Minggu, 26 November 2017

🌐🌐 K O N S U L T A S I 🌐🌐 🌷BiDaDaRi KeSPRo CLaSS🌷 🔹(CLaSS KeSPRo WUS)🔹 Jum'at, 17 November 2017



Jum'at, 17 November 2017
Notulensi : Reni
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Lela
Sakit di telinga nyalur ke tenggorokan, jadi pas nelan makanan itu sakit, dan pas berwudhu' mengusap telinga juga sakit bagian dalamnya.
Itu sebabnya apa ya bu, dan cara mengobatinya bagaimana?

🌐Jawab:
Coba lihat bun.
Tengorokannya merah tidak? Jika sakit biasaNya ada peradangan.

Dan lihat juga telinganya, ada kotoran atau serum padat tidak? Jika ada biasanya bisa mengakibatkan sakit hebat juga.

🌐 Ukhti lela, usia 18 tahun sedang sakit telinga dan juga nyeri menelan, rasa nyerinya memang sangat berhubungan karena telinga-hidung-tenggorokan itu satu saluran.
Perlu dievaluasi, adakah keluhan lain seperti telinga berdengung atau batuk-pilek, atau keluhan yang berhubungan dengan THT (Telinga-Hidung-Tenggorokan).

Agar memastikannya  segera periksakan ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan diberikan terapi yang tepat.

0⃣2⃣ Annisa
1. Bubid maaf saya share foto, karena saya bingung ini apa?
Jadi ceritanya saat anak saya BAK di celana ada ini. Dan Alhamdulillah sekarang sudah tidak ada, cuma masih bingung dan khawatir yang keluar ini apa?

2. Oyaaa...
Sekalian mau tanya. Anak saya lahir prematur lahir 32w, bb lahir 1.5 dan sekarang bb 3.3 usia 1 bulan 25 hari. BB segitu normalkah?
Dan jika sudah 2 bulan anak saya bb 6 kg, apa masih dikatakan normal?

3. Satu lagi, Anak saya sekarang minum sufor s26 kadang kalau kadang-kadang di kasih yang BBLR, apakah boleh?

🌐Jawab:
1. Ini adalah lendir yang keluar dari vagina si dede. yang disebabkan karena masih adanya sisa hormon ibu saat hamil di dalam tubuh dede bayi.

Hal ini normal, dan berangsur hilang biasanya setelah usia 2 bulan.

Ada juga yang keluarnya berupa darah haid.

2. Patokan pertambahan pertumbuhan dan perkembangan bayi lahir normal bisa dilihat dengan menggunakan buku KIA Atau kartu KMS yaitu di lembar grafik pertambahan berat badan.

Digrafik tersebut terdapat patokan KBM (Kenaikan Berat badan Minimal) perbulannya.
A. Usia 0 ke 1 bulan, minimal BB bertambah 800 gram
B. Usia 1 bulan ke 2 bulan, minimal BB bertambah 900 gram
C. Bisa dilihat sendiri di grafik Buku KIA ya bunda

Jadi, jika putri bunda saat lahir BB nya = 1,5kg, dan di usia 1 bulan 25 hari (bisa dianggap 2 bulan ya bun) = 3.3 kg. Berarti kenaikan BB nya sudah melewati KBM yaitu 1,8kg.

Hal ini berarti = Normal kenaikan BB nya

3. Pemberian sufor pada bayi sebaiknya jika memang ASI ibu tidak mencukupi. Karena sebagus dan semahal sufor, tetap lebih baik ASI.

Sufor "Prenan" = adalah untuk BBLR. Tapi karena BB dede sudah 3.3 kg, maka sufornya adalah untuk BB bayi normal bukan yang untuk BBLR lagi.

🌴Anak saya laki-laki bubid, jadi keluar dari penisnya!

🌐Ooh, putra ya bun anisa?
Kalau keluar lendir nya dari penis dede, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter SpA ya bun.

🌴1. Tanggal 4 kan mau imunisasi kalau pas di timbang 6 kg apa masuk ke obesitas bu bid?
Soalnya kan masih 2 bln 15 hari.

2. BAB anak saya kadang  2 hari sekali dan kemarin 3 hari sekali padahal sudah di kasih interlac, itu kenapa ya bu bid?

3. Baiknya minum sufor berapa cc ya bu bid buat anak saya, soalnya saya kalau banyak-banyak takut muntah dan kalau muntah pasti suka keluar dari hidung.

4. ASI saya hanya sedikit bu bid, saya udah makan pepaya muda, katuk, bayam, buah-buahan tetapi tetep sedikit. Saya pumping cuma dapet sedikit, kemarin pumping warna asi putih banget tapi dapat sedikit, kanan kiri semuanya cuma 10cc. Baiknya bagaimana ya bu bid?
Karena saya ingin anak saya asi bukan sufor.

🌐 1. Bunda anisa punya buku KIA atau Kartu KMS bayi?
Pertambahan BB dede sangat pesat ya bun. Alhamdulillah kalau melihat dari grafik pertumbuhan BB di KMS, BB dede masih di garis hijau tua (tengah) = normal.

2. BAB nya keras? Karena dede minum sufor, maka sebaiknya setelah minum sufor, berikan minum air putih ya bun untuk membantu meringankan kerja sistem pencernaannya.

Bagaimanakah cara bunda menyiapkan susu (sufor) untuk dede?
Karena, seringkali bayi jarang BAB atau keras fesesnya dipengaruhi oleh sufor yang kurang betul penyiapannya.

3. Disesuaikan dengan kebutuhan dede bayi. Biasanya bertahap menambah dosis minumnya.

4. Agar produksi ASI tetap banyak, pastikan bunda anisa tetap sabar dan semangat untuk terus mengutamakan pembetian ASI dibandingkan sufor. Karena semakin sering disusui ASI, maka otomatis akan semakin banyak produksi ASI nya.

🌴Apa kurang panas mempengaruhi juga ya bu bid?

🌐 Kurang panas apanya bunda?

🌴Air untuk membuat sufornya?

🌐 Coba bunda ceritakan bagaimana cara bunda menyiapkan susu formula?

🌴Kasih air panas sedikit lalu air biasa masukkan sufor di kocok terus di minumin.
Adakah yang salah? Tapi emang 10cc buat air panas dan 30 cc buat air biasa.

🌐 Di kemasan susu tertulis =1 takar susu untuk air  60 cc.
Sedangkan bunda membuatnya 1 sendok takar untuk air 40 cc = kekentalan.
Ini salah satu penyebab BAB nya dede jarang dan mungkin keras, karena kerja ususnya terlalu keras dan berat.
Sebaiknya pembuatan sufornya disesuaikan dengan aturan pembuatannya.

🌴Baik bu bid.
Satu lagi kalo di kasih madu centela sedikit apa boleh?

🌐 Madu adalah makanan yang mengandung banyak manfaat dan gizi yang baik. Beberapa ahli menyatakan jika madu dapat berfungsi baik sebagai antiotik untuk memerangi bakteri dalam tubuh.
Meski demikian pemberian madu pada bayi dibawah satu tahun saat ini masih menjadi kontroversi. Sebuah lembaga kesehatan dunia yang berpusat di Amerika menyatakan bahwa pemberian madu tidak diperkenankan diberikan kepada anak dibawah usia satu tahun, sementara itu sebagian masyarakat beranggapan bahwa madu boleh-boleh saja diberikan kepada anak dibawah usia satu tahun.
Pemanis alami yang didapat dari lebah ini diduga memiliki kandungan spora Clostridium botulinum yang diperoleh ketika lebah mengambil makanan dari tanah atau tumbuhan. Spora Clostridium botulinum yang terdapat pada madu akan dapat bertahan hidp pada usus dan mengeluarkan racun botulinum.

Pada dasarnya, senyawa botulinum tidak berbahaya untuk orang dewasa. hal ini dikarena sistem pencernaan orang dewasa memiliki tingkat keasamaan yang cukup tinggi untuk menghilangkan efek racun dari senyawa botulinum. Hanya saja, lain halnya yang terjadi pada bayi dengan usia kurang dari satu tahun, organ pencernaan bayi diusia ini masih belum matang, termasuk kadar asam dalam usus yang masih begitu lemah sehingga belum cukup kuat dalam menangkal efek dari racun botulinum yang ada pada madu.

0⃣3⃣ Adha
Sakit perut sekitar pinggang kanan, sakit nya seperti keram waktu haid, tapi datang sakitnya tidak waktu haid, kadang pertengahan antara haid, tapi enggak diapa-apain nanti hilang sendiri sakitnya. Dan dulu sebelum jatuh miring samping Kanan tidak pernah merasakan sakit seperti ini. Pertama Kali ngerasain sakit ini Sekitar 5 Hari pasca jatuh, bahkan saking sakitnya jadi lemes, tensi turun dratis waktu itu.
Ini kenapa ya, apa kurang minum air putih, atau Ada hubungan dengan pencernaan atau yang lainnya?

🌐 Jawab:
Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mendapat gangguan sakit pinggang sebelah kanan. Beberapa penyebanya antara lain =
1. Penyempitan tulang belakang : adalah artitis yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang. Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi ini biasanya akan kian menjadi saat beraktivitas, dan mereda saat beristirahat.

2. Ginjal yang bermasalah : Letak ginjal yang berada tepat di pinggang membuat bagian ini takkan bisa bebas dari rasa sakit saat ginjal mengalami infeksi atau batu ginjal. Jika ginjal bagian kanan yang menderita sakit, maka pinggang bagian kanan juga akan merasakan sakit, demikian juga sebaliknya. Biasanya, sakit yang menyerang pinggang dikarenakan penyakit di ginjal sudah akut atau kronis.

3. Cedera : Persendian pada tulang belakang seseorang terutama bagian piringannya rentan cedera terutama saat usia semakin tua. Jika piringan sendi ini cedera, maka ia akan menekan syaraf yang ada di sekitarnya sehingga memunculkan rasa sakit. Cedera ini biasanya dirasakan saat seseorang mengangkat beban berat berlebihan.

4. Trauma pada otot : otot pada punggung juga bisa mengalami keseleo dan otot kaku. Gejala adalah kram otot dan kejang otot yang terjadi mendadak tanpa bisa dikendalikan. Kesulitan lain yang akan timbul akibat kondisi ini adalah terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan. Pinggang akan susah diajak kompromi saat hendak berjalan, berdiri, dan membungkuk. Olahraga terlalu keras bisa juga menjadi penyebabnya.

5. Linu panggul : Linu panggul bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengalami tekanan atau iritasi pada syaraf siatik. Syaraf siatik merupakan syaraf dengan ukuran paling panjang dalam tubuh yang menjalar melalui punggung, panggul, bokong, hingga ujung kaki.

6. Empedu bermasalah : Empedu adalah bagian dari hati yang salah satu fungsinya untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu ada di perut atas bagian kanan. Jika empedu bermasalah, maka sakit yang ditimbulkannya mungkin saja bisa menjalar hingga ke pinggang sebelah kanan. Salah satu ciri sakit yang ditimbulkan terkait masalah di empedu adalah kian memburuknya rasa nyeri saat penderitanya makan.

Karena pinggang memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang aktivitas tubuh, maka jangan pernah menyepelekan rasa sakit yang menderanya. Melihat penyebab sakit pinggang bagian kanan di atas, beberapa di antaranya bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

🌴Apakah perlu dilakukan USG ?

🌐Silahkan konsulkan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

0⃣4⃣ Anggun
Beberpa bulan terakhir Darah haid cuma 1-2 hari, hari 3-4 cuma flek coklat aja, itu kira-kira kenapa ya bu bid ? Apakah pengaruh karena pola makan dan istirahat?
Pola makan saya akhir-akhir ini berantakan sih, dan jarang mnum air putih.
Dan Saya punya riwayat  hypertiroid, tapi sekarang alhmdulillah sudah normal.

🌐Jawab:
Apakah mba' anggun sudah menikah?
Menggunakan kontrasepsi atau kb? Berapa usia mba' anggun?

🌴Belum menikah usia 23 tahun.

🌐Berarti bisa karena dipengaruhi oleh pola makan, aktifitas fisik, dan istirahat mba' anggun.

Solusinya =
Perbaiki pola makan dengan gizi cukup seimbang, cukupi waktu istirahat, hindari stres fisik maupun psikis.

0⃣5⃣ Rahmi
Apa boleh untuk daerah kewanitaan memakai crystal? Jadi seperti di seprotkan.
Teman saya yang jurusan bidan katanya dia tidak boleh, boleh jika di semprotkan ke daerah closet ?
Mohon penjelasnnya bu!
Soalnya saya lumayan sering karena keluhan?

🌐 Jawab:
Bunda rahmi...
Sebaiknya area kewanitaan jangan sering menggunakan pembersih kewanitaan, karena bisa mempengaruhi kadar normal ph vagina.

🌴Termasuk seperti sirih dari merek sariay*, dan lain-lain ? Kalau pakai yang alami bu bidan ?

🌐 Ya

0⃣6⃣ Ratu
Bagaimana cara mengilangkan rasa nyeri di perut pas lagi masa haid itu bagaimana ya bu bidan ?

🌐 Jawab:
Nyeri haid atau disebut juga dysmenorrhea merupakan rasa sakit yang terjadi pada saat wanita mengalami menstruasi. Rasa sakit atau kram ini biasanya dirasakan di sekitar bagian perut dan terjadi karena uterus berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan dindingnya pada saat menstruasi.

Hormon yang disebut prostaglandin yang berperan dalam rasa sakit dan inflamasi memicu otot pada uterus untuk berkontraksi. Kadar prostaglandin yang semakin tinggi dapat menimbulkan dysmenorrhea yang lebih parah.
🔹Tips untuk mengurangi nyeri haid :
1. Beraktivitas fisik : olahraga ringan. Saat berolahraga, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon prostaglandin sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang dialami.

2. Mengompres perut : mengompres perut  dengan botol berisi air hangat. Panas yang dihasilkan akan membantu merelaksasi otot uterus yang berkontraksi sehingga menimalisir rasa sakit. Atau bisa mencoba mandi berendam air hangat untuk merelaksasi seluruh bagian tubuh.

3. Minum teh

4. Pastikan asupan vitamin D cukup : Menurut Dr. Jill Rabin, Kepala Bagian Obstetri dan Ginekologi Long Island Jewish Medical Center, vitamin D3 dapat membantu menghambat kerja prostaglandin sehingga mengurangi rasa sakit. Vitamin tersebut juga memiliki efek anti inflamasi.
Meskipun masih menjadi perdebatan apakah efek suplementasi vitamin D3 ini benar-benar berpengaruh pada dysmenorrhea, namun jika Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D Anda (kebutuhan vitamin D per hari bagi wanita dewasa berkisar antara 500-600 mcg) maka bukan tidak mungkin Anda dapat terhindar dari dysmenorrhea.

5. Menghindari makanan dan minuman yang memperparah nyeri haid : seperti makanan berlemak, soda, alkohol. Makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan kembung dan resistansi air dalam tubuh Anda sehingga memperparah nyeri haid. Selain itu, kafein juga termasuk salah satu yang perlu dihindari. Kafein yang terdapat pada kopi, teh, soda, dan cokelat dapat memperparah kram dan tegang pada perut. Begitu juga konsumsi gula yang biasanya terdapat pada makanan dan minuman berkafein. Anda dapat mengganti kopi dan teh Anda dengan minuman jahe atau lemon hangat. Jahe serta lemon dapat membantu mengurangi sakit perut dan memberi efek menenangkan.

0⃣7⃣ Marwiyah
Ada teman yang memakai KB implant haidnya tidak teratur dan hanya ngeflek-ngeflek saja, lalu minum pil KB agar haidnya lancar. Mau pilih kontrasepsi pil KB saja takutnya lupa minum.
Pertanyaannya:
1. Apa efek jika menggunakan 2 macam alat kontrasepsi? Seperti implant dan pil KB

2. Apa ada efek negatifnya jika dipakai dalam waktu lama implant dan pil KB secara bersamaan?

🌐Jawab:
1. Tidak dianjurkan menggunakan dobel kontrasepsi hormonal, dosisnya berlebih untuk tubuh. Kecuali atas petunjuk dokter.

2. Menggunakan kontrasepsi hormon berlebihan saja tidak dianjurkan, apalagi digunakan dalam jangka waktu lama.

Sebaiknya kondisi bunda dikonsulkan ke dokter SpOG untuk bisa diberikan anjuran penggunaan metode kontrasepsi yang tepat.

0⃣8⃣ Yayu
Kalau di telinga bawah yang ditindik anting, disitu suka ada seperti jerawat., Apa memang bisa mengindikasi kalau kita lagi ada suatu penyakit ?

🌐Jawab:
Jerawat timbul di daun telinga disebabkan = alat pembersih telinfa yang tidak steril, adanya luka pada daun telinga, daun telinga yang kotor, produksi minyak berlebihan, gigitan serangga, penumpukan sel kulit mati, iritasi, rambut yang kotor, alergi makanan, dan bisa juga karena sering menyentuh telinga.

Jadi sebaiknya dihindari penyebabnya.

0⃣9⃣ Ami
Untuk nyeri haid itu apa ada batasan usianya ? Karena saya usia udah kepala 4 kok masih nyeri haid seperti remaja!

🌐Jawab:
Bunda ami...
Selama masih haid, resiko terjadinya nyeri haid berarti masih ada. Namun jika nyerinya berlebihan, sepanjang lama haid maka dianjurkan untuk memeriksakan ke dokter SpOG.

1⃣0⃣ Syarah
Apa penyebab haid selalu nyeri, soalnya saya dari pertama haid sampai sekarang usia 23 haidnya selalu nyeri , tidak nafsu makan selama 2 hari dan pasti keluar keringet dingin!

🌐Jawab:
Mba' syarah...
Nyeri haid disebabkan oleh dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah disekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen kedalam rahim terhambat dan memicu munculnya rasa nyeri dibagian bawah perut.

Jika keluhan tersebut hanya berlangsung 2-3 hari, insyaallah normal.

1⃣1⃣ Ulfa
Apakah usia 34 thn haid tidak teratur itu normal ya?

🌐Jawab:
Bunda ulfa...haid tidak teraturnya sejak kapan?

Bisa berikan tanggal hari pertama haid selama 5 bulan atau 5 siklus haid terakhir? Agar nisa bisa bantu menentukan siklus haidnya.

🌴Misal bulan ini tgl 5,
Bulan depan tgl 10 an dan pernah saya tidak mens selama 3 bln sudah tes tapi negatif. Teman saya bilang faktor stres dan kecapekan, lalu setelah itu saya haid 2 bulan dan hamil 1 bulan keguguran.
Saya sudah usg dokter bilang si keguguran spontanitas dan tida kuret karena katanya bersih rahimku.
Adakah hubungannya semua itu ya bu bidan ?

🌐Minta tolong di rinci tanggal HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) selama 5 siklus haid terakhirnya ya bunda ulfa.., karena menurut nisa bukan karena haidnya tidak teratur, tapi karena bunda ulfa belum tau siklus haidnya bunda?

Saat keguguran spontan (abortus spontan) kemarin, apakah bunda ulfa tahu jika sedang hamil?
Kapan menggunakan kontrasepsi terakhir?

🌴Tidak nyatat ya bu bidan tgl HPHT nya cuma menginggat tanggal saja.

Tapi sewaktu keguguran itu tgl 30 September sampai 6 Oktober, bulan November haid tgl 8 -12 November.

Saya tespek minggu ke 2 bulan September masih garis 2 sampai minggu ke 3 tapi samar merahnya dan tidak langsung kami periksa. Saya pikir di bulan brikutnya saja baru diperiksakan karena ini kehamilan ke 3 tapi ternyata di akhir bulan September saya keluar darah seperti flek waktu kehamilan ke 2 dan hari berikutnya tambah banyak darah nya.

Saya langsung tespek, rernyata sudah garis 1. Memang saat kehamilan kegiatannya sampai jam 12 malam hampir 3 minggu karena ada kegiatan di musholla. Tetanggaku bilang bila kehamilan garis samar harus bedrest ya bu bidan? Cuma saya tidak tahu hal itu.

🌐Ya bun, bisa jadi penyebab kegugurannya karena bunda kecapean, kurang istirahat.

Berarti yang akan datang jika bunda ingin mengetahui siklus haidnya maka harus dicatat tanggal HPHT nya ya bund, minimal 5 siklus haid.

🌴Baik bu bidan, tapi untuk siklus haidku masih dikatakan normalkah atau tidak ya ?

🌐Mengetahui Siklus haid memudahkan mengetahui masa subur wanita dan bisa digunakan untuk program kehamilan.

Sekarang ini baru diketahui =
HPHT = 30-9-17 s/d 6-10-17
HPHT = 8-11-17 s/d 12-11-17

Baru 2 kali periode haid, belum bisa ditentukan siklus haidnya bunda ulfa.., tolong kabari kembali HPHT bulan Desembernya ya bun jika datang haid kembali.

🌴Baik bu bidan, kami tidak pakai alat kontrasepsi hanya kondom saja.

Baik in shaa Alloh akan saya kabari bulan depan HPHT nya.

Jazakillah khoiron pencerahannya ya bu bidan.

🌐Waiyaki shalihah

1⃣2⃣ Rini
Assalamualaikum..
Saya kalau haid itu hari pertama sampai hari ketiga itu sedikit sekali, seperti flek gitu tetapi hari  ke 4 sampai ke 6 bnyak sekali, siklus haidnya terkadang sampai 10 atau 14 hari, Apakah itu pengaruh iud dan penebalan dinding rahim tersebut ?
Normalkah itu bubid shalihah?

🌐Jawab :
Waalaikumussalam wr.wb. bunda rini
Bisa dikarenakan reaksi dari kerja IUD nya bunda. Insyaallah normal.
Namun jika haidnya berlangsung lebih dari 15 hari dengan darah haid yang semakin banyak, sebaiknya diperiksakan ke dokter SpOG.

1⃣3⃣ Ervin
Normalkah bentuk penis seperti itu ?
Usia anak saya 18 bulan, terkadang kalau BAK ngerengek pernah sesekali menangis?

🌐Jawab :
Bunda ervin yang disayang Allah..
Sebaiknya dede diperiksakan ke dokter SpA jika sering menangis jika BAK.

1⃣4⃣ Nida
Benarkah ketika haid tidak boleh keramas, minum air kelapa atau es. Seperti aritikel-artikel yang sering  beredar di media sosial?

🌐Jawab:
Mitos

1⃣5⃣ Dini
Saya dari kemarin sakit perut bawah bagian kanan nembus ke pinggang belakang sakitnya dan kalau di buat gerak terasa sakit dab rada enakan kalau di buat tiduran miring ke kanan.

Dan juga terasa sakit saat setelah buang air kecil, miss V juga berada kemeng seperti habis berhubungan, tapi beberapa hari ini saya tidak berintim dengan suami.
Oh ya saya juga keputihan agak banyak, tapi bening, tidak gatal dan tidak berbau.

Apakah ada yang salah dengan organ kewanitaan saya? Kalau di buat jalan serasa seperti ada yang mau keluar atau seperti mau keguguran rasanya padahal saya tidak hamil!!!

🌐Jawab:
Bunda dini yang disayang Allah.
Sebaiknya segera diperiksakan ke dokter SpOG ya bun.
Syafakillah bunda dini. Aamiin yaa robbal aalamiin

1⃣6⃣ Ratu
Bagaimana cara menghilangkan atau memudarkan strechmark ?

🌐Jawab:
Ada banyak merk salep kulit penghilang stretch mark.

🔹Cara alaminya =
1. Konsumsi banyak minum air putih, untuk menjaga elastisitas kulit tersebut.
2. Kopi. Campur bubuk kopi alami dengan air hangat sampai berbentuk pasta, lalu oleskan secara rutin di stretcmark.
3. Bubuk coklat. Sebagai masker coklat yang dibuat pasta dioleskan pada stretchmark diamkan selama 15-20 mnt rutin 2x1
4. Cocoa butter.
5. Minyak jarak.
6. Putih telur.
7. Kentang.
8. Lidah buaya.
9. Lemon.
10. Minyak zaitun.
11. Gula yang di buat scrub alami.

1⃣7⃣ iSna
Paling sering untuk pemakaian sabun ke daerah vagina itu tiap berapa kali sehari?

🌐Jawab:
Tidak boleh sering karena bisa mempengaruhi kadar normal ph vagina.
Penggunaan permbersih kewanitaan jika diperlukan saja.

1⃣8⃣ Rina
Apa di perut bagian bawah mendekati vagina tu bisa tumbuh seperti jerawat bu bid?

🌐 Jawab:
Di perut bawah atau di rambut kemaluan bunda?

🌴Di rambut kemaluan bu bid.

🌐 Jika jerawat muncul di pangkal rambut kemaluan atau di atas pori yang biasa ditumbuhi rambut, biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut sebagai folikulitis. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya kebersihan pada area vagina. Terapinya adalah dengan mencukur rambut vagina secara berkala, menjaga daerah vagina tetap kering dan bersih, gunakan pakaian dalam yang berbahan katun (menyerap keringat). Hindari menggaruk saat gatal karena dapat memperparah rasa gatal dan menimbulkan luka atau iritasi.

1⃣9⃣ Novi
Benarkah ikan teri  itu bagus untuk kecerdasan otak anak dan memperkuat gigi anak?

🌐Jawab:
Ikan teri bagus untuk tulang dan gigi anak.
Kalsium dan fluor yang terdapat pada ikan teri punya peran penting dalam pembentukan konsentrasi.
Jika dikonsumsi anak dan balita, zat ini akan memperbaiki kecerdasan anak. Kandungan kalsium juga terkenal berperan penting bagi tulang.

Kalsium yang cukup akan membuat anak tumbuh tinggi dengan kerapatan tulang yang maksimal. Dengan demikian, anak pun punya tulang kuat dan sehat. Kandungan fluor yang dimiliki tergolong tinggi, 253 miligram dalam 100 gram ikan teri. Fluor bermanfaat memperkuat lapisan gigi, mencegah dan mengurangi resiko gigi berlubang dan karies gigi pada anak.
Karena tergolong jenis ikan, teri juga kaya akan protein. Zat ini sudah tidak diragukan lagi sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan balita. 

Olahan goreng sebenarnya kurang baik karena akan menambah lemak dan mengurangi gizi makanan. Namun cara ini terbukti jitu meningkatkan nafsu anak untuk mengonsumsi teri.
Cara paling baik sebenarnya dengan mengolah teri menjadi aneka olahan pepes seperti pepes teri nasi atau botok tempe teri nasi. Bisa juga ditumis bersama sayuran hijau seperti kangkung dan daun singkong.
Rasa teri yang gurih dan asin akan membuat si kecil jadi ikut gemar makan sayuran.

^^^---^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar