Sabtu, 23 Juni 2018

SAKINAH BERSAMAMU



OLeh   : Ustadzah Rizqi Maulida A.

         💎M a T e R i💎

🌷Sakinah Bersamamu dunya wal akhiroh

Setiap keluarga dalam berumah tangga mendambakan keluarga yang bahagia. Bagi Umat Muslim, sudah memiliki pedoman Al Quran sebagai sumber ilmu dalam berumah tangga. Sebagaimana dalam QS. Al Baqarah ayat 230. Maka wajib bagi setiap keluarga Muslim untuk mengkaji ilmu syar'i yang selalu di recharge. Sebab rumah tangga yang cinta ilmu lah rumah tangga yang dikehendaki kebaikan oleh Allah.


Janji Allah kepada yang memuliakan Al Quran akan beruntung dan bahagia dunia akhirat. Oleh sebab keutamaan ini, maka perlu bagi kita mengusahakan untuk selalu dekat dengan Al Qur'an.

Intensif dengan Al Qur'an untuk keluarga  dengan langkah-langkah sebagai berikut:

🔹Tilawah, yang berfungsi  membangun keimanan kepada Allah dan spritual yang tinggi dalam keluarga

🔹Tafahhum, berfungsi menggali ilmu sebanyak mungkin agar menjadi pedoman menjalankan rumah tangga.

🔹Tadabbur, berfungsi menjadi sumber tausiyah, motivasi, pengingat bahkan proses dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Langkah-langkah tersebut diiringi dengan menghadirkan ruh Al Quran, seperti; interaksi intensif bersama Al Quran,


Dalam QS Faathir ayat 32, disebutkan bahwa ada 3 tingkatan orang kesiapannya dalam menerapkan ayat ayat Al Quran dalam rumah tangga. Yaitu yang belum siap, yang baru siap dan yang sudah siap.

Contoh  rumah tangga,  yang berkualitas sebagaimana contoh Rasulullah:

1, Sibuk dalam ketaatan pada Allah, maka hal ini akan mengundang solusi dari Allah atas segala permasalahan yang menimpa

2, Memperhatikan ilmu baik utk diri dan seluruh keluarga.

3,  Berakhlakul karimah dengan semua keluarga.

4, Rumah tangga yang berkualitas selalu mengagendakan pelayanan terhadap  agama Allah dan ummat.

5, Tidak melupakan hal hal humanis seperti santai, bercanda dan lain-lain.

6, Melaksanakan syariat Allah.

 7, Menjalankan rumah tangga sbg amanah Dari Allah.

8, Saling kerja sama dan melengkapi.

9, Rumah tangga merupakan madrasah untuk generasi berikutnya.


Dalam ajaran Islam terlihat kelas bagaimana Islam memuliakan wanita baik saat rumah tangga bermasalah (misal adanya talak, khulu, masa iddah) maupiun yang harmonis. Sebagai. Mana dalam QS. Al Baqarah ayat 231-233.

Laki-laki (suami) i qowwam dalam rumah tangga. Ia memimpin untk menyayangi dan mengayomi serta sabar.

Belajar tauladan keluarga Dari Nabi Ibrahim a.s.
Keluarga penuh ketaatan pada Allah, rumah tangga yang didasari fi sabilillah.


✔Perbedaan karakter antara suami dan istri dalam sebuah rumah tangga merupakan Rahmat. Agar saling melengkapi dan amal sholih. Juga dapat meneladani Rasulullah.

✔Penting juga menyeleksi perolehan harta kita utk kelg. Harus yang halal dan thayyib agar berkah dan selalu bersyukur.

✔Berusaha mencintai pasangan karena Allah sepanjang hidup. Surah Maryam ayat 96.
Waspada dengan kejenuhan dalam rumah tangga. Berusaha untuk antisipasi. Ketika menghadapi konflik dalam rumah tangga, tidak boleh berlarut. Lekas ishlah.

✔Bagi keluarga yang belum dititipkan Buah hati, rumah tangga harus tetap bahagia dan utuh. Perkuat ketaatan kepada Allah.

✔Mendawamkan dzikir dan doa bagi keluarga merupakan cara untuk keluar dari kemelut rumah tangga dan agar menjaga tetap harmonis. Sebab rumah tangga membutuhkan qalbun salim.

✔Sebab rumah tangga adalah amanah Allah, Ridho dengan pasangan yang Allah takdirkan.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ iNdika
Bagaimana membangun keluarga supaya tidak mengalami kejenuhan?

🌷Jawab:
Seperti baterai hp yang perlu di re charge. Demikian juga dengan hidup kita, kehidupan rumah tangga. Ibaratnya begini, kalau pekerjaan saja kita pernah mengalami kebosanan. Dan mungkin bisa resign jadi salah satu jalan keluar. Beda dengan membangun rumah tangga, yang in syaa Allah seumur hidup dunia akhirat. Sampai ke surga.

Rasulullah dan istrinya sering bercanda, melakukan kegiatan bersama yang buat kuat bonding keluarga. Ini yang perlu kita contoh agar keluarga selalu bersemi. Misalnya rihlah bersama, umroh suami istri  dan anak, dan hal kecil lain yang bisa kuatkan bonding.

0⃣2⃣ Tini
Bagaimana menghilangkan rasa galau saat teman-teman sebaya sudah punya anak sedang kita calon aja belum ada?

🌷Jawab:
Keep praying and believing, Allah punya rencana yang lebih indah dari yang terpikir oleh kita sendiri. Moment kita untuk perbaiki diri, memantaskan diri. Produktif dakwah dan raih prestasi sebelum hal-hal tersebut tidak bisa diraih lagi karena terhambat satu dua dan lain hal.

0⃣3⃣ Rizki
Bagaimana menghadapi suami yang sulit untuk menyatukan visi misi dalam membangun rumah tangga?

🌷Jawab:
Kita perlu tahu bagaimana komunikasi dengan suami. Cari tahu karakternya, model nya, kita sesuai kan. Semua berproses. Tetap sab.ar dan belajar. Yang utama adalah berdoa selalu kepada Allah

0⃣4⃣ Ruri
Bagaimana memotivasi anggota keluarga untuk tetap semangat mendekatkan diri dengan Allah?

🌷Jawab:
Saling mengingatkan, ajak taklim bareng, diksusi bareng.

0⃣5⃣ Yulianti
Ustadzah bisakah rumahtangga bisa  sakinah jika ada salah satu yang tidak cinta atau tepaksa menikah dengan pasangannya?

🌷Jawab:
Bisa, selama keduanya mau untuk berproses, berubah, menjadi lebih baik, belajar, saling menerima. Saling support dan istiqomah dalam ketaatan.

0⃣6⃣ Evi
1.Apabila dalam rumah tangga yang membaca Al Qur'an cuma sang istri saja dan suami sibuk dengan pekerjaannya dengan alasan untuk menafkahi keluarga, bagaimana sikap dan tindakan seorang istri?

2. Saya seorang istri dan ibu dari dua anak, suami hanya karyawan swasta di mall yang gajinya tidak tentu, apalagi anak-anak sudah mulai masuk sekolah. Saya pernah bicara untuk membantumya bekerja tapi suami menolak. Bagaimana sikap saya dengan tindakan penolakan dari suami?

3. Apakah boleh jika istri cemburu terhadap suaminya dikarenakan suami lebih banyak waktu diluar selain bekerja, karena ada urusan dengan customernya?
Terimakasih jawabannya.

🌷Jawab:
1. Istri istiqomah ya.
Coba mulai ajak suami dan anak agar ngaji bareng. Atau panggil ustadz guru ngaji bisa juga taklim bersama. Mungkin di momentum-momentum ini bisa berproses lebih baik.

2. Alhamdulillah, suami ibu orang yang berusaha tanggung jawab. Tugas ibu, doakan selalu. Jangan mengeluh, bersyukur pada Allah, maka akan di tambah. Terima kasih pada suami. Bantu suami dari hal lain misal, masakin, rapihkan rumah, didik anak dengan baik. Agar pikiran suami fokus pekerjaan untuk nafkah.

3. Waspada perlu sebagai bentuk perhatian kita. Tanya dan sebagai langkah preventif. Tapi jangan sampai buta, cemburu buta.

0⃣7⃣ Aisyah
Bagaimana caranya membangun rumah tangga supaya tetap harmonis disaat menghadapi berbagai macam cobaan dari Allah?   

🌷Jawab:
Karena tanpa ujian tidak mungkin ada naik kelas, naik derajat. Yakin semua yang datang dari Allah sesuai dengan kemampuan kita, tidak mungkin memberatkan dan pasti ada jalan keluar. Selalu berdoa yang terbaik, semoga Allah mudahkan, kuatkan cinta kasih di keluarga. Jadikan INI sebagai ladang amal shalih untuk terus belajar, perbaikan.

0⃣8⃣ Anik
Bagaimana cara mengatasi perbedaan antara suami istri, suami cuek merasa sesuatu hal tidak penting tetapi istri merasa hal itu melukai perasaan. Mungkin terlalu perasa?

🌷Jawab :
Kita pahami satu sama lain.
Cari cara komunikasi yang lebih kena, lihat sikon juga. Perbedaan bukanlah masalah selama tidak kepada keburukan atau kesalahan.

0⃣9⃣ Oom Sri
Bagaimana menyatukn antara mertua (ibu saya) dengan suami, kebetulan kami serumah dengan ibu saya. Suka ada ketidakcocokn antara suami dan ibu saya. Sehinga hal tersebut membuat hubungan saya dan suami rada-rada kurang enak.

🌷Jawab:
Alhamdulillah sebetulnya suami mau tinggal di mertua.
Yang perlu ibu perkuat adalah buka komunikasi antra suami dengan mertua. Tugas ibu sebagai perantara yang baik. Jadikan keduanya sinergi. Di keduanya ada ladang amal shalih. Juga selalu Doa kepada Allah agar dilembutkan hati, khususon suami dan ibu mertua nya.

1⃣0⃣ Yana
Bagaimana menghadapi suami yang super cemburuan?

🌷 Jawab:
Ajak dialog, tanya hal apa yang tidak boleh dan coba diobrolkan. Untuk minimalisirnya, ajak suami dan beri tahu selalu suami dalam kegiatan istri.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Adalah kewajiban suami untuk paham tentang kewajiban Syariah sehingga istri dan keluarganya bisa terjaga dari Neraka.
Semoga Allah menganugerahi kita pasangan yang saling support dalam keimanan ketakwaan dan amal shalih yang di ridhoi Allah, bersama dunia akhirat hingga ke surga.


Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar