Sabtu, 23 Juni 2018

IMD (INISIASI MENYUSU DINI)



OLeh     : Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes

           💎M a T e R i💎

Assalamualaikum warohmatullaahi wabarokatuh sahabat kelas ibu hamil yang dirahmati Allah..aamiin
Semoga yang hadir dikelas ini senantiasa diberikan kesehatan ibu dan dede janin serta keluarga, murah rezeki, dimudahkan segala urusan, dan senantiasa diberkahi Allah. Aamiin yaa robbal aalamiin.

Alhamdulillahirobbil aalamiin. Terimakasih tak terhingga ke hadirat Allah yang dengan perkenanNya menyehatkan kita semua untuk bisa bersama berkumpul disini, ngobrol bareng nisa.
Terimakasih nisa haturkan kepada ade' henny tersayang dan jajarannya yang telah memfasilitasi room ini dan mengizinkan nisa untuk ngobrol lagi bareng ibu hamil disini.

Pastinya tema obrolan kita ini sudah tidak asing untuk semua ibu disini
IMD apa ya?
Inisiasi Menyusui Dini
Namun lebih tepatnya Inisiasi Menyusu Dini

Apa bedanya "menyusui" dengan "menyusu"?
Jadi..kalau "menyusui" berarti subjek bahasannya ibu

Tapi kalau "menyusu" berarti bayi yang jadi subjeknya

Inisiasi menyusu dini (IMD) dalam istilah asing sering di sebut early inisiation adalah memberi kesempatan pada bayi baru lahir untuk menyusu sendiri pada ibu dalam satu jam pertama kelahirannya.

Ketika bayi sehat di letakkan di atas perut atau dada ibu segera setelah lahir dan terjadi kontak kulit (skin to skin contact) merupakan
pertunjukan yang menakjubkan, bayi akan bereaksi oleh karena rangsangan sentuhan ibu, dia akan bergerak diatas perut ibu dan
menjangkau payudara.

Inisiasi Menyusu Dini adalah proses menyusu bukan menyusui, yang merupakan gambaran bahwa inisiasi menyusu dini bukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif sendiri menemukan putting susu ibu.

Setelah lahir, bayi belum menujukkan kesiapannya untuk menyusu. Reflek menghisap bayi timbul setelah 20-30 menit setelah lahir.

Roesli (2008), menyatakan bayi menunjukan kesiapan untuk menyusu 30-40 menit setelah lahir.

🔹🌷🔹
◼Prinsip Dasar Inisiasi Menyusui Dini adalah =

Bayi baru lahir yang sehat dan bugar tanpa harus dibersihkan dulu, diletakkan di dada ibunya dengan posisi tengkurap dimana telinga dan tangan bayi berada dalam satu garis sehingga terjadi kontak kulit dan secara alami bayi mencari payudara ibu dan mulai menyusu.

◼Manfaat inisiasi menyusu dini (IMD) =

a. Untuk Ibu ; Sentuhan dan hisapan payudara ibu mendorong keluarnya oksitoksin.

Oksitoksin menyebabkan kontraksi pada uterus sehingga membantu keluarnya plasenta dan mencegah perdarahan. Oksitoksin juga menstimulasi hormon-hormon lain yang menyebabkan ibu merasa aman dan nyaman, sehingga ASI keluar dengan lancar.

b. Untuk Bayi ; Bersentuhan dengan ibu memberikan kehangatan, ketenangan sehingga napas dan denyut jantung bayi menjadi teratur.

Bayi memperoleh kolostrom yang mengandung antibodi dan merupakan
imunisasi pertama. Disamping itu, kolostrom juga mengandung faktor pertumbuhan yang membantu usus bayi berfungsi secara efektif, sehingga mikroorganisme dan penyebab alergi lain lebih sulit masuk kedalam tubuh bayi.

◼Apa tanda keberhasilan IMD?

Berarti dede bayi berhasil mulutnya mencapai puting susu.
Prinsipnya skin to skin, dan bayi berhasil merangkak mencapai puting susu ibu dan menghisap puting susu ibu.

🔹🌷🔹
Saat proses IMD, adakah kolostrum yang keluar bunda?
Apa itu kolostrum?
Apa bedanya dengan ASI?
Mohon izin nisa bahas sedikit tentang ASI

💎Air Susu Ibu (ASI)

◼Proses terbentuknya ASI
Hormon prolaktin dari plasenta meningkat selama kehamilan tetapi biasanya ASI belum keluar karena masih dihambat oleh kadar estrogen yang tinggi. Pada hari kedua atau ketiga pasca persalinan, kadar estrogen dan progresteron turun drastis, sehingga pengaruh prolaktin lebih dominan dan pada saat inilah mulai terjadi sekresi ASI.

Dengan menyusukan lebih dini terjadi perangsangan puting susu, terbentuklah prolaktin dari hipofisis, sehingga sekresi ASI semakin lancar.

Reflek yang sangat penting dalam proses laktasi adalah reflek prolaktin dan reflek aliran (let down reflex).
Inilah reflex pertama dalam proses IMD

a. Reflek prolaktin

Pada saat bayi menyusu, ujung saraf peraba yang terdapat pada puting susu terangsang.

Rangsangan tersebut oleh serabut afferent dibawa ke hipotalamus didasar otak, lalu memacu hipofise anterior untuk mengeluarkan hormon prolaktin ke dalam darah, melalui sirkulasi prolaktin memacu sel kelenjar (alveoli) untuk memproduksi air susu.

Jumlah prolaktin yang disekresi dan jumlah susu yang diproduksi berkaitan dengan stimulus isapan, yaitu frekuensi, intensitas dan lamanya bayi menghisap.

b. Reflek aliran (let down reflex)

Rangsangan yang ditimbulkan oleh bayi saat menyusu selain mempengaruhi hipofise anterior mengeluarkan hormon prolaktin juga
mempengaruhi hipofise posterior mengeluarkan hormon oksitoksin.
Dimana setelah oksitoksin dilepas ke dalam darah akan memacu otot polos yang mengelilingi alveoli dan ducktus untuk berkontraksi, sehingga memeras air susu dari alveoli, duktus dan sinus menuju puting susu.

Tanda-tanda lain dari let down reflex adalah tetesan pada payudara lain yang tidak sedang dihisap oleh bayi, reflek ini dipengaruhi oleh kejiwaan ibu

◼Komposisi ASI

ASI adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, lactose dan garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu, sebagai makanan utama bagi bayi.

Komposisi ASI tidak sama dari waktu kewaktu, hal ini berdasar stadium laktasi.

Komposisi ASI menurut Kristiyansari, (2009) dibedakan menjadi 3
macam yaitu :
1) Kolostrum
2) ASI masa transisi
3) ASI mature

✔1) Kolostrum =
ASI yang dihasilkan pada hari pertama sampai hari ketiga setelah bayi lahir.

Kolostrum merupakan cairan yang agak kental berwarna kekuningan, lebih kuning dibanding dengan ASI mature, bentuknya agak kasar karena mengandung butiran lemak dan sel-sel epitel, dengan khasiat sebagai berikut :

a) Sebagai pembersih selaput usus bayi yang baru lahir sehingga saluran pencernaan siap untuk menerima makanan.

b) Mengandung kadar protein yang tinggi terutama gama globulin, sehingga dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap infeksi.

c) Mengandung zat antibodi sehingga mampu melindungi tubuh bayi dari berbagai penyakit infeksi untuk jangka waktu sampaidengan 6 bulan.

✔2) ASI masa transisi =
ASI yang dihasilkan mulai hari ke empat sampai hari ke sepuluh.

✔3) ASI matur =
ASI yang dihasilkan mulai hari ke sepuluh sampai seterusnya.

◼Manfaat ASI =

A. Bagi Bayi =

1) Membantu bayi memulai kehidupannya dengan baik, bayi yang mendapatkan ASI mempunyai kenaikan berat badan yang baik setelah lahir, pertumbuhan setelah perinatal baik, dan mengurangi kemungkinan obesitas.

2) Mendapatkan antibodi.

3) Memberikan rasa nyaman dan aman bagi bayi dengan adanya proses menyusui oleh ibu.

4) Terhindar dari alergi.

5) Meningkatkan kecerdasan bayi.

6) Membantu perkembangan rahang dan merangsang pertumbuhan gigi.

B. Bagi Ibu =

1) Menjarangkan kehamilan atau sebagai alat kontrasepsi.

2) Mencegah terjadinya perdarahan pasca pesalinan, anemia dan mencegah terjadinya kanker payudara dan ovarium.

3) Menurunkan berat badan.

4) Menumbuhkan rasa bangga karena merasa diperlukan oleh semua
manusia.

C. Keluarga =

1) Penghematan atau ekonomis.

2) Kebahagian keluarga bertambah karena kelahiran yang jarang sehingga mendekatkan hubungan bayi dan keluarga.

3) Praktis karena tidak perlu repot menyiapkan alat-alat menyusui yang
dapat diberikan dimana saja kapan saja.

D. Negara =

1) Menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi.

2) Menghemat devisa Negara.

3) Mengurangi subsidi untuk Rumah Sakit.

4) Meningkatakan kualitas generasi penerus.

🔹🌷🔹
🔹Persiapan Suksesnya IMD bagi ibu hamil =

A. Persiapan fisik =

1). Makan-makanan bergizi.
Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh makanan yang dimakan ibu, karena kelenjar pembuat ASI tidak dapat bekerja dengan sempurna tanpa makanan yang cukup. Makanan ibu harus memenuhi jumlah kalori, protein, lemak, vitamin, mineral selain itu dianjurkan untuk minum 8 – 12 gelas/hari.

2). Pemeriksaan kesehatan.
Memeriksakan kehamilan ibu secara rutin sangat diperlukan untuk mengetahui status kesehatan ibu dan janin, sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat diatasi dengan segera.

3) Perawatan payudara
✔Di usia kehamilan 3 bulan, Periksa puting susu untuk mengetahui apakah puting susu datar atau masuk ke dalam dengan cara memijat dasar puting susu secara perlahan. Puting susu yang normal akan menonjol keluar, jika putting susu tetap datar atau masuk lagi kedalam payudara, maka sejak usia kehamilan 3 bulan harus dilakukan perbaikan agar bisa menonjol. Caranya dengan menggunakan kedua telunjuk atau ibu jari, daerah di sekitar puting susu diurut kearah berlawanan menuju kedasar payudara sampai semua daerah payudara dan dilakukan sehari 2 kali selama 6 menit.

✔Di usia kehamilan 6-9 bulan.
Perawatan yang dapat dilakukan dalam usia kehamilan ini adalah dengan cara sebagai berikut :
1) Basahi kedua telapak tangan dengan minyak kelapa selama 2-3 menit, kompres daerah putting susu sampai areola mamae dengan minyak kelapa untuk memperlunak kotoran yang menempel pada putting susu sehingga mudah dibersihkan.

2) Pegang kedua putting susu lalu ditarik, diputar kearah dalam dan kearah luar, pegang pangkal payudara dengan kedua tangan lalu urut kearah putting susu sebanyak 30 kali sehari.

3) Pijat kedua areola mamae hingga keluar 1-2 tetes, bersihkan kedua puting susu dan sekitarnya dengan handuk kering dan bersih.

4) Pakailah BH sesuai dengan ukuran payudara.

🔹Manfaat Perawatan Payudara =
a) Menjaga kebersihan payudara terutama kebersihan susu.

b) Melenturkan dan menguatkan putting susu sehingga memudahkan bayi menyusu.

c) Merangsang kelenjar-kelenjar air susu sehingga produksi ASI banyak dan lancar.

d) Mendeteksi kelainan-kelainan payudara secara dini dan melakukan upaya-upaya untuk mengatasinya juga mempersiapkan mental ibu.

🔹Persiapan mental dan emosional =
Ketegangan, rasa cemas, takut dan kebingungan ibu pada kehamilan sangat berpengaruh pada produksi dan kelancaran ASI, sehingga dukungan dan motivasi dari orang-orang terdekat sangat diperlukan.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Santi
Mba nis...
Kenapa di sebagian besar RS begitu bayi lahir kalau ibunya atau pihak keluarga tidak pesan dulu untuk imd pihak RS mberikan sufor ke debay dan itupun terjadi pada ponakan saya kemarin waktu melahirkan, alasannya ibunya masih belum pulih akibat SC dan alasan paling besar adalah asi belum keluar. Dari pihak keluarganya pun terkadang kurang dukungan untuk pemberian asi, di rumah pun sampai saat usia sekarang (3 minggu) tetap dibantu sufor dengan alasan asi nya tidak cukup si bayi masih kurang puas katanya padahal payudara ibunya sudah kempes tapi bayi masih haus akhirnya dikasih sufor yang harganya wowww...
Itu bagaimana ya mba nis?

🍓Jawab:
Program IMD adalah salah satu program yang sedang digalakkan pemerintah, untuk mendukung suksesnya pemberian ASI exklusif, disamping sebagai bounding attachment antara ibu dan bayi.

Faktor yang menghambat keberhasilan program ini adalah dari faktor ibu, keluarga, tenaga kesehatan, kebijakan fasilitas kesehatan.

Seyogyanya semua pihak mendukung program ini.

0⃣2⃣ Tia
Bubid saya hamil 31 week kadang keluar air dari puting susu, itu air apa ya?

🍓Jawab:
Itu kolostrum bunda

0⃣3⃣ Lela
Bayi tu setelah lahir langsung di taruh di atas perut ibu kah ???
itu setelah di mandikan atau belum ?
Bagaimana sih saya kurang faham bubid!

🍓Jawab:
Betul bunda Lela, bayi baru lahir yang kondisinya bugar segera ditaruh diatas perut ibu (tidak dimandikan) hanya dibasuh bagian luar tubuhnya kecuali telapak tangannya untuk bisa menggapai puting susu ibu dan kemudian menghisap puting susu ibu.

💊Jadi ketika ari-ari masih belum di potong ya bu?
Itu setelah di adzani langsung di taruh perut ibu begiitu bubid?

🍓Tali pusar sudah dipotong.
Belum diadzani, boleh mengadzani saat bayi dalam proses IMD.

0⃣4⃣ Liza
Makanan atau minuman apa yang dapat menghasilkan ASI yang banyak dan berkualitas? Saya masih hamil 34w, mau persiapan untuk menyusui sejak dini biar nanti tinggal praktek!

🍓Jawab:
Semua makanan dan minuman yang bergizi bunda liza, terutama sayuran hijau khususnya daun katuk, daun stevia, dan lain-lain.

Saat ini banyak dijual diapotik suplemen pelancar ASI.

Namun saat ini untuk persiapan pemberian ASI, silahkan bunda baca lagi teorinya diatas.

0⃣5⃣ Tia
Kalau saya mijitnya pakai baby oil bukan minyak kelapa boleh kah?

🍓Jawab:
Boleh bunda

0⃣6⃣ Tia
Bubid saya kemarin kan USG sudah 30w BB bayinya sudah 1,5kg tapi dedeknya kecil.
Nahhh itu bagaimana ya Bu??

🍓Jawab:
Insyaallah tidak apa-apa, masih bisa dikejar BB dede janinnya.

Pada umumnya, di usia kehamilan diatas 30 minggu berat janin berkembang pesat, apalagi jika asupan gizi yang bunda konsumsi cukup nilai gizinya. Insyaallah. Aamiin

💊Bubid katanya kan BBnya udah cukup Tapi badannya kecil
Apalagi saya makannya pakai tempe tahu +sayur. Kalau daging-daging mabok.
Kalau makan es krim boleh ya Bu??

🍓Es krim boleh bun, yang penting tidak sedang batuk.

0⃣7⃣ Nani
Saya usia kehamilan sudah masuk 36 minggu dan perut bagian bawah terasa sakit apalagi kalau dibawa jalan, kira-kira bahaya tidak ya??

🍓Jawab:
Di usia kehamilan 36 minggu memang rata-rata ibu hamil mengeluh nyeri perut bagian bawah dikarenakan bagian terbawah janin menekan bagian bawah perut ibu untuk berusaha masuk kedalam PAP (Pintu Atas Panggul).

0⃣8⃣ Kiki
Saya hamil 36 minggu, kemarin di USG air ketuban sudah keruh &  ari-ari sudah bolong-bolong.

Apakah harus segera dilahirkan baby nya?

🍓Jawab:
Iya bunda,
Tentunya dilahirkan di RS dengan pantauan ketat dokter.

0⃣9⃣ Lela
Usia kandungan saya sudah 17 minggu bubid, tapi kok perut ini rasanya lama sekali besarnya?
Kira-kira pas sudah berapa minggu ya udah mulai keliatan perutnya?
Keluhan saya sakit pinggang sama keputihan encer warna kuning bubid, itu bahaya kah?
Padahal saya sudah istirahat cukup dan tidak kerja berat, dan juga untuk cd saya sudah ganti terus kalau sudah mulai basah, dan sudah saya setrika, jemur dipanasnya. Tapi tetap saja keputihan. Itu kenapa ya bubid?
Mohon penjelasannya.

🍓Jawab:
Ini kehamilan yang pertamakah bunda lela?
Tinggi rahim (TFU/Tinggi Fundus Uteri) pada usia kehamilan 17 minggu memang masih dibawah pusar ibu, jadi masih belum terlihat besar perutnya, terutama pada ibu yang baru pertama kali hamil.

Bagaimanakah hasil pemeriksaan terakhirnya bun? Apakah dikatakan sesuai hasil pemeriksaannya dengan umur kehamilannya oleh bidan atau dokternya bunda?

Jika sesuai dan normal, insyaallah jangan terlalu dikhawatirkan

Keluhan pinggang nyeri, kemungkinan berhubungan dengan aktivitas fisik bunda yang terlalu capek, maka cukupilah dengan istirahat.

Untuk keluhan keputihan, jika keputihannya tidak berwarna, tidak gatal dan tidak bau, insyaallah tidak mengapa.

Faktor penyebab keputihan, selain disebabkan oleh hormon kehamilan, juga terbanyak disebabkan oleh tingkat kebersihan vulva-vagina yang kurang, dan faktor stress.

💊Iya bu masih pertama kehamilan.
Bubidannya hanya kasih tau kalau masih di bawah pusar janinnya. Tidak di jelasin normal tidaknya, hanya di kasih tahu kalau janinnya di bawah pusar.
Syukron bubid penjelasannya.

1⃣0⃣ Nesa
Puting saya yang kiri tegang yang kanan malah biasa aja. Itu tidak apa-apa ya bubid? Soalnya saya takut salah satunya nanti ASInya tidak lancar.

🍓Jawab:
Insyaallah bisa diperbaiki dengan perawatan payudara bunda, untuk tetap bisa memberikan ASI. Aamiin

1⃣1⃣ Lela
Benar kah teh dan kopi itu bisa menghambat gizi?
Saya BB turun dan darah juga turun, padahal sudah makan banyak + minum susu + istirahat cukup. Tapi saya sering minum es bubid, terutama es teh. Benarkah teh dapat menghambat gizi?

🍓Jawab:
Teh dan kopi mengandung kafein yang menghambat penyerapan zat gizi.

1⃣2⃣ Cici
Assalamualaikum Bu bidan.
Saya hamil 24W. Kenapa kencingya sedikit-sedikit terus seperti agak sakit pas keluar bagian perut?

🍓Jawab:
Anyang-anyangan kalau kata orang tangerang.

Cukupi minum air putihnya ya bun dan jangan menahan kencing.

Anyang-anyangan bisa juga terjadi jika terdapat bakteri pada air ceboknya.

💊Syukron bu bidan.
Btw, apa itu anyang-anyangan?

🍓Kalau istilah medisnya = sistitis, infeksi saluran kemih.

💊Bahaya tida itu?

🍓Ya, jika tidak diobati.

1⃣3⃣ Lela
HB saya 11,7 bagusnya itu berapa ya?
Khawatir nanti caesar pas lahiran, saya ingin normal juga, adakah kiat-kiat yang harus dikerjakan? Atau ada nasihat bubid supaya lahiran normal, insyaa Allah

🍓Jawab:
Hb = 11,7 gr/dl adalah normal untuk ibu hamil

Ini kehamilan yang keberapakah bun?
Sekarang umur hamilnya berapa?

💊Hamil pertama bubid.
Umur 17 minggu katanya

🍓Ok, kiat yang harus dikerjakan adalah memastikan kesehatan fisik dan psikis ibu hamil dan senantiasa menjaga pola hidup sehat.

1⃣4⃣ Umi
Areola mamae itu apa ya?

🍓Jawab:
Lingkaran hitam disekitar puting susu.

1⃣5⃣ Destiantini
Assalamu'alaykum bunda shalihah semua.
Anak saya baru 8 hari ada demam nih bun suhu nya 38,7. Saya khawatir sekali soalnya waktu kakaknya belum pernah begitu. Kemarin sempat turun tapi sore ke malam naik lagi!

🍓Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb. bunda destiantini

Bayi usia 8 hari demam.

Banyak faktor penyebab demam, diantaranya = adanya infeksi, dehidrasi, atau penyakit lainnya.

1) Apakah dede bayi sudah puput tali pusatnya?

2) Jika sudah puput, pastikan kering pusarnya jangan lembab dan bau atau kemerahan, karena tanda infeksi jika terdapat tanda tersebut beresiko terjadinya infeksi tetanus neonatorum.

3) Pastikan juga daerah kemaluannya bersih.

4) Bayi baru lahir juga beresiko dehidrasi jika asupan ASI atau sufor nya kurang.

5) Cek kembali adakah keluhan lain selain demam.

✔Suhu normal bayi baru lahir = 36,5 -37,5'C

✔Penanganan awal untuk bayi demam =
1) Persering minum asi.
2) Kompres hangat seluruh tubuh, seperti mandi dengan di lap hangat atau basuh kain hangat dan keringkan kemudian pakaikan bajunya kembali bisa diulang jika suhunya kembali naik diatas 38,5.
3) Berikan obat penurun demam, seperti parasetamol sesuai dosis berdasarkan berat badan bayi.
4) Jika, suhunya naik terus maka segera kontrol ke dokter.

Semoga lekas sembuh dede. Aamiin

💊Jazakillah khoir bu bid.
Oiya memang ada lecet di kepala bubid, kata perawat bekas tarikan tangan tim bidan saat lahiran, tapi lecetnya kering tidak ada nanah atau darah, cuma sepertinya mau mengelupas. Soalnya pinggir-pinggirnya sudah agak mengelupas.

🍓Persalinannya dengan vacum atau forceps atau normal (tanpa alat) bunda destiantini?

💊Normal bubid, cuma dibantu didorong.

1⃣6⃣ Santi
Bu bid, bu dok dan bunda-bunda semua, mau lanjut tanya tentang pasca kuret. 2 april saya kuret dan langsng nifas, sekitar tgl 29-4-2018 keluar darah yang sempat saya bertanya disini saat itu dan sebagaian bunda-bunda disini berpendapat kemungkinan besar itu adalah darah haid, itu berjalan sampai tgl 5 mei dan saya bersih-bersih untuk sholat. Selang 3 hari sampai sekarang saya flek lagi, kenapa yah?
Darah apa itu dan apakah saya boleh sholat atau tidak?
Mohon masukan nya!
Jazakunallohu khoiron katsiro

🍓Jawab:
*Bunda santi dikuret tgl 2-4-2018
*Keluar darah kembali tgl 29-4-2018 s/d 5-5-2018
*Keluar darah kembali tgl 8-5-2018 hingga sekarang (11-5-2018)

Sudahkah bunda santi usg ulang pasca kuret?
Bunda santi, penting sekali usg ulang pasca kuret.

Jika dilihat dari tanggal keluarnya darah, insyaallah itu adalah darah haid atau menstruasi.

Terkadang menstruasi dapat memanjang hingga 2 minggu yang diakibatkan oleh berbagai faktor.

Bila perdarahannya semakin memanjang hingga lebih dari 2 minggu, sebaiknya periksakan kembali ke dokter kandungannya bunda santi.

Di perdarahan (menstruasi) yang lebih dari 2 minggu, bunda dibolehkan sholat. Wallaahu a'lam bisshowab

💊Waktu itu seminggu pasca kuret sudah kontrol dan kata dokter sudah bagus mba.

1⃣7⃣ Bunda
Assalamu'alaikum bubid,,
Tanggal 28 april lalu saya kuret dan langsung nifas, 10hari (7-5-2018) sudah bersih sama sekali, sekarang sudah 4 hari belum keluar darah lagi
Apakah ini baik  bubid?

🍓Jawab:
Insyaallah normal bunda

💊Alhamdulillah
Bubid, haid atau menstruasi pasca kuret bisa kemungkinan siklusnya sama seperti sebelum hamil kah?

🍓Biasanya siklus haid kembali seperti sebelum hamil bunda.
Ada juga yang siklus haidnya tidak sama, tergantung dari kondisi hormon tubuhnya.

Jika siklus haidnya bunda menjadi tidak normal pasca kuret, sebaiknya dikonsultasikan kembali ke dokter kandungannya bunda.

1⃣8⃣ Zahra
Bu Bidan, usia kehamilan saya 39 weeks, sudah 3 hari ini saya batuk-batuk dan ketika cek hb rendah.
Dan 2 hari yang lalu saya melakukan perjalanan sekitar 2 jam bolak-balik dengan sepeda, paginya saya ada flek coklat tapi tidak banyak dan sampai sekarang juga masih flek tapi sedikit sekali.
Setiap batuk keluar flek dikit.

Apakah sebaiknya saya usg ulang? Atau apa yang harus saya lakukan Bu Bidan?

Terimakasih

🍓Jawab:
Hasil cek Hb nya berapa bunda?

Keluar flek coklat nya apakah bercampur lendir = lendir-darah atau darahnya berlendir?
Jika, iya kemungkinan itu adalah salah satu tanda akan melahirkan karena usia kehamilan bunda saat ini sudah 39 minggu.

Sebaiknya segera periksakan ke bidan atau dokter atau RS tempat bunda rencana akan melahirkan.

💊Hasil cek hb 10,9 Bu Bidan...
Kemaren darahnya berlendir tapi hanya keluar sekali, selebihnya flek darah coklat.
Kontraksi juga sesekali terjadi.

Baik Bu Bidan.
Saya akan periksa.

Terimakasih Bu Bidan

🍓Semoga persalinan bunda zahra berjalan lancar, sehat dan selamat bunda zahra dan dede bayi. Aamiin yaa robbal aalamiin


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
💎CloSSing StaTement💎

Yuuk dukung pemberian ASI Exklusif dengan mensukseskan program IMD sebagai pioneernya.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar