Minggu, 26 November 2017

Proses Terjadinya Kehamilan




OLeh   : Bidan Khoirunnisa Y., S.Si.,T.,M.Kes

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh sahabat Bidadari Surga di Grand Launching program barunya Bidadari Surga yaitu Bidadari Kespro Class
Alhamdulillahirobbil aalamiin, milyaran bahkan tak terhingga ungkapan rasa syukur ini ke hadirat ILLAHI Robbi atas nikmat tak terhitung dan sangat luar biasa sehingga kita bisa berkumpul, bersilaturahmi, dan saling sharing ilmu, berbagi pengalaman seputar Kesehatan Reproduksi di room "Bidadari Kespro Class" yang Insyaallah senantiasa diberkahi ALLAH SWT. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

Jazaakumullah khairan teruntuk yang tersayang ade' Henny Dwi Wulansari, dd Adinda Ardita Aan, dd Widaeka Agustina, Ibuqu Irnawati Syamsuir Koto selaku pengurus BS yang berkenan mengizinkan Nisa untuk bersilaturahmi dan bergabung kembali di BS tercinta ini.
Dan ucapan terimakasih juga kepada tim BKC yang super kereen, insyaalah kita bakal sering ketemu disini. Di room yang penuh barokah ini, semoga tidak bosan dan tetap semangaat ya shalihah.

Sahabat BKC yang disayang Allah , di kesempatan perdana GL BKC ini sharing pertama kita insyaallah disini = di kelas ibu hamil dengan tema kajian yaitu "Proses Terjadinya Kehamilan"
Insyaallah yang akan datang nisa kenalkan tim pemateri lainnya.

Betapa banyak pasutri (pasangan suami istri) yang sudah menikah lama, namun tak kunjung dianugerahi anak, belum bisa hamil. Untuk bisa hamil, berarti benihnya haruslah yang terbaik baik itu dari sperma maupun ovumnya, Tidak bisa hanya salah satu.

๐ŸŒทPROSES TERJADINYA KEHAMILAN

Saat berhubungan intim, suami akan mengeluarkan mani sebanyak 3 cc dan setiap 1 cc air mani normal akan mengandung sekitar 100 juta hingga 120 juta buah sel sperma. Setelah air mani ini terpancar kedalam rahim istri, jutaan sel sperma akan berlarian melintasi rongga rahim untuk mencapai sel telur matang yang ada pada saluran tuba di seberang rahim. Dari sekian juta sel sperma, hanya 1 sel sperma yang diterima oleh sel telur dan diizinkan membuahi. Setelah itu terjadi perubahan pada permukaan sel telur hingga tak bisa lagi dimasuki oleh sel sperma lainnya.

Proses pembuahan terjadi didalam tuba falopi, yaitu saluran antara kandung telur dengan rongga rahim. Kandung telur dan rahim terletak pada suatu tempat yang terpisah, dan saluran tuba menghubungkan antara keduanya.
Ketika masa subur, sel telur matang yang akan keluar dari kandung telur memang mampu bergerak menuju kedalam lubang saluran tuba untuk selanjutnya menunggu kedatangan sperma. Umur sperma bisa bertahan antara 1 hingga 3 hari dalam alat kandungan istri setelah dipancarkan. Tidak seperti sel telur matang yang hanya mampu hidup beberapa jam setelah ovulasi. Mengingat lamanya umur sperma ini, maka hubungan suami istri yang dilakukan pada 3 hari sebelum masa ovulasipun masih berpeluang untuk kehamilan.

Ketika sel telur dibuahi, didalam inti sel telur akan terjadi reaksi persenyawaan antara sifat-sifat sel telur dengan sifat sperma. Hasil persenyawaan ini menentukan sifat yang akan dimiliki oleh calon janin. Kelak anak akan memiliki sebagian sifat ayah dan sebagian dari sifat ibu. Pada saat pembuahanpun, jenis kelamin sudah ditentukan oleh jenis sel sperma, yaitu sel sperma X sebagai pembawa sifat kelamin perempuan, dan sel sperma Y sebagai pembawa sifat kelamin laki-laki.

Dalam keadaan normal, setelah sel telur dibuahi oleh sel sperma di saluran tuba, selanjutnya calon janin akan bergerak melalui saluran tersebut menuju kedalam rahim. Sesampainya di rongga rahim, hasil pembuahan ini menempel dan tertanam pada lapisan permukaan dinding rongga di dalam rahim. Pada sekitar hari ke-6 setelah pembuahan, calon janin sudah berhasil menempel dan tertanam didalam rongga rahim serta mendapatkan berbagai sumber makanan dan oksigen dari tubuh ibu melalui tali pusat dan ari-ari (plasenta). Pada kehamilan 4 bulan, seluruh organ tubuh janin sudah terbentuk sempurna. Setelah itu, janin akan bertambah besar dan matang sampai akhirnya menjadi bayi yang siap dilahirkan.

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
        ๐Ÿ’ŽTaNYa JaWaB๐Ÿ’Ž

0⃣1⃣ Desi
Terima kasih bu bidan untuk materi yang sangat bermanfaat malam ini.

In syaa Allah jika diijinkan menjadi seorang ibu saya sedang hamil janin kembar, tidak ada riwayat kembar di keluarga saya maupun suami. Apakah peluang seperti sering terjadi pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat kembar?
Lalu bagaimana proses terjadinya kehamilan kembar tersebut?
Terima kasih bu bidan.

⏩ Jawab:
Bunda desi yang berbahagia..

Selamat ya bunda saat ini mengandung bayi kembar. Semoga sehat selalu. Aamiin.
Peluang seperti ini bisa saja terjadi walaupun tidak ada riwayat kehamilan kembar dalam keluarga.

Seperti =
(1) Faktor Etnis : kejadian kembar paling banyak dialami oleh etnis afrika, sementara paling sedikit terjadi pada etnis jepang. Hal ini dicurigai lebih disebabkan oleh faktor pola makan dan lingkungan.
(2) Faktor kedua, karena usia : hamil diatas usia 35 tahun, mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan bayi kembar, dikarenakan cenderung untuk melepaskan lebih dari satu sel telur saat ovulasi.
(3) Faktor keturunan = sudah pasti.
(4) Karena memang adanya program IVF (In Fitro Fertilization) atau bayi tabung.
(5) Pada wanita yang sedang melaksanakan terapy hormonal atau obat kesuburan sehingga kadar hormon FSH menjadi tinggi sehingga memungkinkan mengalami hiperovulasi.

Adakah salah satu dari faktor tersebut di atas yang bunda Desi alami?

0⃣2⃣ iMa
Bund, pernah dengar ketika suami istri sama-sama capek maka pembuahan tidak akan terjadi, apakah itu benar?

Jika tidak terjadi pembuahan ketika kondisi capek apakah ketika salah satu yang capek apa bisa terjadi pembuahan?

⏩ Jawab:
Bunda ima yang dirahmati Allah.
Bisa atau tidaknya suatu proses kehamilan itu hanya Allah yang tahu dan semata atas izinNya. Ada yang cuma iseng-iseng, eeh hamil. Ada juga yang tidak ada perencanaan sebelumnya ternyata bisa hamil, malahan yang direncanakan seringkali tidak hamil.
Wallaahu a'lam bisshowab.

Namun, untuk bisa hamil maka kedua benih (sperma dan ovum) haruslah yang terbaik dan berkualitas, karenanya diperlukan rasa nikmat (saling menikmati saat bersetubuh) dengan kondisi pasangan yang fit dan bugar.

0⃣3⃣ Vany
Bismillah bu bidan jazakillah share ilmunya sangat bermanfaat.

Izin bertanya bu saya sering merasakan mual dan pusing apakah itu normal dan apa yang menjadi penyebabnya? Mungkin bunda-bunda yang lain juga ada yang sama merasakan!

⏩ Jawab:
Bunda vany, berapakah usia kehamilan bunda?

๐Ÿ’Ž2 bulan bu

⏩ Bunda vany sedang hamil 2 bulan. Sekitar separuh perempuan hamil merasakan mual dan pusing. Hal ini disebabkan peningkatan hormon HCG secara tiba-tiba dalam aliran darah yang mengakibatkan efek perih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya akan menghilang saat memasuki kehamilan trimaster kedua.
Jika mual-muntah masih terjadi pada usia trimaster kedua, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan.
Kalau keluhan pusing dan sakit kepala, biasanya gangguan ini diakibatkan oleh faktor fisik (rasa lelah, mual, lapar, dan tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, anemia) dan faktor emosional (perasaan tegang dan depresi).
Peningkatan padokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

๐Ÿ’ŽBund, kenapa mual di trisemester kedua harus periksa ke dokter? Saya  kira mual-mual hal yang wajar selama kehamilan!

⏩ Jika mual muntahnya mengganggu aktivitas sehari-hari, menjadi lemas, apalagi menjadi tidak nafsu makan dan lain-lain. Sebaiknya diperiksakan ke dokter. Karena dapat mempengaruhi kesejahteraan janin.
amun jika mual saja karenya menyikat gigi atau telat makan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, silahkan di evaluasi dan tangani dengan cara yang alami.

๐Ÿ’ŽOoo....seperti itu ya...
Baiklah bu bidan, Alhamdulillah tidak sampai seperti itu sih. Makasih ya bu bidan.

0⃣4⃣ Nety
Kak nisa, kenapa setiap ibu hamil itu kondisinya berbeda-beda.
Maksudnya ada yang mabuk parah, ada yang tidak.
Apa penyebabnya?

⏩ Jawab:
Bunda nety yang dirahmati Allah..,

Setiap ibu hamil kondisinya berbeda-beda dipengaruhi oleh daya tahan tubuh masing masing wanita dalam menahan rasa sakit atau ketidaknyamanan selama kehamilan BERBEDA.

0⃣5⃣ Nani
Mau tanya apakah berbahaya jika kehamilan terlalu dekat jarak kehamilannya, kehamilan k -1. Meninggal dan k- 2 BO jarak 6 bulan, dan sekarang hamil k 3 jarak 4 bulan?

⏩ Jawab:
Bunda nani, sekarang usia kehamilannya 8 minggu ya bun?

Dari riwayat kehamilan sebelumnya bunda nani, Sudahkah bunda memeriksa lebih lanjut penyebab mengapa saat hamil yang pertama = bayi meninggal, kehamilan kedua = BO (blighted ovum) ?

๐Ÿ’ŽIya sekarang usia kehamilan 8 minggu.

Yang pertama belum jelas kenapa tapi kata dokter semua normal karena lama pembukaan jadi meninggal di kandungan pada saat melahirkan yang ke 2 BO blighted ovum.
Sudah ke dokter beliau bilang tidak apa-apa, karena tidak ada kelainan dalam rahim.

⏩ Bunda nani yang dicintai Allah..
Tentunya 2 pengalaman kehamilan sebelumnya bisa menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga untuk bunda dan keluarga. Semoga kehamilan yang sekarang berjalan sehat wal afiat. Aamiin yaa robbal aalamiin.

Namun jika terjadi kembali seperti keguguran atau janin tidak berkembang atau meninggal. Sebaiknya sebelum memulai program kehamilan berikutnya harus di cek lengkap, seperti pemeriksaan adakah virus TORCH, dll. 

๐Ÿ’ŽBaik terima kasih sarannya bu bidan.
Saya tanya sama dokter kata beliau tidak perlu itu bagaimana bu? Karena saya sendiri tidak pernah memelihara hewan di rumah.

⏩ Yang harus senantiasa dilakukan oleh bunda nani saat ini adalah "semangaaat" mengusahakan kondisi tubuh bunda dalam keadaan sehat, dengan cukup gizi seimbang. Karena jika ibunya sehat insyaallah bayipun berkembang sehat.

Aamiin yaa robbal aalamiin.

0⃣6⃣ Oom
Bu Bidan mungkin pertanyaannya sedikit melenceng dari tema.

Proporsi badan saya sejak gadis itu kecil, BB kisaran 40-43 belum pernah lebih dari itu. Saat mengandung BB berangsur naik hingga saat ini di usia kehamilan 27 mingggu ada di kisaran 52kg. Nah pada saat USG di usia 22 minggu, BB bayi dikisaran 550gr, pada saat itu kata dokter normal untuk usia bayi di minggu tersebut. Lalu setiap bulan kan saya rutin periksa ke bidan, kemarin setelah diperiksa kata bidan kurang besar (karena ukuran perut saya memang belum sebesar seperti ibu lainnya, kalau kata mamah saya mah karena 'jero bobokong' aduh maaf pakai sunda saya bingung translate nyah ke Indonesia heheh) nah menurut ibu sendiri bagaimana ya?

Saya khawatir BB bayinya tidak memenuhi standart. Karena yang saya baca dari buku pegangan yang dikasih oleh bidan, BB bayi dikisaran 2500gr-3000gr.
Jazakillah bu bidan..

⏩ Jawab:
Bunda Oom yang dirahmati Allah..
BB bayi lahir normal = >2,5kg adalah benar. Saat ini usia kehamilan bunda oom = 26mg ya?

Masih banyak kesempatan untuk memenuhi gizi seimbang dengan observasi bidan atau dokter kandungan, silahkan ikuti saja petunjuk bidan atau dokternya bunda oom, tidak ada pantangan makanan atau minuman kecuali yang bisa membuat sakit. Diet hanya dilakukan sesuai saran bidan atau dari SpOG berdasarkan hasil pemeriksaan.

๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐Ÿ”น๐ŸŒท๐ŸŒท๐ŸŒท
 ๐Ÿ’ŽCLoSiNG STaTeMeNT๐Ÿ’Ž

Proses Terjadinya Kehamilan yang sehat dipengaruhi oleh status kesehatan benih (sperma dan ovum yang sehat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar