Jumat, 22 Juni 2018

KEHAMILAN RESIKO TINGGI



OLeh   : dr. Valleria, Sp.OG.

           💎M a T e R i💎

Materi yang saya tuliskan berikut ini sifatnya hanya pengantar saja. Lebih detail nanti pada sesi tanya jawab saja ya

Kehamilan risiko tinggi secara sederhana didefinisikan sebagai kehamilan yang disertai penyakit baik sebelum hamil, saat hamil, persalinan atau nifas.

Hamil, walaupun adalah sesuatu yang alamiah, tetap mempunyai risiko. Berdasarkan hal ini maka ada kategori hamil risiko tinggi dan risiko rendah.

Bagaimana mengetahui bahwa kehamilan kita termasuk kelompok yang mana? Dengan cara memeriksakan kehamilan secara teratur.

Contoh kondisi yang merupakan kehamilan risiko tinggi:
- bumil dengan hipertensi
- bumil dengan diabetes (penyakit gula)
- bumil dengan riwayat SC sebelumnya
- bumil dengan anemia berat
- bumil yang terlalu kurus atau terlalu gemuk

Pengantarnya sampai di sini dulu, silahkan moderator untuk membuka forum diskusi.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Astri
Assalamu'alaikum bu dokter

Saat ini saya hamil anak kedua. Pada kehamilan pertama tidak ada keluhan apa-apa, hanya mual-mual seperti ibu hamil pada umumnya dan anak pertama lahir secara normal.
Tapi pada kehamilan kedua ini, di trimester pertama saya sering sakit dada sebelah kiri, dan suka sulit nafas. Saya sempat ke dokter spesialis penyakit dalam, saya diperiksa dengan EKG dan hasilnya jantung saya baik. Kemudian saya disuruh kembali untum cek lab, kemungkinan pengaruh hormon kehamilan katanya.
Tapi karena takut saya tidak balik lagi dok, hehe. Saya cuma mengurangi aktivitas, alhamdulillah perlahan sakit dan sesaknya hilang.
Sekarang saya hamil 37 week, dan beberapa hari lalu saya merasa sakit dada kiri lagi, seperti nyut-nyutan, tapi kalau saya istirahat (tiduran) sakitnya hilang.
Alhamdulillah sekarang sudah tidak terasa lagi.
Pertanyaannya, apakah hal tersebut berbahaya saat persalinan nanti dok? Apakah akan kambuh sakit dan sesaknya saat persalinan? Bisakah saya melahirkan secara normal?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam.
Sebaiknya dicari tahu sebabnya bu. Mungkin tidak bahaya untuk persalinan. Biasanya sih keluhan tersebut berkaitan dengan GERD (refluks asam lambung) atau radang empedu.

💎Oh iya dok, saya juga pas mual mual tidak masuk nasi dan beberapa kali muntah disertai darah, apa mungkin itu karena gangguan pada lambung tadi?

🌷iya, bisa jadi.

0⃣2⃣Kiki
Alhamdulillah,  usia kehamilan menginjak 28 minggu,  dari positif hamil tensi selalu tinggi 140/90,
Dahulu ada riwayat hipertensi, 

Apakah berbahaya bu dokter dan apakah bisa lahir normal?

Jazakillah khoir

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam bu Kiki.
Potensi bahaya ada JIKA TEKANAN DARAH TIDAK TERKONTROL. Melahirkan melalui vagina sih bisa saja asalkan tekanan darah terkontrol dan tidak ada komplikasi yang membahayakan ibu dan atau janin.

0⃣3⃣ Tia
Assalamu'alaikum ..
Bu dokter  saya hamil 21 week sudah semingguan ini beser Kalau habis buang air kecil di bawah perut berasa sakit..
itu kenapa ya dok?
Dan pinggang sering panas,,

🌷Jawab:
Bisa jadi ada infeksi saluran kemih. Silahkan memeriksakan diri ke dokter terdekat.

💎Tapi kalau tidak sering buang air kecil tidak kerasa sakitnya bu?

🌷Ya memang begitu

💎Untuk mengatasinya bagaimana Bu dokter?

🌷Diobati, bu

0⃣4⃣ Desi
Bu dokter saya sedang hamil kembar usia 28W, apa janin masih bisa berputar ke bawah? Karena yang 1 sungsang?

🌷Jawab:
Bisa.
Penetapan posisi janin dinilai di usia 38 minggu karena setelah 38 minggu posisinya sudah mantap, tidak berubah lagi.

💎Terima kasih Bu dokter. lalu kan rentan sekali sama yang namanya pre-eklampsia. Cara mencegahnya bagaimana? Alhamdulillah dua kali sudah cek urine selalu negatif urine proteinnya.

🌷Langkah pertama: medical check up dulu dengan periksa darah lengkap (termasuk test toleransi glukosa oral) dan urine lengkap. Silahkan untuk detailnya, ibu konsul ke obsgyn terdekat.

Apakah ada riwayat diabetes di keluarga kandung ibu?

💎Tidak ada Bu dokter, gula darah normal urine juga negatif Bu dokter. Cuma HB saja yang kemaren terakhir periksa turun jadi nilai 10.

🌷Cara periksa gula darahnya bagaimana? Berpuasa dulu? Setelah itu disuruh minum air gula?

💎Tidak disuruh  puasa Bu dokter.

🌷Gula darah tanpa puasa tidak valid untuk diagnosis diabetes. Saya curiga, kondisi ibu saat ini ada hubungannya dengan kondisi pre diabetes. Lebih baik dicek test toleransi glukosa oral saat awal hamil dan diulang di usia kehamilan 26-28 minggu.

💎Cek glukosa oral itu yang bagaimana Bu dokter?

🌷Ada cara khusus. Silahkan konsul ke dokter obgyn terdekat, ya. Nanti beliau akan kasih formulir untuk ke lab.

0⃣5⃣ Nesa
Dok, di perut atas di bawah payudara sebelah kanan saya suka sakit, hilang timbul. Itu kenapa ya dok ? Pengaruh tidur atau bagaimana dok ?

🌷Jawab:
Umumnya karena gangguan di lambung.

💎Gangguan yang bagaimana dok? Akibatnya akan seperti apa ya nanti dok?

🌷Gangguan itu ya penyakit, misalnya radang lambung atau radang saluran empedu.
Akibat terhadap janin?

💎Iya dok..

🌷Kalau radang lambung atau radang empedu lalu infeksi, bisa memicu persalinan prematur.

💎Bagaimana cara mengatasinya ya dok? Apa dengan minum obat dari dokter saja bisa? Apa tidak masalah?

🌷Pastikan dululah sebabnya. Baru bisa diketahui obatnya. Untuk mengetahui radang lambung atau radang empedu, kan harus ada pemeriksaan.

0⃣6⃣ iSty
Assalamu'alaikum
Bu Dokter...
Alhamdulillah kehamilan 30week, tapi tensi selalu rendah, berat badan pun naiknya tidak terlalu signifikan.
Berbahayakah dok?
Terus kalau bangun habis duduk, bagian pantat sebelah kanan suka nyeri, itu kenapa ya dok?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam.
Mohon info berat badan sebelum hamil, berat badan saat ini dan tinggi badan!

💎Berat badan sebelum hamil 43 kg, kemaren terakhir periksa 10 maret berat badan 47 kg, tinggi badan 155 cm.

🌷Keluhan tersebut bisa jadi karena ibu terlalu kurus. Silahkan ke dokter obgyn terdekat untuk dicari tahu sebabnya. Ditangani sesuai sebabnya.

0⃣7⃣ Aisyah
Assalamu'alaikum bu dok.
Ini kehamilan saya yang ke 5, (yang pertama cuma sampai 2 bulan- dikuret karena janin tidak berkembang), hamil kedua lahir baby boy berat badan 3,9 kg spontan, kedua baby boy BB 4,1 kg spontan, ketiga baby girl 2,75 kg spontan induksi 3x dan pre eklampsia. Sekarang saya hamil lagi (si kecil sekarang 3,5 th), usia kehamilan sekitar 7 minggu, usia saya masuk 41 tahun.
Awal-awal hamil saya flek terus dan sebelumnya juga pasca melahirkan baby girl mens saya sudah tidak seperti biasanya cuma flek atau sedikit darah, makanya awalnya saya pikir itu flek darah mens tapi cuma sehari saja keluarnya dan karena sudah lewat dari tanggal mens seharusnya maka saya tespek dan tenyata positif, tapi besok-besoknya masih flek sampai sekitar seminggu tersebut beberapa kali keluar flek lagi, kata dokter saya harus istirahat tapi bagaimana dengan aktifitas saya sehari-hari.

Pertanyaan saya apakah resikonya untuk ibu hamil dengan kondisi seperti saya, dan saya masih tetap bawa motor.

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam.
Apakah ibu pernah cek gula darah baik sebelum atau saat hamil ini?

💎Saya belum pernah cek gula darah dok.

🌷Cek dulu ada kemungkinan diabetes tidak. Tentang bawa motor, ya tidak masalah asalkan hati-hati, bawa sim dan pakai helm. hehehee....

💎Ooh gitu ya.
Tapi dokter Sp.OG kemarin tidak minta saya cek diabetes, apa harus kitanya yang request ya dok?

Tentang bawa motor...hehe alhamdulillah kalau aman.
Makasih banyak dok.

🌷Harusnya tidak perlu request, karena sudah ada standar bakunya. Kalau beliau belum sarankan; ibu bisa datang sendiri ke lab dan minta pemeriksaan test toleransi glukosa oral; sebelumnya ibu harus puasa dulu 12 jam (jangan lebih, jangan kurang)---puasa dalam artian tetap boleh minum air putih, selain air putih tidak boleh.

💎Oh begitu dok....
Terus kalau nanti hasilnya ada kemungkinan diabetes apa resikonya bagi saya dan janin dok?

🌷Banyak risikonya, termasuk pre eklampsia lagi.

💎Begitu ya dok. Ada tidak cara untuk mencegahnya dok?

🌷Nah, pertanyaan ibu kan intinya: apakah pre eklampsia bisa dicegah? Jawabnya, bisa jika ada faktor pemicunya. Apa itu? Salah satunya yang paling sering adalah terganggunya metabolisme gula darah (diabetes) yang sudah muncul sejak sebelum hamil.

Kondisi ibu yang menyebabkan saya curiga ada potensi diabetes (sehingga saya sarankan untuk dicek test toleransi glukosa oral) adalah:
- melahirkan bayi besar dan kecil (2 nilai ekstrim)
- riwayat keguguran
- riwayat preeklampsia (pada kehamilan kesekian)
- haid tidak teratur

Bisa jika diketahui faktor risiko atau penyakit yang mendasarinya, seperti penjelasan saya di atas.
Jika diketahui penyakit atau gangguan yang mendasarinya itu, ya segera dikendalikan atau diobati sesuai penyebab.

0⃣8⃣ Astri
Bu dokter, Qadarullah anak pertama saya, laki-laki lahir dengan kaki kanannya CTEV/club foot. Pertanyaanya adakah kemungkinan anak kedua saya terlahir dengan kondisi seperti itu? Kata dokter ortopedi anak saya, penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi kemungkinannya lebih besar pada anak laki-laki. Dan terjadi pada kaki sebelah kanan, adakah itu faktor genetik dok? Tapi di keluarga saya dan suami tidak ada riwayat demikian,
Mendekati persalinan, saya takut memikirkan hal tersebut, seperti ada trauma karena anak pertama mengalami demikian.

🌷Jawab:
CTEV sampai saat ini belum bisa dicegah, tapi bisa dikoreksi.

Kenapa trauma, bu?

💎Iya dok alhamdulillah sekarang anak pertama saya sudah normal kakinya dan bisa berjalan.
Trauma saja dok, takut yang kedua seperti itu lagi.
Karena pengobatannya cukup panjang dan kasihan anaknya, jadi takut dengan kondisi anak kedua nanti.

🌷Saya tidak punya obat untk rasa takut bu. Satu-satunya cara ya ikhlas saja, tawakkal saja. Kan belum bisa dicegah. Semua dari ALLAH dan pasti yang terbaik. Ingat-ingat saja ayat ini: Laqad khalaq nal insaana fii ahsani taqwiiim---sesungguhnya AKU ciptakan manusia dengan sebaik-baiknya bentuk.

0⃣9⃣ Tia
Saya kan kemaren tes laboratorium tapi HB non aktif tulisanya itu bagaimana ya???

🌷Jawab:
HB? Hepatitis B?

💎Hemoglobin Bu dok

🌷Hemoglobin non aktif? Baru tahu saya ada istilah itu.

💎Tdak tahu Bu. Perawatnya bilang begitu hemoglobin non aktif gitu makanya saya bingung bu.

🌷Hehehe...abaikan saja.
Yang kasih info juga tidak mengerti tentang informasi yang dia sampaikan.

💎Begitu ya bu...
Baiklah Bu syukran Bu maaf banyak pertanyaannya bu

🌷Afwan ya

1⃣0⃣ Laila
Bu dokter,  apakah ada obat atau vitamin tertentu yang bisa mengurangi mual awal kehamilan?
Karena kemarin waktu periksa saya hanya dikasih obat magh dan tidak ada pengaruhnya.

🌷Jawab:
Mual-muntah dalam kehamilan itu penyebabnya banyak faktor, baik yang kasat mata (terlihat atau bisa dicek) maupun yang tidak kasat mata seperti stress psikis. Karena itu penanganannya juga tidak instant.

Banyak penelitian yang menemukan ada hubungan yang bermakna antara kekurangan vitamin B6 dengan kejadian mual-muntah pada bumil.
Jadi, jika ibu tanya tentang vitamin, maka jawabannya adalah vitamin B6.
Tapi jika mual-muntah disebabkan oleh kondisi lain, maka suplementasi vitamin B6 ya tidak berpengaruh juga.

Jadi, yang sulit itu bukan mengobatinya, tetapi mencari sebabnya (karena penyebabnya tidak hanya 1 faktor). Pengobatan lebih mudah jika sebabnya sudah diketahui pasti.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Alhamdulillah..jazzaakummullah khayran atas atensi dari ibu-ibu shalihat yang bergabung di room BKC @Class Ibu Hamil ini. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan.
Semua kebenaran datangnya dari ALLAH SWT dan kesalahan adalah dari saya.
Semoga para bumil sholihah yang ada di sini sehat selalu.

Silahkan moderator menutup kajian kita dengan doa penutup majelis.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar