Sabtu, 23 Juni 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS iBu HaMiL)



Selasa, 03 April 2018
Notulensi : Sinda
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Bund Santi
dokter Valleria,

Masih bolehkah seandainya saya hamil lagi sementara usia saya sudah 41 tahun ini dan riwayat hamil 3 kali kuret dengan yang sekarang ini. Berbahayakah dan apa resikonnya jika di beri hamil lagi?
Karena bagaimanapun juga saya tetap sedih kehilangan calon anak walau anak saya sudah ada 3 juga!

🌷Jawab:
Silahkan medical check up dulu untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu.
Jika sehat, boleh hamil lagi.

💎Iya dok, terimakasih.
Alhamdulillah, kuret selesai 2 jam yang lalu.
Dok...sebenernya kalau kuret itu perlu rawat inap apa boleh langsung pulang yah? Sebab di rs ini saya dirawat dari semalam untuk diberi obat perangsang terus baru ditinda tadi pagi.

🌷Dirawat atau tidak, tergantung kondisi umum yang bersangkutan.

0⃣2⃣ Desti
dokter Valleria,

Assalamu'alaykum, Dokter yang shalihah mau tanya nih. Beberapa hari kebelakang saat malam hari saya merasakan mulas seperti akan lahiran, saya hitung mulasnya kurang dari 10 menit sekali, tapi saya cek tidak ada flek atau apa. Alhamdulillah menjelang subuh mulasnya berkurang. Dan sampai sekarang tidak ada mulas lagi, paling mulas sedikit dan itu tidak lama. Pertanyaannya apakah mulas yang hebat kemarin termasuk kontraksi palsu atau apa? Berbahayakah dok??
Oia usia kehamilan saya sekarang 37week.

🌷Jawab:
Iya, kontraksi palsu.
Normal saja.
Silahkan kontrol ke fasilitas kesehatan, sesuai jadwal.

0⃣3⃣ Dwi
dokter Valleria,

Dok, bulan 3 tanggal 4 saya masih menstruari tanggal 26 saya tes hasilnya positif, kira-kira usia kandungan saya berapa Week dan saya merasakan mual dan muntah-muntah dari bulan 2 tanggal 27?

🌷Jawab:
Pastikan dulu kehamilan tersebut dengan pemeriksaan USG.

0⃣4⃣Chusnul
Bidan Devi & bidan Nisa

Assalamu'alaikum mb apa boleh saya minum CDR? Usia kandungan 30 week, soalnya saya merasa kaki sering kaku. Saya habis menyusui lanjut hamil.

🌷Jawab:
Walaikumsalam... Mba chusnul semoga sehat dan dimudahkan segala urusannya amin.

Tidak apa-apa, asal jangan terlalu sering.

Karena teman ambil penelitian tentang bumil yang terlalu sering mengkonsumsi CDR. Sebagian kecil mengakibatkan plasenta (ari-ari) lebih lengket. Dalam proses persalinannya.

Intinya sesuai dosis dan bisa konsultasi dulu ke dokter dan bidannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengkonsumsi CDR untuk Ibu Hamil

Konsultasi pada dokter kandungan. Apakah ibu hamil perlu mengkonsumsi CDR ataukah tidak.

🔹Dalam sesi konsultasi tersebut Anda bisa mengetahui seberapa banyak kalsium yang Anda butuhkan setiap hari sesuai usia kehamilan, apakah diet Anda sudah memenuhi kebutuhan nutrisi, dan apakah riwayat kesehatan Anda cukup bagus untuk menerima zat-zat yang terkandung di dalam CDR.

🔹Konsumsi CDR bila diperlukan. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi CDR bila diperlukan, karena kandungan nutrisi dalam CDR merupakan zat artifisial. Selain itu, dalam CDR terdapat pemanis buatan, yaitu acesulfam dan aspartam. Walaupun dalam jumlah yang kecil, zat-zat artifisial dapat menimbulkan gangguan kehamilan jika dikonsumsi terus-menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Terutama bagi ibu hamil, karena zat tambahan tersebut dapat menumpuk dalam tubuh janin. Selain itu, bahaya soda yang dihasilkan CDR saat dilarutkan dalam air perlu diwaspadai. Ada baiknya ibu memenuhi kebutuhan nutrisi secara alami langsung dari makanan sehat awal kehamilan.

🔹Konsumsi CDR sesuai dosis. Konsumsi CDR secara berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan kadar nutrisi dalam tubuh. Selain itu, zat artifisial dalam CDR akan mengendap dalam tubuh sehingga dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan tubuh ibu dan janin.

💎Alhamdulillah
Jazakillah khoiron mb Bidan Devi⁩ atas jawabannya. Apa saya minum kalek (buat tulang) saja ya.

🌷Kalek itu kalsium kan bunda, juga semoga jawabannya bermanfaat. Kalau CDR nya sudah dibeli bunda bisa cukup 1 minggu 2x saja. Itu saran dari saya.  Mungkin nanti bisa Dibantu pendapat dari sahabatku bunda nissa atau dokter yang lain.

0⃣5⃣ Annisa
dokter Valleria,

Dok, sudah 4 hari ini saya keluar keputihan yang agak gatal, di cek keputihannya menuju agak hijau dok. Padahal tiap kali saya bersihkan tapi pasti ada lagi. Kehamilan saya 10w, saya takut berbahaya ke janin saya dok.

🌷Jawab:
Segera konsul ke dokter obgyn terdekat. Itu infeksi dan harus diobati.

0⃣6⃣Nani
Bidan Devi,

Assalamu'alaikum
Saya udah 30 minggu di usg posisi dedenya melintang, kira-kira ada gerakan senam hamil yang bisa dilakukan biar posisi dedenya normal?

🌷Jawab:
Walikumsalam wr.wb.

Pernah dalam Class ibu hamil ada materi saya. Tentang senam hamil dan ada senam atau posisi anti sungsang. Hayoo bunda hamil yang lainnya bisa bantu share posisinya seperti apa. (mau lihat masih ngesave materi yang sebelumnya atau tidak).

Nah, kalau di bahas dengan ilmu hypno-birthting. Saya pernah diajarkan. Terapi penekanan saraf pada kaki telunjuk. Kk bisa ikat kaki telunjuk kiri dan kanan dengan menempelkan 3 beras di ujung luar kaki tersebut lalu beras itu diikat dengan tali kecil. Lakukan sebelum tidur di saat tidak beraktifitas.

💎Diikat kencang kah? Sampai kapan ngikatnya mb?

🌷Iya, ikat sewajarnya kalau terlalu kencang nanti takut Peredaran darahnya tidak maksimal mengalirnya.  Cukup 1 jam.

0⃣7⃣Desi
Bidan Devi,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bu bidan, apa benar gurita bayi sekarang tidak direkomendasikan untuk digunakan?

Untuk ukuran tinggi fundus berlaku juga kah pada kehamilan gemelli?
Terima kasih Bu bidan

🌷Jawab:
Walikumsalam wr.wb.
Asalamualaikum wr.wb. juga untuk sahabat muslim dan khususnya mba desi dan mba insyirah.

Untuk gurita memang kami bidan sudah tidak merekomendasikan.  Karena kasihan debay nya bernafasnya tidak maksimal, bunda bisa ganti dengan kaos kutang ukuran ss untuk debay nya.

Dan untuk TFU tetap diukur untuk mengetahui kenaikan cm nya. Tetapi tidak akan maksimal dalam mengukur usia kehamilan dan TBJ bayinya.

0⃣8⃣ Dessy Haryani
dokter Valleria,

Dok saya sedang hamil 10w4d kemarin siang saya sembelit dan mulasnya luar biasa akhirnya saya putuskan untuk jongkok di toilet selama kurang lebih 1 jam maaf (pup) nya keras sekali sampai mengakibatkan saya harus ngeden dan akhirnya keluar tapi setelah selesai (pup) saat saya berdiri saya langsung merasakan seperti kesetrum begitu di pinggang, dan saat hendak mau duduk di kasur rasa pinggangnya luar biasa nikmat linu sekali.
Apakah ada cara untuk meredahkan nyeri di pinggang dok?

🌷Jawab:
Istirahat dan minum yang cukup.

0⃣9⃣Puji
Bidan Devi

Kalau gurita untuk ibu melahirkan bagaimana bubid? Waktu lahiran pertama memang enak pakai gurita jadi tidak begitu sakit pas gerak, walau memang pas lahiran tidak disuruh sama bidan pakai gurita sih, hehehe...

🌷Jawab:
Boleh bun, selagi bunda jaga kebersihan dan tidak iritasi mengunakannya. Dan jangan tertalu ketat jika sudah engap sebaiknya di buka.

Ijin share manfaat gurita pada paska persalninan.

Penggunaan gurita sebenarnya tidak dilarang, selama ada dalam batasan wajar. Karena yang dilarang justru penggunaan stagen. Dan berikut ini ada beberapa manfaat dalam penggunaan gurita bagi ibu yang sudah melahirkan, yaitu sebagai berikut:

1) Meredakan nyeri punggung
Rasa nyeri di bagian perut atau bahkan bagian punggung bisa menyerang Anda kapan saja, terutama ketika Anda sudah melahirkan. Guna mengatasi hal ini, banyak diantaranya para praktisi kesehatan yang sering menganjurkan Anda untuk melakukan olahraga setelah melahirkan. Bahkan, menggunakan gurita setelah melahirkan juga bisa Anda jadikan sebagai solusi guna mengatasi masalah nyeri di bagian punggung atau perut ini.

2) Mengembalikan jaringan kulit yang kendur
Selama masa kehamilan, keadaan tubuh akan memproduksi hormon yang memang disebut dengan relaksin, fungsinya untuk merileksasi jaringan yang menghubungkannya dengan iga, paha, dan juga pelvis yang dimiliki oleh wanita.

Dan hasilnya, beberapa bagian tersebut umumnya akan melar serta membutuhkan perhatian medis. Ada beberapa diantaranya dokter yang menganjurkan, agar Anda menggunakan gurita guna mengatasi masalah ini. Selain dengan menggunakan gurita ibu melahirkan, Anda juga dianjurkan untuk melakukan diet sehat juga olahraga.

3) Penyembuhan setelah melahirkan
Penggunaan gurita ibu melahirkan juga bisa membantu sejumlah otot dasar di bagian panggun atau pelvis menjadi lebih stabil. Bahkan hal ini juga bisa mempercepat Anda dalam penyembuhan setelah melahirkan, dengan mendukung area bekas operasi. Khususnya setelah 6-8 minggu setelah melahirkan.

4) Memudahkan menyusui
Para penelitian juga menunjukkan, bahwa banyak diantaranya ibu baru yang memang tidak mampu menyusui bayi mereka dikarenakan adanya keluhan sakit punggung yang menyerang mereka setelah melahirkan. Kondisi ini juga bisa membuat ibu yang tengah menyusui kesulitan untuk duduk dengan tegak, sehingga proses menyusui bisa terganggu.

Dengan Anda menggunakan gurita setelah melahirkan, maka bisa menunjang bagian perut serta punggung ibu, dan bisa membantu Anda untuk mendapatkan posisi duduk tegak ketika menyusui si kecil.
Penggunaan gurita ibu melahirkaan sebenarnya tidak dilarang, terutama bagi ibu yang melahirkan dengan cara normal. Yang dilarang justru penggunaan stagen.

Dan untuk Anda yang memang melahirkan dengan cara caesar juga seberanya tidak dilarang, dengan catatan penggunaan gurita ini di gunakan setelah luka operasi Anda kering atau sembuh. Satu hal yang harus Anda ingat dalam penggunaan gurita ini, Anda jangan terlalu ketat dalam penggunaannya, karena bisa berakibat buruk. Sebaiknya gunakan gurita ini sewajarnya, agar Anda sendiri juga tidak merasa sesak.

1⃣0⃣ Anggrainy
dokter Valleria,

Maaf dok kalau boleh tau, dokter obgyn tu apa ya?
Soalnya sama seperti kasus saya dok.

🌷Jawab:
Obgyn adalah singkatan yang digunakan untuk Obstetri dan Ginekologi. Meskipun mereka dua spesialisasi yang terpisah, mereka sering digabungkan karena keduanya berhubungan dengan sistem reproduksi wanita. Secara khusus, obstetricians mengkhususkan diri dalam penanganan kehamilan, sementara ginekolog mengkhususkan diri dalam kesehatan keseluruhan dari sistem reproduksi wanita.

Sering kali kalangan awam dibingungkan dengan istilah obstetri dan ginekologi (obgyn). Istilah ini menyangkut cabang ilmu kedokteran yang mempelajari dan menangani kesehatan wanita.

Dokter yang ahli dibidang tersebut sering oleh awam disebut sebagai dokter kandungan ataupun ginekolog.

Secara medis dikenal sebagai dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau sering kali disebut dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

1⃣1⃣Annisa
dokter Barry,

1. Dok, anak saya belum DPT 2 harusnya bulan kemarin tapi karena bulan kemarin habis operasi pemasangan shunt di kepala jadi ditunda.
Apa bulan ini sudah boleh DPT 2 dok? Dan kalo pakai DPT biasa yang efeknya panas gak masalah kan dok? Soalnya saya kawatir dok mengingat anak saya kemarin positif hidrosefalus

🌷Jawab:
Ya, silahkan imunisasi.
DPT tipe apapun tetap ada resiko demam. Jadi yang penting bila demam, diberikan penurun panas.

1⃣2⃣Puji
dokter Valleria,

Penyebab kista itu apa yah?

🌷Jawab:
Belum diketahui.

^^^_^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
➖➖➖
🌷bkc🌷
==========
Join With Us:
💘FB ~ PeRiNDu SuRGa
https://www.facebook.com/groups/1770635569850310
💘Telegram
https://t.me/triobsperindusurga
💘Blog
http://triobshdw.blogspot.co.id
💘IG
https://www.instagram.com/triobsperindusurga
💘YouTube ~ Trio BS HDW
https://www.youtube.com/channel/UCMqJP7Gmwf9nDo_vDbBT3NQ

🌸🌸🌸🌸💫hdw💫🌸🌸🌸🌸

Tidak ada komentar:

Posting Komentar