Sabtu, 23 Juni 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS)



Sabtu, 07 April 2018
Notulensi : Sinda
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Bund Roro
dokter Barry,

1. Anak saya umur 5 tahun, HB kok seringnya 9.5 ya, dia suka sekali minum teh. Normal kah?

2. Dan apakah teh berpengaruh dengan HB?

🍓Jawab:
1. Silahkan saja. Normal

2. Tidak
Hb rendah karena intake makanan yang mengandung besi sedikit, coba diperbaiki ya.

0⃣2⃣ Astri
dokter Barry,

Dok anak saya usia 13 hari, kalau siang tidur terus, untuk nyusu saja harus dibangunkan. Tapi kalau malam selalu bangun 30 menit atau 1 jam sekali. Itu kenapa ya dok? Apa itu normal? Bagaimana caranya agar pola tidurnya bisa normal?

🍓Jawab:
Wah normal sekali ya.
Ya begitulah, cara agar pola tidur normal sih belum bisa diintervensi saat ini jalani saja dulu. Nanti lama-lama pola tidur akan berubah ya.

0⃣3⃣ Nesa
dokter Valleria,

Dok, 3 hari yang lalu saya mengalami pendarahan sampai hari ini terus keluar setelah pendarahan kemarin. Bagaimana cara mengatasi ini ya dok?
Apakah nanti akan berbahaya untuk saya atau janin?

Saya khawatir karena diagnosa dari Dokter disini kemungkinan untuk kelahiran prematur, tapi karena janin masih sangat kecil jadi saya hanya disuruh bedrest. Tapi walau begitu masih saja keluar flek. Saya sangat khwatir apakah janin saya bisa bertahan sampai untuk kelahiran normal dok?

🍓Jawab:
Periksa ke dokter. Perdarahan bisa berbahaya untuk ibu dan janin.

Saya setuju dengan pendapat dokter yang memeriksa ibu. Tapi saya bukan dukun yang bisa memastikan tentang kelahiran prematur.

0⃣4⃣ Wida
dokter Lilis,

Akhir Akhir ini saya kok merasa gliyeng-gliyeng kalau orang jawa bilang pusing, pernah tensi 120.
Kenapa ya kira kira dokter, apa kurang tidur?

Terimakasih

🍓Jawab:
Coba cek darah ke laboratorium mbak.
Lihat Hb nya takunya gejala anemia.

Kalau HB normal berarti kemungkinan vertigo saja, bisa karena kurang tidur atau juga banyak pikiran.

🌴Tapi saya tidak ngantuk dok?

🍓Kalau mbak sepertinya lebih ke gejala vertigo.
Ngantuk dan lemas biasanya anemi.
Jadi kalau vertigo lebih ke faktor kelelahan dan kurang tidur.

0⃣5⃣ Laila
Mba Rifa,

1. Anak saya usia 19 bulan habis demam dan sekarang masih batuk pilek,  berat badannya jadi turun drastis, kira-kira menu makan yang bagaimana ya yang bisa menaikkan BB nya lagi dan cepat memulihkan kesehatannya?

2. Untuk anak yang tidak mau minum susu,  lebih bagus diganti sari kurma atau madu mba?
Juga supaya BB nya bisa naik?

Jazakillah khoir mba Rifa.

🍓Jawab:
1. Diet anak untuk pemulihan Tinggi Karbohidrat Tinggi Protein mba, pilih bahan makanan yang kandungan KH dan proteinnya tinggi. Jika anak masih sulit makan, nanti pemberiannya frekuensi sering dengan porsi kecil.

2. Susu sebagai sumber protein hewani dan kalsium.  Apakah semua susu anak tidak suka? 
Sari kurma dan madu fungsinya sebagai makanan kaya mineral yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh, berbeda fungsinya dengan susu.

0⃣6⃣ Tatik
dokter Lilis,

Akhir-akhir ini kenapa ya dok kalau sudah jam 9 - 11 pagi rasanya saya ngantuk berat?

🍓Jawab:
Coba cek darah ke laboratorium mbak.
Lihat Hb nya takunya gejala anemia.

Kalau HB normal berarti kemungkinan vertigo saja, bisa karena kurang tidur atau juga banyak pikiran.

0⃣7⃣ Laila
Bidan Devi,

Apakah anak yang menyusu dari ibunya yang sedang hamil dapat membuat BB si anak turun dan jadi lebih rentan sakit (daya tahan tubuhnya menurun)?

🍓Jawab:
Bunda laila, Bunda harus perhatikan nutrisi yang bunda konsumsi.

Ketika kita hamil ada kenaikan 2500 kalori dan semakin besar kehamilan maka makin bertambah. Dan jumlahnya lebih besar lagi jika bunda menyusui. Perhatikan ya bun. Agar untuk janin dan bayinya dua-duanya tercukupi.

Perhatikan nutrisi ibu hamil.

Nutrisi untuk ibu hamil memang penting untuk menjaga pertumbuhan janin. Tapi ibu juga harus menjaga nutrisi untuk ASI yang akan diberikan pada bayi. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu harus mencoba melihat dua nutrisi yang dibutuhkan oleh janin dan bayi. Ibu juga harus mengkonsumsi makanan dengan kalori yang cukup agar tubuh ibu tetap sehat. Pertimbangkan untuk memilih makanan yang sehat untuk ibu dan bayi.

Ketika ibu ingin tetap menyusui selama hamil maka sebenarnya kelenjar air susu juga akan memproduksi susu dalam jumlah yang lebih kecil. Kondisi ini yang akan menyebabkan bayi Anda merasa tidak puas saat menerima ASI. Terkadang beberapa bayi menangis terus menerus karena lapar. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu bisa mencoba untuk memberikan makanan pendamping ASI atau susu formula. Jangan pernah memaksa tetap menyusui ketika bayi tidak puas karena ini bisa menyulitkan Anda merawat bayi sekaligus sedang hamil.

Kalau dari sudut saya, saya biasanya menyarankan untuk fokus ke kehamilannya. Dan perlahan agar bayinya setelah asi di campur dengan sufor.

🌴Ini baru mencoba untuk melepas, tapi belum sepenuhnya. Kebetulan anak saya juga tidak mau minum sufor atau susu lainnya, jadinya agak kesulitan untuk lepas dan mungkin itu juga yang menyebabkan badannya jadi lebih kurus.

🍓Iya Bunda, perlahan-lahan saja, karena kita sebagai orang tua terkadang tidak rela. Mohon maaf berapa bulan si kecil?

🌴19 bulan bund.

🍓Anak saya di sapih usia 18 bulan. 3 bulan baru mau sufor dan makan maksimal. Selama 3 bulan gonta-ganti sufor.

Tapi saatnya dia haus atau lapar pasti dia mencoba walau sedikit demi sedikit.
Sabar ya bun.

0⃣8⃣ Yeni
dokter Barry,

Dok anak saya usia 10 bulan. Hasil cek lab HB 12 kata dokter masih kurang.
Pertanyaan saya,
1. Apa yang menyebabkan HB kurang dan bagaimana cara menaikkan HB?

2. Kalau bayi usia 10 bulan sakit typus, penyebabnya apa ya dok? Dan bagaimana solusinya?

Terima kasih sebelumnya.

🍓Jawab:
1. Banyak faktor, tapi penyebab utama adalah kurangnya mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat besi.

2. Sebenarnya jarang sekali ya umur sebesar itu bisa typhus. Jarang sekali. Penyebabnya adalah karena makanan yang dikonsumsi yang tidak bersih.

0⃣9⃣ Faiza
dokter Lilis,

Sejak habis lahiran tangan saya kiri dan kanan sering kebas dan kesemutan.

Apakah wajar dan bagaimana cara menghilangkannya?

🍓 Jawab:
Harus dikontrol ke dokter syaraf mbak.
Dulu lahirannya normal atau cesar?

🌴Lahiran normal. Di 7 bulan kaki bengkak. Cek darah. Urine protein negatif. Tapi di 9 bulan urine positif 1.  Tensi darah normal di 120.

🍓Sebaiknya kontrol ke dokter syaraf mbak.
Kalau dari sini kondisi tensi normal.
Hanya ada gejala preeklamsi menjelang melahirkan.
Tapi biasanya setelah melahirkan kembali normal.
Berarti kemungkinan masalahnya di syaraf.

1⃣0⃣ Aliyah
dokter Lilis,

Assalamualaikum.
Kira-kira penyebab dari batuk sudah seminggu namun tak kunjung sembuh apa yaa. Apa karena kurang istirahat (beberapa hari kurang tidur malam).
Terimakasih dok.

🍓 Jawab:
Batuk kronis biasanya disebabkan karena alergi.
Adakah keluarga yang punya riwayat alergi, apakah terhadap dingin, makanan tertentu dan lain-lain.
Tetapi bisa juga karena faktor kelelahan yang menyebabkan daya tahan turun dan mudah kena infeksi baik virus maupun bakteri.

🌴Solusi terbaik apa dok. Untuk alergi alhamdulillah tidak ada. Saya sudah minum obat baik herbal maupun biasa tapi belum sembuh.

🍓Istirahat yang cukup mbak.
Usahakan malam jam 9 harus sudah tidur jangan begadang.

1⃣1⃣ Shoffia
dokter Lilis,

Assalamualaikum.
Maaf dok cegukan itu kan biasanya dianggap suatu yang wajar, namun bila bunyi cegukannya itu cuma sekali atau dua X saja tapi hampir setiap hari dan kadang kalau bunyinya sampai berkali-kali itu rasanya sakit sekali di dada, apakah masih wajar?
Terimakasih.
*Usia belasan tahun.

🍓 Jawab:
Tidak wajar ini mbak.
Sama ini juga harus ke dokter syaraf.
Ada gangguan di otot diafragmanya atau di dalam tenggorokannya.

1⃣2⃣ Ulfa
dokter Lilis,

Saat ini saya sedang flu, terus saya tidur mendengkur kata suami.
Apakah wajar ketika flu mendengkur.
Apakah mendengkur penyakit turunan ya dok?

🍓Jawab:
Mendengkur disebabkan saluran nafas kita terhalang oleh benda sehingga suara nafas berbunyi.

Saat flu biasanya disertai pembengkakan kelenjar adenoid juga amandel kita sehingga wajar saat flu mendengkur.

Bisa juga karena posisi kepala kita terlalu menekuk sehingga saluran nafas kita agak tertutup dan menimbulkan suara, coba tidur tanpa bantal
Bisa juga bawaan pada orang yang ada pembesaran kelenjar adenoid nya atau sering infeksi di amandelnya.

🌴Ooh begitu ya dok.
Yang saya tahu ibu saya memang mendengkur tidurnya.
Tapi kalau ada pembesaran kelenjar itu seperti apa ya dok ciri-cirinya? Karena selama ini saya masih merasa aman dengan amandel saya alias tidak bermasalah.

🍓Adenoid bisa membesar karena radang.
Tanda dan gejala Adenoiditis :

~ Batuk
~ Demam
~ Hidung pilek (rinorea)
~ Ngorok (OSAS)Memiliki kesulitan bernapas
~ Mengalami kesulitan menelan
~ Pembengkakan pada tenggorokan
~ Sakit tenggorokan

Amandel kalau dalam kondisi biasa tidak mengganggu karena normal di tenggorokan kita.
Tapi bila sedang flu atau alergi atau infeksi maka bisa bengkak juga.

1⃣3⃣ Khoir
dokter Barry,

Assalamualaikum.
Dok, Apakah TB pada Anak bisa langsung terdiagnosa hanya dari hasil rontgen dan mantoux? Dan ketika di rontgen anaknya lagi flu batuk.

🍓Jawab:
Rontgen dan mantoux hanyalah alat bantu saja. Yang utama adalah gejala klinisnya.

🌴Maaf dok kalau saya nanya lagi. Gejalanya seperti apa ya? Terimakasih.

🍓Berat badan tidak naik-naik padahal makannya banyak, gejala lain misalnya, ada anggota keluarga lain yang sakit yang sama.

1⃣4⃣ Dii
dokter Lilis,

Dok, tensi saya hampir sebulan di bawah 100 ini. Rasanya dah seperti orang linglung dan mabok. Lemes dan pengen tidur terus. Tidak hamil juga dok.

🍓Jawab:
Harus cek up ini bun.
Mungkin perlu dirawat untuk dapat infus supaya bisa bantu naikin tensi.
Disamping itu juga perlu dicari penyebabnya.

1⃣5⃣ Esa
dokter Lilis,

1. Benarkah mengkonsumsi suplemen vit E dosis tinggi bisa mudah untuk hamil?

2. Berapa kadar IU maksimum yang dibolehkan?

🍓Jawab:
1. Penyebab tidak bisa atau lama punya anak bukan hanya karena kekurangan vit E.
Banyak faktor. Jadi belum tentu konsumsi di E bisa menjamin cepat punya anak. Tapi menambah kesuburan betul mbak.

2. Kebutuhan vit E 100 sampai 300 IU sehari.

1⃣6⃣ Rachma
dokter Valleria,

Dok, Saya kan kuret tanggal 15 februari, bersihnya sekitar 2 mingguan baru berhenti tidak keluar darah, lalu maret saya flek 2 hari saja, tanggal 1 april saya ngrasain pusing dan mual-mual lalu saya tespesk hasilnya positif, saya segera ke bidan dok. Cuma kata bidan itu belum tentu hamil. Katanya nunggu sebulan lagi suruh tespek. Soalnya pernah ada kejadian yang seperti itu, katanya itu sisa hormon hcgnya tinggi. Bisa saja mengecoh begitu dok. Lalu saya harus bagaimana dok. Apakah saya langsung ke dokter Spesialis dan di usg apa turutin saran dari bidan suruh nunggu sebulan?

🍓Jawab:
USG ulang saja bu.

1⃣7⃣ Cici
Bidan Devi,

Saya sudah buka kb setahun yang lalu kok sampai sekarang belum hamil-hamil ya? Padahal mendapatkan anak pertama dulu saya tidak susah seperti mendapatkan anak ke dua ini.

🍓Jawab:
Kasusnya sama sama saya bu cici. Malah saya 6 tahun. Masuk kategori impertil sekunder.

Evaluasi ke dokter. Ternyata saya ada tuba kiri yang tidak paten dengan cek Hsg.

Evaluasi juga tingkat stres, istirahat dan lain-lain.

Dan suburnya paska KB setiap orang berbeda-beda. Saya tetap usaha untuk mendapatkan anak selanjutnya.

Dikatakan inpertil sekunder itu lebih dari 3 tahun paska lepas KB.

🌴Maaf bidan devi apakah boleh di pancing sama piil kb biar subur?

🍓Ada 2 persepsi.
Ada yang bilang kita kan ingin hamil kok pakai KB lagi. Pil kan hormon.

Ada juga yang beranggapan minum pil ngacak. Biar lekas hamil.

Kalau saran saya, untuk netralkan hormon ada prodak namanya cycloprogdinova, untuk netralkan hormon ditubuh.

1⃣8⃣ Ruri
dokter Barry,

Dok, bayi saya 3 bulan kalau sedang tidur masih sering ngulet sambil melekuk kan lutut ke perut, itu kenapa ya dok?

🍓Jawab:
Biasanya karena tidak nyaman pada perutnya karena kembung oleh udara yang masuk karena posisi minum yang tidak tepat saat minum.

1⃣9⃣ Hanny
dokter Lilis,

Assalamu'alaikum bu dokter.
Kenapa ya tangan dan kaki sering kesemutan lama sekali,
Kalau saya habis minum kopi atau teh dada terasa sesak buat tarik nafas berat sekali.

🍓Jawab:
Kaki dan tangan sering kesemutan bisa disebabkan macam-macam.
Bisa karena asam urat tinggi, bisa juga karena kelainan syaraf.

Jadi harus kontrol ke dokter syaraf untuk memastikan penyebabnya.
Kopi dan teh mengandung kafein, kopi memang lebih banyak.

Kafein ini yang menyebabkan dada terasa berat kadang deg-degan dan nafas berat.
Ini terjadi hanya pada orang orang yang sensitif saja dan yang punya gangguan jantung dan pernafasan.

Pada orang yang normal tidak terlalu dirasakan. Malah dirasanya tidak ngantuk akibat pengaruh adrenalin yang dipicu kafein.


^^^_^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
➖➖➖
🌷bkc🌷
==========
Join With Us:
💘FB ~ PeRiNDu SuRGa
https://www.facebook.com/groups/1770635569850310
💘Telegram
https://t.me/triobsperindusurga
💘Blog
http://triobshdw.blogspot.co.id
💘IG
https://www.instagram.com/triobsperindusurga
💘YouTube ~ Trio BS HDW
https://www.youtube.com/channel/UCMqJP7Gmwf9nDo_vDbBT3NQ

🌸🌸🌸🌸💫hdw💫🌸🌸🌸🌸

Tidak ada komentar:

Posting Komentar