Sabtu, 23 Juni 2018

MUMPS PADA ANAK



OLeh   : dr. Barry Army Bakry, Sp.A.

           💎M a T e R i💎

Penyakit Gondong atau dalam dunia kedokteran dikenal sebagai parotitis atau Mumps adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.
Penyakit ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-14 tahun. Peningkatan kasus yang besar biasanya didahului pada penularan di tempat sekolah.
Kematian karena penyakit gondong jarang dilaporkan. Hampir sebagian besar kasus yang fatal justru terjadi pada usia di atas 19 tahun.

🔹Penyebab dan Penularan
Penyakit ini disebabkan oleh virus Mumps. penyebaran virus dapat ditularkan melalui kontak langsung, percikan ludah, bahan muntah.

Penyakit gondongan sangat jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun, hal tersebut karena umumnya mereka masih memiliki atau dilindungi oleh anti bodi yang baik. Seseorang yang pernah menderita penyakit gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.

Penderita penyakit gondong masih dapat menjadi sumber penularan selama 9 hari sejak keluhan bengkak ditemukan. Sebaiknya pada periode tersebut penderita dianjurkan tidak masuk sekolah atau melakukan aktifitas di keramaian karena akan menjadi sumber penularan dan penyebaran penyakit anak-anak di sekitarnya.

🔹Tanda dan Gejala
Tidak semua orang yang terinfeksi oleh virus Paramyxovirus mengalami keluhan, bahkan sekitar 30-40% penderita tidak menunjukkan tanda-tanda sakit (subclinical). Namun demikian mereka sama dengan penderita lainnya yang mengalami keluhan, yaitu dapat menjadi sumber penularan penyakit tersebut.
Masa tunas (masa inkubasi) penyakit Gondong sekitar 12-24 hari dengan rata-rata 17-18 hari.

🔹Gondong dalam kehamilan
Penyakit Mumops atau gondongan pada ibu hamil jarang menimbulkan komplikasi. Dalam beberapa kasus pernah dilaporkan terjadi keguguran di trimester pertama meski sangat jarang terjadi. Demikian pula risiko gangguan janin, belum diketahui secara pasti dan belum banyak dilaporkan. Risiko terburuk bagi ibu -meski sangat jarang- adalah inflamasi (radang) otak, gangguan pankreas dan kehilangan pendengaran (salah satu telinga dan sementara). Pada ibu hamil yang terkena gondongan, tidak ada perawatan spesifik yang dapat dilakukan, sebab penyakit ini bisa sembuh sendiri.

🔹Komplikasi
Hampir semua anak yang menderita gondongan akan pulih total tanpa penyulit, tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan komplikasi, dimana virus dapat menyerang organ selain kelenjar liur. Hal tersebut mungkin terjadi terutama jika infeksi terjadi setelah masa pubertas.

Komplikasi yang dapat terjadi adalah:
✔ Orkitis ; peradangan pada salah satu atau kedua testis dilaporkan terjadi pada 10-20% penderita.
✔ Peradangan sendi bisa menyebabkan nyeri pada satu atau beberapa sendi.
✔ Transient myelitis
✔ Polineuritis
✔ Infeksi otot jantung atau miokarditis
✔ Infeksi kelenjar tiroid
✔ Thrombocytopenia purpura
✔ Mastitis atau peradangan payudara
✔ Pnemonia atau Infeksi paru-paru ini juga pernah dilaporkan sebagai komplikasi pada penderita penyakit gondong.
✔ Gangguan sensorineural telinga dan Gangguan pendengaran

🔹Pengobatan
~ Pengobatan ditujukan untuk mengurangi keluhan (simptomatis) dan istirahat selama penderita panas dan kelenjar (parotis) membengkak.
~ Pada penderita yang mengalami pembengkakan testis, sebaiknya penderita menjalani istirahat tirah baring ditempat tidur. Rasa nyeri dapat dikurangi dengan melakukan kompres Es pada area testis yang membengkak tersebut.

🔹Pencegahan
Pemberian vaksinasi MMR (mumps, morbili, rubela) untuk mencegah penyakit gondong merupakan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak, diberikan melalui injeksi pada usia 15 bulan. Imunisasi MMR dapat juga diberikan kepada remaja dan orang dewasa yang belum menderita Gondong. Pemberian imunisasi ini tidak menimbulkan efek panas atau gejala lainnya. Imunisasi MMR didunakan di Amerika Serikat sejak tahun 1967.

Daftar Pustaka
* WHO. Global status of mumps immunization and surveillance. Wkly Epidemiol Rec. Dec 2 2005;80(48):418-24.
* CDC. Mumps epidemic–United kingdom, 2004-2005. MMWR Morb Mortal Wkly Rep. Feb 24 2006;55(7):173-5.
* CDC. Mumps–United States, 1985-1988. MMWR Morb Mortal Wkly Rep. Feb 24 1989;38(7):101-5.
* Sosin DM, Cochi SL, Gunn RA, et al. Changing epidemiology of mumps and its impact on university campuses. Pediatrics. Nov 1989;84(5):779-84.
* Taber LH, Demmler GJ. Mumps. In: McMillan JA, DeAngelis CD, Feigin R, Warshaw JB, eds. Oski’s Pediatrics. Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins; 1999:1141-2.
* van Loon FP, Holmes SJ, Sirotkin BI, Williams WW, Cochi SL, Hadler SC. Mumps surveillance–United States, 1988-1993. MMWR CDC Surveill Summ. Aug 11 1995;44(3):1-14.
* Watson JC, Hadler SC, Dykewicz CA, et al. Measles, mumps, and rubella–vaccine use and strategies for elimination of measles, rubella, and congenital rubella syndrome and control of mumps: recommendations of the Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP). MMWR – Morbidity & Mortality Weekly Report. May 22 1998;47(RR-8):1-57.
* Wharton M, Cochi SL, Williams WW. Measles, mumps, and rubella vaccines. Infect Dis Clin North Am. Mar 1990;4(1):47-73.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Sulami
Apa ada pantangan makanan untuk penderita mumps ini dokter?

🍓Jawab:
Tidak ada sebenarnya, tapi memang biasanya anak akan kesulitan makan dengan tekstur yang biasa karena akan tidak nyaman dalam mengunyah, jadi sebaiknya sediakan makanan yang lunak terlebih dahulu.

0⃣2⃣ Rini
Assalamualaikum dok...
1. Apakah benar kalau anak menderita penyakit gondongan dikasih Blau (serbuk biru) bisa mengurangi rasa sakitnya dok?

2. Berarti kata lain penyakit gondongan itu hanya bisa kena 1kali seumur hidup?

🍓Jawab:
1. Tidak benar.

2. Ya

0⃣3⃣ Han
Dok, kenapa penyakit Mumps  ini berakibat fatal (kematian) justru pada usia di atas 19 thn dan bukan usia di bawah 19 tahun!

🍓Jawab:
Ini  berkatan dengan sistem kekebalan tubuh. Tapi juga jangan terlalu khawatir, bukan berarti pasti berakibaf fatal, tapi maksudnya resiko untuk timbul efek samping sedikit lebih besar pada umur yang lebih muda.

0⃣4⃣ Erna
Assalamu'alaikum dok,
Saya pernah mengalami penyakit gondongen, cuma waktu itu rasanya sangat parah,  sampai leher bengkak menyamai kepala,  sampai tidak bisa makan dan harus dirawat.  Yang saya tanyakan apa gejala itu penyakit gondong yang sama atau kah ada gejala lain yang lebih bahaya?

🍓Jawab:
 Mungkin itu penyakit lain ya, bukan gondongan.

0⃣5⃣ Risty
Dok... Di materi di sebutkan "untuk mengurangi keluhan panas dan pembengkakan" berarti penyakit ini tidak bisa sembuh ya dok?
Itu artinya kita harus minum obat seumur hidup begitu ya dok?

🍓Jawab:
Bukan  begitu, maksudnya ada obat yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi keluhan yang muncul, karena sebetulnya tanpa diterapi pun, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Walaupun penyakit gondongan tidak mengancam jiwa, tetaplah berhati-hati.


Wassalamu'alaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar