Sabtu, 23 Juni 2018

DEPRESI POSTPARTUM SETELAH MELAHIRKAN



OLeh   : dr. Valleria, Sp.OG

          💎M a T e R i💎

Materi saya singkat aja.
Hanya trigger untuk diskusi.
Lebih detail nanti dengan diskusi tanya jawab ya...

Depresi post partum adalah depresi yang terjadi pada ibu pada masa persalinan dan setelahnya yang umumnya terjadi karena perubahan hormonal, kegagalan adaptasi psikologis terhadap peran sebagai ibu dan kelelahan

Gejala awal depresi postpartum: baby blues (merasa lelah, tidak berdaya, tidak berguna, sedih, tiba-tiba menangis tanpa sebab, sulit tidur, cemas berlebihan, takut tanpa sebab).

 Penanganan: konsul psikiater

 Pencegahan:
- bekal iman yang kuat
- ibadah kepada ALLAH
- perencanaan kehamilan yang matang
- perencanaan finansial yang matang
- gizi yang baik
- dukungan keluarga yang optimal


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Dwi
Ditrimester pertama ini saya mengalami 2x pendarahan dan saya periksakan Alhamdulillah hasilnya tidak apa-apa.
Apa saja yang bisa menyebabkan pendarahan ? Apakah berpengaruh pada janin dan waktu persalinan?

🌴Jawab:
 Banyak sekali penyebabnya:
1. Fakfor janin
2. Faktor plasenta
3. Faktor ibu yang berkaitan dengan kehamilan
4. Faktor ibu yang tidak berkaitan dengan kehamilannya

Untuk mencari tahu sebabnya, tentu saja harus diperiksa detail dan teliti.
Dapat berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap janin.

0⃣2⃣ Annisa
Kehamilan saya trimester 1 pola makan dan pola tidur kurang apalagi anak pertama lagi sakit yang benar-benar harus di fokuskan, bahkan sampai saya tidak enak badan dan flu, jadi rada kawatir cmv nya kambuh, karena kemarin cek sudah negativ semua dan takut janin saya stres dan ikut kurang sehat, apalagi minum air putih pun kurang sangat, tiap minum air putih selalu muntah. Adakah solusinya bu dokter?

🌴Jawab:
Berbagi tugas.
Mau tidak mau ibu hrs bisa menentukan prioritas aktifitas.

🌸Saya tinggal sama orang tua tapi orang tua kurang suka sama kehamilan yang sekarang karena kebetulan anak saya masih belum genap 1 th, jadi suka sedih juga saya dok

🌴Nah, ini...ternyata kondisi fisik ibu yang sekarang lebih karena faktor psikis.
Bicarakan dengan suami.
Apakah ada pertimbangan khusus mengapa masih tinggal sama orang tua?
Seharusnya sudah tidak ya, kecuali jika ada kondisi khusus

0⃣4⃣ Nani
Dok kehamilan saya sudah masuk 33 minggu, pinggang sering sakit, pegel-pegel terus perut sudah mulai kenceng kira-kira normal tidak ya? Ada saran kah untuk mengatasinya?

🌴Jawab:
Biasanya karena 'beban' pertambahan berat badan.

Saran: olahraga, yang terbaik berenang.

🌸Saya phobia sama air dok takut kedalaman walaupun itu kolam renang tidak dalem-dalem banget takut tenggelam,  selain renang ada tidak dok?

0⃣5⃣ Annisa
Dok, cmv positif lagi ciri-cirinya bagaimana ya?
Apa flu bisa dan tidak enak badan ciri-ciri awal cmv positif lagi?

🌴Jawab:

Tidak spesifik jika daya tahan tubuh bagus.
Lagi G positif artinya ibu sudah punya kekebalan terhadap virus cmv. No worry

0⃣6⃣ Fitri
 Punten dok saya hamil 22 minggu, kok suka pipis terus ya dok..10 menit bisa 3-4 x pipis...
Dan saya juga tiba-tiba terkadang suka menangis, apa itu termasuk situasi stress saat hamil?

🌴Jawab:
 Periksakan ke dokter bu.
Mungkin ada infeksi saluran kemih.

Tiba-tiba menangis jika ada sebabnya ya tidak apa-apa bu.

Jika menangis tanpa sebab yang jelas, ibu harus lebih banyak dzikir dan tawakkal.

 🌸Dok tapi dulu bidan pernah bilang kalau hamil suka cepet pipis.karena tekanan. Jadi belum saya periksa lagi, tapi pipis yang baik walau selama hamil berapa kali sehari dok?

🌴 Jawab :
Iya, bisa juga normal.
Bisa juga infeksi.
Tidak bisa dibedakan lho kalau tidak diperiksa. Jika ternyata ada infeksi terus luput dari pengobatan, risikonya:
- ketuban pecah sebelum waktunya
- persalinan prematur
- infeksi menyebar ke rahim dan janin

🌸InsyaAllah diperiksakan ulang, jazakillah khoir bu dokter sholihah. Barakallah fikum.

0⃣7⃣ Nur'aini
Untuk pola makan dan minum yang benar untuk ibu hamil itu bagaimana sich dok,  biar maag pada ibu hamil tidak menjadi masalah?

🌴Jawab:
 Makan sedikit tapi sering.
Untuk yang sudah ada sakit maag sebelum hamil:
- hindari makanan berbahan terigu dan mengandung gula
- jangan telat makan
- hindari kafein
- hindari gorengan

Minum minimal 3 liter per hari

🌸 Menyambung ini, apakah ibu hamil penderita maag tetap boleh minum susu?

🌴 Boleh jika tidak ada alergi susu

0⃣8⃣ Oom Sri
1. Dok saya baru pertama kali melahirkan, penggunaan korset sebaiknya berapa lama?

2. Saat ini sudah lebih dari 40 hari setelah melahirkan, keputihan saya kok banyak ya dok? Apa itu yang dinamakan darah putih?

3. Setelah melahirkan, kalao bangun tidur suka sakit punggung, seperti pegel linu gitu. Itu kenapa ya? Apa karena salah posisi pada saat menyusui?

Terima kasih bu dokter.

🌴Jawab:
1. Senyamannya. Ada saran dari ahli bedah plastik: 3 bulan.

2. Bukan. Bisa jadi infeksi. Segera periksa ke dokter.

3. Mungkin. Coba pijat dulu aja bu.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG  STaTeMeNT💎

Ibu hamil harus bahagia. Bahagia itu sumbernya dari iman di dada.
Masa hamil-melahirkan-menyusui adalah masa istimewa untuk perempuan karena masa-masa itu ladang pahalanya banyak dan besar.
Manfaatkan baik-baik.


Wassalamu'alaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar