Sabtu, 23 Juni 2018

TUMOR OTAK



OLeh   : dr.Fendi F.G.,Sp.BS

         💎M a T e R i💎

Assalamualaikum wr.wb..
Alhamdulilah kita bisa bertemu lagi dalam kajian sore ini, segala puji bagi Allah yang selalu memberikan kesehatan, kesempatan untuk bisa hadir dalam kajian ini, semoga bisa memberikan manfaat.. aaaminnn.
Kajian sore ini tentang tumor otak

💎Tumor Otak

Tumor bisa menyerang ke bagian mana saja dalam tubuh manusia. Termasuk otak, organ terpenting yang berfungsi sebagai pusat pengendalian tubuh kita. Kenali gejalanya sebelum terlambat.

✔Tumor otak adalah jaringan abnormal yang timbul akibat pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam otak. Ada banyak jenis tumor otak, beberapa di antaranya bersifat jinak dan ganas. “Sel tumor bisa berasal dari jaringan sel otak primer. Bisa juga berasal dari tumor ganas di bagian tubuh lain yang menyebar ke otak atau yang disebut dengan tumor metastatis,”

✔Ada dua jenis tumor otak, yaitu primer dan sekunder.

◼Tumor otak primer berasal dari jaringan otak itu sendiri atau jaringan yang ada di dekatnya. Misalnya, selaput pembungkus otak saraf dan kelenjar pituitary.
Tumor otak primer mulai timbul ketika sel normal mengalami perubahan pada DNA sel (proses mutasi). “Mutasi ini mengakibatkan sel terus tumbuh tidak terkontrol dan membelah diri dengan cepat dan akan tetap hidup disaat sel normal seharusnya sudah mati. Akibat dari proses ini akan terbentuk jaringan sel abnormal yang tumbuh tidak terkontrol, yang kemudian akan menjadi tumor,”.

◼Sedangkan tumor otak sekunder atau tumor otak metastatic, adalah tumor otak yang berasal dari kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang kemudian menyebar ke dalam otak. “Tumor tipe ini sering muncul pada orang dengan riwayat kanker,”.
Namun kadang kala, tumor otak metastase ini dapat timbul sebagai gejala pertama. Tumor otak metastasis lebih sering terjadi dibanding jenis tumor otak primer. Banyak kanker yang dapat menyebar ke otak. Yang paling sering terjadi berasal dari tumor payudara, tumor usus besar, tumor ginjal, tumor paru, dan melanoma.

✔Faktor apa yang menyebabkan seseorang rentan terhadap kanker otak.
“Ada tiga faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengidap kanker otak. Faktor usia, faktor paparan radiasi, dan faktor riwayat keluarga,”

◼Pada faktor usia, risiko tumor otak akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Tumor otak paling sering pada orang usia lanjut karena ada perubahan sifat di dalam otak. Namun beberapa jenis tumor otak lainnya hanya muncul pada anak-anak.

◼Faktor paparan radiasi. Orang orang yang terkena paparan radiasi jenis ionizing radiation akan memiliki risiko lebih besar terjadi tumor otak. Seperti pasien yang menjalani terapi radiasi atau orang yang tinggal di daerah yang terkena radiasi nuklir.

◼Faktor riwayat keluarga. Ada jenis tumor otak tertentu yang muncul pada orang dengan riwayat keluarga mengidap tumor otak atau mengalami kelainan sindroma genetik.

✔Gejala tumor otak yang sering dirasakan adalah:
🔹Nyeri kepala yang makin lama makin sering dan makin memberat,
🔹Mual dan muntah yang tidak diketahui sebabnya.
🔹Gangguan penglihatan (pandangan kabur, penglihatan ganda, atau penyempitan luas pandang mata).
🔹“Bisa juga gangguan rasa tebal atau terjadi penurunan keuatan otot pada lengan atas atau kaki. Gangguan bicara dan keseimbangan,”.

✔Gejala yang lain adalah:
➖Gangguan konsentrasi dan kebingungan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Perubahan kepribadian dan perilaku.
➖Kejang, terutama jika sering terjadi pada seseorang tanpa ada riwayat kejang sebelumnya, serta
➖Gangguan pendengaran.
“Jadi gejala ini muncul seseuai dengan bagian otak yang terdapat tumor,”

Jika Anda mengalami gejala seperti ini, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan beberapa langkah. Seperti memeriksa kondisi saraf, pemeriksaan imaging/ radiologi, pemeriksaan ada atau tidaknya kanker sebelumnya, dan pemeriksaan jaringan abnormal.

Pemeriksaan kondisi saraf termasuk pemeriksaan fungsi penglihatan, pendengaran, keseimbangan, koordinasi dan reflek tubuh. Adanya kelainan dapat menjadi petunjuk tentang bagian otak mana yang terkena tumor otak.

Pemeriksaan imaging atau radiologi akan menggunakan CT scan dan magnetic resonance imagung (MRI). Dengan cara ini dapat lebih membantu dokter mengevaluasi tumor dan rencana terapi yang akan dilakukan.

✔Pemeriksaan kanker. Jika tumor diduga dari kanker di tempat lain pada tubuh pasien, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan dari mana kanker tersebut berasal. Contoh prosedur CT Scan pada dada untuk mencari adanya tumor paru.

Pemeriksaan jaringan abnormal dengan cara pengambilan dan pemeriksaan contoh jaringan dilakukan sebagai bagian dari prosedur pengambilan tumor. Tindakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan jarum (prosedur biopsi). “Dokter akan memeriksa jaringan dengan mikroskop dan untuk mengetahui kanker jinak atau ganas. Ini untuk menentukan langkah pemeriksaan selanjutnya,”.

✔Penatalaksanaan Tumor Otak
Faktor-faktor Prognostik sebagai Pertimbangan Penatalaksanaan
1.      Usia
2.      Kondisi pasien
3.      Ukuran Tumor
4.      Lokasi Tumor
5.      Jenis Tumor

Untuk tumor otak ada tiga metode utama yang digunakan dalam penatalaksaannya, yaitu:

a. Surgery
Pembedahan merupakan pilihan utama untuk mengangkat tumor. Pembedahan pada tumor otak bertujuan utama untuk melakukan dekompresi dengan cara mereduksi efek massa sebagai upaya menyelamatkan nyawa serta memperoleh efek paliasi. Dengan pengambilan massa tumor sebanyak mungkin diharapkan pula jaringan hipoksik akan terikut serta sehingga akan diperoleh efek radiasi yang optimal. Diperolehnya banyak jaringan tumor akan memudahkan evaluasi histopatologik, sehingga diagnosis patologi anatomi diharapkan akan menjadi lebih sempurna. Namun pada tindakan pengangkatan tumor jarang sekali menghilangkan gejala-gelaja yang ada pada penderita.
                       
b. Radiotherapy
Radioterapi merupakan salah satu modalitas penting dalam penatalaksanaan proses keganasan. Berbagai penelitian klinis telah membuktikan bahwa modalitas terapi pembedahan akan memberikan hasil yang lebih optimal jika diberikan kombinasi terapi dengan kemoterapi dan radioterapi. Sebagian besar tumor otak bersifat radioresponsif (moderately sensitive), sehingga pada tumor dengan ukuran terbatas pemberian dosis tinggi radiasi diharapkan dapat mengeradikasi semua sel tumor. Namun demikian pemberian dosis ini dibatasi oleh toleransi jaringan sehat disekitarnya. Semakin dikit jaringan sehat yang terkena maka makin tinggi dosis yang diberikan. Guna menyiasati hal ini maka diperlukan metode serta teknik pemberian radiasi dengan tingkat presisi yang tinggi.

c. Chemotherapy
Pada kemoterapi dapat menggunakan powerfull drugs, bisa menggunakan satu atau dikombinasikan. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk membunuh sel tumor pada pasien Diberikan secara oral, IV, atau bisa juga secara shunt. Tindakan ini diberikan dalam siklus, satu siklus terdiri dari treatment intensif dalam waktu yang singkat, diikuti waktu istirahat dan pemulihan.

Demikian sedikit Materi kita sore ini.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Resti
Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.
1. Apa beda tumor otak dengan tumor yang lainnya ?

2. Apakah penyakit tumor ini bisa menular kepada kerabat terdekat?

3. Pak dokter penyakit graves eseanse itu masuk ke jenis tumor kah?

4. Apa yang terjadi jika orang yang terkena tumor tidak pernah berobat?

🌷 Jawab
Terima kasih pertanyaannya:
1. Tumor otak secara definisi sudah dijelaskan di diatas, bedanya dengan tumor lain yaitu pertama dari lokasi, pasti di otak dan dapat merupakan penyebaran dari tumor lain.

2. Tumor tidak dapat menular.

3. Apakah yang dimaksud grave diseases, grave merupakan gangguan dari sistem imun yang dapat menjadi hipertiroidisme yaitu berlebihnya hormon tyroid dengan pengobatan bahkan bisa pembedahan.

4. Jika sudah tau ada tumor maka tumor semakin membesar dan resiko operasinya juga bertambah besar.

0⃣2⃣ Astri
1. Apa bedanya kanker dan tumor ganas?

2. Apa penyebab dan ciri-ciri tumor otak pada anak?

3. Anak saya usia 2 tahun 3 bulan, kata orang-orang kepalanya besar. Saya ukur lingkar kepalanya 50,5cm. Apa itu normal dok?

🌷Jawab:
1. Tumor ganas adalah kanker.

2. Gejala tumor otak pada anak dan dewasa secara umum sama, tergantung lokasi juga.

3. Termasuk besar, apakah ada gejala lain selain kepala yang membesar?

🌴Gejala lain misalnya seperti apa dok? Alhamdulillah kalau dilihat di luar dia sehat..

🌷Gangguan kesadaran, sering nyeri kepala tanpa sebab, kejang, gangguan keseimbangan, gejala muntah-muntah yang sering tanpa ada penyebabnya, pandangan kabur, dan lain-lain.

🌴Gangguan kesadaran, kejang, muntah, tidak pernah dok.
Kalau pandangan mata kabur & nyeri di kepala, dia belum bisa bilang.
Gangguan keseimbangan memang kalau jalan suka keserimpet begit,  memang kaki kanannya ada riwayat CTEV, tapi sudah operasi.

🌷 Apakah sudah pernah ct scan?

🌴Belum pernah dok..
Salah satu ciri tumor pada anak juga ya dok kepala yang besar?

🌷 Kepala membesar pada anak karena bawaan dan didapat, kalau yang didapat bisa karena tumor yang mengakibatkan sumbatan sehingga membesar, lebih baik diperiksakan ke dokter.

🌴iya dok, insyaa Allah nanti dibawa ke dokter anak dulu ya dok.

🌷Iya bu, mudah-mudahan anaknya tetap sehat, aaaminnn

🌴Aamiin Allahumma aamiin, jazakallah khayran dok.

0⃣3⃣ Tian
Dua minggu yang lalu anak saya operasi pengangkatan tumor mammae.
Dan setelah pemeriksaan lab menjelaskan bahwa tumor itu jinak.
Pertanyaan saya dok,
Adakah kemungkinan tumor itu ada kembali?

🌷Jawab:
Pada kasus-kasus tumor jinak jika operasi sudah total persentasi untuk tumbuh memang lebih kecil, tergantung juga faktor resikonya.

0⃣4⃣ Eyang Jenni
Saya sudah operasi berulang kali dok, saya sudah histerektomi total lalu juga di usus dan selangkangan ada tumor besar sampai mendesak ususnya, di telapak tangan kanan saya juga ada tumor sampai jarinya tidak bisa digerakkan lalu operasi. Namun dalam bulan agustus 2015 saya operasi tumor payudara sebelah kanan di rs dharmais dok, waktu mau operaai dokternya bilang kalau nanti payudaranya di angkat semua apakah siap, karena ini maligna, begitu kata dokternya?
Saya bilang ambil yang terbaik saja dok, lalu setelah operasi ada sekepal tangan suami saya yang di angkat tapi tidak semua payudara diangkat jadi sekarang lebih kecil, tidak sama lagi dengan yang kiri, nah sekarang sering sakit sekali sampai ke putingnya dan kalau sakit saya tidak tahan lalu bekas jahitannya ada benjol-benjol kecil-kecil seujung kelingking keras dan saki nya dari situ ke arah puting terus ke ketiak.
Pertanyaan saya apakah itu dok?

Anak saya kebetulan baru lulus dokter umum, menyarankan saya kontrol walau belum waktunya, menurut dokter bagaimana? saya belum kontrol, jatuh temponya kontrol bulan Juli dok .
Terimakasih dok dan maaf nulisnya panjang.

🌷 Jawab:
Pertama-tama untuk operasi kasus tumor ganas memang tindakan yang tepat dengan reseksi yang radikal dalam artian diangkat semuanya dan seluas-luasnya serta kelenjar-kelenjar yang disekitarnya, jika benjolan setelah operasi yang muncul pada bekas jahitan bisa juga keloid, biasanya tidak membesar tapi jika benjolan dirasakan semakin membesar lebih baik kontrol untuk memastikan itu bukan tumor yang tumbuh lagi.

🌴Jazakallah khoir dok atas jawabannya.
Satu pertanyaan lagi dok, Apakah keloid bisa tumbuh sampai ke dalam payudaranya dok?

🌷 Tidak bisa bu.

🌴Baik dok jazakallah khoir atas semua penjelasan dokter.


Wassalamu'alaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar