Sabtu, 23 Juni 2018

K O N S U L T A S I ๐ŸŒ๐Ÿ”น(CLaSS KeSPRo WUS)



Ahad, 01 April 2018
Notulensi : ReNi
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Erika
dokter Lilis,

Dok, mengapa kalau bentol (baik karena gigitan serangga atau alergi) itu rata dengan kulit? Kemudian hilangnya pun cukup lama, mulai dari warnanya merah muda sampai merah tua kemudian seperti bekas luka baru hilang. Tetap ada rasa gatal tapi tidak menonjol dan mudah hilang seperti bentol pada umumnya.

๐Ÿ’ŠJawab:
Mbak maaf saya agak bingung.
Maksudnya bentol tapi tidak menonjol yang rata dengan kulit ya?
Lebih merah dan hilangnya lebih lama daripada bentol yang menonjol?

Prinsipnya alergi dan gigitan serangga adalah salah satu trauma pada kulit. Sehingga menimbulkan reaksi radang. Ada yang membentuk benjolan dan ada yang rata saja tapi lebih merah.
Reaksi radang itu menimbulkan reaksi calor atau panas dan gatal, dolor atau nyeri, rubor atau kemerahan dan kalau traumanya hebat menimbulkan functio laesa atau gangguan fungsi organ.

Pada yang rata biasanya lebih merah artinya perdarahan bawah kulitnya lebih banyak sehingga hilangnya menunggu rembesan darahnya terserap lebih lama.

0⃣2⃣ Astri
Bidan Nisa

1. Saya baru melahirkan, sekarang hari ke 7. Tapi kenapa ya bu kaki dan telapak dangan saya sering bengkak, terus kalau udah bengkak begitu muncul bentol-bentol seperti biduran. Padahal saya tidak makan makanan pemicu alergi?

2. Apa betul setelah melahirkan tidak boleh kedinginan dan tidur di bawah? Soalnya rasanya badan panas terus bu, Pengennya tidak pakai baju tertutup semua dan tidur di bawah?

3. Terakhir, posisi yang boleh untuk tidur setelah melahirkan? Kemarin saya tidur siang dengan posisi miring separuh tengkurap, pas bangun muka saya bengkak sebelah. Apa betul karena posisi tidurnya salah?

Syukron

๐Ÿ’ŠJawab:
1. Penyebab tangan, kaki bengkak karena = Peningkatan cairan tubuh saat hamil. Rahim yang semakin membesar menekan pembuluh vena di kaki sehingga aliran darah balik dari bagian bawah tubuh terhambat. Dan setelah melahirkan, rahim mendorong darah kebagian bawah tubuh. Disamping itu, ligamen atau jaringan ikat pada seluruh tubuh menjadi lebih longgar sehingga  kaki jadi membesar.

▶Tangan dan Kaki bengkak setelah melahirkan akan kembali normal dalam beberapa hari, Karena ginjal harus bekerja ekstra untuk mengeluarkan cairan berlebih melalui urin dan keringat, sehingga ibu nifas dianjurkan tidak menahan BAK.

▶Jangan menggunakan gurita, korset, stagen terlalu ketat atau kencang.

▶Mengurangi resiko bengkak, bisa juga dengan melakukan diet sehat yaitu :
1) Makanan protein rendah lemak, seperti daging, telur, dan kacang.

2) Mengonsumsi lima porsi sayur dan buah tiap hari.

3) Kurangi konsumsi garam, gula, dan lemak.

4) Perbanyak konsumsi air mineral untuk membantu ginjal mengeluarkan kelebihan cairan.

5) Konsumsi beberapa makanan yang kaya akan vitamin C dan E, seperti jeruk, brokoli, kubis, tomat, dan kacang almond.

6) Batasi konsumsi makanan kemasan yang biasanya mengandung tinggi garam dan zat tambahan.

7) Hindari merokok.

***sebenarnya tidak ada hubungan antara bengkak di tungkai dengan keluhan gatal-biduran bunda astri.

Biduran = penyakit alergi sistemik pada kulit berupa bentol-bentol kemerahan, terasa gatal pada hampir seluruh tubuh. Rasa gatal ini timbul karena produksi histamin yang dihasilkan akibat paparan faktor pencetus, yaitu seperti =
kontak dengan lateks atau bulu binatang, makanan tertentu seperti makanan laut, coklat, gandum, telur, susu, kacang-kacangan, zat tambahan dalam makanan seperti pengawet, pemanis, pengental, pewarna, penyedap rasa, cuaca dingin atau panas, efek samping obat-obatan tertentu, gigitan serangga, infeksi seperti hepatitis, stres, dan sebagainya.

2. Sebenarnya boleh saja yang penting tidak ada keluhan apapun setelahnya.

Namun sepertinya, keluhan biduran yang bunda astri alami dikarenakan kedinginan dan atau tidur dibawah. Silahkan dievaluasi kembali ya bun.

3. terserah mana yang dirasakan oleh bunda astri nyaman, misalnya terlentang atau baring kanan atau kiri. Asalkan tidak tengkurap.

Tidak ada posisi tidur khusus bagi ibu setelah melahirkan.

Jika pas bangun wajah bunda bengkak sebelah (yaitu pada bagian yang tertekan saat tidur miring separuh tengkurap), berarti bisa jadi posisi tidurnya salah.

Diriwayatkan Thakhfah Al-Ghifari RA, salah seorang sahabat Nabi yang tinggal di Masjid Nabawi berkata, "Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi tengkurap. Lalu berkata: “Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah.” Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka akupun kemudian bangkit." (HR. Al-Bukhari)

Dalam hadits lain, dari Abu Dzar RA. Ia berkata, "Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di sisiku sementara aku sedang tidur tengkurap, dan beliau bersabda: ‘Wahai Junaidab, sesungguhnya tidur seperti ini adalah tidurnya penghuni neraka’." (HR. Ibnu Majah, no. 3724)

Wallaahu a'lam bisshowab

0⃣3⃣ Annisa
dokter Valleria,

1. Anti Tokso igg negatif (0)
- Anti Tokso igm negatif (0.05)

- Anti Rubella igg positif (49)
- Anti Rubella igm negatif (0.13)

- Anti CMV igg positif (8)
- Anti CMV igm negatif (0.17)

- Anti HSV II igg non reactive 0.02
- Anti HSV II igm non reactive 0.15

Maksudnya bagaimana ya dok? Apa saya positif virus tersebut?

2. Kehamilan saya 2 bulan jalan 3 bulan dan sebelumnya tidak mual dan bisa beraktifitas mengurus anak tapi sekarang jadi mual, dan mudah sekali capek maunya tiduran aja. Kalau minum air putih kurang karena mual sekali, makan pun juga begitu padahal sudah di paksa. Adakah tipsnya dok agar mualnya hilang, mungkin obat penghilang mual begitu dok?

3. Dok, adakah pengganti susu ibu hamil?

๐Ÿ’ŠJawab:
1. Normal saja.

2. Coba minum wedang jahe.
Untuk obat, yang kasih harus dokter yang memeriksa ibu langsung agar obatnya lebih pas.

3. Emang ada susu khusus ibu hamil? Yang namanya susu untuk makanan ya susu segar atau yoghurt. Siapa yang mengharuskan ibu minum susu ibu hamil?

๐Ÿ’ŽJadi tidak harus minum susu ibu hamil ya dok?

๐Ÿ’ŠHahaha...itu mah iklaaaaaan
Yang disarankan itu ya minum susu (segar) atau yoghurt.

๐Ÿ’ŽBegitu ya dok,
Berarti masyarakat banyak yang tidak paham dan tertipu oleh iklan ya dok.

๐Ÿ’ŠIklan ya begitu,
Susu bumil itu kan suplemen makanan aja.

๐Ÿ’ŽTermasuk susu juga untuk ibu menyusui ya dok

๐Ÿ’ŠIya, sama dengan suplemen.

๐Ÿ’ŽNa'am dok Jazakilah

0⃣4⃣ Ruri
dokter Barry,

1. Dokter kalau bayi ada lip tie apa harus di frenektomi? Dampak kedepannya apa nanti dok kalau tidak di lakukan tindakan?

2. Dokter kalau bayi 3 bulan full ASI, tapi alergi prohew.
Jadi kalau mau memenuhi protein selain dari pronab darimana ya dokter?

Syukron.

๐Ÿ’ŠJawab:
1. Lip tie ataupun tongue tie hanya dan hanya dilakukan frenektomi jika ada masalah dalam pemberian makan, itupun jika tidak ada masalah yang lain.

2. Mungkin maksudnya alergi susu sapi. Jika benar ada masalah alergi susu sapi, tinggal ibunya saja yang pantang susu dan makanan yang terdapat produk susu sapi.

0⃣5⃣ Laila
Mba Rifa,

Minta tips bagaimana menaikkan berat badan,  BB saya hanya 42 kg, untuk ideal kurang 10 kg lagi, padahal sekarang sedang hamil,  tapi tetap stabil diangka tersebut!

Trimakasih mba Rifa.

๐Ÿ’ŠJawab:
Mba Laila sholehah, pada periode kehamilan, Ibu dituntut untuk meningkatkan asupan makannya per trimester.

Apakah asupan harian Mba Laila sudah terpenuhi?
Jika ternyata sudah,  apakah bahan makanan yang dipilih adalah makanan dengan densitas energi sedang dan tinggi?
Terkadang kita tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Asal kenyang selesai. Padahal tidak demikian. Pemilihan makanan yang sesuai sangat mempengaruhi pertambahan BB dan pertumbuhan janin.

Seandainya kedua pertanyaan di atas sudah terpenuhi, namun BB tetap tidak berubah bisa jadi memang tingginya metabolisme tubuh dan aktivitas fisik dari seseorang. Semakin tinggi aktivitas artinya kebutuhan energinya harus ditambah juga.

Selain itu bisa ditambah dengan konsumsi susu atau suplemen ya Mba,  untuk melengkapi kebutuhan hariannya.

Tambahan mba,  kalau ada ahli gizi terdekat atau RS nya bisa minta dibuatkan menu untuk diet TKTP (Tinggi KH,  Tinggi Protein).

๐Ÿ’Ž Saya setiap kali makan memang sedikit nasinya,  banyak sayurnya, apakah hal tersebut juga berpengaruh terhadap kurangnya berat badan?
Sudah minum susu juga. Jadi menunya bagaimana ya mba? Dari sebelum menikah sampai sekarang hamil keempat BB masih sama tidak naik tidak turun, pengen lebih berisi.

๐Ÿ’Š Wah wah mba Laila diet yah. Porsi makanan pokok itu tetap harus sesuai mba, 3-8 porsi sehari 1 porsi sekitar 100 gr nasi.  Apalagi untuk Bumil. Banyak sayur buah itu baik,  tapi untuk Bumil disarankan menu Tinggi KH tinggi Protein.
Alhamdulillah  berarti konsisten langsingnya.  Sama seperti saya mba kita syukuri saja mba,  yang penting sehat dan debay lahir dengan BB normal. Tentang penyusunan menu lebih baik konsul dengan ahli gizi tempat mba Laila periksa. Karena dalam menyusunnya banyak faktor yang harus diketahui seperti usia,  TB,  BB, tingkat aktivitas, tingkat stres, kebiasaan makan,  riwayat penyakit makanan pantangan dan lain-lain.

0⃣6⃣ Wida
dokter Barry,

Maaf dokter, saat ini anak saya panas dan radang amandel.
Sebenarnya pemicu dari radang amandel itu apa dokter? Dan selain minum obat apa yang harus saya lakukan supaya anak saya segera sembuh?
Adakah pantangan makanan bagi anak-anak supaya tidak terkena radang amandel,
karena anak saya yang pertama juga begitu!

Terimakasih dokter.

๐Ÿ’ŠJawab:
Radang pada amandel bisa karena makanan, minuman ataupun infeksi. Tapi jika terdapat infeksi  biasanya disertai dengan keluhan demam.

Menghindarinya tinggal menghindari makanan atau minuman atau hal-hal yang bisa menyebabkan peradangan itu sendiri.

๐Ÿ’Ž Terimakasih dokter.
Kalau boleh tahu makanan dan minuman yang bagaimana yang bisa memicu terjadinya radang amandel?

๐Ÿ’ŠMiinuman dingin serta makanan yang terlalu spicy atau banyak penyedapnya.

0⃣7⃣Rini
dokter Lilis,

Assalamualaikum Bu dokter, saya 5 thn yang lalu pernah operasi appendix.
Yang saya ingin tanyakan,
1. Apakah appendix itu setelah operasi bisa kambuh kembali dan harus dioperasi lagi?

2. Bagaimana cara mengatasi vertigo agar tidak sering kambuh?Karena saya kalau darah terlalu rendah vertigo ikut kambuh pusing muter muter dan muntah-muntah..tekanan darah sy 80/60 vertigo kadang sudah kambuh!

Terimakasih atas jawabannya dr. Lilis

๐Ÿ’ŠJawab :
1. Appendix kalau radang dan sudah dioperasi tidak akan kambuh karena apendixnya sudah diangkat.

2. Kenali penyebab kambuhnya vertigo. Ada yg kalau kurang tidur kambuh, ada yang stress atau kelelahan dan ada juga karena kelainan di dalam telinga.
Kalau sudah dikenali maka dimanage faktor penyebabnya.
Cukup tidur, kurangi kopi, manage stress dan lain-lain.

0⃣8⃣ iTsna
dokter Lilis,

Dokter, saya mau tanya, akhir-akhir ini badan saya gatal-gatal di area pundak tangan dan leher
pernah saya periksa, katamya itu jamur dok.
Waktu obatnya sudah habis, gatal-gatalnya belum sembuh & malah melebar.
Ada saran apa yang harus saya lakukan dok?
Mungkin ada cara alami untuk mengatasinya!

๐Ÿ’ŠJawab:
Ini sudah dari dokter kulit ya mbak?
Gatal pada kulit biasanya jamur atau eksim atau dermatitis.
Kalau penyebabnya jamur diberi obat eksim malah akan melebar.
Kalau eksim diobati anti jamur tidak akan sembuh.
Tapi kalau sudah jelas jamur dan diobati belum sembuh sebaiknya kontrol kembali ke dokter yang kemaren kasih obat.
Supaya cepat kering sebaiknya perhatikan kondisi kulit dan pakaian. Hindari keringat berlebihan, pakai pakaian yang menyerap keringat.
Pakai sabun yang ada antiseptiknya seperti sabun yang mengandung sulfur atau antisrptik.

0⃣9⃣ Astri
dokter Barry,

Dok kenapa anak saya yang baru lahir bruntus begitu ya dimukanya? Penyebab dan cara mengobatinya bagaimana ya dok?

๐Ÿ’ŠJawab:
Bruntusan pada wajah  biasanya karena iritasi yang terjadi karena wajah sering sekali lembab basah karena keringat ataupun susu atau ASI.

Cara menghindarinya adalah menjaga agar jangan sampai daerah wajah lembab . Caranya dengan secara berkala melap wajah dan sekitarnya dengan kain basah dan kemudian kain yang kering. Agar sisa-sisa keringat atau susu  bisa terangkat dengan baik. Dan sebaiknya tidak membersihkan wajah dengan tissue.

1⃣0⃣ Ratu
drg. Selly,

Dok kenapa tiap gigi geraham atas kena (menempel) ke gigi geraham bawah, itu suka terasa nyeri atau ngilu. (sudah berlangsung 1 bulan lebih).
Padahal gigi tidak berlubang & tidak tumbuh gigi baru.

Ada solusi untuk menghilangkan nyerinya tidak dok?

๐Ÿ’ŠJawab:
Penyebabnya bisa banyak.
Untuk lebih pastinya harus di cek rongga mulutnya. Bisa karena giginya turun, ada karang gigi, gigi tumbuhnya salah arah, dan lain-lain.

1⃣1⃣ Astri
Mba Rifa,

Mba, apa betul makan sayuran yang pahit pahit bagus untuk ibu habis melahirkan & menyusui? Seperti daun pepaya dan pare, kalau betul apa khasiatnya ya mba?

๐Ÿ’ŠJawab:
Iya Mba Astri,  berdasarkan studi empiris daun pare bisa mngktkatkan atau memperlancar ASI,  namun apakah karena efek dari kandungannya atau perkembangan dari kelenjar mamae nya yang belum saya ketahui penelitian lanjutannya.

1⃣2⃣ Dede
dokter Barry,

Saya punya keponakan sekarang berumur 4 bulan. Semenjak  lahir dibagian pundak sebelah kanan ada semacam benjolan seperti darah dan sekarang  benjolannya semakin melebar atau membesar
Itu termasuk apa ya dokter? Berbahaya atau tidak? Serta penanganannya seperti apa?
Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

๐Ÿ’ŠJawab:
Terus terang harus melihat langsung ya, baru bisa menjelaskan. Sebaiknya sih ke dokter terdekat untuk diperiksa.

^^^_^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
➖➖➖
๐ŸŒทbkc๐ŸŒท
==========
Join With Us:
๐Ÿ’˜FB ~ PeRiNDu SuRGa
https://www.facebook.com/groups/1770635569850310
๐Ÿ’˜Telegram
https://t.me/triobsperindusurga
๐Ÿ’˜Blog
http://triobshdw.blogspot.co.id
๐Ÿ’˜IG
https://www.instagram.com/triobsperindusurga
๐Ÿ’˜YouTube ~ Trio BS HDW
https://www.youtube.com/channel/UCMqJP7Gmwf9nDo_vDbBT3NQ

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐Ÿ’ซhdw๐Ÿ’ซ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar