Jumat, 22 Juni 2018

TANDA BAHAYA PADA BAYI BARU LAHIR



OLeh   : dr. Barry Army Bakry, Sp.A

           💎M a T e R i💎

Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakatuh

Kita mulai dengan mengucap basmalah

BEBERAPA TANDA BAHAYA PADA BAYI BARU LAHIR

Saat membawa bayi yang baru lahir pulang dari rumah sakit atau rumah bersalin, tidak ada yang memberikan buku panduan mengenai cara untuk merawat bayi tersebut.
Bagaimana bila bayi tersebut sakit – apakah orang tuanya akan dapat mengenali tanda-tandanya? Bagaimana caranya kita tahu apakah sang bayi ini perlu dibawa ke dokter atau tidak jika dia bahkan tidak bisa mengatakan apa yang dirasakannya?
Bayi dan balita memerlukan perawatan dokter untuk beberapa masalah kesehatan yang pada anak yang lebih besar cukup dirawat sendiri saja tanpa bantuan dokter. Jika bayi atau balita mengalami gejala berikut ini, segera hubungi dokter.

🔹Demam
Bayi seharusnya tidak mengalami demam sampai usia 3 bulan. Jika bayi kurang dari 3 bulan memiliki suhu >38ºC, segera hubungi dokter atau unit gawat darurat. Bukan karena demam itu sendiri yang berbahaya, melainkan karena pada bayi baru lahir, demam bisa menjadi tanda dari infeksi bakteri yang berbahaya.
Tingkah laku bayi seharusnya juga bisa membantu dalam pengambilan keputusan apakah dia perlu dibawa ke dokter atau tidak. Perhatikan respon bayi terhadap orang di sekitarnya, keadaan umumnya (apakah tampak pucat atau lemah), serta keaktifan geraknya. Anak yang biasanya senang bermain tetapi saat itu hanya berbaring saja, merintih, atau rewel bisa menjadi petunjuk adanya perubahan kondisi kesehatan bayi yang cukup bermakna dan perlu mendapat perhatian dokter.

🔹Kuning
Bayi baru lahir sering mengalami ikterik atau jaundice, dimana kulit dan bagian putih mata berubah warna menjadi kuning. Hal ini terjadi karena liver atau organ hati pada bayi tidak selalu bekerja secara optimal, sehingga tidak bisa memecah zat dalam darah yang disebut dengan bilirubin.
Sebagian besar jaundice atau ikterik ini bersifat ringan dan dapat sembuh sendiri. Dokter akan memeriksanya sebelum bayi pulang dari rumah sakit, dan beberapa hari kemudian saat bayi melakukan kontrol yang pertama kali. Setelah itu, jika kulit atau mata bayi tampak kuning, bawa kembali menemui dokter.

Sangat sulit untuk mengetahui apakah jaundice yang dialami bayi masih dalam batas normal atau sudah pada level yang harus diterapi hanya dengan melihatnya saja. Perlu pemeriksaan laboratorium untuk mendukungnya.

Pada beberapa kasus, memberikan lebih banyak ASI dapat mengurangi kuning. Pada beberapa kasus yang lain, bayi perlu mendapat terapi penyinaran untuk membantu mempercepat proses pemecahan bilirubin.

🔹Muntah atau diare
Jika bayi atau balita mengalami muntah atau diare, segera bawa ke dokter atau unit gawat darurat. Kunci tanda bahaya adalah popok yang kering. Jika bayi tidak buang air kecil, kemungkinan besar dia mengalami dehidrasi.

🔹Gangguan Pernapasan
Bayi yang mengalami gangguan pernapasan biasanya menghirup dan menghembuskan napas dengan cepat, serta bagian tengah dadanya tertarik ke dalam. Jika sela-sela antara dua tulang rusuk tampak tertarik ke dalam setiap kali bayi menarik napas, segera bawa bayi ke unit gawat darurat terdekat

🔹Bayi Tidak Aktif Dan Cenderung Malas Minum
Bayi baru lahir yang sehat akan nampak aktif, serta minum yang sering dan kuat, bila tidak dan hal ini  berkelanjutan, perlu kita cermati kondisinya apakah berkelanjutan apa tidak.

Demikian sedikit pendahuluan dari saya.

🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Puji
Kenapa ibu yang bergolongan darah O cenderung bayinya bisa kuning?

💊 Jawab :
Saya kira itu hoax.
Semua golongan darah bisa saja kuning.

💎Alhamdulillaah, tapi resus juga menentukan bayi itu bisa kuning atau tidak ya dok?

💊Tidak juga

0⃣2⃣ Astri
Dok, anak saya yang pertama dari lahir nafasnya bunyi grok-grok begitu, apa betul karena kemasukan air ketuban?

💊Jawab :
Saya kira tidak.
Karena kalau memang karena kemasukan ketuban, harusnya gejalanya  bukan bunyi grok-grok tapi sesak gejalanya.

0⃣3⃣Astri
Dok bayi yang baru lahir itu mandinya berapa kali sehari? Karena suka takut kalau tali pusarnya belum putus!

Terus bayi baru lahir katanya tidak boleh dulu pakai bedak, minyak telon dan lain-lain. Terus kalau sabun mandi dan baby oil apa boleh?

Terakhir, seorang anak jarak antara bius yang satu dengan yang selanjutnya baiknya berapa lama dok? Anak pertama saya umur 1 tahun operasi tenotomy, sekarang umur 2 tahun, apa aman kalau bius lagi untuk sunat? (bius yang tidur)

💊Jawab :

Mandinya 2x sehari.
Minyak telon boleh, kalau sabun tidak boleh, terus mandinya pakai apa dong?
Boleh saja.

💎Oh begitu dok, soalnya takut mandiinnya kalau belum copot tali pusarnya, jadi saya suka lap saja.

Oh minyak telon boleh ya dok, karena waktu saya lahiran anak pertama kata bidannya jangan, takut gampang iritasi kulitnya nanti, kalau mau wangi pakai dibajunya saja minyak telonnya, jadi waktu itu tidak pakai sampai umur 2 bulanan.

💊Iya benar, bidannya memang berhati-hati.

0⃣4⃣ Sansan
Assalamu'alaikum, dok kalau selama hamil ibu hamil tidak imunisasi apa berdampak buruk pada bayinya nanti ?

Apakah bayi imunnya jadi lemah, atau jadi gampang sakit?

Lalu setelah melahirkan, karena imun bayi itu lemah, apa yang harus ibu konsumsi agar membantu meningkatkan imun bayi secara alami?

Jazakillah khoir dok

💊 Jawab :
Tidak juga, hanya saja menjadi lebih rentan.
Agar imun bayi baik, berikan ASI dan diet yang baik buat ibu, agar menghasilkan ASI yang bermutu buat anaknya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar