Sabtu, 23 Juni 2018

SARIAWAN



OLeh   : drg. Dian Indah W.

           💎M a T e R i💎

🌷Benarkah cabai bisa menyembuhkan sariawan?

Sebagai seorang wanita, hampir sebagian besar dari kita suka dengan makanan yang pedas-pedas. Rasanya kurang nikmat kalau makan tapi tidak ada pedas-pedasnya. Bahkan saat sariawanpun seringkali saya jumpai ajakan untuk makan yang pedas-pedas lebih sering dengan alasan "biar cepat sembuh".

🌷Apa benar demikian?

Sariawan dalam istilah kedokteran "Stomatitis Aphtosa" merupakan kondisi luka dalam rongga mulut yang tidak diketahui jelas penyebabnya. Ada beberapa faktor yang memicu, bisa karena trauma (tergigit, terbentur), alergi, gangguan hormon, kesehatan mulut yang buruk, bisa juga didukung dengan faktor stress.

Cabai memang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, namun cabai merupakan salah satu makanan merangsang, dimana makanan dengan rangsang pedas yang menghasilkan efek panas yang dapat menyebabkan iritasi pada rongga mulut. Ada yang sensitif terhadap panas sehingga saat kena pedas sedikit langsung bereaksi, namun ada juga yang responnya lama. Rangsangan pedas bisa menyebabkan sariawan, tetapi bukan penyebab utama. Selain itu juga makan pedas saat sariawan menambah rasa tidak nyaman sehingga tambah perih dan sakit.

🌷Lalu, bagaimana cara menyembuhkan sariawan?

Sariawan memiliki sifat self limiting disease (dapat sembuh sendiri) dalam waktu 7-14 hari. Sehingga penatalaksanaannya bukan untuk menghilangkan sariawan tetapi mengurangi sakit atau mencegah timbulnya lesi baru. Dengan cara makan buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, banyak minum air putih, hindari makanan yang merangsang dan terapkan pola hidup sehat melalui jaga kebersihan mulut serta hindari stress.

Sariawan ada berbagai macam tipe,
Ada yang disebut Stomatitis aphtosa minor (diameter < 1cm), stomatitis aphtosa mayor (diameter > 1cm), stomatitis aphtosa multiple, ada juga yang disebut traumatic ulcer kalau penyebabnya diketahui seperti tergigit, terbentur dan bentuknya juga khas.

Ada juga yang disebut SA reccurent kalau dalam setahun bisa terjadi beberapa kali sariawan.
Faktor penyebabya belum diketahui pasti kecuali karena trauma.
Dan yang paling sering terjadi sariawan yang berulang (SA reccurent).

Banyak yang masih menganggap sariawan hal yang sepele. Seperti luka di dalam mulut. Tapi kalau sering kejadian berulang dan di tempat yang sama sebaiknya perlu diperiksakan lebih lanjut.
Ini juga perlu perhatian kalau sariawan itu bertahan atau belum sembuh lebih dari 14 hari.

Kenapa saya ambil topik tentang sariawan dan proses penyembuhan melalui cabai? Karena sebagian besar dari kita sering beranggapan bahwa cabai bisa menyembuhkan sariawan karena kandungan vit c yang cukup tinggi.

Padahal sebaliknya. Apalagi kita kaum perempuan senang sekali saat sariawan makan bakso pakai sambal yang banyak alasannya biar cepat sembuh.
Memang cabai kandungan vit c nya tinggi, tapi untuk beberapa orang ada juga yang sensitif terhadap rangsang pedas dan panas yang dihasilkan cabai.


Nahh... untuk orang-orang yang sensitif inilah yang bikin bukannya menyembuhkan tapa bisa memperlambat proses penyembuhan.

Karena sariawannya sifatnya sembuh sendiri dalam waktu 7-14 hari.
Pengobatan pun sebenarnya hanya untuk mengurangi nyeri dan mencegah timbulnya lesi baru.

Untuk mengurangi nyerinya bisa dengan bahan alami seperti kumur-kumur larutan garam dan rebusan sirih karena mereka punya kandungan antiseptik.
Bisa juga dengan diolesi gel pengurang nyeri saat makan.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Sofi
Berapa kali dalam setahun yang masih masuk taraf normal buat kita mengalami sariawan?

🌷Jawab:
Untuk batasan taraf normal tidak disebutkan dalam penelitian mbak. Yang jadi perhatian apabila berulang di tempat yang sama dan tidak sembuh dalam waktu 14 hari.
Berulangnya pun perlu dicari penyebabnya, misalnya karena stress, karena stress salah satu pemicu jugaa. Kurang makan buah, dicari dulu penyebabnya untuk yang berulang.

0⃣2⃣ Erna
Dok, saya sering sekali kena Sariawan apalagi kalau ke gigit atau gosok gigi terlalu kencang terus kena gusi alamat lah itu kena Sariawan, dan jujur itu saya anggap sepele tidak pernah kasih obat. Nah kira-kira kalau keseringan begitu bisa berdampak apa yaa?

🌷Jawab:
Kalau kegigit atau gosok gigi terlalu kencang, berarti sudah tau nih penyebabnya. Berarti gosok gigi jangan terlalu kencang, sikat gigi yang bagus materialnya tidak keras, tapi yang bulu sikatnya soft. Untuk masalah kegigit bisa dilihat dulu bentuk atau pola lengkung giginya. Misalnya nih, giginya berantakan, bisa jadi karena lengkung giginya tidak segaris dan jaringan pipinya tebal lebih sering kegigit.

Perlu dilihat dulu klinisnya juga mbak.
Tapi yang paling susah merubah kebiasaan cara sikat gigi. Karena banyak yang bilang kalau tidak kencang tidak berasa sikat gigi. Jadi perlu dirubah dulu kebiasaannya.

0⃣3⃣ Ummu Azka
Bu dokter,  saya punya anak usia 1 th 4 bln. Lidahnya sering putih begitu ya seperti sariawan dan berulang,  tapi tidak rewel, itu kenapa ya dok?

🌷Jawab:
Kalau usia 1 th, saya lebih cenderung bukan sariawan kalau di lidah. Tapi candidiasis atau jamur akibat sisa-sisa susu yang menempel dalam waktu cukup lama Saran, sebaiknya setiap hari atau setelah minum susu, lidah dedeknya dibersihkan menggunakan kasa  dengan air hangat.

0⃣4⃣ Deswita
Anak saya waktu SD  pernah terkena stomatitis yang parah sampai dirawat. Karena tidak bisa makan dan minum, saya lupa namanya.
Dalam hitungan hari seluruh dalam mulutnya tumbuh sariawan sampai berdarah.
Awalnya dokter mengira SJS. Alhamdulillah bukan.
Penyebabnya apa ya dok? Padahal anak ini rajin makan buah dan sayur.

🌷Jawab:
Kurang minum tidak mbak?
Herpes juga bisa menimbulkan sariawan di dalam mulut seperti sariawan multiple yang ukurannya kecil-kecil, penyebabnya karena virus. Selama diobati dengan antivirus akan hilang mbak. Setelah itu apakah pernah berulang lagi?

💎Minum tidak dok, awalnya cm 1 sariawan besoknya kok langsung banyak. Alhamdulillah waktu itu tidak konsumsi antibiotik.
Saya bawa ke RS hermina bekasi barat langsung disuruh rawat inap karena disangkanya SJS.
Alhamdulillah dokter kulit periksa tubuh anak saya tidak ada gejala ke sana.
Recoverynya hanya diinfus makanan dan cairan plus ditetesi air minum sama anti virus.
Kemudian keluar darah dari mulutnya, mungkin karena luka ya.
Posisi gigi sudah tidak beraturan, saya sampai nangis terus. Dokter kulit hanya bilang stomatitis apa begitu.
Biidznillah hari-hari berikutnya pulih dan posisi gigi kembali semula. Hilang tanpa berbekas.
Tapi saya mash tanda tanya penyebabnya apa?

🌷Jawab :
Iyaa mbak, mungkin ug dimaksud stomatitis herpetika, penyebabnya karena virus, gejalanya khas banyak sariawan-sariawan kecil di dalam mulut.

0⃣5⃣ Ani
Dok, saya itu langganan sariawan, sebulan bisa 2x, apa termasuk normal?

🌷Jawab:
Masih kategori normal mbak, yang penting proses penyembuhannya 7-14 hari.

0⃣6⃣ Aina
Dokter, saya sering sariawan setiap bulannya,
Apakah itu berbahaya?

🌷Jawab:
Hihihihii, maaf mbakk... insyaallah tidak mbak..
Sariawan bisa juga karena gangguan hormon seperti saat siklus haid, yang penting proses sembuhnya normal dan tidak berulang di tempat yang sama.

0⃣7⃣ Fani
Dok, apakah radang tenggorokan itu termasuk sariawan?
Lalu manakah yang lebih berbahaya sariawan apa radang tenggorokan?

Sebelumnya terimakasih atas jawabannya dok.

🌷Jawab:
Beda mbak, sariawan semacam luka di jaringan mulut bisa di jaringan dalam pipi, langit-langit, bibir.
Kalau radang tenggorokan penyebabnya bisa dari gangguan pencernaan atau gangguan saluran pernapasan.
Kalau menurut saya karena dua-duanya hal yang berbeda jadi kalau tidak sembuh dalam waktu lama dan mengganggu aktifitas ya perlu diperiksakan lebih lanjut.

0⃣8⃣ Ani
Maaf diluar tema, Dok apa penyebab kelebihan sel darah putih?
Apakah ini sakit biasa atau berbahaya? Dan bagaimana penanganan yang seharusnya?

🌷Jawab:
Kalau kelebihan sel darah putih, karena adanya infeksi mbak. Maaf untuk kasus tentang sel darah putih, bukan kompetensi saya, sebaiknya bisa dikonsulkan lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam. Hanya yang saya tahu kalau kelebihan artinya ada infeksi dalam darah yang harus diketahui infeksinya berasal darimana untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut. Infeksi karena radang tenggorokan, infeksi saluran pencernaan bisa nyebabkan leukosit (sel darah putih) nya tinggi.

0⃣9⃣ Sulami
Dokter, saya alhamdulillah belum pernah ada luka sariawan tapi sering panas dalam(bibir pecah), apa ini juga penyembuhannya 7 - 14 hari juga?

🌷Jawab:
Tidak mbak, panas dalam biasanya karena ada gangguan pencernaan. Minum yang banyak dan makan buah insyaallah panas dalam akan reda.

1⃣0⃣ Han
ALhamdulillah selama ini belum pernah sariawan, itu kenapa ya dok? Apa suatu saat bisa sariawan!

🌷Jawab:
Alhamdulillah ya mbak.
Untuk kemungkinan selalu ada, dengan makan sayur dan buah secara rutin ya mbak. Juga jaga untuk tidak stress.

1⃣1⃣ Ummu Hafshoh
1. Dok anak saya umur 3 bulan di gusi nya ada luka atau apa seperti sariawan di bagian dalam dan bagian luar gusi nya merah itu kenapa ya dok! Sudah berminggu-minggu lamanya?

2. Suami saya langganan sariawan dan tiap sariawan sembuhnya lama sampai berminggu-minggu normal kah itu dok?

🌷Jawab:
1. Luka pada gusi bayi bisa juga karena proses pertumbuhan gigi susu mbak, biasanya kalau gigi sudah tumbuh luka akan hilang.

2. Di tempat yang sama kah mbak??

1⃣2⃣ Cleo
Saya bisa d bilang jarang sekali sariawan. Tapi bibir selalu pecah-pecah.
Padahal saya suka makan buah dan juga sering minum air putih.

Kira-kira kenapa ya?

🌷Jawab :
Bibir pecah bisa karena efek panas dalam akibat gangguan pencernaan. Sering minum air putihnya diteruskan yaaa.

1⃣3⃣ Evi
Bagaimana solusi mengatasi sariawan pada anak-anak yang takut minum obat dan karena sariawan tersebut mereka tidak nafsu makan?

Terimakasih

🌷Jawab :
Untuk sariawan pada anak ada gel khusus untuk anak yang diolesi ketika akan makan, supaya si anak tidak merasa sakit. Gelnya juga manis, insyaallah anak-anak suka. Kalau dari saya pengalaman anak saya, saya bujuk untuk makan-makan yang dia suka. Sesekali saya kasih es krim, karena ada kandungan susunya. Minimal ada asupan yang masuk.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Alhamdulillah, terima kasih teman-teman dari grup Bidadari Surga atas atensinya. Semoga sharing ini dapat bermanfaat yaaa.
Tetap jaga kesehatan, makan sayur dan buah, jaga pola pikir untuk mendapatkan kualitas hidup yang optimal serta kunjungi dokter gigi anda untuk pengecekan kesehatan mulut dan gigi secara rutin.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar