo kita mulai dari indikator pertama:
💎 1. QOLBUN SYAKIRUN
(Hati yg selalu bersyukur). Artinya selalu menerima apa adanya (qona'ah), sehingga tidak ada ambisi yang berlebihan, tidak ada stress, inilah nikmat bagi hati yang selalu bersyukur.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ar ra'du ayat 28 : "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram."

Hati orang" yang beriman tenang dengan mengingat Allah karena dzikrulloh adalah obat hati yang paling ampuh jika dipahami dan diamalkan kandungannya.

Allah juga berfirman dalam QS. Al baqoroh ayat 152,
"Maka ingatlah kepada Ku, akupun akan ingat kepada mu. Bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu ingkar kepadaKu."

Mintalah pertolongan kepada Allah melalui sabar dan sholat.

Masih banyak firman Allah yang berkisah tentang pentingnya bersyukur
(QS. 16:18, 34:14, 55:13, 14:7)

Kebahagiaan itu letaknya dihati. Jika hati sudah bahagia maka semua yang ada didepan mata akan tampak membahagiaakan.

Hati yang bahagia adalah hati yang mampu mensyukuri setiap nikmat yang Allah berikan dalam setiap hembusan nafas kita.

🌸🌷🌸
💎 2. AL-AZWAJU SHALIHAH
(Pasangan hidup yang sholeh/sholehah). Pasangan hidup yang sholeh/sholehah akan menciptakan suasana rumah dan keluarga yang sholeh pula.

Sebagaimana Allah firmankan dalam QS. Adz Dzariyat ayat 49 : "dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang pasangan agar kamu mengingat kebesaran Allah"

Allah telah menciptakan makhluknya semua berpasangan. Ada yang pasangannya itu diperoleh di dunia ada pula yang diakhirat. Dan mencari pasangan bukan asal mencari lawan jenis, namun carilah pasangan yang sholeh. Karena pasangan kita inilah yang akan membimbing kita dalam setiap langkah di dunia hingga beroleh kebahagiaan dunia akhirat.

Bagaimana cara mencari pasangan ? Dengan berpacarankah ? Suatu kebaikan tak akan dimulai dengan kemaksiatan. Jika kita ingin membentuk keluarga yang sakinah mawaddah dan rahmah selalu dalam lindungan Allah, jangan kiita melalui jalan yang membuat Allah murka.
"Dan janganlah kamu mendekati zina, (zina) itu sungguh perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk" (QS. 17:32)

Jalan menuju kebaikan tak akan sampai jika kita menempuh jalan keburukan.
Pacaran itu termasuk jalan keburukan. Allah kata sebagai mendekati zina.
Allah jaga kesucian seorang wanita dengan membungkusnya serapat mungkin. Menjaga kehormatannya dari tipu daya syaiton.

Terus bagaimana cara mendapat pasangan yang baik? Lihat dalam an naml ayat 26.
Perempuan yang baik akan mendapatkan laki" yang baik. Demikian pula sebaliknya. Maka senantiasalah memperbaiki diri agar Allah beri kita pasangan yang sesuai dengan kualitas kita. Ada orang tua yang bertugas mencarikan pasangan untuk anaknya. Ada teman yang akan membantu kita mencari pasangan. Ada tangan Allah akan bekerja untuk kita lewat hambaNya jika kita benar" meminta kepada Nya. Percayalah.

🌸🌷🌸
💎 3. AL-AULADUL ABRAR
(anak yg sholeh/sholehah).
Do'a anak yang sholeh kepada orang tuanya dijamin dikabulkan Allah SWT, berbahagialah orang tua yang memiliki anak sholeh/sholehah.
Setelah fase mencari pasangan yang sholih dapat kita lalui dengan benar, kini saatnya kita mencetak anak yang sholeh.

Semua diawali dengan doa, doa orang tua yang sholih.
Mulai dari proses pembuatan, selalu awali dengan doa agar setan tidak datang menganggu. Ikut nimbrung dalam kegiatan suami istri. Hafalkan ya......

Setelah benih tersemai dirahim, teruslah basahi bibir dengan doa kebaikan karena wanita yang hamil itu senantiasa didoakan oleh seribu malaikat setiap harinya hingga detik" menjelang melahirkan.

Menjelang kelahiran, tubuh bertambah payah, sakitnya seperti dihunjam oleh 70 pedang. Ingat, jangan pernah mengeluarkan kata" keluhan karena janin kita bisa mendengar. Teruslah beristighfar. Berdoalah untuk bakal anak kita.
Sampai dia hadir didunia, awali dengan adzan dan iqomah.

Hari terus bergulir, itulah saatnya kita mendidik anak dengan sebaik"nya. Akan kelak dia akan menjadi anak yang sholeh/sholehah
Karena sungguh, anak adalah investasi dunia akhirat.
Anak adalah cahaya mata kita. Anak sholih adalah sumber kebahagiaan kita. Didik anak dengan sebaik"nya agar ia tak membuat fitnah bagi kita orang tuanya
(QS. 17:23, 31:14, 46:15, 29:8, 25:74)

🌸🌷🌸
💎 4. AL-BAIATU SHOLIHAH
(lingkungan yang kondusif untuk iman kita).
Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu bergaul dengan orang-orang sholeh yang selalu mengajak kepada kebaikan dan mengingatkan bila kita salah.

Allah berfirman dalam QS. An nisa' ayat 69 : "dan barang siapa yag menaati Allah dan Rosul (Muhammad), maka mereka itu akan bersama sama dengan orang yang akan diberi nikmat oleh Allah, (yaitu) para nabi, para pecinta kebenaran, orang" yang mati syahid dan orang" yang sholeh."

Bergaullah dengan orang" yang sholeh dalam lingkungan yang kondusif. Karena orang" yang sholeh niscaya akan mengajak kita untuk berbuat baik. Mengingatkan kita ketika langkah mulai goyah.

Bersama-sama mengingatkan akan perintah dan larangan Allah.
Berbagai perintah dan larangan Allah itu sungguh membuat hidup kita menjadi indah dan seimbang sehingga hidup itu terasa nikmat dan penuh berkah dari Nya.

Kuncinya adalah saling tolong menolong  atas kebaikan dan taqwa, dan tidak tolong menolong dalam dosa dan permusuhan serta berlaku adil dalam segala kondisi.
(QS.  51:55, 26:214, 5:2)

🌸🌷🌸
💎 5. AL-MALUL HALAL
(harta yang halal).
Bukan banyaknya harta tapi halalnya harta yang dimiliki. Harta yang halal akan menjauhkan setan dari hati. Hati menjadi bersih, suci dan kokoh sehingga memberi ketenangan dalam hidup.

Harta yang banyak bukan jaminan akan kebahagiaan seseorang.
Alih" bahagia, harta banyak akan membuat jiwa" yang kotor akan semakin cemas dan was". Bingung bagaimana cara menyimpannya. Bingung bagaimana cara harta itu tidak berkurang malah semakin bertambah. Kemudian muncul sifat bakhil dalam dirinya. Menghitung semuanya berdasarkan untung rugi.

Allah telah tunjukkan bagaimana qorun terbenam bersama seluruh kunci" hartanya.
Sekarang sudah bermunculan qorun" baru. Bukan dengan kunci gudangnya yang orang akan kepayahan memanggulnya, namun cukup dengan selembar kartu yang bisa memuaskan nafsunya.

Nafsu keduniawian membuat orang enggan untuk berbagi dengan sesama. Kalaulah dia mau memberi, akan dipilihkan barang yang sudah jelek dan aus.

Allah berfirman dalam QS. Al baqoroh ayat 267 : "wahai orang-orang yang beriman !, infaqkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk-buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah maha kaya, maha terpuji.

Harta yang halal dan barokahlah yang menjadi salah satu indikator kebahagiaan seorang muslim.

Harta yang dapat digunakan untuk kepentingan diri dan kaum muslimin. Harta yang akan membersamai kita didunia dan di akhirat. Sebagaimana khodijah yang menyerahkan seluruh harta kekayaannya demi suksesnya dakwah Rosululloh Muhammad. Suami tercintanya.
(QS. 43:36-37, 2:269, 2:155.

🌸🌷🌸
💎 6. TAFAKUH FID-DIEN
(semangat untuk memahami agama). Dengan belajar ilmu agama akan semakin cinta kepada agama dan semakin tinggi cintanya kepada Allah SWT dan Rasulnya. Cinta inilah yang akan memberi cahaya bagi hatinya.

"Man yuridillahu bihi khoiron, yufaqqih hu fi dien"
Barang siapa yang Allah kehendaki atas dirinya kebaikan, maka Allah akan memahamkannya dalam urusan" agama.

Semoga kita termasuk dalam golongan orang" yang Allah kehendaki menjadi baik. Bersemangat dalam menuntut ilmu dan beribadah. Senantiasa istiqomah dalam tilawah. Tak lalai satu juznya perhari. Mentadabburi ayat" al Qur'an. Sehingga cahaya hidayah mampu merasuk ke dalam hati kita dan bersemayam di dalamnya.
Mampu pula menerangi lingkungan sekitar hingga menjadi jalan hidayah bagi orang lain.

Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ali imron ayat 138 : "inilah (Al quran) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa."

Ayo belajar Qur'an.
Ayo memperbaiki pengetahuan kita tentang dien ini.
Tambah terus pengetahuan kita melalui banyak cara.
(QS. 45:20,  5:16, 4:174, 2:269)

🌸🌷🌸
💎 7. UMUR YANG BAROKAH
Artinya umur yang semakin tua semakin sholeh, setiap detiknya diisi dengan amal ibadah. Semakin tua semakin rindu untuk bertemu dengan Sang Pencipta. Inilah semangat hidup orang" yang barokah umurnya.

Sesungguhnya bukan panjangnya umur yang harusnya kita minta setiap tahunnya. Karna umur panjang tidak berbanding lurus dengan kebahagiaan. Karena batas umur kitapun sudah ditentukan jauh sebelum kelahiran kita.
Namun umur yang barokahlah yang harus kita pinta.

Umur yang bermanfaat bagi kita dan bagi lingkungan sekitar.
Allah berfirman dalam QS. Al baqarah ayat 96 : dan sungguh, engkau (Muhammad) akan mendapati mereka (orang" yahudi) manusia yang paling tamak akan kehidupan (dunia), bahkan (lebih tamak) dari orang-orang musyrik. Masing" mereka ingin diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu tidak akan menjauhkan mereka dari adzab. Dan Allah mengetahu apa yang mereka kerjakan.

Allah mengabarkan kepada kita bahwa orang yang paling rakus terhadap kehidupan dunia adalah kaum yahudi, kaum yang menyekutukan Allah. Mereka bukan hanya takut mati, akan tetapi juga ingin hidup 1000 tahun. Kendati diberi umur 1000 tahun, mereka tidak akan mampu menjauhkan diri dari adzab Allah. Allah maha melihat apa yang mereka kerjakan.

Semoga kita termasuk dalam golongan orang" dikarunia umur yang barokah. Bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.
(QS  35:37, 36:68, 225).

اَلْحَمْدُاللّهِ رَ ب العَا لَمِيّن

🌸🌷🌸
Dalam hidup ini tiada lepas yang namanya masalah. kadang masalah itu membuat manusia menjadi resah namun ada pula yang dijadikan berkah karena masalah. Tak banyak memang, manusia yang ketika ditimpa masalah bisa untuk berserah dan berpasrah dan kebanyakan manusia selalu berkeluh kesah, padahal seandainya bisa merahasiakan keluh kesah terhadap masalah dan pilih jalan berserah, maka Allah akan memberi solusi yang mudah dan terarah.

Begitu juga dengan berbagai musibah yang tercurah, seandainya kita bisa merahasiakan musibah dan pilih dengan senyum ramah, maka Allah akan mengganti dengan kebahagiaan yang melimpah ruah ketika nikmat bahagia telah merambah, maka yakinlah agar semakin bertambah dengan cara memperbanyak dan merahasiakan sedekah dengan sedekah pada yang lemah, maka akan tumbuh kasih sayang yang semakin merekah.

Jangan takut memberi, karena rizki pasti akan terganti. teruslah bersedekah agar harta semakin bertambah dan tetaplah berpasrah hingga rahmah Allah makin tercurah.

Kebahagiaan itu tidak 100% terletak pada mempunyai apa yang kita inginkan, melainkan karena kita tidak menginginkn apa yang tidak dapat kita miliki. Terlalu banyak keinginan manusia, namun sebenarnya kebutuhan tidak sebanyak keinginan.

Kita punya keinginan namun Allah punya kuasa dengan keinginan kita itu belum tentu Allah memenuhi setiap keinginan kita namun pasti Allah memenuhi kebutuhan kita. Bersyukurlah dengan yang sudah ada dan bersabarlah untuk sesuatu yang kita ingin namun belum termiliki...

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Siti Umayah
Assalamualaikum....
Bagaimana cara membahagiakan orang tua yang sudah meninggal?

🌷Jawab:
Sesungguhnya segala hal akan anak adam terputus setelah meninggal kecuali 3 perkara.
1. Anak yang sholih yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.
2. Shodaqoh jariyah.
3. Ilmu yang bermanfaat.

Cara membahagiakan orang tua setelah mereka meninggal adalah mengacu kepada 3 perkara diatas.
Doakan orang tua. Kirimi mereka fatihah dan bacaan Qur'an lainnya tidak usah menunggu waktu dan tempat tertentu.
Bersedekahlah atas nama mereka.
In syaa Allah hal tersebut mampu membahagiakan mereka di alam sana
Selain itu juga jalin silaturrohim dengan saudara atau teman dari orang tua kita.

0⃣2⃣ Hamidah
1. Ustadzah mau tanya tentang Tafakuh Fid-dien.
Idealnya seorang ibu rumah tangga, dalam seminggu berapa kali ikut kajian ke luar rumah?
Karena wanita itu sebaiknya berdiam di rumah.

2. Ustadzah kita harus tawakal terhadap takdir Allah yang menimpa diri kita, tapi bagaimana ya saya cemas dan khawatir perkembangan di negara kita yang berkaitan dengan adanya PKI. Karena saya sering mendapat cerita dulu di Bengawan Solo banjir darah tahun 1965. Bagaimana sikap kita menghadapi ketakutan peristiwa tersebut terulang lagi?

🌷Jawab:
1. Tidak ada batasan seberapa ideal seorang wanita menuntut ilmu.
Di era digital ini, menuntut ilmu tidak mesti harus keluar rumah. Didalam kamar pun kita bisa menuntut ilmu. Lewat kajian" online seperti sekarang ini.
Atau juga ikut kelas online misal kelas tilawah one day one juz. Kelas tadabbur Qur'an yang setiap hari kita dikirimi satu lembar tadabbur Qur'an kemudian kita juga dikirim quis yang harus dijawab (Saya sudah lulus).
Atau kelas menghafal. kelas bahasa arab juga ada.
Dan masih banyak lagi.

Selama tidak menimbulkan fitnah dan tetap menjalankan fungsi kita sebagai ibu dan istri, kajian diluar masih tetap baik untuk diikuti.

2. Yang harus kita persiapkan?
Siapkan diri dan keluargamu. Siapkan segalanya terutama sikap mental.

Maraknya nobar g30 s pki yang sekarang sedang ramai terjadi itu memang diharapkan akan kita mewaspadai bangkitnya pki di negeri ini.
Solo dulu basis pki termasuk di daerah saya. Rembang blora.
Dan kebangkitan itu nyata adanya.
Di desa sebelah saya sudah mulai dibentuk organisasi pemuda diluar karang taruna. Mereka sering mengadakan acara kumpul". Nyanyi" bareng plus mabuk"an.
Mungkin daerah" yang sekitar pondok pesantren tidak ada yang begitu. Tapi didesa" yang dulu merupakan basis pki sudah mulai terasa geliat nya.
Takut ? Ya jelas.
Saya sendiri ngeri mendengarnya
Tapi ketakutan tidak akan berarti apa" jika kita hanya diam.
Maka siapkan diri. Siapkan semuanya. Anak" kita, didik dengan sebenar"nya. Kalau perlu masukkan pesantren agar basic agamanya kuat.
Kita dan suami, mulai lagi kencengi tilawahnya. Ikut" kajian online maupun offline.
Dan yang paling utama, minta perlindungan Allah agar kita terhindar dari fitnah.

Wallahu a'lam

0⃣3⃣ Dian
Mana yang lebih penting mba, membayar hutang atau infaq.  Dalam arti hutang dibayar dengan mencicil atau mengangsur?

🌷Jawab:
Dahulukan mencicil hutang.
Karena kita akan dimintai pertanggung jawaban akan hutang" kita diakhirat nanti
Inginnya kita mati tanpa meninggalkan hutang. Hutang apapun. Hutang kepada Allah maupun hutang kepada manusia.
Sebagai mana pertanyaan, lebih didahulukan mana shoum sunnah atau shoum nyaur.
Tentu lebih didahulukan membayar hutang shoum dulu.
Kalau masih punya uang lebih, segera lunasi hutang"nya. Tidak pakai dicicil.

0⃣4⃣ Lia
Ustadzah...
Disitu kita harus mencoba bersabar tuk dapat merahasiakn keluh kesah dan musibah dan berserah atas segala yang terjadi ..

Bagaimana caranya? Terkadang ketika masalah itu terjadi.. kata" bersabar seperti lenyap dari ingatan.. karena menumpuk seluruh emosi dan fikiran karena masalah tersebut. Dan akhirnya berkeluh kesah dech.. sering terjadi kegagalan mengelola hati.. walau sudah mencoba ? Bagaimana kiat"nya agar ketika terjadi benturan.. kita mampu menghadapi dan bersabar ?
Syukron jawabannya.

🌷Jawab:
Sabar itu belajarnya sepanjang hayat masih dikandung badan.
Dia akan naik level tergantung pada seberapa berat masalah demi masalah yang terus menerpa dan bisa ditepis dengan indah.
Kuncinya adalah teruslah berucap alhamdulillah. Ucapkan selalu, Dengan pelan maupun keras.
Jika hatimu sedang galau tak , tersungkurlah terperihdalam sujudmu yang panjang. Karena ketika engkau bicara ke bumi dengan suara lirih sekalipun, akan menembus langit ke tujuh.
Akan ada penyelesaikan atas semuanya.

Berkeluh kesahlah hanya kepada Allah.
Boleh berkeluh kesah kepada makhluk. Tapi harus pilih-pilih juga ya.....
Orang" terdekat boleh. Tapi juga jangan semuanya ditumpahkan.
Mengeluhkan pasangan kepada orang lain?. Jangan ah. Entar jadi fitness. Eh fitnah. Simpan rapat" sendirian.
Berkeluh kesah tentang anak"?  Ke suami aja
Berkeluh kesah tentang huru hara rumah tangga? Ke psikolog aja yang lebih obyektif. Jangan bawa" masalah rumah tangga kita ke orang tua -kecuali kepepet-, karena mereka susah sangat payah mendidik kita selama ini. Jangan bebani lagi Ya....

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎

قُلْ إِنَّ صَلَاتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاى

َ وَمَمَاتِى لِلَّهِ رَبِّ الْعٰلَمِينَ

Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (QS.Al-An'am : 162).

Kebahagiaan tak bisa dibeli dengan harta. Dia akan hadir dalam hati yang tunduk patuh pada titah Illahi.

Semoga kita semua bisa menjadi muslimah dengan pribadi  bahagia, kemudian kebahagiaan itu akan senantiasa terpancar dalam diri. Mampu beribadah kepada Allah dengan penuh kenikmatan penuh rindu dan cinta, penuh harap dan cemas, dan semua terbingkai hanya mengharap ridho Allah.
Dengan hati yang bahagia mampu memberi dampak kebaikan pada lingkungan sekitar. Menjadi jalan hidayah bagi kebaikan orang lain.
Aamiin ya Rabb.

Saya akhiri sekian, afwan minkun. Jika ada kurangnya itu datang dari saya pribadi, kebaikan itu dari Allah, fastabiqul khairat,
Allahu yubarik fiikum.

جَزَاكُمُ اللّهُ خَيْــــرًا كَثِيْرًا

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُوْا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar