Sabtu, 23 Juni 2018

GEJALA STROKE PERDARAHAN



OLeh   : dr. Fendi F.G., Sp.BS

           💎M a T e R i💎

💥Stroke Hemoragik – Definisi, Penyebab & Pengobatan Stroke Perdarahan Otak

Sebagian besar stroke disebabkan oleh penyumbatan dalam arteri yang menuju ke otak yang disebut stroke iskemik (non-hemoragik). Namun, sekitar 15% adalah karena pendarahan dalam atau di sekitar otak, ini disebut stroke hemoragik

🔹Definisi Stroke Hemoragik
Apa itu stroke hemoragik ?
Pengertian stroke hemoragik atau stroke perdarahan otak adalah stroke yang terjadi bila pasokan darah ke otak Anda terganggu akibat pembuluh darah pecah dan berdarah di dalam otak Anda, otak mengalami pendarahan dan darah menekan otak sehingga mengakibat gangguan di seluruh tubuh.

Sekitar 14 orang dari setiap 100 orang stroke mengalami stroke hemoragik. Kondisi ini kebanyakan mempengaruhi orang tua, tetapi dapat terjadi pada usia berapa pun. Gejala-gejala yang terjadi cenderung lebih parah daripada yang disebabkan oleh stroke iskemik.

🔹Jenis Stroke Hemoragik
Ada dua jenis utama stroke perdarahan, yaitu:

1. Perdarahan intraserebral: stroke disebabkan oleh pendarahan di dalam otak.

2. Perdarahan Subarachnoid: stroke disebabkan oleh pendarahan di permukaan otak dalam ruang subarachnoid

🔹Stroke Hemoragik Intraserebral
Ketika arteri di dalam otak pecah, ini disebut perdarahan intraserebral. Sekitar 10% dari semua stroke adalah jenis ini. Karena darah bocor keluar menuju ke jaringan otak pada tekanan tinggi, kerusakan yang disebabkan dapat lebih besar dibandingkan stroke karena penyumbatan.

🔹Stroke Hemoragik Subarachnoid
Jika darah yang dekat dengan permukaan otak pecah dan mengalami kebocoran masuk ke ruang subarachnoid, ini disebut subarachnoid haemorrhage (SAH). Jenis stroke ini menyumbang 5% dari semua stroke. Pendarahan subarachnoid adalah jenis stroke yang sangat serius dan sekitar 50% orang-orang yang mengalaminya tidak akan bertahan hidup.

🔹Gejala Perdarahan Intraserebral
Gejala stroke yang disebabkan oleh pendarahan di dalam otak adalah
kelemahan, mati rasa dan atau kesemutan pada satu sisi tubuh, kesulitan berbicara atau memahami, pusing, atau penglihatan kabur.
Gejala ini dapat disertai juga dengan gejala lain seperti sakit kepala parah tiba-tiba, perubahan kesadaran, muntah, leher kaku.

🔹Gejala Perdarahan Subarachnoid
Satu-satunya gejala yang sering kali terjadi tiba-tiba adalah sakit kepala yang parah. Hal ini kadang-kadang digambarkan seperti kepala dipukul dengan palu, sakit yang dirasakan tidak seperti apa yang pernah dialami sebelumnya. Gejala lainnya bisa saja terjadi kehilangan kesadaran, kejang, mual dan muntah, kepekaan terhadap cahaya, leher kaku (memakan waktu 3-12 jam), kebingungan dan demam. Gejala ini juga dapat disertai oleh masalah berbicara dan kelemahan pada satu sisi tubuh.

Seseorang yang mengalami stroke hemoragik bisa mengalami gejala-gejala:

🔹Penyebab Stroke Hemoragik
Apa yang menyebabkan stroke perdarahan?

Penyebab stroke hemoragik adalah pecahnya pembuluh darah di dalam otak. Beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu, antara lain:

~ Tingginya tekanan darah (hipertensi).
~ Terjadinya cedera parah atau trauma pada kepala.
~ Ketidaknormalan pembuluh darah di otak sejak lahir (cacat bawaan).
~ Penyakit aneurisma.
~ Penyakit hemofilia.
~ Penyakit diabetes.
~ Penyakit katup jantung.
~ Tumor otak.
~ Pernah mengalami stroke ringan atau disebut juga dengan TIA (transient ischemic stroke).
~ Efek samping penggunaan obat antikoagulan (pencegah pembekuan darah).

◼Hipertensi
Penyebab utamanya adalah tekanan darah tinggi – hipertensi, yang menyebabkan sekitar 2/3 dari semua stroke karena pendarahan. Tekanan darah tinggi melemahkan arteri dan membuat mereka lebih mudah robek.

Faktor risiko untuk tekanan darah tinggi seperti kelebihan berat badan, minum alkohol secara berlebihan, merokok, kurang olahraga, dan stres, yang semuanya dapat menyebabkan peningkatan sementara dalam darah tekanan.

◼Aneurisma
Aneurisma adalah titik lemah di arteri yang telah menggelembung keluar dan membentuk seperti kantong. Dinding arteri biasanya tebal dan kuat tapi dinding dari aneurisma tipis, lemah dan mudah bergerak, dan karena itu mereka dapat robek dengan mudah. Aneurisma di dalam otak adalah kadang-kadang disebut aneurisma berry karena terlihat seperti buah berry yang kecil.

Beberapa aneurisma sudah ada sejak lahir. Ada juga sejumlah faktor risiko yang meningkatkan berkembangnya aneurisma seperti merokok, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga aneurisma. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama dari pecahnya aneurisma. Aneurisma pecah sebagai penyebab paling umum dari SAH sekitar 85% kasus.

◼Pembuluh Darah Abnormal
Kadang-kadang orang dilahirkan dengan kelainan pada pembuluh darah mereka, ini disebut malformasi pembuluh darah, dan terdiri dari jalinan pembuluh darah atau pembesaran pembuluh darah. Malformasi ini langka dan mempengaruhi kurang dari 1% dari populasi. Tidak diketahui mengapa beberapa orang dilahirkan dengan malformasi ini. Ada beberapa jenis malformasi, beberapa yang dapat menyebabkan perdarahan di otak jika dinding pembuluh yang tipis pecah. Malformasi yang paling umum disebut malformasi arteri vena (AVM – arteriovenous malformation), fistula arteri vena dari duramater, malformasi cavernosa dan anomali perkembangan vena.

◼Angiopati Amiloid Serebral
Angiopati amiloid serebral (cerebral amyloid angiopathy – CAA) adalah suatu kondisi dimana protein yang disebut amiloid menumpuk di dalam pembuluh darah di otak. Hal ini menyebabkan kerusakan yang dapat menyebabkan arteri sobek. Kondisi ini semakin umum di kalangan orang tua. CAA sering menyebabkan perdarahan di daerah otak tertentu dekat ke permukaan (disebut area lobar). Karena posisi mereka, darah bisa juga bocor ke dalam ruang subarachnoid yang menyebabkan SAH juga. Sebuah studi menemukan bahwa dalam 63% dari jenis perdarahan di otak, darah juga bocor ke ruang subarachnoid.

◼Obat-Obatan
Perdarahan juga bisa terjadi jika mengkonsumsi obat untuk mencegah pembekuan darah dan kurang terkontrol. Obat-obatan ini disebut antikoagulan dan harus dipantau secara seksama. Obat ini umumnya dikonsumsi untuk mengurangi risiko stroke akibat penyumbatan jika Anda mengalami irama jantung yang tidak teratur disebut atrium fibrilasi.

💥Diagnosis Stroke Hemoragik
Bagaimana melakukan diagnosa stroke karena pendarahan?
Siapapun yang dicurigai stroke harus pergi ke rumah sakit segera. Melakukan scan otak (CT atau MRI scan) secepat mungkin dan dalam waktu 24 jam untuk mengkonfirmasi diagnosis stroke. Scan otak harus dilakukan segera jika gejala seperti sakit kepala parah atau tingkat kesadaran menurun. Scan otak juga akan menampilkan jenis stroke, apakah itu disebabkan oleh penyumbatan atau pendarahan. Angiogram juga biasanya dilakukan untuk mencari pembuluh darah yang pecah.

💥Penanganan Stroke Hemoragik
Bagaimana cara penanganan stroke?

🔹Pembedahan Darurat (Bedah Emergency)
Pembedahan kadang-kadang diperlukan untuk menghilangkan darah apapun, dan meringankan tekanan yang terjadi atau untuk memperbaiki pembuluh darah. Prosedur bedah ini biasanya dilakukan dengan yang disebut kraniotomi. Operasi ini harus dilakukan oleh seorang ahli bedah saraf.

Coiling adalah metode operasi yang paling umum yang dilakukan untuk menutup aneurisma. Dan clipping

Pilihan operasi tergantung pada berbagai faktor seperti kesehatan dan posisi aneurisma itu. Coiling menjadi pilihan pengobatan yang disukai karena kurang invasif sehingga menyebabkan komplikasi lebih sedikit.

💥Pemulihan Stroke Setelah Pengobatan
Seperti semua jenis stroke, beberapa orang sembuh sepenuhnya, tetapi yang lain membutuhkan rehabilitasi untuk permasalahan komunikasi, mobilitas, menelan, memori, atau kelelahan ekstrim. Spesialis seperti fisioterapi, terapis berbicara dan bahasa, dan terapis okupasi harus tersedia untuk membantu pemulihan.

Jika Anda pernah terkena SAH, Anda biasanya akan disarankan untuk melakukan check-up selama beberapa tahun untuk melihat apakah ada aneurisma lagi yang mungkin memerlukan pembedahan. Jika Anda memiliki dua atau lebih kerabat pada tingkat pertama (seperti saudara atau orang tua) yang telah memiliki SAH, Anda mungkin juga akan disarankan untuk melakukan check-up dan MRI pemindaian otak yang disebut scan MRA. Hal ini untuk memeriksa apakah Anda juga memiliki aneurisma, karena ada sedikit faktor risiko herediter untuk kondisi ini.

💥Penanganan Diri Sendiri
Beberapa penanganan yang dapat dilakukan sendiri pasca pengobatan stroke hemoragik, seperti:

~ Mengkonsumsi obat yang diresepkan dan diarahkan oleh dokter Anda.
~ Memeriksa tekanan darah secara teratur.
~ Mengkonsumsi makananan yang sehat.
~ Meminum banyak cairan.
~ Mengindari terlalu banyak minum minuman alkohol.
~ Menghentikan kebiasaan merokok


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Atieq
Terimakasih atas kesempatannya. Maaf pertanyaan saya OOT.

Dokter fendi sudah seminggu ini saya sakit kepala. Terkadang unttk membuka mata itu sulit dok. Dan dibawa sujud atau menunduk lansgung kepala saya cenut-cenut sekali. Kadang telinga saya juga sakit dok apa pengaruh dari kepala ya?
Baikny apa yang harus saya lakukan? Suami sudah mengajak ke dokter tapi saya takut.
Saya baru terapi minum sanmol saja dok.

Lalu baiknya kalau sudah ke dokter apa perlu ct scan ya?

🌸 Jawab:
Terima kasih, sebelumnya saya mau tanya dulu, usia berapa?
Ada gangguan pendengaran juga? Nyeri kepala banyak penyebabnya, salah satunya karena hipertensi, Biasanya gejala nyeri kepala kaerna hipertensi muncul pagi hari, lebih baik kontrol kalau nyeri terus-menerus lebih dari 2 minggu.

💎32 thn dokter.
Kalau tensi selama ini normal dok.
Iya dok telingga saya semalam sakitnya.

🌸Usia muda penyebab hipertensi bisa disingkirkan, jika nyeri kepala disertai dengan gangguan yang lain ada segera kontrol ke dokter saraf atau bedah saraf.

0⃣2⃣ Faiza
Saya punya saudara yang terkena stroke.  Dan berulang kontrol ke dokter saraf,  strokenya sudah 2 th lalu.  Dan menurut dokter saraf dia di nyatakan sembuh (tetap minum obat hypertensi ) tapi saudara saya ini merasa harus terus minum obat tidur. Katanya tidak bisa tidur atau tidak nyaman kalau tidak minum obat. 
Apa efeknya jika terus menerus mengkonsumsi obat penenang, dan obat pereda nyeri kepala (sesuai resep dokter tentunya)?

Fyi : Usia pasien sekitar 50th
Laki-laki. Sudah lancar berjalan,  dan bicara sejak dinyatakan sembuh.

🌸 Jawab:
Pada dasarnya penyakit stroke memang pengobatan jangka panjang, obat-obat seperti penenang adalah obat-obat addiktif, salah satu efeknya ketergantungan, gangguan berfikir, emosi, tapi dengan obat sesuai anjuran dokter in sha Allah kerusakan sel-sel otak bisa diminimalisir.

💎Artinya tidak apa-apa ya dokter itu dikonsumsi terus. Tidak akan merusak ginjalnya mungkin.

0⃣3⃣ Rini
Assalamualaikum dokter...

1. Apa penyebabnya stroke terjadi berulang kali? Seperti yang terjadi pada alm. papa saya mengalami serangan stroke 3x.

2. Apa benar dok kalau tangan atau tubuh yang lumpuh sebelah kanan berarti pembuluh darah otak yang kirinya yang bermasalah?

3. Apa benar jika wanita yang terkena stroke yang mati rasa tubuhnya adalah kiri, jika laki-laki yang terkena stroke yang mati rasa adalah tubuh sebelah kanan.
Mohon penjelasannya dokter.

🌸Jawab:
1. Penyebab stroke berulang bisa karena hipertensi yang tidak terkontrol, bisa karena kondisi pembuluh darah yang memang mudah rapuh.

2. Memang benar, jika yang lumpuh sebelah kanan berarti yang bermasalah otak sebelah kirinya, begitu juga sebaliknya.

3. Terima kasih informasinya, laki-laki perempuan tidak ada perbedaan, tergantung otak mana yang terkena.

0⃣4⃣ Bunda Har
Lima tahun yang lalu saya terkena stroke pecah pembuluh darah. Hasil scan 6,8 cc, 3 hari koma di icu.

Sampai sekarang tangan kiri tidak berfungsi, tidak bisa menggenggam, berjalan menggunakan tongkat.

Masih adakah kemungkinan untuk sembuh?

🌸Jawab:
Terima kasih, untuk sembuh total sudah tidak bisa, tapi dengan fisioterapi bisa dimaksimalkan agar tidak sampai kontraktur.

0⃣5⃣ Fitri
Maaf dok.beberapa hari ini telinga saya mendenging,karena apa ya?
Terkadang juga pusing bagian embun-embun kepala terus tiba-tiba gluyuri kalau orang jawa bilang.

🌸Jawab:
Periksa ke dokter THT dulu, kalau memang dinyatakan tidak ada masalah lebih baik kontrol ke dokter saraf atau bedah saraf.

0⃣6⃣ Astri
Dok apa semua pecahnya pembuluh darah itu hanya terjadi di arteri? Apa tidak terjadi pula di vena dok? Bukannya arteri itu lebih tebal ya dok?
Apa penyumbatan pembuluh juga hanya terjadi di arteri?

🌸Jawab:
Semua pembuluh darah bisa pecah, tapi intuk kasus stroke yang pecah hanya pada arteri, sklerotik terjadi pada pembuluh darah arteri.

💎Oh begitu dok
Terus kesemutan seperti apa yang menjadi indikasi ada pembuluh darah yang pecah? Soalnya saya juga sering kesemutan,

🌸Kesemutan sebelah tubuh dan yang bukan karena salah posisi, biasanya terjadi tiba-tiba.

💎Oh begitu dok, terima kasih dok

0⃣7⃣ Annisa
Dok, anak saya kan habis operasi pemasangan VP shunt karena hidrosefalus. Tgl 21 maret bln lalu operasi 23 nya pulang. Minggu depan kontrol biasa terus 2 minggu kemudian kontrol lepas jaitan sehabis itu tidak disuruh kontrol lagi kalau tidak ada masalah sama selang atau pompanya.

Dan semalam anak saya sehabis bercanda langsung diem dan biru bibirnya suami saya peluk agak lama terus memerah habis itu muntah. Pagi jam 4 an habis bercanda lagi trus diem dan biru lagi, saya peluk agak lama jadi keringet dingin dan tadi sore begitu lagi. Itu kenapa ya dok?

🌸Jawab:
Maaf sebelumnya, apakah anak ibu ada kelainan jantung?

💎Sejauh ini di periksa tidak ada masalah dok. Kebetulan anak saya prematur juga lahirnya dan DSA nya stiap periksa semua bagus.

🌸Berkaitan anak biru muncul karena asfiksia atau kekurangan oksigen dalam tubuh, dengan riwayat post op vp shunt tidak berhubungan bunda, jika shunt bermasalah buntu atau malfungsi lainnya, gejala yang muncul biasanya muntah-muntah, nyeri kepala sampai penurunan kesadaran, saran saya coba cek echocardiografi, dan laporkan keadaan inibke dokter anaknya.

💎Maaf dok masalah dengan buntu atau malfungsi vp shunt. Anak saya suka muntah tapi kalau belum sendawa atau kadang suka masukin jari ke mulut, apa itu termasuk bermasalah dengan selangnya dok? Terus kepala suka sumeng gitu dok entah karena kebanyakan tiduran atau bagaimana saya kurang tau. Dan apa kalau ada masalah dengan vp shunt nya ubun-ubunnya menonjol lagi dok?

🌸Anak ibu usia brp?

💎7 bulan dok

🌸Usia 1,5-2th untuk melihat tanda-tanda peningkatan tekanan di kepala dari ubun-ubun, kalau cembung bisa kemungkinan shuntnya bermasalah, coba kontrol kembali, biar dokter bedah saraf yang evaluasi selangnya, jangan ditekan-tekan selangnya.

💎Kalau usia di bawah segitu dok lihatnya bagaimana?
Dan sebenarnya pasca operasi harus per minggu kontrol atau tidak dok? Soalnya temen saya ada yang kena hidrosefalus dan anaknya pasca operasi perminggu kontrol ntar jadi perbulan terus jadi pertahun.

🌸Maksudnya dibawah usia 1,5-2th ubun-ubun tanda-tanda krusial untuk peningkatan tekana kepala.

💎Oh begitu... Untuk sejauh ini ubun-ubunnya tidak cembung sih dok

0⃣8⃣ Ummu Hafshoh
1. Dok ibu saya ada riwayat darah tinggi dan gula sering mengeluh kalau tiap  magrib kepala belakang nya terasa pusing sekali dan itu setiap hari itu kenapa ya dok?

2.Saya sering migrain dok kalau pas kumat yang terasa mata kiri sakit tidak bisa kena cahaya pengen nya merem dan terasa mual kalau kiri sembuh selang sehari gantian mata kanan dan gejala sama itu bahaya tidak ya dok?

🌸Jawab:
1. Nyeri kepala terutama bagian belakang sampai pundak namanya tention type headche, minum obat-obatan anti nyeri yang kuat, bisa kontrol ke dokter neuro untuk konsumsi obatnya sesuai dosis, usia >40 lebih baik screening angiogram.

2. Bahaya tidaknya tergantung berapa kali serangan, kalau sampai mengganggu aktifitas lebih baik kontrol ke dokter.

0⃣9⃣ Yudith
dok, beberapa hari ini saya kalau bangun tidur suka sakit kepala, minggu lalu saya batuk dan astma kambuh. Sekarang batuknya alhamdulillah sudah sembuh tapi sakit kepalanya kadang muncul saat bangun tidur. Ini kenapa yaa? Kadang sampai seharian.

Minggu lalu saya ke dokter tensi saya 180/ 100.

🌸Jawab:
Nyeri kepala pagi hari bisa karena hipertensi, kontrol hipertensinya minum obat antihipertensi sesuai anjuran dokter, jika nyeri kepala disertai bicara pelo, tangan lemah, bibir merot segera ke RS.

1⃣0⃣ Anita
Dokter, untuk penderita jantung test Trigliserida, Chol, HDL, LDL, UA, SE baiknya tiap berapa bulan ya dok?

Saya amati hampir tiap bulan pasien periksa Tg, Chol, HDL LDL & SE dokter. Jatah bpjs cuma dikit, tapi pemeriksaannya banyak.

🌸Jawab:
Cek kolesterol dan lain-lain, tergantung usia dan faktor resiko pasien, usia >40tn dengan faktor resiko bisa cek 6-1 th sekali, untuk usia muda >20th tidak punya faktor reaiko bisa cek 4-6th

1⃣1⃣ Dede
Dokter saya sering sekali migren apa penyebabnya ya dok? Dan bagaimana cara mengatasinya.

Terimakasih.

🌸Jawab:
Penyebab migrain masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor berikut diduga berperan menjadi penyebabnya. Seperti berat badan berlebih, stress, konsumsi kopi, keju, faktor hormon.

Caranya : kurangi faktor-faktor resiko, minum obat antinyeri sesuai anjuran dokter, istirahat cukup terutama di kamar yang gelap.


Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar