Jumat, 22 Juni 2018

K O N S U L T A S I πŸŒπŸ”Ή(CLaSS iBu HaMiL)



Ahad, 04 Maret 2018
Notulensi : SiNDa
0⃣1⃣ iSty
Mbak Rifa,
Bu dosen saya kehamilan 30w.
Selama hamil jarang makan ikan daging, bahkan hampir tidak pernah.
Dan seafood pun alergi, tapi suka makan sayur buah dan telor. Apa bisa pengaruh ke perkembangan janin?
πŸ“Jawab:
Waalaikumslaam... Halo Mba Isty...
Masa kehamilan adalah masa dimana organ janin tumbuh dan berkembang. Masa ini sangat membutuhkan lemak dan protein sebagai penyusun organ juga materi genetik janin. Jadi SANGAT PENTING dikonsumsi untuk tumbuh kembang janin.
Lemak tak jenuh bisa juga diperoleh dari buah berlemak dan nabati seperti kacang-kacangan, akan tetapi dalam tubuh daya cerna dan kualitas protein serta mineralnya berbeda dengan hewani. Protein hewani memiliki kualitas yang lebih baik.
Jika dalam komposisi makan sulit dipaksakan, kita harus cari alternatif bahan makanan lain (hewani) dan melengkapi dengan suplemen makanan agar zat gizi tetap tercukupi seharinya.
Semangaaatttt...
0⃣2⃣ Astri
1. dokter Valleria,
Dok, usia kandungan saya 36-37w, akhir-akhir ini sering mengalami keluar seperti keputihan begitu, tapi encer dan agak banyak. Apa itu normal?
2. dokter Barry,
Dok anak pertama saya umur 2 tahun, tidak mau makan nasi. Dia maunya bubur, camilan-camilan yang kering seperti goreng tempe, dan buah-buahan. Bagaimana dok biar anak saya bisa makan nasi seperti yang lain? Saya tidak bisa memaksanya karena takut dia malah trauma. Pernah diselipkan beberapa butir nasi dicemilannya, tapi dia bisa ngerasa dan langsung dimuntahkan lagi.
Terimakasih sebelumnya.
πŸ“Jawab:
1. Bisa normal bisa juga tidak.
*Normal jika:*
√ Lendirnya bening, tidak gatal dan tidak berbau.
*Tidak normal jika:*
√ Lendirnya tidak bening atau gatal atau berbau.
2. Saya kira hal itu normal sekali, hampir semua anak seperti itu, lebih menyukai makanan yang gurih dan kering.
*Ada hal-hal yang bisa dilakukan:*
√ Mengenalkan rasa dan tekstur makanan yang kita ingin coba. Misal: kita ingin belajar makan sayur, maka sayurnya dibuat kering, atau dibuat gorengan, karena kita ingin mengenalkan teksturnya dulu.
√ Memberikan porsi kecil atau mini sebelum makan utama dan lain-lain.
Memang tidak langsung bisa tapi bertahap.
Selamat mencoba.
0⃣3⃣ Sansan
Assalamualaikum...
Bidan Nisa,
Ada yang bilang minum minyak kelapa itu baik untuk kandungan apalagi di trisemester 3.
Salah satunya untuk melancarkan persalinan. Apa itu benar?
Dan Minyak kelapa yang seperti apa yang di sarankan?
Kalau orang tua bilangnya minyak jentik atau jelentik (kalau tidak salah) kalau di olshop-olshop saya lihat VCO (virgin coconut oil).
Sebelumnya Terimakasih jawabanya.
πŸ“Jawab:
Waalaikumussalam wr wb. Bunda san san yang berbahagia.
Kata orang tua jaman dulu memang begitu Bun, tapi semua itu tidak benar dan tidak ada hubungannya.
Dalam ilmu kesehatan kebidanan dipelajari bahwa didalam jalan lahir sudah ada cairan berupa lendir yang dihasilkan portio. Jadi tanpa meminum minyak kelapa sekalipun sebenarnya jalan lahir tersebut sudah licin karena ada lendir.
Jika tujuannya untuk melancarkan jalan lahir tidak benar karena antara saluran pencernaan dan jalan lahir berbeda.
Agar kelahiran berjalan lancar, ibu hamil disarankan banyak bergerak atau mengikuti senam hamil apabila kondisi kehamilannya normal.
Semoga persalinan bunda san san berjalan lancar, normal, selamat dan sehat. Aamiin yaa robbal aalamiin.
0⃣4⃣ Chusnul
Assalamu'alaikum...
Mbak Rifa,
Saya mau tanya usia kehamilan saya 26 week BB 81 kg tinggi 157 cm. Apa itu normal?
Menu diet yang pas bagaimana?
Sedangkan saya tidak suka ikan sama sekali!
πŸ“Jawab:
Waalaikumslaam Mba Chusnul sholehah,,
Kalau boleh tahu BB awal sebelum hamil berapa Mba, karena setau saya peningkatan BBnya diukur sesuai dengan usia kehamilan. Afwan jika salah boleh dperbaiki.
Secara umum, kebutuhan kalori usia 19-29 tahun 2250 kkal ditambah 300 kkal (kondisi trimester 2), TOTAL 2550 kkal.
Susunan menu diet yang pas (nah ini harus khusus diatur oleh Ahli Gizi supaya pas kalori, protein dan lain-lainnya), tapi yang harus diketahui bahwa dalam 1 porsi susunannya sebagai berikut:
Nasi atau penggnti : 2-4 porsi
Lauk hewani atau nabati : 2-3 porsi
Sayuran : 2-4 porsi
Buah : 2-3 porsi
Air putih : 2-3 liter
Garam, minyak, gula dibatasi.
Tambahan :
Diupayakan mendapatkan alternatif pengganti dari bahan makanan lain mba Chusnul.
0⃣5⃣ Han
Mbak Rifa,
1. Bagaimana Menu porsi diet yang baik dan sempurna biar cepat menurunkan badan tapi tetap ada energi untuk aktivitas Olahraga, apa yang lebih di utamakan?
2. Berikan Contoh Porsi atau menu makan dalam sehari untuk diet?
πŸ“Jawab:
Hai Mba Han sholehah,, yang selalu aktif, ceria, dan inspiratif.
1. Gizi menganut prinsip 3B (BERAGAM, BERGIZI, BERIMBANG) + 1 AH (AMAN HALAL)
Jadi prinsipnya dalam case DIET sekalipun prinsip ini harus dipegang. TIDAK DIBENARKAN hanya mengonsumsi satu jenis makanan tertentu dalam sehari atau mengurangi porsi jauh dari kebutuhan.
*Jadi bagaimana seharusnya?*
Menu diet yang tepat adalah tetap disesuaikan dengan kebutuhan harian kemudian diturunkan secara perlahan mulai dari 300-500 kkal.
*Kenapa?*
Agar tubuh tidak kaget dan bisa beradapatasi. Banyak case pasien diet mengalami ketidakberhasilan karena langsung menurunkan porsi makan, tapi tidak konsisten, setelah diet makannya malah tidak terkontrol dan efeknya meningkatkan sistem penyerapan makanan. Alhasil BB makin meningkat setelahnya.
Jadi tidak perlu cepat ya Mba Han,, biar lambat asal merambat eh memikat maksudnya... (biar saja gak nyambung, hehehe...)
2. Susunan menu diet HARUS disesuaikan dengan pasien (suka makan apa, dan lain-lain plus kebutuhan hariannya dan untuk bahan makanan tertentu seperti sayur buah ditambah porsinya).
Contoh :
*Pagi*
Nasi
Telur pindang
Tahu bacem
Sup sayuran
Apel
Minyak
Gula
Garam
Air putih
*Jam 10.00*
Bubur kacang ijo tanpa santan
*Siang*
Nasi
Ikan pepes
Tempe bacem
Sayur tumis
Pepaya
Minyak
Garam
Gula
*Jam 16.00*
Jus Apel
*Malam*
Nasi
Ikan pepes (menu siang)
Tahu bacem
Sayur tumis
Pepaya
Minyak
Gula
Garam
Disarankan menu dikurangi dari goreng-gorengan, perbanyak porsi buah dan sayur.
πŸ’ŠJazakilah mbak.
Untuk minyak maksudnya bagaimana ya mbak di menu?
πŸ“Dalam pembuatan menu diet juga diperhitungkan Mba berapa banyak minyak yang digunakan. Itu dihitung sekalian masuk di perhitungan kalori sehari. Begitu juga garam dan gula.
πŸ’ŠGitu yaaa...
Minyak makan biasa, Minyak Zaitun dan lain-lain apakah juga beda pengaruhnya mbak?
πŸ“Iya termasuk mbak, karena ada kandungan kalorinya. Tapi minyak zaitun akan dipisah penulisan dari minyak makan untuk perhitungannya.
Apabila diminum _live_ eh... langsung maksudnya SANGAT BAIK dikonsumsi terutama yang extra virgin, berbeda kualitas bila dimasak (akan terurai menjadi asam lemak jenuh).
πŸ’ŠMinyak zaitunya kah yang diminum langsung?
πŸ“Sebenarnya minyak nabati mbak seperti zaitun, VCO, minyak biji bunga matahari, dan lain-lain itu BAIK bila dikonsumsi langsung mba (tanpa dimasak). Kalau sudah dimasak, minyak akan berubah komposisi ke arah yang kurang baik di dalam tubuh (lemak jenuh).
0⃣6⃣ Nesa
Mbak Rifa,
Kemarin waktu periksa kehamilan ke bidan berat badannya masih rendah, lingkar tanganya masih kecil. Sudah banyak makan padahal tapi tidak bisa gemuk-gemuk juga mbak. Bagaiimana ya ? Itu normal saja apa harus bagaiimana mbak?
πŸ“Jawab:
Hai Mba Nesaa...
Punten sebelumnya mau nanya, Mba Nesa genetik body kecil atau sebelumnya normal?
πŸ’ŠBerarti jika genetik body kecil dan hamilpun tetap kecil (meski makan dibanyak-banyakin) itu masih normal ya bu?
πŸ“Namanya genetik ya Mba, tidak semua orang bisa disamaratakan. Bila BUMIL sudah makan sesuai kebutuhan, ditambah suplemen juga tapi masih kecil berarti itu NORMAL bagi BUMIL tersebut. Bukan berarti normal bagi bumil lain ya bu.
Tapi yang harus dipegang adalah BUMIL tidak lemas atau anemia serta berat bayi normal. Kalau ini terjadi berarti kualitas makanannya yang dipertanyakan. Makan banyak tapi berkualitas tidak!
0⃣7⃣ iSty
Bubid Nisa,
(menanggapi pertanyaan nomor 3) Ini agak beda jauh dengan minyak kelapa yang katanya buat melancarkan saat persalinan.
Bagaimana dengan makan telur ayam mentah yang katanya juga bagus buat persalinan.
Bahaya atau tidak ya buat debay nya?
πŸ“Jawab:
Bunda isty..
Anggapan bahwa makan telur mentah dapat melancarkan proses persalinan juga mitos.
Ada beberapa ahli yang mengatakan risiko seseorang terkena penyakit jika mengonsumsi telur mentah sangatlah kecil. Tapi ada juga yang menganggap sebaliknya, karena di dalam telur mentah terdapat bakteri yang dikenal sebagai Salmonella enteritidis. Bakteri ini bisa menyebabkan keracunan pada makanan.
Data statistik secara global menunjukkan hanya ada sekitar 1 dari 30.000 ribu telur yang mengandung bakteri ini. Tapi tidak ada yang tahu telur mana yang terbebas dari bakteri berbahaya ini. Maka untuk menghindarinya lebih baik hanya mengonsumsi telur yang matang saja.
Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah sangat berisiko tinggi terkena kontaminasi seperti pada anak-anak, orang tua, ibu hamil, orang yang sakit serta orang yang kondisi tubuhnya sedang capek atau lelah.
Selain bakteri Salmonella tersebut, dalam telur mentah juga terdapat zat avidin. Zat ini mampu mengikat biotin sehingga makanan tidak dapat dicerna, akibatnya membuat kadar biotin dan hemoglobin dalam urin menurun. Biotin adalah koenzim yang ikut berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, selain itu zat ini juga larut dalam air.
Memakan telur mentah ada bahaya keracunan akibat bakteri dan zat avidin di dalam telur mentah bisa mengikat biotin dengan gejala mengantuk, penurunan berat badan, insomnia, gangguan pada kulit serta nyeri pada ototnya. Hal ini disebabkan oleh terganggunya metabolisme dari zat makronutrien dalam tubuh.
Satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah dengan memasaknya hingga matang. Akibatnya bakteri penyebab penyakit pada makanan akan mati, tapi tidak merusak protein yang terkandung dalam telur. Maka untuk ibu hamil dianjurkan untuk memakan makanan yang dimasak dengan sempurna.
0⃣8⃣ Zahra
dokter Valeria & Mbak Rifa,
UK kehamilan saya 28 w, kemaren USG dan periksa disarankan untuk menambah protein dan lain-lain karena BB baby masih kurang normal dalam usia kandungan saat itu. Dan disarankan minum susu L-Men karena kaya protein. Apakah aman minum susu L-Men dok? Saya kok baru dengar, browsing-browsing juga minim literatur tentang itu.
πŸ“Jawab:
Punten mba Han, untuk yang ini mungkn kafaah dari ibu dokter. Hanya saja dalam case ini kemungkinan besar Ibu asupan hariannya kurang sehingga dokter menyarankan untuk menambah sumber suplemen makanan dari luar. Dari sisi gizi itu tidak masalah. Hanya karena L Men peruntukannya bukan untuk BUMIL mohon dicerna kembali dosis minum agar tidak melebihi anjuran bagi BUMIL.
πŸ“Boleh saja minum susu apapun asalkan ibu tidak alergi.
Semua makanan boleh asalkan zat nya halal dan cara memperolehnya pun halal.
Pelarangan makanan tertentu tidak berlaku umum, tergantung kondisi metabolik yang bersangkutan atau riwayat alergi.
0⃣9⃣ Dessy
Bubid Nisa,
1. Saya sedang hamil masuk usia 6w 2h apakah normal jika saya suka sekali makan sambal 2 - 3 sendok makan!
Karena kalau perut sedang kram saya langsung makan nasi dan ikan di tambah sambal lalu beberapa menit kramnya menghilang.
2. Di masa kehamilan saya saat ini saya mengalami pilek, batuk dan telinga budeg kadang kanan atau kiri.
Apakah itu wajar? Apakah ada saran agar telinga saya tidak budeg?
Terima kasih
πŸ“Jawab:
1. ibu hamil memang lebih cenderung memiliki tubuh yang sensitive karenanya tidak heran jika ibu hamil banyak pantangan yang harus dihindari demi menjaga kesehatan ibu hamil agar senantiasa dalam keadaan fit karena kondisi tubuhnya sangat mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan.
Jika kondisinya seperti bunda dessy, yang suka sekali makan pedas, apakah aman?
Pada beberapa orang, tanpa rasa pedas mereka bisa kehilangan selera makan sehingga beresiko membuat dirinya dan janin kekurangan nutrisi dan justru membahayakan kandungan.
Biasanya sepanjang trimester pertama, calon ibu sering menderita emesis gravidarum, yaitu banyaknya air liur, rasa mual dan muntah akibat perubahan sistem pencernaan berupa produksi asam lambung berlebihan dan melambatnya waktu pengosongan lambung atau penurunan pergerakan peristaltik usus, akibat perubahan hormon pada kehamilan. Pada keadaan itu, calon ibu biasanya membutuhkan perangsang rasa pedas.
Ibu hamil boleh makan pedas asal masih dalam batas normal karena pada dasarnya bayi dalam kandungan tidak akan terpengaruh dengan makanan pedas yang dimakan oleh sang ibu. Yang menjadi bahaya adalah ketika ibu hamil makan pedas secara berlebihan beresiko tinggi terkena diare dan hal ini dapat memicu terjadinya dehidrasi baik pada ibu hamil atau bayi dalam kandungan dan hal ini dapat memicu terjadinya kontraksi.
Namun, Jika makanan pedas tidak menyebabkan mulas, tidak ada alasan untuk tidak dapat menikmati makanan favorit bunda dessy yang pedas saat sedang hamil. Makanan pedas hanya berpengaruh pada si ibu. Sementara janin mengambil nutrisi dari cabai yang banyak mengandung vitamin C.
Makanan pedas beresiko menyebabkan mulas dan refluks asam.
*Solusinya Jika mengkonsumsi makan makanan pedas =*
~ Sebaiknya minum segelas susu untuk membantu meredakan mulas.
~ Satu sendok makan madu juga dapat membantu mencegah sakit maag setelah memakan makanan pedas.
2. Saat pilek, hidung biasanya akan tersumbat. Ini karena adanya proses peradangan pada saluran napas yang masih berhubungan dengan saluran telinga. Biasanya jika peradangan akibat pilek mereda atau sembuh maka gejala sumbatan pada telinga dan hidung pun akan mereda.
Seandainya telinga masih seperti tersumbat saat pilek sudah mereda, maka melegakan telinga yang tersumbat bisa dilakukan dengan cara = menelan, menguap, atau mengunyah permen karet bebas gula.
Jika semua hal tersebut tidak berhasil, ambil napas dalam-dalam dan keluarkan udara dari kedua lubang hidung yang dijepit dengan jari-jari tangan dan mulut tertutup. Bila terdengar bunyi ‘plop’ dari dalam kepala, maka insyaallah telinga akan terasa lega (tidak tersumbat lagi). Aamiin
Syafakillah bunda dessy.
1⃣0⃣ Puji
Bubid Nisa & bubid Devi,
Akhir-akhir ini sering sekali sakit kaki bagian kanan, kadang kalau bangun tidur rasanya sakit sekali. Kemaren sih sudah konsul sama dokter, katanya itu biasa. Tapi apa bisa diminimalisir? Sekarang usia kehamilan 24w2d
πŸ“Jawab:
Bunda puji yang disayang Allah,
Sakit kaki selama kehamilan sangat umum terjadi setelah trimester kedua. Rasa sakit akan terasa sepanjang hari tapi kram pada kaki lebih terasa di malam hari ketika otot-otot kaki sedang bersantai.
*Penyebab Umum Sakit Kaki Selama Kehamilan 
a) Karena tekanan pada kaki yang berlebihan akibat peningkatan berat badan.
b) Tertekannya saraf kaki (saraf sciatic) oleh rahim yang membesar.
c) Terdapat varises (pelebaran pembuluh darah balik).
d) Kekurangan nutrisi, terutama kekurangan magnesium, kalsium dan kalium juga menyebabkan sakit kaki selama kehamilan.
e) Dan lain-lain.
*Cara Mengatasinya dengan* :
A) Lakukanlah peregangan otot-otot kaki dan betis di pagi hari dan sebelum tidur.
B) Jagalah kaki agar tetap hangat, kalau perlu sebelum tidur rendam kaki pada air hangat selama 20-30 menit. Ini berguna untuk melemaskan otot-otot kaki dan mengurangi rasa sakit pada kaki.
C) Hindari duduk dengan posisi kaki disilangkan untuk jangka waktu yang lama.
D) Senam hamil.
E) Minumlah banyak air putih dan konsumsi makanan bergizi seimbang.
1⃣1⃣ iCha
Bidan Nisa,
Saya hamil usia 24w. Sudah 3 hari batuk tidak berenti sampai tidak bisa tidur. Ada obat batuk yang aman untuk bumil tidak ya. Atau harus minum apa? Antisipasi awal sih sekarang banyak minum air putih.
Terus saya dari awal hamil sampai sekarang kena sembelit. Sudah dicoba dibanyakin makan buah dan sayur pun masih tetap sembelit. Sampai trauma begitu kalau mau BAB kebayang sakitnya. Hehe... Pernah browsing katanya mikrolax aman buat bumil, tapi ngeri juga sih. Ada alternatif pengobatan lain kah?
Terimakasih.
πŸ“ Jawab:
Bunda icha,
Dalam kondisi hamil mengalami batuk, pastinya sangat mengganggu. Syafakillah bunda. Aamiin
A. Untuk obat batuk, sebaiknya diperiksakan ke dokter ya bun agar dapat diberikan obat batuk yang aman untuk kondisi kehamilan bunda.
*Ada cara alami meredakan batuk =*
1) Istirahat cukup. Hindari aktivitas berat yang dapat meningkatkan frekuensi batuk. Istirahat cukup adalah cara efektif memulihkan energi bagi ibu hamil yang menderita batuk.
2) Cukup mengkonsumsi sayur dan buah terutama vitamin C untuk meningkatkan stamina.
Seperti air jeruk hangat.
3) Perbanyak minum air putih. Karena saat ibu hamil terkena batuk, ibu hamil beresiko mengalami dehidrasi.
Dehidrasi adalah kondisi yang sangat tidak bagus bagi ibu hamil. Dehidrasi bisa menurunkan volume darah dan juga aliran oksigen di dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan oksigen dan juga aliran darah bisa mengakibatkan ibu hamil merasakan lemas.
4) Makan sup hangat.
5) Jeruk nipis + kecap.
6) UAP
7) Meninggikan bantal saat tidur atau rebah.
8) Menghindari penyebab batuk.
9) Periksa ke dokter.
*B. Cara mengatasi sembelit =*
1) Cukupi makanan yang mengandung serat, sebanyak 25 hingga 30 gram serat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil per harinya. Serat tersebut bisa ibu hamil dapatkan dari berbagai makanan seperti; buah, sayur, kacang, sereal dan gandum.
2) Cukupi air putih, minimal 12 gelas/hari
Atau sesuai yang sudah dijelaskan oleh mba' rifa di kajian tadi malam ya bun.
3) Rutin berolahraga. Olahraga yang baik untuk ibu hamil adalah senam hamil.
4) Insyaallah microlac aman untuk ibu hamil.
1⃣2⃣ Desty
Assalamu'alaykum...
Bubid yang dirahmati Allah swt,
Saya sedang kehamilan ke-2 usia kehamilan 32-33w, anak pertama 2th4bln. Akhir-akhir ini anak saya rewel bu, pinginnya digendong terus sama saya dan gendongnya tidak mau di belakang tapi di depan. Apakah boleh bubid? Beberapa hari kemarin perut saya rasanya agak sakit (ngejeletit kalau kata orang sunda) sama pinggang terasa panas. Kenapa ya bubid??
πŸ“Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb. bunda desty yang dirahmati Allah. Aamiin
Luar biasa Allah menciptakan tubuh ibu hamil untuk mendukung janin yang dikandung agar tetap aman.
Namun terkadang kegiatan ekstrim yang dilakukan selama hamil seperti yang bunda desty alami bisa menimbulkan cedera.
Cedera punggung adalah salah satu kondisi yang sering terjadi pada ibu hamil, terutama disebabkan oleh kegiatan mengangkat atau membawa sesuatu yang berat dengan posisi tidak benar termasuk menggendong anak.
Ibu yang hamil memang tidak dianjurkan untuk mengangkat beban berlebih termasuk menggendong anak yang lebih tua, karena kegiatan ini membuat posisi ibu hamil menjadi tidak stabil sehingga bisa membahayakannya.
Selama hamil, punggung lebih rentan terkena cedera lumbar lordosis. Saat hamil tulang belakang akan terdorong ke depan akibat pertumbuhan berat badan bayi yang dikandung.
Jika bunda berdiri sambil menggendong anak, maka hal ini akan menambah beban di tubuh yang bisa memicu sakit punggung, dan pinggang.
Risiko lain yang mungkin timbul adalah adanya hentakan di rahim serta memberikan tekanan di perut saat menggendong bayi, jika hentakan ini cukup keras atau anak yang digendong tidak bisa diam maka berisiko terlepasnya plasenta dari rahim (placental abruption). Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan di rahim atau kematian janin.
Jika bunda terpaksa harus menggendong si kakak, maka persiapkan tubuh dengan baik sebelum mengangkat anak, dengan cara =
Lebarkan bahu dan selalu menekuk lutut untuk menurunkan pusat gravitasi serta gunakan paha depan (bukan otot punggung) untuk mendapatkan kekuatan, gendongnya jangan didepan.
Namun sebaiknya tidak berlangsung lama menggendongnya, mintalah bantuan dari suami atau anggota keluarga lain.
Semoga bunda desty dan dede janin serta keluarga sehat selalu. Aamiin
1⃣3⃣ Sansan
Bu bidan Nisa & bidan Devi,
Assalamualaikum wr.wb.
Bubid memang selama hamil bumil di suntik TT ya? Sebanyak 2x selama kehamilan?
Yang kedua di rs sekarang ada yang namanya melahirkan minim rasa sakit yaitu saat pembukaan 5 diberikan anastesi tetapi tetap bisa normal persalinannya.
Menurut bubid bagaimana? Apa bubid pernah ada pengalaman tentang hal ini.
Terima kasih
πŸ“Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb. bunda san san yang berbahagia,
1) Imunisasi TT (Tetanus Toxoid), program yang terbaru pengganti imunisasi TT adalah imunisasi Td (Tetanus difteri) bagi WUS (Wanita Usia Subur) adalah sebanyak Lima (5) kali, yaitu dengan jarak interval minimal pemberiannya adalah =
Td 1 ke Td 2 = 4 minggu
Td 2 ke Td 3 = 6 bulan
Td 3 ke Td 4 = 1 tahun
Td 4 ke Td 5 = 1 tahun
Sebelum pemberian imunisasi Td, ibu hamil atau WUS di skrining Td dulu untuk menentukan status Td nya.
Jadi pemberian imunisasi Td tidak mesti setiap hamil diberikan 2 kali.
Ini kehamilan yang keberapakah bunda san san?
πŸ’Š35w Sekarang bubid.
Dan saya belum pernah di suntik TT selama hamil.
πŸ“Skrining imunisasi TT/Td harus selalu dilakukan untuk menentukan status TT WUS atau ibu hamil.
~ Sebelum menikah, pernahkan di imunisasi TT/Td?
~ Saat masih sekolah, sudahkah diimunisasi TT/Td?
~ Saat bayi, apakah diimunisasi lengkap?
Jika hasil skrining di atas, ternyata bunda san san belum sama sekali, maka status TT/Td bunda san san adalah TT/Td 0, dan bunda san san perlu diberikan imunisasi TT/Td 1 dan di jarak minimal 4 minggu kemudian dari TT/Td 1 diberikan TT/Td 2.
πŸ’ŠIya selama hamil belum pernah d suntik TT
~ Sebelum menikah belum imunisasi.
~ Saat disekolah pernah diimunisasi tapi saya tidak tau imunisasi TT atau bukan.
~ Saat bayi in sya allah lengkap.
πŸ“~Jika imunisasi dasar saat bayi = lengkap.  Berarti status TT 2
~ Usia bunda san san kalau tidak salah 29 tahun ya? Jika di sekolah SD pernah diimunisasi (selalu mengikuti program BIAS). Maka status TT 3
#Dan berarti dikehamilan sekarang bunda san san cukup mendapatkan imunisasi TT/Td 1 kali untuk mendapatkan status TT/Td 4
πŸ’ŠSyukron bubid atas jawabannya.
Saya info ke dokternya begitu ya? untuk imunisasi ini.
πŸ“Kk san san semangat yah untuk kesehatannya. Agar terhindar dari Tetanus difteri TT/Td dan nanti bisa minta buku atau kartunya biar kk san san ingat selalu. Sudah masuk TT/Td berapa? Ijin yah kirim contoh kartunya.
2) Sekarang ini banyak program Sayang Ibu diantaranya untuk mengurangi sakit saat melahirkan. Diantaranya seperti yang bunda san san tahu adalah dengan cara pemberian anestesi saat pembukaan servix 5cm pada persalinan normal.
Pemberian obat anestesi pada persalinan normal yang bertujuan untuk mengurangi nyeri saat bersalin hanya dilaksanakan di RS. Obat bius ini umumnya digunakan pada awal proses persalinan untuk membantu ibu bersalin menyimpan energinya sekaligus beristirahat karena berefek pada seluruh tubuh dan juga pada bayi. Karenanya prosedur ini hanya dilakukan di RS oleh dokter spesialis kandungan, dokter anestesi, dan tim ahli lainnya.
1⃣4⃣ Puji
Bidan Nisa,
Apakah mata ikan yang dialami ibu hamil akan mengganggu perkembangan janin?
πŸ“Jawab:
Insyaallah tidak mengganggu perkembangan janin bunda puji.
Mata ikan atau dalam istilah medis disebut dengan clavus disebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV).
Penyakit mata ikan ini pada umumnya tumbuh pada kulit permukaan kaki, tumit, jari-jari kaki, telapak dan jari-jari tangan.
Gejala-gejala yang ditimbulkan yaitu ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit.
Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya cuma akan merusak penampilan seseorang dan terkadang menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.
1⃣5⃣ Annisa
dokter Barry,
Dok, benar atau tidak kalau ibu terkena rubella atau cmv harusnya ketahuan anak terkena hidrosefalus saat dalam kandungan atau pas lahir?
Soalnya saat dalam kandungan anak saya tidak ada masalah bahkan sampai lahir prematur pun tidak ada masalah, skrining ROP pun hasilnya bagus.
Nah tiba-tiba kemarin kejang dan beberapa hari kemudian kepala jadi keliatan besar saat di ct scan ternyata positif hidrosefalus, tapi kemarin lingkar kepala masih aman dok. Mungkin tidak ya karena dari obat kejangnya karena bikin otak ngefly jadi fungsi otak terganggu?
πŸ“Jawab:
Bisa iya bisa juga tidak. Sangat tergantung dari banyak faktor.
πŸ’ŠSeperti apa dok faktor tersebut?
πŸ“Jenis penyakit, apakah ada infeksi baru serta kondisi kandungan sendiri serta anaknya.
1⃣6⃣ Wina
Bubid Nisa & Bubid Devi,
Assalamu'alaikum Bu bidan.
Saya hamil masih usia 5 minggu, boleh tidak bu kalau saya suka minum manis, minum susu di campur madu, kalau bikin jus di kasih gula juga di kasih madu?
πŸ“Jawab:
Bunda wina yang berbahagia,
Selera makan ibu hamil memang cenderung turun sehingga susah untuk melakukan diet seimbang penuh nutrisi bagi kesehatan diri dan janin, hal ini karena terjadi fluktuasi hormon yang cukup signifikan yang mengakibatkan beberapa perubahan semisal mengidam makanan terntentu dan nafsu makan yang berubah-ubah.
Beberapa dokter kandungan mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan yang manis-manis terlalu banyak pada saat hamil karena berdampak negatif pada ibu hamil dan kesehatan janin.
Karenanya penting sekali semua ibu hamil mengetahui dan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.
Ibu yang senang minum-minuman manis cenderung akan memiliki bayi dengan berat badan berlebih dan meningkatkan risiko obesitas di masa mendatang dan anak bisa saja berpotensi mengalami kenaikan berat badan berlebih sebelum usianya satu tahun. Risiko ini meningkat dua kali lipat jika Ibu tidak bisa lepas dari minuman (dan juga makanan) yang manis- manis.
Gula memang dibutuhkan oleh ibu hamil namun jumlahnya perlu dibatasi. Risiko yang paling mungkin terjadi adalah munculnya penyakit diabetes dan risiko mengalami preeklamsia.
Kesimpulannya, boleh mengkonsumsi gula namun jangan berlebih.
Semoga bunda wina dan dede janin sehat selalu. Aamiin
1⃣7⃣ Tia
Bubid Nisa & Bubid Devi,
Assalamualaikum bubid benarkah Kalau lagi hamil tidak boleh makan buah salak terlalu banyak ya?
πŸ“Jawab:
Boleh makan salak tapi jangan berlebihan.
Buah salak rasanya ada manis ada asam, sangat menyegarkan bagi lidah beberapa ibu hamil selain itu banyak juga manfaatnya untuk tubuh.
Namun, dikarenakan perubahan hormon kehamilan, sistem cerna ibu hamil cenderung bermasalah, dan makan buah salak yang berlebih beresiko sembelit.
Kesimpulannya, boleh makan buah salak, namun jangan berlebihan.
πŸ“Betul informasi dari bunda nissa, ijin menambahkan.
Makan salak *boleh asal jangan terlalu banyak*
Siapa sih yang tidak tergoda dengan kelezatan buah salak? Selain manis, buah yang yang juga dikenal sebagai snake fruit ini memiliki kandungan air cukup tinggi saat matang, sehingga membuatnya terasa segar. Maka itu tidak heran banyak orang yang menggemari buah salak. Namun, bagaimana jika ibu hamil mengonsumsi buah salak? Apakah salak aman bagi ibu hamil ataukah berbahaya?
Menurut penelitian, buah dengan nama latin Salacca zalacca ini memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap. Seperti vitamin C, vitamin B, beta karoten, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, protein, karbohidrat, leusin, lisin, triptofan, dan masih banyak lainnya. Walaupun beberapa orang percaya bahwa salak bisa menyebabkan sembelit jika dikonsumsi saat hamil, namun pernyataan tersebut belum terbukti secara ilmiah. Buah salah justru dapat memberikan manfaat bagi ibu dan janin, asalkan pengonsumsiannya tidak berlebihan. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah salak bagi ibu hamil.
*~ Mengatasi anemia*
Salah satu penyebab mengapa ibu hamil sering merasakan pusing dan mudah lelah karena ia menderita anemia. Walaupun tidak semua ibu hamil berpotensi mengindap anemia, namun penyakit ini rentan menyerang wanita mengandung. Penyebabnya yakni karena suplai darah merah ibu banyak digunakan untuk memompa darah menuju rahim. Selain itu, ibu juga harus membagi kandungan zat besi dalam tubuhnya dengan si janin. Hal inilah yang kemudian membuat ibu mudah mengalami anemia. Sebenarnya kondisi anemia saat hamil cukup normal. Namun jika tidak segera diatasi bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur. Nah, buah salak diketahui menyimpan zat tiamin serta zat besi cukup tinggi. Kedua zat tersebut bisa membantu proses pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Dengan demikian risiko anemia saat hamil pun terminimalisir.
*~ Meningkatkan sistem imun tubuh*
Manfaat buah salak bagi ibu hamil berikutnya yakni meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut penelitian, buah salak merupakan sumber antioksidan yang baik dan juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Kedua zat tersebut membantu melindungi tubuh dari serangan bakteri atau virus, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Dengan mengonsumsi buah ini, ketahanan dan stamina tubuh ibu hamil bisa terjaga sehingga tidak mudah merasakan lelah ataupun terjatuh sakit.
*~ Penangkal radikal bebas*
Setiap ibu pastinya ingin melahirkan buah hati yang sehat fisik dan psikisnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, ibu harus bisa ektra berhati-hati menjaga kehamilan. Menghindari konsumsi makanan beraditif, makanan yang panas, jamu-jamu serta menjauhi paparan radikal bebas. Nah, buah salak ini bisa berperan sebagai pelindung tubuh. Kandungan antioksidan dalam salak dapat menangkal radikal bebas dan membantu proses reduksi zat-zat berbahaya dari tubuh. Mengonsumsi buah salak bisa menghindari risiko bayi lahir cacat sekaligus menjaga kecantikan kulit ibu dan janin.
*~ Menyehatkan organ jantung*
Jantung adalah organ vital manusia yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Bisa dikatakan bahwa jantung ini pusat kehidupan. Apabila seseorang mengalami gangguan penyakit jantung maka kinerja organ-organ lain pun juga turut terganggu. Anda bisa mencoba mengonsumsi buah salak. Buah yang memiliki kulit bersisik ini menyimpan kandungan kalium yang berguna dalam melindungi kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi. Buah salak juga terbukti mampu menjaga detak jantung agar tetap normal dan mencegah terjadinya gagal jantung. Ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi buah salak. *Asalkan tidak berlebihan.*
*~ Menjaga kesehatan mata ibu dan janin*
Salah satu nikmat Tuhan yang luar biasa ialah diberikannya sepasang mata nan indah kepada manusia. Mata membantu kita untuk melihat keindahan dunia. Maka itu, kita harus menjaga kesehatan mata. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti buah salak. Buah ini mengandung zat antioksidan dalam bentuk beta karoten yang mampu meningkatkan pengelihatan dan mencegah penyakit mata. Penelitian membuktikan bahwa kandungan beta karoten dalam buah salak sangat tinggi, bahkan 5 kali lebih tinggi dibandingkan pada mangga, tomat dan wortel. Itulah mengapa salak ini bagus dikonsumsi ibu hamil, sebab bisa membantu perkembangan organ mata janin lebih optimal.
*~ Membantu pertumbuhan tulang janin*
Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan organ mata saja, buah salak juga turut serta berperan dalam membantu perkembangan tulang janin. Buah ini mengandung kalsium cukup tinggi, sehingga manfaatnya bisa mengoptimalkan pertumbuhan jaringan dan juga mencegah kelainan tulang bawaan pada janin. Di samping itu, salak juga memperkecil risiko penyakit gangguan tulang pada ibu, seperti osteoporosis, kifosis, ankilosis, osteomalacia dan sejenisnya.
*~ Meningkatkan kecerdasan otak ibu dan janin*
Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk melahirkan bayi cerdas dan pintar. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi misalnya buah salak. Menurut penelitian, buah ini menyimpan kandungan zat pektin dan kalium yang membantu melancarkan sirkulasi darah menuju otak sekaligus meningkatkan kinerja sel-sel syaraf otak. Namun perlu diingat, sebaiknya jangan mengonsumsi salak setiap hari ketika hamil sebab bisa memicu gangguan pada rahim.
*~ Mengurangi gejala mual*
Menghadapi kehamilan tentu menjadi hal membahagiakan. Namun ibu juga harus mempersiapkan mental guna menghadapi perubahan tubuh yang akan terjadi. Selain perut yang semakin besar, produksi hormon-hormon juga turut berubah. Hal inilah yang kemudian kerapkali membuat ibu mengalami morning sickness, seperti gangguan mual, muntah, pusing, dan tidak nafsu makan. Nah, buah salak ini ternyata ampuh meredakan gejala mual saat hamil. Dengan mengonsumsi buah salak dan juga diimbangi makanan bergizi lain, perlahan morning sickness akan hilang. Nafsu makan ibu pun otomatis akan kembali normal.
*~ Mengontrol berat badan*
Ketika hamil, setiap wanita pasti akan mengalami kenaikan berat badan. Kondisi ini sangatlah wajar dan tidak perlu dicemaskan. Namun ibu juga harus bisa mengontrol penambahan bobot badan. Jangan sampai ibu menjadi gemuk berlebihan (obesitas) ketika hamil sebab bisa mempersulit proses persalinan dan mempengaruhi kesehatan janin. Nah, salah satu cara yang bisa dicoba untuk mencegah obesitas saat hamil yakni dengan mengonsumsi buah salak. Kandungan vitamin C dalam buah ini dapat membantu menekan rasa lapar, sehingga kebiasaan ngemil pun bisa dihindari. Buah salak juga menyimpan kandungan serat yang membantu melancarkan proses pencernaan. Itulah mengapa banyak orang yang memasukkan salak sebagai menu harian untuk diet.
*~ Mengatasi sembelit*
Gangguan lain yang kerap dikeluhkan ibu saat hamil yakni sembelit. Adanya perubahan hormon dalam tubuh dan tekanan yang disebabkan oleh rahim mempengaruhi kinerja pergerakan otot-otot usus, sehingga membuat ibu jadi semakin susah BAB. Solusi untuk mengatasi hal tersebut ibu bisa mengonsumsi makanan berserat, salah satunya buah salak. Perlu diingat, jangan membuang kulit ari buah salak, sebab justru kulit ari inilah yang membantu melancarkan BAB.
*~ Mengatasi asam lambung*
Perubahan hormon pada terjadi saat hamil tidak hanya menyebabkan ibu mengalami sembelit, tapi juga menyebabkan kenaikan asam lambung. Dan umumnya, gejala ini semakin terasa ketika usia kehamilan semakin tua, tepatnya di trimester kedua dan ketiga. Sehingga ibu pun sering merasakan morning sickness. Nah, salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi buah salak. Buah ini dipercaya dapat mengurangi gejala naiknya asam lambung pada ibu hamil.
*~ Mencegah kanker*
Tidak ada seorang pun yang tidak berisiko terserang kanker, bahkan ibu hamil sekalipun. Buruknya pola hidup sehari-hari, pengonsumsian makanan yang sembarangan serta paparan radikal bebas menjadi faktor-faktor penyebab penyakit kanker. Nah, buah salak yang termasuk salah satu sumber antioksidan bisa menjadi buah penangkal kanker. Ibu hamil diperbolehkan mengonsumsi buah ini guna melindungi tubuh dan janinnya dari efek buruk zat karsinogenik. Namun kadar pengonsumsiannya harus diperhatikan, dan tidak boleh.
*~ Mengatasi diare*
Manfaat buah salak bagi ibu hamil juga bisa mengatasi diare. Beberapa ibu hamil rentan mengalami diare disebabkan perubahan hormon tubuh. Nah, ibu dapat mencoba mengonsumsi buah salak, sebab kandungan di dalamnya membantu mengurangi kadar air pada feses. Namun perlu diingat *jangan berlebihan dalam pengonsumsiannya ya!*
Demikianlah beberapa manfaat buah salak bagi ibu hamil. Sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Jangan terlalu banyak juga, cukup seminggu 1-2 buah. Berlebihan mengonsumsi buah salak saat hamil juga tidak baik. Dan jika ibu mengonsumsinya, jangan buang kulit arinya sebab bisa membantu melancarkan pencernaan. Itulah beberapa penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat bunda tia jawabanNya.
πŸ’ŠTapi memang BAB nya cuma seminggu sekali selama hamil. Itu tidak apa-apa kan bubid??
πŸ“Frekuensi BAB yang kurang dari 3x seminggu disebut konstipasi. Pastinya perut terasa tidak nyaman karena kembung, sebah, dan begah (kalau kata orang sunda mah).
Sebaiknya bunda tia cukupi kebutuhan serat melalui sayur dan buah terutama buah pepaya, konsumsi air putih minimal 2-3 liter per hari, olahraga teratur atau senam hamil.
^^^___^^^
@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz

🌷bkc🌷
==========
Join With Us:
πŸ’˜FB ~ PeRiNDu SuRGa
https://www.facebook.com/groups/1770635569850310
πŸ’˜Telegram
https://t.me/triobsperindusurga
πŸ’˜Blog
http://triobshdw.blogspot.co.id
πŸ’˜IG
https://www.instagram.com/triobsperindusurga
πŸ’˜YouTube ~ Trio BS HDW
https://www.youtube.com/channel/UCMqJP7Gmwf9nDo_vDbBT3NQ
πŸŒΈπŸŒΈπŸŒΈπŸŒΈπŸ’«hdwπŸ’«πŸŒΈπŸŒΈπŸŒΈ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar