Sabtu, 23 Juni 2018

PERDARAHAN ANTE PARTUM



OLeh  : dr. Valleria, Sp.OG

          💎M a T e R i💎

Assalamu'alaikum ibu-ibu shalihaat

Insyaa ALLAH malam ini kita membahas tentang perdarahan pasca persalinan, yaitu perdarahan lebih dari 500 cc yang terjadi setelah proses persalinan atau lebih dari 1000 cc setelah operasi sesar. Perdarahan pasca persalinan masih menjadi penyebab utama kematian ibu.


PERDARAHAN, PENYEBAB NOMOR SATU KEMATIAN IBU INDONESIA

Selain Dewi Kunti yang melahirkan Adipati Karna melalui telinganya (tanpa kehilangan darah setetes pun), maka kujamin ibu-ibu lainnya pasti kehilangan sejumlah darah saat persalinan. Bahkan ada yang sudah kehilangan darah sejak di awal kehamilan (keguguran yang mengakibatkan perdarahan hebat, kehamilan ektopik pecah yang mengakibatkan perdarahan internal hebat), saat di tengah kehamilan (perdarahan antepartum akibat plasenta previa, atau placental abruption atau solusio plasenta), namun risiko perdarahan terbesar bagi kebanyakan ibu hamil justru terjadi saat atau setelah persalinan.

Walaupun Tuhan telah mengatur fisiologis tubuh perempuan untuk dapat beradaptasi dengan kehilangan sejumlah darah saat kehamilan dan persalinan, namun tanggung jawab manusia sendiri untuk menjaga jumlah darah yang hilang dari tubuhnya agar tak melewati batas kemampuan tubuhnya. Bila tidak, maka seperti gambar diagram di bawah, lebih dari sepertiga kematian ibu Indonesia disebabkan oleh perdarahan.

🔹Mari cegah kematian ibu karena perdarahan dengan hal-hal berikut ini :

1. Cegah dan atasi anemia dalam kehamilan
✔ Idealnya, periksa kadar hemoglobin di awal kehamilan, kemudian ulang di usia kehamilan 28 minggu, dan 34 minggu untuk menangkap anemia dan mengatasinya. Konsultasikan dengan Dokter bila kadar Hemoglobin dalam kehamilan kurang dari 11 g/dL.

✔ Bila tersedia dana dan fasilitas, ketahui golongan darah dan Rhesus, cari keluarga atau kerabat yang tinggal di sekitar dengan golongan darah sama, bila sewaktu-waktu butuh donor.

✔ Bila fasilitas memungkinkan, periksa darah apakah ada Thallasemia/Thallasemia trait, sickle cell, dan kelainan hemoglobin lainnya.

2. Pilih tempat bersalin yang aman, tergantung risiko yang dimiliki selama kehamilan.
Sebagai contoh, ibu hamil yang memiliki riwayat seksio sesarea sebelumnya harus bersalin di rumah sakit yang memiliki fasilitas operasi, tranfusi darah.

3. Manajemen aktif untuk melahirkan plasenta setelah bayi lahir, baik dengan injeksi oksitosin atau injeksi metilergometrin maleat (terbukti menurunkan risiko perdarahan pasca persalinan sampai 60%)

4. Perdarahan selama kehamilan adalah TIDAK NORMAL. Segera ke rumah sakit bila ada perdarahan dalam kehamilan.

#Mari selamatkan ibu Indonesia...!!!


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Puji
Maaf agak kurang nyambung sama materi, qadarullaah barusan habis BAK saya kepeleset dok, ak begitu sakit sih, tapi baiknya bagaimana untuk p3knya yah dok?

💎Jawab:
Selama jatuhnya tidak menyakiti tubuh ibu hamil, kemungkinan bayi dalam kandungan juga tidak mengalami masalah. Karena sebenarnya, tubuh ibu hamil sendiri sudah mempunyai sistem perlindungan yang baik dalam menjaga bayi dalam kandungan.

Cairan ketuban yang mengelilingi bayi berfungsi sebagai bantalan bagi bayi, begitu juga dengan otot-otot rahim yang kuat juga dapat membantu melindungi bayi dari benturan luar.

Namun jika bunda merada tidak nyaman dan sakit setelah jatuh, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, apalagi jika gerakan janin berkurang, mengalami perdarahan, atau kontraksi setelah jatuh.

0⃣2⃣ Sansan
Assalamualaikum dokter, saya lahiran normal, setelah lahiran disuruh BAK sama bidannya, tapi kenapa pas saya BAK susah sekali ya? Sekarang sudah bisa seperti biasa tetapi saya merasa tidak seperti dulu sebelum melahirkan, jadi sekarang kalau mau BAK agak susah untuk di tahan beberapa kali pernah mengompol tapi pas sudah di kamar mandi!

Terimakasih dokter

💎Jawab:
Wa'alaikumsalam.

Mungkin ada masalah di fungsi otot dasar panggul atau di persyarafan saluran kemih.
Saran: konsultasi ke dokter spesialis kandungan konsultan uroginekologi.

0⃣3⃣ Puji
Kalau kliktoris nya semakin sensitif itu kenapa ya dok?
Kok rasanya tidak nyaman juga, beda seperti sebelum lahiran?

💎Jawab:
Klitoris memang sensitif bu karena di sana banyak ujung syaraf dan pembuluh darah.

0⃣4⃣ Nisa
Beberapa kali menemukan kasus perdarahan post partum pada pasien saya dokter, biasanya terjadi pada pasien yang tidak pernah ANC di BPM saya dengan hipertensi yang datang dengan pembukaan servix sudah lengkap. Sebenarnya proses persalinan hingga kala 2 berlangsung lancar, namun setelah kelahiran plasenta barulah terjadi perdarahan, padahal tidak ada atonia uteri dan robekan jalan lahir.

Tindakan yang dilakukan adalah pemasangan infus dan nifedipin sambil persiapan rujukan.

Mohon petunjuknya dokter valeria, apakah sebenarnya yang harus dilakukan untuk mempercepat menghentikan perdarahannya hingga tiba di tempat rujukan.

Terimakasih dokter.

💎Jawab:
Rujuk pasien jika kondisi gawat darurat sudah tertangani dengan baik.

0⃣5⃣ Mitha
Dok pada kehamilan ke 4 Mitha sc, begitu juga kehamilan.ke 3 jarak anak 18 bulan, habis ceasar anak ke 4, setelah bayi diambil rahim tidak bisa mengerut dan terjadi pendarahan hebat, padahal sebelumnya normal semua, kata dokter sudah rahimnya tidak bentuk sempat di ICU juga, sampai sekarang belum tahu penyebabnya apa karena jarak kehamilan terlalu dekat?

💎Jawab:
Apa rahimnya diangkat?

🍓Iya dok,
Darah tidak berhenti seperti air mancur, Bayi sehat.

💎Berarti ada atonia uteri. Penyebab pasti tidak diketahui persis.

🍓Iyaa dok, dokter saya kejar juga bingung karena sebelumnya normal semua.

0⃣6⃣ Widy
Dok bagaimana caranya agar HB cepat naik?

💎Jawab:
Cari penyebabnya. Penyebab anemia itu banyak sekali:
- anemia defesiensi (besi, protein, asam folat)
- anemia hemolisis
- anemia krn penyakit kronis
- anemia aplastik  dan lain-lain.

Obat tergantung sebab.

🍓Bisa dijelaskan dok?

💎Anemia itu hanya gejala, bukan penyakit karena anemia itu bisa disebabkan oleh banyak penyakit.
Anemia adalah suatu kondisi di mana kadar Hb kurang dari 12 pada perempuan dewasa.
Mengobati anemia ya harus disesuaikan dengan penyebabnya.
Anemia karena defisiensi (kekurangan) zat besi obatnya adalah zat besi.

0⃣6⃣ iSty
Assalamu'alaikum dok...
Maaf keluar tema pertanyaannya.
Kehamilan sudah masuk hpl tapi belum ada tanda-tanda,menurut dokter mesti bagaimana?
Soalnya kata bidan saya tunggu seminggu dulu.

Jazakillah dok.

💎Jawab:
USG, cek air ketuban dan CTG untuk menilai cadangan oksigen pada janin.

0⃣7⃣ Santi
Saya mengalami pendarahan pasca melahirkan anak ketiga (kehamilan ke-4). Saat masuk usia kandungan 8 bulanan saya mngalami pre-eklampsi, karena dokter kuatir tensi saya makin naik maka dokter langsung menentukan jadwal lahiran tapi masih di usia 38 minggu, dokter sarankan sc tapi saya dan suami minta diusahakn normal dulu, dilakukan induksi hingga 3 kali akhirnya baby lahir setelah sekitar 12 jam dari induksi 1. Seketika bayi lahir tidak lama saya pendarahan, jadi saya belum sempat ketemu sama bayi saya langsung (tidak IMD). Seminggu pasca melahirkan saya pendarahan hebat di rumah dan langsung kerumah sakit, dan harus transfusi darah sampai 2 kantong.
Pertanyaan saya, setelah itu saya kalau haid darahnya dikit sekali dok, hampir tidak ada darah segar cuma coklat kemerahan di hari pertama dan kedua selanjutnya flek coklat berlendir dan sdikit, waktu haid cuma sekitar 5-7 hari baru benar-benar bersih, apa itu pengaruh dari kasus diatas dok?

💎Jawab:
Bisa, bahkan sampai berhenti haid, namanya  sheehan syndrome.

🍓Ooo... begitu... lalu efek nya apa nanti nya dok kalau saya haid begitu terus? Dan kalau sampai haid berenti sama sekali apa itu yang dinamakan menopouse?

💎Mungkin, bu. Lebih baik diperiksakan dulu agar bisa didapat data lebih akurat


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Persalinan adalah puncak jihad seorang wanita, karena itu perlu modal ilmu, harta dan kesiapan fisik.
Tidak ada jihad tanpa ilmu, harta dan kesiapan fisik.
Jihad tanpa ilmu, harta dan fisik di medan perang = bunuh diri.


Wassalamu'alaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar