Jumat, 22 Juni 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS KeSPRo WUS)



Rabu, 14 Maret 2018
Notulensi : SiNDa
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Diah
dokter Valleria,

Dok saya sudah punya anak 2 dari suami yang dulu. Sekarang menikah lagi sudah 2 tahun belum diberi hamil. Pernah positip tapi hilang lagi. Apa karena seringnya kami bertengkar atau umur saya yang sudah 40 tahun sedangkan suami baru 28?

🌐Jawab:
Hmmm...
Sebaiknya ibu dan suami memeriksakan diri agar bisa diketahui apakah ada gangguan kesehatan yang menjadi sebab sulit hamil.

Tentang 'seringnya bertengkar'; bisa aja sih jadi faktor penyebab ALLAH SWT belum ridha ngasih titipanNya, khawatir nanti jika diberi anak malah jadi dzhalim terhadap anaknya. Dan secara medis, hubungan atau komunikasi suami istri yang kurang harmonis bisa mengganggu kesehatan fisik.

0⃣2⃣ Ummu Hafshoh
dokter Barry,

Dok anak saya wajah area bawah berwana putih karena katanya kena ASI. Adakah obat atau herbal yang bisa mengembalikan kondisi kulitnya agar normal kembali dok?

🌐Jawab:
Sebenarnya bukan karena ASI. Dan Biasanya agak lama hilangnya sekitar beberapa minggu sampai bulan. Tapi tidak berbahaya.

0⃣3⃣ Bunda Aliya
dokter Barry,

Dok, anak saya usia 3 tahun itu minumnya susu SKM, karena setelah lepas ASI 2 tahun full dia sama sekali tidak doyan sufor dia hanya mau UHT dan SKM, itu bahaya tidak dok? Sejauh ini si alhamdulillah tidak apa-apa untuk pup nya!

🌐Jawab:
Sebaiknya tidak diberikan Susu kental manis, karena gizinya sangat rendah. Kalau susu UHT boleh.

0⃣4⃣ Cici
dokter Valleria,

Dok, sebelumnya saya sudah punya anak umur 2 tahun Allah lebih sayang sama anak saya, selama setahun kepergiannya saya selalu berharap segera memiliki momongan lagi.

1. Apakah karena pengaruh kb sebelumnya jadi saya belum hamil lagi?

2. Saya dapat saran dipancing pakai pil kb apakah boleh?

🌐Jawab:
1. Bisa ya, bisa tidak. Tergantung kb apa yang dipakai. Tapi umumnya tidak.

2. Tidak ada saran pengobatan apapun sampai diketahui penyebabnya. Jangan ngikutin saran teman berdasarkan testimoni pribadinya, karena kondisi tiap orang berbeda. Pengobatan dengan suplementasi hormon dari pil kb itu ada indikasi nya, tidak sembarang pakai.

0⃣5⃣ Anggia
Bidan Nisa & bidan Devi

Bagaimana cara menghilangkan trauma saat berhubungan suami istri??

🌐Jawab:
Cara Mengatasi Ketakutan Berhubungan Intim

~ Membicarakan permasalahan yang Anda rasakan dengan pasangan.
~ Meningkatkan rasa percaya diri saat berhubungan seksual.
~ Gunakan bantuan aroma terapi untuk menghilangkan kecemasan saat berhubungan seksual.
~ Gunakan bantuan musik untuk meredakan kecemasan yang Anda rasakan.
~ Santai dan rileks saat berhubungan seksual.

Demikianlah cara menghilangkan rasa takut akan hubungan seksual. Sebenarnya ada cara paling mudah dalam mengatasi ketakutan berhubungan intim, yaitu dengan terapi. Sebab ketakutan dan kecemasan itu berasal dalam diri, dan terapi dapat membantu menghilangkannya secara lebih efektif.

Jika sampai luar biasa takut, bisa konsulkan ke dokter pisikologi. Untuk menghilangkan ketakutan itu.

0⃣6⃣ Tian
dokter Valleria,

Saya sudah memiliki 2 orang putri dok. Baru satu bulan ini saya lepas kb adakah tips atau makanan apa begitu agar anak ketiga bisa punya anak cowok dok?

🌐Jawab:
Tips khusus tidak ada. Minta saja sama ALLAH. Jika memiliki anak cowok adalah yang terbaik untuk ibu menurut ALLAH, pasti dikasih.

0⃣7⃣ Nitnit
dokter Valleria,

Mau tanya nih dok,
1. Seberapa besar sih resiko buat wanita diusia 38-40 untuk hamil?

2. Apa saja yang mesti dipersiapkan agar bisa cepat hamil?

3. Apa ada trik atau tips khusus dok?

🌐Jawab:
1. Risiko terkait penyakit penyerta, bukan karena umur.

2. Hamil itu ALLAH yang kasih sesuai waktu yang tepat menurutNya. Tugas kita hanya mensyukuri nikmatNya dengan menjaga kesehatan atau berobat jika ada penyakit.

3. Untuk bisa hamil, syarat utama adalah punya pasangan yang halal, lalu jimak teratur (3-4 kali seminggu), berdoa minta sama ALLAH dan hidup sehat-lurus sesuai syariat, persiapkan diri jadi orang tua (mencari ilmu pengasuhan dan pendidikan anak) dengan sungguh-sungguh.

🌸Jazakillah khoir dok atas jawabannya.
Tapi terkait usia kan ada pemahaman kalau hamil diusia itu rentan karena kondisi fisik yang tidak lagi prima terkait dengan nanti untuk persalinannya, benarkah?

🌐Tidak, selama si ibu sehat ya tidak masalah. Umur bisa tua; tapi body masih muda--kan ada yang begitu.

0⃣8⃣ Eva
Mba Rifa,

Bulan september kan saya habis opsi payudara, lalu ada program kemo, suntik hormon, obat dan sekarang sinar. Yang mau saya tanyakan selama itu bb saya tidak pernah turun malah naik, tiap saya tanyakan dokter onk selalu bilang semua makanan boleh dimakan asal sehat. Sebaiknya makanan apa saja dan yang bagaimana untuk. Penderita kanker mamae seperti saya?? Karena saya sakit tidak seperti orang sakit emang. Berat badannya tetap seger dan gemuk.

Terimakasih

🌐Jawab:
Hai Mba Eva yang baik, saya baca mb Eva operasi sudah jalan setengah tahun. Berarti sudah lewat masa untuk pemberian diet pasca bedah. Saya belum bisa pastikan untuk status gizi mba eva masuk kategori gemuk atau obesitas.
Dalam penentuan diet bagi pasien kanker seperti kasus mba eva adalah bagaimana bisa memberikan makanan yang seimbang dan daya terima serta mengurangi resiko komplikasi akibat penyakit tersebut.

Syarat diet :
1. Energi dihitung dan disesuaikan dengan aktivitas dan tingkat stres.
2. Protein tinggi (1 gr/kg berat badan).
3. Lemak sedang. utamakan sumber lemak omega 3 dan 6 (minyak zaitun, kedelai, minyak jagung) untuk imunitas.
4. Karbohidrat cukup.
5. Vitamin dan mineral cukup sebagai antioksidan.
6. Porsi makan sering dan kecil.

Nb: Sugesti dan doa-doa positif sangat penting untuk proses recovery yang maksimal ya mba. InsyaaAlloh apa yang dikonsumsi akan menjadi berkah dan menyehatkan untuk tubuh. Sehat dan semangat selalu mba.

0⃣9⃣ Eyang Jenni
Assalamu'alaikum mba Rifa,

Usiaku sudah lanjut nie, sekarang geraknya terbatas karena pasca stroke dan keropos tulang ekor 4 dan 5 jadi tambah sulit untuk jalan dan jarak pandang yang sebatas 3 m saja. Praktis tidak bisa jalan pagi dan renang lagi, yang tadinya bisa sehari 2x, sementara kalau renang pasti bisa membantu untuk keluhan saya. Saya sudah terapi di rs mitra depok kira-kira 1 tahun tapi tahun ini saya belum bisa lagi jadi otomatis berat badan naik.
Pertanyaan saya, bagaimana saya bisa menurunkan berat badan dengan kondisi saya seperti ini?
Sudah bertahun-tahun tidak menkonsumsi nasi dan umbi-umbian.
Sudah lama juga saya di larang makan ayam dan daging jadi ikan saja.
Sebaiknya apa saja yang saya konsumsi?

Terimakasih.

🌐Jawab:
Waalaikumslaam Eyang Jenni yang baik,
Setelah membaca riwayatnya saya menyarankan diet yang bertujuan untuk memperbaiki keadaan pasca stroke, dan mempertahankan keseimbangan cairan untuk tubuh, serta makanan tinggi serat untuk memperlancar pengeluaran sisa cerna yang kurang baik sebagai berikut:

Syarat Diet:
1. Energi cukup (harus disesuaikan dengan umur, serat BB dan TB).
2. Protein cukup (0.8-1 gr/kg BB).
3. Lemak cukup, usahakan sumber lemak tidak jenuh seperti ikan, protein nabati, buah yang tinggi lemak, minyak dari sayuran atau nabati.
Batasi sumber lemak jenuh seperti daging-dagingan, minyak goreng habis pakai, margarin, mentega, cookies, cake dan lain-lain.
4. KH cukup.
5. Vitamin cukup sebagai antioksidan.
6. Mineral cukup terutama kalsium.
7. Batasi garam dan penyedap.
8. Serat tinggi 20-30 gr/hari.
9. Cairan cukup 6-8 gelas.
10. Makanan porsi kecil tapi sering.
Upayakan banyak mengganti camilan dengan sayur dan buah untuk mempercepat penurunan BB.

🌸Alhamdulillah sejak dulu camilanku buah terutama jeruk dan pisang rebus tapi gak bisa banyak karena sulit di cerna jadi mesti minum vitazym.
Serta rebus-rebusan sayuran apalagi buncis labu siam yang kecil dan tanpa sambal dan bumbu apapun kalau daging dan ayam sudah bertahun-tahun tidak makan jadi selalu ikan tapi mancing sendiri di laut lepas.
Masak tidak pakai penyedap untuk penggantinya sedikit gula.
Alhamdulillah selalu minum vitamin.
Minum suka nya air putih, dokter syarafku menyaran kan 3lt/hari/24jam.
Tapi buah yang tinggi lemak sejak kecil aku tidak suka.
Karena aku merasa kesal yang lalu aku coba makan ayam tapi leher kepala dan kulit juga lemak di buang semua lalu aku masak bawang putih dan sedikit garam tanpa minyak, pakai teflon masaknya, lalu makannya pakai tomat dan slada mentah atau rebusan.
Aku senang hoby membuat kue-kue tapi tidak suka jadi untuk jualan saja.
Tapi bb tetep aja segini 68 padahal seblm stroke paling 55.

🌐Jeruk bagus eyang, apalagi bila di juz karena seratnya juga ikut dikonsumsi. Tetap dipertahankan untuk konsumsinya. Tapi untuk pisang kalau bisa jangan terlalu sering karena termasuk buah yang tinggi kalori eyang.
Dalam pemilihan buah juga harus diperhatikan kandungan kalori d dalamnya.

Peningkatan BB bisa disebabkan karena faktor usia (pengurangan fungsi kerja organ cerna), kurang aktivitas, dan stress.

Positive thinking itu sangat penting ya eyang,  sehat selalu.

1⃣0⃣ Rini
dokter Barry,

Assalamualaikum dok.
Kemarin siang anak saya terkena ulat bulu badannya gatal dan bentol-bentol besar, kemudian anak saya sorenya demam. Saya pikir panasnya karena pilek tapi saya lihat tadi pagi tidak ada ingusnya. Apa pengaruh terkena ulat bulu bukan ya dok? Yang membuat anak saya demam, tapi subuh sih panas nya kembali naik 38,6. Mohon penjelasannya dok!

🌐Jawab:
Kalau bagian yang terkena ulat cukup luas, kadang memang bisa menimbulkan demam. Tapi kalau demamnya lebih dari 2 hari masih tidak turun, sarannya berobat ke dokter ya.

1⃣1⃣ Rerel
bidan Nisa,

Ni ada teman yang belum di kasih keturunan, lalu adopsi anak. Nah pengin memberikan ASI. Katanya walau belum pernah hamil bisa yah ngeluarin ASI? Terus apa perangsangnya?

🌐Jawab:
Insyaallah bisa bunda rerel.

Hal ini alhamdulillah berhasil pada pasien saya. Cerita sedikit ya bund,

Rencana ingin menyusui karena akan adopsi anak saudaranya sudah sejak saudaranya tersebut positif hamil (usia kehamilan 10 minggu), kemudian saya sarankan untuk rajin menstimulasi puting susu dengan sering diisap putingnya oleh bayi lainnya seperti halnya menyusui anaknya. Hal ini bertujuan untuk merangsang terbentuknya lobular ASI sambil minum domperidone 10 mg 3x1, tentu saja calon ibu ASI tersebut wajib selalu dalam kondisi relax, penuh cinta dan selalu termotivasi bahwa Allah akan segera menganugrahkannya ASI yang kaya manfaat untuk calon bayi adopsinya nanti, diserta dukungan keluarga yang penuh cinta untuknya. Dan alhamdulillah ASI pertama keluar setelah 5-6 bulan menyusui bayi. Luar biasa bahagia dan syukur tidak terhingga ke hadirat Allah atas anugrah ini, karena pas sekali calon bayi adopsinya lahir, siibu tersebut pun ASI nya sudah siap.

Intinya bunda rerel =
Inyaallah ASI bisa terbentuk dan melimpah ruah, karena faktor cinta, rasa bahagia, relax, dan dukungan cinta penuh dari keluarga selain dari usaha yang rajin untuk stimulasi isapan puting susu pada bayi, juga dari suplemen dan gizi yang cukup.

Bagi ibu yang belum pernah hamil memang lama proses keluar ASI nya, namun harus kuat sabarnya dan selalu penuhi hati dan fikiran dengan cinta yang kuat agar ASI bisa diproduksi cepat tentu saja dengan izin Allah. Insyaallah. Aamiin

Baiknya temannya bunda rerel rajin berkonsultasi ke dokter atau bidan agar bisa diberikan tips dan terapi yang lebih tepat sesuai dengan kondisinya.

Semoga berhasil. Aamiin

1⃣2⃣ Vika
Bidan Nisa,

Kenapa ya pasca melahirkan rambutku rontok sekali, bukan cuma pas saat di sisir saja rontoknya, saat sedang aktifitas pun rontok sampai berhamburan di ubin rumah. Setiap tempat yang aku habis aku duduki di rumah itu pasti ada rambut yang jatuh. Apakah itu ngaruh dengan habisnya aku lahiran? Apalagi ada yang bilang kalau anaknya mainin jari ke mulut rambut ibu jadi rontok.
Waktu anak pertma pun rontok pasca lahiran, cuma tidak separah yang ini.
Mohon jawabannya.

🌐Jawab:
Bu vika cantik shalihah.
Sebenarnya, kerontokan rambut terjadi tiap hari karena merupakan siklus pertumbuhan rambut yang normal.

Hanya saja, saat wanita menjalani proses kehamilan, tidak mengalami siklus kerontokan rambut seperti pada umumnya, dikarenakan kadar hormon estrogen di dalam tubuh mengalami lonjakan sehingga memperpanjang fase pertumbuhan rambut dan lebih sedikit rambut yang mengalami kerontokan.

Kerontokan rambut setelah melahirkan berhubungan erat dengan jumlah hormon di dalam tubuh.
Setelah melahirkan, produksi estrogen kembali ke tingkat normal dan rambut yang seharusnya sudah rontok akan kembali ke siklus normal. Sehingga jumlah rambut yang rontok terlihat lebih banyak dari biasanya.

Kondisi ini biasanya berlangsung pada beberapa bulan awal setelah melahirkan hingga Si Kecil berusia enam bulan hingga satu tahun.

Namun, jika keroktokan rambutnya parah, sebaiknya bu vika konsultasikan ke dokter ya bu..

1⃣3⃣ iNtan
Assalamualaikum dokter Valeria..

Saya dan suami saat ini sedang berikhtiar untuk memiliki anak ke 3.
Bulan ini saya sudah telat haid 12 hari, sekitar hari ke 4 dan ke 7 telat haid saya coba tespack hasilnya negatif (saya lepas KB Pil, sudah 3 bulan).

Pertanyaan saya:
1. Apakah saya masih ada kemungkinan untuk hamil dok?

2. Pada hari ke berapa kehamilan bisa dideteksi pasca telat haid?

3. Jika saya ternyata tidak hamil, faktor apa yang menyebabkan saya tidak haid?

Jazaakillahu khoiron katsiron atas jawabannya.

🌐Jawab:
Wa'alaikumsalam bu.

1. Masih mungkin selama ibu belum menopause dan masih punya suami.

2. Bisa langsung terdeteksi hormon hamil melalui test pack saat hari H telat haid.

3. Penyebabnya banyak hal atau semua kondisi yang menyebabkan gangguan ovulasi (stress, kurang tidur, pola makan berubah, perubahan berat badan, gangguan metabolisme gula darah, sedang sakit berat, obat-obatan tertentu termasuk herbal, dan lain-lain).

1⃣4⃣ Cici
dokter Valleria,

Jika sedang program kehamilan baiknya minum vitamin apa?
Kalau minum susu misalnya prenagen esensis dianjurkan tidak bu dokter dalam program kehamilan?

🌐Jawab:
Makan makanan bergizi seimbang.

Suplemen vitamin hanya atas rekomendasi dokter setelah diperiksa terlebih dahulu.

1⃣5⃣ Yeni
dokter Valleria,

Sesuai dengan temanya program hamil.
Apakah kita bisa program hamil untuk anak kembar meskipun tidak ada keturunan dalam keluarga saya juga suami?
Terima kasih sebelumnya.

🌐Jawab:
Bisa saja dengan program bayi tabung; tapi sebaiknya tidak berharap hamil kembar karena kehamilan kembar adalah kehamilan risiko tinggi.

1⃣6⃣ Risma
dokter valleria,

Assalamu'alaikum,
Pas akad nikah saya baru suci 4 hari kemudian 2 bulan lebih seminggu saya tidak haid dan mengalami tanda-tanda pusing, lemah, ngantuk, sering BAK tapi saya tespack 2X negatif beberapa hari kemudian saya haid tapi tidak seperti biasa cuma dihari kedua derasnya dan 7 hari sudah selesai biasanya 9 hari baru selesai, nah seharusnya tanggal 2 kemaren saya haid tapi tidak kunjung haid sampai hari ini, kemaren saya tes masih negatif juga itu kenapa ya dok, masa iya haid saya tiap 2 bulan sekali?

🌐Jawab:
Bisa jadi ada gangguan di ovarium atau gangguan kesehatan secara umum. Silahkan periksakan diri ke dokter obgyn terdekat.

1⃣7⃣ Annisa
dokter Valleria,

Dok, sebelum hamil ke 2 igg dan igm saya positif rubella dan cmv lalu saya diberikan obat virus isoprinosin dan herclov dan saya tidak boleh hamil dulu selama 6 bulan. Tapi qadarallah 1 bulan masa pengobatan saya hamil, dan dokter Obgyn menyarankan lanjut hamil dan lanjut minum obat virus. Selama proses kehamilan semua baik-baik saja sampai lahir hingga anak menginjak 5 bulan anak saya kejang dan saat di ct scan positif hidrosefalus walau ukuran kepala masih di batas normal dan perkembangan selama ini baik tapi di dalam kepalanya banyak cairan.

Saya mau nanya apa dengan positifnya anak saya itu di karenakan rubella saya?
Kalau karena rubella saya kenapa tidak sejak lahir keliatannya?
Atau apa anak saya kena rubella pas dia sudah lahir?

🌐Jawab:
Bisa jadi terkena infeksi rubella pada saat lahir, bu. Atau di minggu terakhir sebelum lahir sehingga belum terlihat perubahannya pada USG.

1⃣8⃣ Amy
dokter Lilis,

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
Afwan dokter, kemarin malam kakak ipar saya meninggal tiba-tiba, saa itu beliau sedang mandi merasa kedinginan tidak sadarkan diri, dan langsung di bawa ke rumah sakit, dan masuk UGD dan sepertinya setelah itu tidak ada siuman, langsung meninggal.
Pertanyaan:
Apa penyebab bisa terjadi seperti itu, sedangkan beliau sebelumnya sehat-sehat saja tidak ada keluhan sakit?
Apakah kemungkinan masuk angin duduk atau ada penyebab lain seperti terserang penyakit jantung mendadak?
Syukron dokter atas jawabannya.

🌐Jawab:
Kematian mendadak paling banyak disebabkan serangan jantung.
Orang awam mengenalnya sebagai angin duduk mbak.

Memang seringkali tidak didahului oleh keluhan yang spesifik.

Pencegahan untuk kita
Cek up kesehatan rutin setahun sekali untuk thau faktor resiko penyakit jantung, misalnya angka cholesterol trigliseride, tekanan darah tinggi, dan cek rekam jantung terutama bila usia sudah di atas 40 tahun.

1⃣9⃣ Amy
dokter Lilis,

Afwan dokter, apakah gejala serangan penyakit jantung?

🌐Jawab:
Gejala serangan jantung seringkali tidak terlalu spesifik.
Kadang gejalanya seperti masuk angin, tidak enak dada sebelah kiri, menjalar ke lengan kiri.
Atau seperti sakit maag, rasa kembung dan begah di perut kiri atas.

2⃣0⃣ Atiek
dokter Valleria,

Ijin bertanya lagi nggih dok, 3 tahun lalu saya operasi secar dan sekalian ambil limpoma ukuran 2 cm dan sudah 2 tahun ini saya KB suntik. Apakah kemungkinan limpoma bisa ada lagi? Dan apa faktor penyebabnya? Bolehkah KB suntik?
Terimakasih.

🌐Jawab:
Pakai KB suntik jenis apa?

🌸Saat ini tidak pakai dok, 3 bulan yang lalu suntik yang 1 bulan sekali, tapi saat ini 3 bulan sudah berhenti.

🌐Lha, kan yang bersangkutan nanya: bolehkah kb suntik? Saya tanya balik: kb suntik jenis apa yang ingin dipakai?

Tapi apapun itu jenis KBnya, jawabannya tidak boleh jika memiliki salah satu dari kondisi dalam list kontraindikasi.

Ini list kontraindikasi KB hormon (pil, suntik depo, suntil cyclo dan susuk). Riwayat kanker payudara di keluarga kandung, riwayat kanker di endrometriun di keluarga kandung, riwayat penyakit cerebral vascular atau jantung koroner, hepatitis, gangguan fungsi hati, perokok aktif maupun pasif, diabetes, migrain, hamil, hipersensitif terhadap kandungan pil kb oral, stroke, hamil (atau terduga hamil), hipertensi, penyakit autoimun, penyakit jantung, perdarahan pervagina yang tidak tahu sebabnya, ada varises.

2⃣1⃣ Yeni
dokter Valleria,

Saya pasca melahirkan sc 9 bulan yang lalu, waktu 4 bulan setelah sc jahitan terbuka dan dijait ulang. Info dari dokter katanya itu disebabkan karena alergi benang.
Pertnyaan saya:
> Benarkah penyebabnya karena alergi benang?
> Sampai berapa lama jaitan sc dinyatakan sembuh luar dan dalam?

Terima kasih sebelumnya

🌐Jawab:
Bisa jadi tubuh ibu tidak bisa menyerap benang tersebut. Silahkan ibu tanyakan ke dokter tersebut nama dan jenis benang yang digunakan agar jika suatu saat ibu harus menjalani operasi lagi, tidak digunakan lagi benang tersebut.

Yang luka terbuka bagian mana bu? Kulit luar saja? Atau sampai lapisan otot-fascia?

Luka SC seminggu juga sembuh, bu (tergantung kondisi imunitas dan status gizi masing-masing orang).

🌸Terima kasih dok.
Yang luka terbuka bagian sebelah kanan dok, saya tidak tahu dok, luka luar saja apa sampai otot fascia. Yang saya tahu waktu dokternya menekan-nekan bagian yang terbuka ngeluarin darah juga nanahnya, setelah itu dijait ulang.
> Kalau luka sc seminggu sudah sembuh, saya sudah 9 bulan tapi masih ada rasa sakit kalau dalam kondisi lelah senut-senut rasanya.

🌐Dijahit ulang pakai bius lokal atau dijahit ulang di kamar operasi pakai bius seperti operasi sesar sebelumnya?

🌸Bius lokal. Dijaitnya diruang praktek dokter, tidak ke ruang operasi.
Satu lagi bu dokter, setelah jaitan ulang sebelah kanan kering, saya lupa jaraknya, keluar lagi benang disebelah kiri ujung. Benang keluar sendiri panjangnya kira-kira seperti jari telunjuk. Bentuknya seperti senar pancing, bening. Luka sedikit tapi tidak dijait cuma dikasih obat tetes.
Semuanya sudah berlalu sih dok, cuma sampai sekarang masih suka sakit. Itu kira-kira karena apa rasa sakitnya?

🌐Berarti luka terbuka di kulit saja.
Hampir semua benang untuk kulit karakteristiknya seperti itu bu. Harus tahu nama benang, jenis dan ukurannya.

Rasa sakitnya terasa di mana?
Jika di tempat bekas luka tersebut, ya mungkin memang di daerah itu yang masih dalam pemulihan untuk serabut saraf kulit.

🌸Rasa sakitnya di daerah sekitar jaitannya, sama sebelah kanan bekas jaitan ulang. Untuk nama benang jenis dan ukurannya nanti saya tanya ke dokternya.

🌐Ya, sabar aja bu. Keep in mind nama benangnya agar di kemudian hari tidak digunakan lagi.

2⃣2⃣ Emmy
dokter Lilis,

Beberapa bulan lalu saya mengantar ayah saya buat cek darah hasilnya, TGL nya tinggi mencapai 400.
1. TGL itu apa ya dok ?
2. Apa penyebab TGL bisa naik?
3. Cara mengatasi atau menurunkan TGL tinggi bagaimana dok?
4. Apakah TGL tinggi bisa mempengaruhi organ lain ?
Terimakasih dokter.

🌐Jawab:
TGL adalah trigliserida.
Seperti cholesterol.
Penyebabnya karena konsumsi karbo terlalu banyak mbak. Karbo ini dirubah jadi lemak dalam tubuh.
Cara menurunkannya coba diet nya kurangi karbo banyakin protein.
Bahayanya sama dengan cholesterol bisa menimbulkan sumbatan atau plaque di pembuluh darah.

^^^_^^^


@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
➖➖➖
🌷bkc🌷
==========
Join With Us:
💘FB ~ PeRiNDu SuRGa
https://www.facebook.com/groups/1770635569850310
💘Telegram
https://t.me/triobsperindusurga
💘Blog
http://triobshdw.blogspot.co.id
💘IG
https://www.instagram.com/triobsperindusurga
💘YouTube ~ Trio BS HDW
https://www.youtube.com/channel/UCMqJP7Gmwf9nDo_vDbBT3NQ

🌸🌸🌸🌸💫hdw💫🌸🌸🌸🌸

Tidak ada komentar:

Posting Komentar