Minggu, 26 November 2017

Mengenal Perilaku Hewan Kesayangan




OLeh   : drh. Correy Wahyu Adi S.

Kita sebagai manusia diciptakan oleh Allah SWT, untuk hidup berdampingan dengan makhluk hidup lain, seperti tumbuhan dan hewan yang hidup berkeliaran di sekeliling kita.

Dalam dua dekade terakhir, para peneliti mengungkapkan bahwa adanya ikatan antara manusia dengan hewan peliharaan, telah memberikan perbedaan yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Penelitian tahun 1992 di Australia mengungkapkan, pemilik hewan peliharaan lebih sedikit terkena penyakit jantung dibandingkan yang tidak memiliki hewan peliharaan..
Sebuah studi pada anak-anak penderita autis, menunjukkan peningkatan kemampuaan mereka saat berinteraksi dengan hewan peliharaan.

Semua jenis hewan bisa dijadikan sebagai alat terapi, mulai dari kucing, anjing, ikan, kura-kura, kuda, atau hewan lainnya..

Berbagai penemuan ilmiah berhasil meningkatkan kualitas kehidupan manusia, namun di samping itu, hewan-hewan peliharaan memiliki banyak hal untuk diberikan kepada kita, mulai dari kasih sayang, perlindungan, maupun persahabatan..

Kehadiran hewan peliharaan, membuat hidup kita menjadi lebih peka dan manusiawi. Peka karena kita bisa mengerti berbagai kebutuhan hewan" tersebut. Manusiawi karena kita bisa menyayangi dan menangis saat kehilangan,  tertawa dengan tingkah lucu mereka, dan bisa sedih saat hewan tersebut pergi meninggalkan kita..

πŸ”·πŸ’˜πŸ”·
▪Kucing
Dalam perkembangan peradaban Islam, kucing telah hadir dalam setiap geliat kehidupan manusia.
Bahkan Nabi Muhammad SAW, juga memiliki seekor kucing yang bernama Muezza.
Kepada para sahabatnya, Nabi Muhammad SAW berpesan untuk menyayangi kucing, sebagaimana menyayangi anggota keluarga lainnya..

Kucing anakan, atau yang dikenal sebagai kitten, berusia 0- 1 tahun, umumnya memiliki karakteristik sangat aktif dan senang bermain, dan ini menjadi parameter kucing tersebut dalam kondisi sehat.
Apabila kucing tersebut tampak lesu, bahkan tidak nafsu makan dan minum, patut dicurigai kucing tersebut sedang sakit.

Kucing mulai dewasa kelamin pada usia 7 atau 8 bulan.
Kucing betina akan menunjukkan tanda birahi berupa sering mengeong/berisik, sering mengangkat ekornya, menjadi lebih manja kepada pemiliknya, minta dielus lebih sering kepada pemiliknya..
Sedangkan kucing jantan yang siap kawin, akan kencing di sembarang tempat, hal ini sebagai penanda, bahwa dialah yang berkuasa di wilayah tersebut.

Kucing ras, seperti kucing persia, pada umumnya bertemperamen manis, tidak agresif, bahkan cenderung malu/takut jika berhadapan dengan orang asing.

Jika anda pemilik kucing, sedangkan di dalam rumah ada banyak perabotan, tentunya perabotan seperti sofa atau karpet atau gorden akan sering dicakar oleh kucing. Kucing yang sering mencakar", sebenernya tidak bermaksud untuk merusak, namun itu adalah kebiasaannya, yang bertujuan untuk;
1. Meninggalkan tanda/aroma pada barang atau daerah yang dianggap miliknya.
2. Sebagai relaksasi untuk melemaskan otot-ototnya.
3. Untuk mempertajam kuku, sebagai senjata membela diri.

Hindari memarahi atau memukul kucing, karena itu bisa meninggalkan efek  traumatis kepada si kucing.

πŸ”·πŸ’˜πŸ”·
▪Anjing
Anjing pertama yang berkenalan dengan manusia diduga berasal dari serigala Asia Tengah. Hewan ini mengikuti para nomaden yang berburu berpindah-pindah.
Mereka mengincar sisa makanan hasil perburuan manusia. Sebaliknya manusia melihat hewan ini sebagai sekutu yang bermanfaat. Selain membersihkan sisa makanan, anjing juga bisa mengonggong jika ada musuh mendekati area perkemahan. Gonggongan ini sebagai siaran, "pengumuman, tempat ini sudah menjadi wilayah kekuasaan saya, jangan mendekat!".
Namun, bagi para pemburu nomaden, hal ini diartikan sebagai, "ada maling datang.."

Ada banyak sekali ras anjing yang tersebar di seluruh dunia. Ada greyhound dan bloodhound yang dikelompokkan sebagai anjing pemburu, ada german shepherd dan collie sebagai penggembala ternak dan penjaga rumah, ada juga jenis shih tsu dan chihuahua yang dikembangkan sebagai anjing untuk mainan.

Tingkah laku anjing masih seperti nenek moyangnya yang hidup di dalam hutan. Anjing menganggap wilayah sekitar rumah majikannya sebagai wilayah teritorialnya. Jika ada orang asing masuk mendekati areanya, ia akan berfungsi sebagai alarm, akan menggonggong sejadi-jadinya.

Waspada dengan anjing galak, sebaiknya jangan berlari. Ketika kita terus berlari, anjing akan semakin cepat mengejar kita. Kebanyakan orang digigit anjing karena ia berbalik dan mau lari, namun dengan kecepatan yang lamban.
Hindari kontak mata. Anjing akan menganggap kontak mata sebagai tantangan untuk berkelahi..

Anjing Rottweiler, Doberman, Pitbull, dan German shepherd merupakan eas paling populer di Indonesia, karena penampilannya yang gagah dan kegunaannya sebagai anjing penjaga. Anjing jenis ini cenderung mendominasi dan agresif, jadi sebaiknya dipelihara oleh yang sudah berpengalaman.
Anjing Dalmatian, dan Siberian Husky memiliki intelijensi yang tinggi, tipikal jenis anjing yang super aktif dan stamina yang kuat.
Masih ada jenis Golden Retriever, Labrador, Beagle, yang cocok untuk pemilik anjing pemula karena karakter yang stabil, sabar, kalem, serta mudah dilatih.

Mengenal bahasa tubuh anjing, supaya kita bisa lebih bijak saat berpapasan dengan anjing;

A. Ekor bergoyang-goyang,
Ada yang mengatakan, ekor anjing bergoyang ke kiri dan kanan, sebagai tanda dia sedang senang. Namun jangan buru" percaya, karena menurut unit K-9, anjing yang hendak menerkam sasarannya, juga diawali dengan menggoyang ekornya.
Sebaiknya bertanya dan minta izin kepada pemikiknya jika ingin mendekatinya.

B. Menggonggong,
Merupakan salah satu cara anjing untuk mengintimidasi lawannya, baik itu anjing lain atau manusia. Namun menggonggong juga bisa diartikan suatu sambutan.
Anjing" jenis kecil, cenderung lebih berisik dibandingkan anjing jenis besar, sebagai bentuk pertahanan. Sedangkan anjing jenis besar menggonggong jika itu suatu ancaman serius menurutnya.

C. Ekor diapit diantara kaki belakang,
Suatu pertanda bahwa anjing sedang ketakutan atau merasa terancam. Biasanya dilakukan jika dimarahi, bertemu anjing yang lebih dominan, atau berkonfrontasi dengan sesuatu yang ditakuti.
Kita juga perlu waspada, anjing penderita Rabies, salah satu cirinya, adalah ekor yang dilipat di kedua kaki belakang.

D. Tidur telentang,
Merupakan pertanda anjing sedang merasa nyaman dengan lingkungannya. Itu menggambarkan suatu perasaan tentram tanpa adanya ancaman.

πŸ”·πŸ’˜πŸ”·
▪Kelinci
Kelinci sekarang semakin digemari, baik sebagai hobi untuk dipelihara sebagai hewan kesayangan, maupun sebagai usaha bisnis.
Kelinci tampil dengan bentuk fisik yang menggemaskan, dengan warna yang beraneka ragam. Kelinci umur sekitar dua bulan juga tampak imut, namun mereka sangat peka terhadap perubahan pakan dan cuaca. Mereka perlu penanganan serius dalam urusan makanan dan adaptasi dengan lingkungan baru.

Kelinci juga sangat subur dan mempunyai tingkat pertumbuhan yang cepat. Umur 5-7 bulan kelinci sudah dewasa kelamin. Lama kebuntingan juga cukup singkat, hanya 30 hari sejak dikawinkan, maka sudah akan melahirkan. Sekali melahirkan, bisa mencapai 4-12 ekor. Dua pekan setelah melahirkan, kelinci sudah bisa dikawinkan kembali. Masa hidup kelinci bisa mencapai 9-12 tahun, dengan masa produksi mencapai 5 tahun.

Ada kelinci jenis Lop, yang memiliki telinga menggantung ke bawah. Kelinci jenis ini memiliki sifat keibuan yang baik, telaten dalam mengasuh anak"nya meski berjumlah lebih dari 8 ekor, memproduksi air susu yang cukup lancar dan banyak. Kelinci jenis ini sebagai penghasil daging, karena mempunyai kecepatan pertumbuhan yang tinggi.

Dalam memelihara kelinci, harus hati-hati. Perhatikan makanan agar tidak terjadi gangguan pencernaan, kembung atau bahkan diare. Selain itu perlu ventilasi yang cukup, supaya pertumbuhan badannya maksimal.

Kunci keberhasilan dalam memelihara kelinci, adalah:
1. Kontruksi kandang, supaya sinar matahari bisa masuk dengan cukup, tidak berlebihan.
2. Kebersihan kandang, jika kotor akan berpotensi menimbulkan penyakit bagi kelinci.
3. Pemberian pakan yang baik, harus diperhatikan mengingat kelinci termasuk binatang malam, banyak beraktifitas di malam hari.
4. Program mengawinkan yang tepat, untuk meningkatkan keberhasilan produksi kelinci, supaya populasi bertambah.
5. Memiliki bibit indukan yang baik, didukung oleh sifat keibuan dari kelinci yang tinggi, postur badan yang agak memanjang, tidak cacat dan sehat, atau bukan keturunan kelinci yang sering keguguran.


πŸ”·πŸ”·πŸ”·πŸŒŸπŸŒŸπŸŒŸπŸ”·πŸ”·πŸ”·
         πŸ’˜TaNYa JaWaBπŸ’˜

0⃣1⃣ Rainy
Dok, saya pernah pengalaman memberi makan kucing liar yang masih kecil dengan ikan laut yang di goreng. Tapi tiba² setelah selesai makan kucingnya mati dok  kira² kenapa ya ??

πŸ”· Jawab :
Mbak Rainy yang baik.
Itu ikan yang diberikan, sama durinya, atau dagingnya aja?
Jika sama durinya, ada kemungkinan tersedak atau duri tersangkut di tenggorokan, sehingga sulit bernafas dan menyebabkan kematian.
Selain itu, bisa jadi sebelum diberi makanpun, kucing tersebut sudah mengidap penyakit parah yang tanpa kita ketahui.

🌸Yang saya kasih memang ikan goreng banyak durinya dok!

πŸ”· Waduh..
Mungkin lain kali kita harus selektif dalam memberi pakan, terutama yang berupa ikan.
Ada baiknya daging ikan dipisahkan dari durinya lebih dahulu, baru diberikan ke kucing.
Karena kucing tentunya tidak bisa memilah duri..

0⃣2⃣ Dipe
Mau tanya dok, aku punya kucing kampung masih kecil, minggu lalu aku pungut dari jalan karena liat di tendang sama orang. Kucing itu nafasnya bunyi begitu dok itu kira-kira kenapa ya?
Terus keponakan aku suka cium-cium kucing nya bahaya tidak ya dok??

πŸ”· Jawab :
Mbak Dipe yang dirahmati Allah..

Nafas bunyi, itu bisa karena adanya gangguan pada saluran pernafasannya..
Apakah ada batuk atau bersin dari kucing tersebut?
Untuk memastikannya, harus diperiksa langsung.
Jika kucing tersebut dimandikan, silahkan tidak apa", itupun jika si keponakan tidak alergi terhadap bulu kucing.
Namun jika kucing tersebut tidak mandi, kondisi kotor, tentunya banyak kuman atau bakteri di tubuhnya, dan sebaiknya jangan atau tidak perlu sampai dicium-cium..

🌸iya dok beberapa kali sempet denger si kucing bersin dan batuk...
dekat rumah tidak ada dokter hewan.

πŸ”· Kalau di kota atau kabupatennya ada dinas peternakan, biasanya ada dokter hewan disitu.
Ada ingus atau leleran yang keluar dari hidung kah?
Kalau dokter hewan masih jauh, bisa japri ana, nanti ana kasi resep obat, coba cari di apotik.

0⃣3⃣ Anggi
Dok mau tanya, saya ada kucing dirumah 5 ekor. Dan saya 2x hamil keguguran banyak yang bilang itu penyebabnya kucing. Namun saya tidak percaya karena nenek saya dulu pun pelihara kucing hingga belasan tapi tetap punya anak. Mohon pencerahannya dok apa benar penyebab sering keguguran dan sulit punya keturunan dikarenakan pelihara kucing banyak??

πŸ”· Jawab :
Mbak Anggi yang dimuliakan Allah..

Tidak benar..
Namun, apakah mbak Anggi sudah konsultasi ke dokter kandungan mengenai penyebab keguguran tersebut?
Atau sudah diperiksa lab sbelumnya, terkait penyebab kegugurannya?
Jika kita bicara penyakit toxoplasma, memang bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Toxoplasma memang berkembang dalam tubuh kucing, dan keluar melalui feces atau kotoran kucing.

Penularan ke manusia, bukan karena bulu kucing yang menempel di tubuh.
Penularan toxo karena tertelan, artinya.. jika kita pegang tubuh kucing yang menempel bekas kotoran atau pub nya, kemudian setelah pegang kucing kita langsug nyamber makanan (misal pisang goreng) tanpa cuci tangan terlebih dahulu, dari situlah parasit toxo berpotensi masuk ke tubuh kita.

Solusinya,
Jika sedang hamil dan ada kucing di rumah;
1. Pastikan cuci tangan dengan bersih setiap selesai pegang kucing, atau setiap mau mulai makan sesuatu.
2. Kurangi kontak dengan tempat pub kucing, jika harus membersihkan litter box (bak pasir), ada baiknya pakai sarung tangan.
3. Batasi kegiatan berkebun, karena berpotensi kontak dengan feces atau kotoran kucing.
4. Jika makan sayur atau buah, cuci dengan bersih.
5. Toxo juga berpotensi menular melalui daging yang dimasak mentah atau setengah matang. Jika mengolah daging, pastikan dimasak matang.
6. Pastikan kucing mbak Anggi juga terjaga kebersihannya.

πŸ”·πŸ”·πŸ”·πŸŒŸπŸŒŸπŸŒŸπŸ”·πŸ”·πŸ”·
 πŸ’˜CLoSiNG STaTeMeNTπŸ’˜

Memiliki hewan peliharaan di rumah memang bisa menghilangkan stress.  Rasa lelah setelah seharian beraktifitas akan lenyap jika sudah bermain dengan hewan peliharaan.

Hanya saja, sebagian masyarakat tidak suka memelihara hewan, karena merasa repot dan belum mengetahui bagaimana cara  tepat mengurusnya.
Tak kenal, maka tak sayang.

Kenali hewan peliharaan kita, semakin mengenalnya, semakin tumbuh rasa sayang kita terhadap makhluk ciptaan-Nya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar