Sabtu, 23 Juni 2018

PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA ANAK USIA DINI



OLeh  : Bunda Lara Fridani

           💎M a T e R i💎

THE  WEAK CAN NEVER FORGIVE

Oleh : Lara Fridani

Orang yang kuat adalah dia yang berani meminta maaf. Namun yang lebih kuat adalah dia yang mampu memberi maaf.


Dua anak perempuan  memprotes keras keputusan ibunya untuk menerima kembali ayah mereka yang sudah sekian lama  tidak memberikan nafkah pada keluarga. Setelah menikah-lalu cerai  dengan sekian jumlah  wanita, di usia menjelang 60 tahun, sang ayah ‘bertobat’ ingin kembali menjalani hidup bersama istri pertamanya.

‘Apa ibu lupa bagaimana ayah menyakiti hati ibu berkali-kali?’

‘Apa ibu tidak ingat saat-saat kita sulit mendapatkan uang, ayah dengan gampangnya memberi macam-macam hadiah untuk para istri mudanya?’

‘Sekarang saat ekonomi kita sudah baik, ayah ‘cuma minta maaf’ dan mau bergantung pada kita?’

‘Ya sudah, terserah ibu kalau mau memaafkan. Yang jelas, ayah harus  ‘menyelesaikan urusannya’ dengan kami berdua dulu!’

Pertanyaan sekaligus pernyataan  yang bertubi-tubi dilontarkan oleh kedua anak perempuan mereka -yang saat ini sudah dewasa dan berkeluarga- pada ibunya yang tampak pasrah, hanya duduk terdiam  dan sesekali meneteskan air mata.  Barulah setelah lelah  meluapkan emosinya pada ibunya, kedua anak perempuan tersebut menangis bersama. Sepertinya kata-kata kemarahan mereka tak akan cukup untuk mewakili rasa sakit hati pada ayah mereka yang sudah sekian lama menyesak di dada.

Perkara memaafkan bisa jadi bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi jika orang tersebut memiliki anggapan bahwa orang yang lemahlah yang biasanya mudah memberi maaf.  Padahal kemampuan untuk memaafkan adalah salah satu atribut orang yang kuat.  Orang yang sombong dan merasa ‘lebih’  belum tentu sanggup  untuk meminta maaf. Peribahasa mengatakan  it takes a strong person to say sorry, and even stronger person to forgive.

Salah satu contoh yang bisa kita teladani tentang keutamaan memberi maaf yaitu dari sahabat Rasulullah SAW, Abu Bakar Ash Shiddiq RA, ayah Aisyah RA (istri Rasulullah SAW). Beliau adalah orang yang memiliki banyak kelebihan, namun tidak ‘sombong’ dan tidak suka ‘mendebat’ dalam menerima nasehat kebaikan.

Aisyah radhiallahu ‘anha berkata, “Ketika Allah telah menurunkan keterlepasanku (dari berita dusta yang disebarkan kaum munafik), Abu Bakar Ash Shiddiq berkata tentang Misthah bin Utsatsah (kerabat yang dinafkahinya karena kemiskinannya,) : ‘Demi Allah, selamanya aku tidak akan menafkahi Misthah sedikit pun, setelah apa yang dia katakan tentang Aisyah radhiallahu ‘anha."

Kemudian Allah berfirman:

“Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat (nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Abu Bakar bersegera meminta ampunan Allah SWT.  Beliau berkata "‘Tentu, demi Allah, aku menginginkan agar aku diampuni Allah Ta’ala’. Kemudian  beliau memberi nafkah lagi kepada Misthah. ‘Demi Allah, aku tidak akan meninggalkan nafkah untuknya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Siapa orang yang tak pernah tersakiti dengan kata-kata seseorang;  siapa yang sama sekali tak pernah menyakiti dengan kata-katanya? Guru kami pernah menasehati para muridnya untuk berhati-hati dalam berbicara. Islam mengajarkan kita adab dalam berbicara, mendengar dan berdebat. Orang yang suka mengumpat , mengolok-olok, menggunakan kata-kata kasar, menunjukkan lemahnya iman dan labilnya emosi orang tersebut.

Dengan demikian orang-orang ini tetap ‘patut’ dikasihani. Beliau juga mengingatkan untuk menggunakan kalimat yang santun, menghindari kata kata mencemooh bahkan pada saat memberi nasehat pada orang-orang yang bersalah sekalipun. Namun, jangan pernah menghina orang-orang shaleh, yang taat pada perintah Allah SWT. Kata ulama, sifat seperti ini akan menjadi tabir pemisah antara seorang hamba dan surga di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang beriman pada Allah SWT dan hari akhir, maka hendaklah berkata baik atau lebih baik diam." (HR Bukhari Muslim)

“Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan satu kata yang diridhoi Allah SWT dan dia tidak mengira akan mendapatkan demikian, sehingga dicatat oleh Allah SWT keridhoanNya bagi orang tersebut sampai hari kiamat. Dan seorang lelaki mengucapkan satu kata yang dimurkai Allah SWT yang tidak dikiranya akan demikian, maka Allah SWT mencatatnya yang demikian itu sampai hari kiamat.” (HR Tirmidzi).

Namun sekalipun sudah mendapat nasehat yang begitu bijak dari sang guru, terkadang sulit bagi kami  untuk bisa mentolerir orang-orang yang mengolok-olok niat baik beliau, memfitnah beliau, mentertawai perjuangan dakwah beliau.  Ternyata memaafkan orang –orang yang menyakiti kita, menyakiti orang –orang yang kita kagumi,  bukan otomatis kita bisa melupakan dengan mudahnya kesalahan-kesalahan mereka. Namun, kita berusaha untuk- letting go of the hurt– melepas rasa sakit itu. Sebagai muslim kita  tentu paham bahwa pada akhirnya, semua masalah bukan berakhir antara kita dan orang-orang yang menyakiti hati kita, tapi yang ada hanyalah  antara kita dan Allah SWT, Pencipta kita.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Ranie
Pernah lihat di sekitar, ada orang tua yang memperlakukan istri dengan tidak baik, terus anaknya pas sudah besar berperilaku sama dengan bapaknya. Katanya dia benci bapaknya, itu cara dia mengungkapkan kebenciannya.

Pertanyaannya, bagaimana kita mesti menyikapi anak yang begini bun?

Perlakuan tidak baiknya nikah-cerai, nikah-cerai

🌷Jawab:
1. Secara umum, penanganan atas sikap seseorang yang sudah ' mengkarakter', tidak bisa dengan cara instant.

Dengan demikian, si anak perlu dukungan, nasehat, dan  pengetahuan, tentang pentingnya menghormati orang lain baik yang lebih tua ataupun masih muda.

Pendekatan religius harus menjadi dasar sebelum pendekatan psikologis. Karena jika hanya menerapkan pendekatan psikologis saja apalagi psikologi barat, dasarnya fairness atau keadilan versi budaya mereka.

0⃣2⃣ Winda
1. Pendidikan seperti apa yang harus diajarkan kepada anak balita?

2. Bagaimana cara mengetahui anak sudah siap dan mau bersekolah?

Jazakillah khairan

🌷Jawab:
Jawaban Pertama dan Kedua,
Pointnya adalah memberikan, pembiasaan dan kenyamanan untuk anak. Usahakan semua aspek perkembangan bisa terstimulasi dengan baik: fisik, spiritual, emosi sosial, cognitive, bahasa dan lain-lain.

0⃣3⃣ iSah
Assalamu'alaikum bunda,
Saya mau bertanya, anak saya umurnya 4 tahun belum bisa fokus ikut pembelajaran apapun. Bagaimana cara mendidik anak yang super aktif dan belum bisa fokus. Kadang tidak bisa sabar menghadapinya bund!

🌷Jawab:
Anak usia 4 tahun, umumnya kemampuan konsentrasi sekitar 4 menitan. Cara belajarnya melalui bermain. Jika anak 4 tahun diberi pengajaran yang sudah akademik, misal: baca tulis hitung dan caranya tidak variatif, tentu anak tidak tertarik.

Namun jika cara diberikan sudah sesuai perkembangan anak tapi anak tetap tidak bisa fokus, perhatian cepat sekali pecah dan keaktifan tidak wajar, lebih baik diperiksa ke dokter dahulu, kemudian ke psikolog anak. Jika perlu treatment, akan dirujuk ke terapist.

0⃣4⃣ Sinda
Bund, dari sisi psikologis, apakah baik memasukkan anak sejak dini ke play group atau sekolah dini & les lainnya?

🌷Jawab:
Boleh saja jika memang ibu bekerja di luar rumah dan tidak ada yang bisa memberi stimulasi yang edukatif untuk anak di rumah. Cari play group atau sejenisnya dimana anak bisa bermain, bergerak atau olahraga dan bersosialisasi dengan teman teman sebayanya. Minimalkan les-les yang sifatnya akademik (baca tulis hitung yang formal terstruktur) untuk anak di bawah 5 tahun.

0⃣5⃣ Ririn
Bunda cara memotivasi anak agar mau belajar bagaimana?
Kadang-kadang dia malas belajar, terlebih jika dia tidak tahu maka dia makin malas untuk belajar.

🌷Jawab:
Orang tua harus jadi contoh dulu sebagai orang yang memberi semangat belajar. Kemudian kita perlu refleksi juga apakah harapan kita pada anak untuk belajar terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan perkembangan anak.
Gunakan juga variasi metode agar anak minat untuk  belajar.

0⃣6⃣ Evi
Dalam perkara hal memaafkan yang tidak mudah, saya punya mertua yang sampai sekarang tidak mau memaafkan istri dari adik ipar saya..Karena banyak hal dan perbuatannya yang melampaui batas.

Bagaimana jika mertua saya tidak mau memaafkan menantunya yang sudah sangat keterlaluan kelakuannya sampai dia menangis dan bersumpah serapah.

Bagaimana pula sikap kita sebagai ipar untuk mengatasi hal seperti ini?
Terimakasih jawabannya.

🌷Jawab:
Subhanallah.
Semoga kita doakan kedua belah pihak bisa dilembutkan hatinya. Kita bisa sampaikan ke adik ipar tentang bahaya orang tua atau mertua marah terhadap keberkahan hidup kita. Anjurkan adik ipar sebagai anak menantu untuk minta maaf terlebih dahulu walaupun belum tentu salah 100 persen. Ini terkait dengan adab dan kesantunan.

Untuk ibu mertua mudah-mudahan bisa dibujuk atau diberi nasehat oleh saudara yang dihormati mertua, bahwa Allah Maha pengampun dan maha pengasih. Sebagai hamba Allah kita tidak boleh lebih sombong hingga tidak memaafkan orang lain, apalagi menantu sendiri.

Wallahualam.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Mari luruskan niat, maksimalkan ikhtiar untuk menjalankan amanah masing-masing.


Wassalamu'alaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar