Sabtu, 23 Juni 2018

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS iBu HaMiL)



Rabu, 21 Maret 2018
Notulensi : Phity
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Desti
Bidan Nisa & Bidan Devi,

Assalamu'alaikum Bubid, kalau waktu lahiran anak pertama panggul saya sempit jadi bayi BB 3 kg saja susah keluarnya. Tapi Alhamdulillah bisa normal. Nah untuk lahiran ke dua apakah akan sama seperti lahiran sebelumnya atau bisa lebih lancar?

🌷Jawab:
Walaikumsalam wr.wb. 
Pagi kak desti dan bunda bunda semuanya, semoga hari ini Allah limpahkan rezeki yang melimpah. Amin.

Untuk Panggul sempit istilahnya CPD. Kalau sempit sekali tidak mungkin persalinan normal.
Mungkin kakak desti panggulnya pas-pasan. Jadi untuk hamil selanjutnya bisa partus normal. Asal bayi yang dikandung tidak lebih besar dari anak sebelumnya.

🌴Syukran jazakillah khoir Bubid.
Sekarang juga saya makannya lagi dikontrol Bubid takut ke bablasan BB bayinya.
Untuk kontrol BB bayi nya susu bumil nya disudahin tidak apa apa Bubid?

🌷Sekarang berapa minggu kakak usia kehamilannya?

🌴35 week bubid

🌷Tinggi fundus? atau TBJ USG?

🌴Kalau tidak salah 27, (buku KIA nya di rumah, saya lagi di luar)
Belum USG lagi bubid, rencana minggu depan mau USG.
Ooo iya... Minggu kemarin ke Bidan perkiraan BB bayi nya 2.200 gram.

🌷Kalau BB sudah 2600 gram stop saja kak. Kalau belum minum saja susu nya.

🌴Begitu ya bubid, Syukran bubid.

0⃣2⃣ Astri
Bidan Devi,

Saya saat ini 38-39week, sudah semingguan keputihan warnanya kuning kecoklatan, apa itu normal bu?
Terus, anak pertama saya lahir 42 week, apa adiknya juga kemungkinan seperti itu (lebih dari 40week)?

🌷Jawab:
Kak Astri. 
3 Tanda Persalinan adalah:
🔹Keluar lendir campur darah.
🔹Ada mules mules.
🔹Keluar air-air.
Jadi kuning ke coklatan, bisa tanda mau bersalin.

Tetapi jika keputihan gatal, berwarna dan bau, Itu tidak normal.
Untuk persalinan adalah rahasia Allah, Tetapi jika ada riwayat sebelumnya 42 minggu kemungkinan kakak bisa sama.  Asal kakak tidak lupa dengan HPHT dan pastikan kesejahteraan debay di dalam (USG dan konsul dokter Sp.OG)

🌴Alhamdulillah tidak gatal dan bau.
Iya bubid, untuk HPL sama antara perhitungan dari HPHT & USG, hanya selisih beberapa hari.

Bu bid, Pas habis lahiran pertama saya tidak langsung bisa pipis, jadi pakai kateter dan itu sakit sekali, apa betul budid tidak bisa pipis langsung setelah lahiran karena jarang olah raga waktu hamilnya?

🌷Itu biasanya sebelum lahiran masih ada air pipis sehingga ibarat bola tertekan jadi harus di pasang cateter untuk mengembalikannya.
Untuk itu tipsnya jika sudah ada pembukaan bunda jangan menahan pipis. Dan sebelum mengedan pastikan kantong kemih kosong.

🌴Oohh begitu bu, syukron bu ilmunya.

0⃣3⃣ Resty
dokter Valleria,

Dok saat ini saya sedang hamil 29 minggu apakah jika batuk-batuk akan berpengaruh ke janin karena sekarang saya sedang batuk sudah 1 minggu lebih dan tiap kali batuk perut rasanya nyeri.

🌷Jawab:
Bisa berpengaruh, tergantung penyakit apa yang menyebabkan batuk tersebut. Batuk itu bukan penyakit, tapi gejala penyakit. Banyak sekali penyakit yang gejalanya batuk.

0⃣4⃣ Nani
dokter Lilis,

Dok saya hamil 28 minggu, saya sekarang lagi radang tenggorokan atau panas dalam sampai muntah darah, seminggu yang lalu juga sama dan berobat dan di beri obat radang. Alhamdulillah sembuh saya sudah berusaha makan-makan yang tidak pedas dan berminyak, lalu kambuh lagi dan kemarin saya muntah ada darahnya lagi,, kira-kira saya harus bagaimana ya dok? Saya takut ada masalah di tenggorokan dan dada saya.

🌷Jawab:
Harus dibedakan antara muntah darah dan batuk darah.
Muntah berasal dari lambung. Darah yang keluar karena adanya perdarahan lambung. Biasanya karena sakit maag kronis. Obatnya kalau muntah darah lebih ke obat-obat lambung.

Tapi kalau batuk yang berdarah asal darah dari saluran pernafasan. Bisa saluran atas atau dari bawah yaitu paru-paru.

Apakah sebelumnya ada riwayat sakit TBC atau diobati selama 6 bulan.
Kalau batuk darah saya sarankan untuk berobat ke dokter paru. Tentunya setelah konsultasi dulu ke dokter kandungan.
Bila asalnya dari saluran nafas atas disertai batuk biasanya diberikan antibiotik dan obat batuk saja.

🌴Saya tidak punya TBC, saya pas muntah keluar darahnya, saya memang punya maag apa panas tenggorokan juga bisa berkenaan sama maag ya bu? Dan saya tidak sedang batuk atau pilek.

🌷Berarti dari maag kronisnya mbak.
1. Makan jangan terlambat.

2. Makanan lembut dulu seperti nasi tim, bumbu jangan merangsang seperti pedas, merica dan asam. Juga hindari dulu gorengan.

3. Bila mual atau panas perut makannya porsi kecil tapi sering.

 Misalnya:
√ Jam 7 pagi sarapan bubur ayam.
√ Jam 9 atau 10 biskuit, atau kue.
√ Jam 12 makan siang.
√ Jam 3 sore snack lagi,  kue atau bubur kacang hijau.
√ Jam 19 makan malam.

4. Minum obat maag setengah jam sebelum makan seperti polysilane tablet kunyah dan omeprazole. Boleh digabung 2 obat sekaligus.

🌴Jazakillah dok jawabannya, Insya Allah diterapkan.

0⃣5⃣ Dwi
dokter Valleria,

Dok, dulu anak pertama waktu lahiran saya mengalami pendarahan, apakah untuk kedua ini juga bisa pendarahan lagi atau adakah obat untuk mencegah pendarahan?

🌷Jawab:
Bisa berulang. Obat untuk mencegah tidak ada, tapi untuk mengobati atau menghentikan perdarahannya, ada. Jenis obat tergantung apa penyebab perdarahannya.

0⃣6⃣ Desi
Bidan Devi & Bidan Nisa

Bu bidan, memasuki usia kandungan 30 minggu kan sudah masuk trimester 3. Sebaiknya usia berapa minggu saya cek darah lagi? Sebelumnya di trimester 2 saya cek darah di usia 24 minggu terus di trimester 3 ini lebih dibutuhkan asam folat atau penambah darah? Atau dua-duanya penting?

Terima kasih Bu bidan.

🌷Jawab:
Usia di atas 32 minggu kak untuk cek darah nya.

Asam folat, penambah darah dan kalsium adalah multivitamin yang dibutuhkan saat hamil.

0⃣7⃣ iSty
Bubid Devi & bubid Nisa,

Assalamu'alaikum...
Bubid kehamilan kehamilan saya 32week, kemarin sempat mengalami sekit perut bagian bawah, sampai susah untuk jalan, itu kenapa ya bubid?
Rasa sakitnya sampai sekarang juga masih suka hilang timbul.

Terus gatal pada perut, sampai binti-bintik kemerahan, apa sabun mandi sangat pengaruh bubid, soalnya setelah tidak pakai sabun mandi, agak mendingan gatalnya?

🌷Jawab:
Waalaikumussalam wr.wb. Bunda isty yang berbahagia,

Di usia kehamilan 32 minggu mengeluh nyeri perut bagian bawah hilang timbul adalah fisiologi kehamilan trimester 3, rasa nyeri seperti rasa tertekan dibagian bawah perut ibu umumnya terjadi seiring penurunan kepala janin menuju panggul. Itu artinya bayi sedang mempersiapkan mencari jalan lahir untuk proses persalinan nanti. Posisi kepala yang di bawah adalah hal yang normal, karena untuk persalinan yang normal dibutuhkan kepala bayi yang berada di bawah (masuk panggul).

Nyeri pada bawah perut saat kehamilan bisa juga disebabkan oleh :
pengaruh hormonal pada kehamilan sehingga terjadi peregangan otot-otot panggul, perkembangan tubuh janin.

Keluhan nyeri perut bagian bawah dapat berkurang dengan cara =
Jangan menahan BAK, dan mengusahakan tubuh relax.

Keluhan gatal di perut bisa disebabkan karena hormon kehamilan bunda.
Beberapa ibu hamil mengalami alergi pada bahan tertentu, dan bisa jadi bunda isty juga mengalami alergi pada sabun mandi yang bunda gunakan sehingga saat dihentikan pemakaiannya keluhan gatalnya berkurang.

🌴Berarti selama sakitnya biasa saja tidak apa-apa bubid?
Jazakillah atas penjelasannya bubid.

0⃣8⃣ Puji
Bubid Devi & Bubid Nisa,

Bagaimana mengatasi sembelit pada ibu hamil?

🌷Jawab:
Sembelit ada penyebabnya. Bunda Puji bisa baca penyebabnya dulu.

Pahami Penyebab Sulit Buang Air Besar (BAB) :

Beberapa orang yang mengalami masalah gangguan pencernaan, seperti sulit buang air besar,sulit buang air besar akan membuat fases menumpuk di usus, sehingga jika terjadi dalam waktu yang lama sangat tidak bagus karena mengandung banyak bakteri dan berakibat fatal sehingga dapat menimbulkan penyakit yang berujung pada kematian. Mari kita lihat beberapa faktor yang menyebabkan sulit buang air besar:

🔹Masalah yang paling umum ketika mengalami sulit buang air besar adalah, karena kurang minum. Terlebih kurang minum air putih, karena air putih sangat bagus untuk membuat organ tubuh berjalan dengan normal. Karena pada dasarnya tubuh terdiri dari air, sehingga jika mengalami susah buang air besar bisa di sebabkan karena kurang asupan cairan, sehingga sistem pencernaan menghambat.

🔹Menahan buang air besar juga merupakan kebiasaan buruk yang sering di temukan. Terkadang seseorang malas untuk buang air besar jika tidak terlalu mendesak. Sehingga pada saat ingin buang air besar akan sulit, karena menahan buang air besar akan membuat fases mengeras.

🔹Kurang serat, jika tubuh kekurangan serat juga bisa menjadi penyebab sulit buang air besar. Kerena fungsi serat untuk membuat pencernaan lancar. Biasanya kekurangan serat akibat suka mengkonsumsi makan makanan yang instan yang tidak memiliki banyak serat seperti sayur dan juga buah.

🔹Kanker usus, penyebab sulit buang air besar karena kanker usus merupakan masalah internal tubuh. Karena jika terdapat kanker atau tumor pada usus akan membuat perjalanan fases mengalami hambatan. Sebaiknya kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan, sehingga akan diberi pengobatan, agar penyakit tidak menjalar pada organ tubuh yang lain dan akan semakin berbahaya.

🔹Olahraga, jarang olahraga atau kurang gerak juga menjadi penyebab sulit buang air besar. Selain itu juga kurangnya melakukan olahraga dan gerak tubuh akan menjadikan tubuh timbunan lemak, dan bisa menjadi obesitas.

0⃣9⃣ Liza
Bidan Devi & Bidan Nisa,

Saya juga mengalami sembelit dari awal kehamilan, sekarang saya hamil 27 week dan masih sering sembelit. Padahal setiap hari selalu mengusahakan makan buah & sayur tidak terlewat.
Sebulan terakhir, saya tiba-tiba ambeien, mungkin karena mengejan terlalu keras, sehingga bengkak anus keluar. Saya pernah baca ada ambeien yang sampai menyebabkan kelahiran tidak bisa normal karena bahaya. Tingkat bahaya ambeien nya seperti apa bubid?
Lalu apakah nanti setelah melahirkan ambeien akan sembuh dengan sendiri nya??
Terima kasih.

🌷Jawab:
Kalau ambeien sembuh dengan sendirinya, tidak bunda.

Tetapi mencegah agar tidak membesar bisa.
Untuk lahir normal, dilihat dulu bun, Grade berapa tingkatannya. Kalau masih kecil, insya Allah aman bisa partus normal. Tetapi, jika kata medis menganggap itu tidak aman ke anus, ada tindakan efisiotomi atau penguntingan vagina agar robeknya tidak sampai ke anus. Kalau robek ke anus jatahnya dokter Sp.OG untuk menjahitnya.

🌴Kemarin sudah konsul ke Sp.OG, dikasih salep sama obatnya buat mengurangi bengkaknya.
Aduh ini kan baru kena nya, mudah-mudahan masih dalam grade aman buat melahirkan normal yaa bubid doanya.

Hehe tidak apa-apa makasih penjelasannya. Soalnya jadi kepikiran terus.

1⃣0⃣ Nani
Bidan Devi & bidan Nisa,

Bu terkait asam folat di usia 5 bulan sama bidan di stop trus di ganti sama penambah darah kira-kira bagaimana bu? Atau saya beli asam folat sendiri?

🌷Jawab:
Biasanya dikandungan penambah darah sudah ada asam folatnya, jadi bunda tidak usah double.

1⃣1⃣ Puji
Bubid Devi & bubid Nisa,

Sejak kemarin, saya sakit gigi. Apa harus ke dokter gigi? Atau ada tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan? Soalnya kepala jadi sakit sebelah.

🌷Jawab:
Mbak puji, apakah giginya lubang?

Untuk pertolongan pertama minum obat parasetamol dan makan makanan yang mengandung vitamin C kaya buah buahan yang berwarna orange dan kumur-kumur laserin.

Jika tidak sembuh, baiknya ke dokter gigi.

1⃣2⃣ Windy
Bidan Nisa,

Kalau hasil HPL USG apakah itu dihitung dari hari terakhir haid atau dari kematangan janin ya bu?

🌷Jawab:
HPL atau TP (Hari perkiraan Lahir atau Taksiran Persalinan) USG adalah berdasarkan ukuran tubuh janin, juga melihat dari HPHT dan Tinggi Fundus Uteri.

Ketiga cara ini digunakan untuk memastikan usia kehamilan dan tentunya untuk menentukan kapan tanggal taksiran persalinannya.

1⃣3⃣ Kiki
dokter Valleria,

Dokter saat ini kehamilan saya 28 minggu,  kemarin di tensi 140/90.
Adakah makan atau buah untuk menurunkan tekanan darah?
Adakah resiko pada janin?

Jazakillah khoir.

🌷Jawab:
Hipertensi obatnya bukan buah bu. Tapi konsumsi buah memang bermanfaat untuk menstabilkan kerja jantung dan pembuluh darah.

Risiko pada janin: ada.

1⃣4⃣ Ramlah
Bidan Devi & bidan Nisa,

Assalamu'alaikum..
Usia kehamilan saya 15 week. Kemarin beli susu hamil yang prenagnis sudah habis terus mbak apotiknya bilang yang emesis pun bisa ya sudah dibeli.
Bermasalah kah bu, hamil 4 bulan susunya yang emesis. Padahal sudah tidak mual-mual!

🌷Jawab:
Tidak apa-apa mbak. 

Asal pembuatan susunya benar agar maksimal asupan gizi dan vitaminnya.
Ijin share pembuatanya dengan air panas.

Jadi, air panas dahulu + air netral atau air biasa sudah hangat hangat kuku baru masukan susu nya.

Jangan susu dulu air panas baru air dingin atau air netral kandungan vitaminya hilang.

1⃣5⃣ iNdah
dokter Valleria,

Assalamu'alaikum. Ibu hamil makan mie instan 1 bungkus sekali-kali tidak apa-apa kah? Lagi ingin sekali?

🌷Jawab:
Jika tidak ada makanan lain, yang ada hanya mie instant boleh aja, daripada kelaparan.

🌴Hehe ini ngidam sepertinya.

1⃣6⃣ Santi
dokter Barry,

Assalamu'alaikum...
Saya punya 2 ponakan laki-laki usia 2 tahun dari bayi sampai sekarang masih ileran terus. Dicek tidak ada sariawan tapi sering kali netes- netes. Kira-kira apa penyebabnya ya dok?

🌷Jawab:
Ileran biasanya tetap ada karena anak suka memasukkan tangan atau barang ke mulutnya. Jadi, sarannya usahakan dihindari kebiasaan itu.

🌴Begitu ya dok., tapi ponakan-ponakan saya ini bisa dibilang jarang memasukan tangan atau mainan ke dalam mulut dok, kalau dilihat dari cara makan juga normal dok tidak dikemut, makan banyak dan tidak pilih-pilih. Kira-kira ada sebab lain tidak dok?

🌷Coba diperiksakan kedokter, apa ada masalah di rongga mulut atau tidak.

1⃣7⃣ Laila
dokter Valleria,

Dulu saat melahirkan anak kedua selaput ari-ari saya lengket sampai harus dirangsang dengan obat untuk mengeluarkannya. Padahal saat hamil saya tidak pernah mengkonsumsi obat selain anjuran dokter dan jamu-jamuan.
Kira-kira apa ya dok penyebabnya sampai selaput ari-ari bisa lengket? 
Dan bagaimana antisipasinya supaya tidak terjadi lagi di persalinan berikutnya?

🌷Jawab:
Bisa jadi infeksi atau kualitas pembuluh darah di rahim kurang baik.
Belum diketahui cara pencegahannya secara spesifik. Cukup dengan pola hidup sehat dan jaga daya tahan tubuh.

🌴Apa ada makanan tertentu yang dapat menjadi pemicunya?
Jazakillah khoir dok atas jawabannya.

🌷Biasanya karena kurang asupan protein dan terlalu banyak konsumsi makanan bergula dan bertepung.

1⃣8⃣ Lela
dokter Valleria,

Kemarin saya periksa ke puskesmas soalnya sudah telat haid hampir 2 bulan, dan alhamdulillah kata dokter yang di puskesmas saya hamil sudah hampir masuk 2 bulan.
Yang ingin saya tanyakan,, bagaimana caranya dokter tersebut bisa tahu umur kandungan saya sudah hampir 2 bulan?
Di lihat darimana nya?
Padahal perut saya tidak diperiksa atau diapain pun dok.
Mohon penjelasannya bu dokter.

🌷Jawab:
Dari hitungan hari pertama haid terakhir, jika test kehamilan positif.

🌴ohh... begitu ya.
Ooh iya..., saya sering sakit pinggang dok, sakit sekali apalagi setelah duduk yang lama kemudian rebahan, sakit sekali, apa ada solusinya biar bisa mengurangi sakitnya?

🌷Dicari dulu kenapa sakit pinggang. Apa penyakitnya. Baru bisa ditentukan cara penanganannya.

1⃣9⃣ Astri
Bidan Nisa & bidan Devi

Tentang larangan:
1. Tidak boleh minum air es bisa BB bayi besar?

2. Tidak boleh tidur siang saat hamil karena nanti anaknya kepalanya banyak kotoran. Setelah lahiran juga tidak boleh tidur siang karena takut darah putih naik?

3. Saat menyusui tidak boleh makan pedas?

🌷Jawab:
1. Bayi besar karena kita banyak makan manis atau ada diabetes dalam tubuh, kalau air putih biasa tidak apa-apa, tapi kalau air es tapi ada manisnya bisa bikin BB naik.

2. Ibu hamil perlu istirahat. Jika malam tidak maksimal, bisa kita ganti dengan tidur siang untuk kepala banyak kotoran itu tergantung menjaga kebersihan orang tuanya.

3. Apa yang kita makan, pasti si kecil merasakan. Sebaiknya dihindari terlalu pedas tapi jika tidak ada keluhan pada debay silahkan saja.

Bisa dilengkapi oleh sahabatku mbak Nisa.

🌷1. Bayi besar bisa disebabkan karena = banyak makan manis, ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes, pola hidup atau konsumsi makanan minuman yang tidak sehat.
Yang bikin BB janin cepat besar adalah kandungan manis dari es nya.

2. Ibu hamil memerlukan istirahat yang cukup. Namun cenderung di malam hari ibu hamil sulit tidur, sehingga waktu tidurnya kurang dan siangnya mengantuk.

Waktu tidur malam yang kurang bisa diganti dengan tidur siang.

Anggapan bahwa =
1) Saat hamil tidak boleh tidur siang karena kepala janinnya akan kotor = mitos.

√ Bayi yang lahir dalam kondisi diselimuti lemak, dan lanugo bukan karena disebabkan ibu yang kebanyakan tidur siang. Lemak, dan lanugo yang menyelimuti tubuh bayi berfungsi untuk menghangatkan tubuh bayi. Insyaallah memang karena kuasaNya Allah.

2) Saat masa nifas tidak boleh tidur siang karena takut darah putih naik = mitos

3) Apa yang kita makan pasti si kecil merasakan. Sebaiknya dihindari terlalu pedas tapi jika tidak ada keluhan pada debay, silahkan saja.

Apapun jika dikonsumsi berlebihan = tidak baik untuk kesehatan.
Boleh makan pedas, namun jangan berlebihan.

🌴Kalau tidur siang setelah melahirkan, terus tidurnya harus posisi kepalanya tinggi, jadi kaya duduk begitu bubid, apa memang betul harus begitu?

🌷Tidak harus tinggi sekali posisi kepalanya bunda astri, silahkan memilih posisi tubuh yang nyaman.

2⃣0⃣ Fitri
Bidan Nisa,

Pagi bu bidan.
Saya hamil 16 minggu tapi masih mengalami muntah-muntah terus dan badan lemas, pusing. Makan juga susah, minum juga, badan sering panas. Solusinya bagaimana ya? Baru hamil pertama masih suka takut, inginnya ke dokter terus. Hari senin habis kontrol juga.

🌷Jawab:
Bunda fitri,
Mual dan muntah adalah gejala yang wajar ditemukan pada kehamilan triwulan pertama. Biasanya mual dan muntah terjadi pada pagi hari sehingga sering dikenal dengan morning sickness. Namun setengah dari wanita hamil yang mengalami morning sickness, 1,5 – 2 % nya mengalami hiperemesis gravidarum yaitu mual dan muntah hebat dalam masa kehamilan yang dapat menyebabkan kekurangan cairan, penurunan berat badan, atau gangguan elektrolit sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dan membahayakan janin.

Pada umumnya HG (Hiperemesis Gravidarum) terjadi pada minggu ke 6 - 12 masa kehamilan, dan dapat berlanjut sampai minggu  ke 16 – 20 masa kehamilan.

Apakah bunda fitri memiliki riwayat gangguan maag sebelumnya?
Sakit maag atau nyeri lambung bisa sebagai salah satu faktor penyebab yang memperparah kondisi mual muntah.

Mual muntah pada kehamilan dapat dikurangi dengan makan makanan ringan dengan porsi kecil namun sering.
Bidan dan dokter biasanya memberikan tambahan suplemen vitamin B6 agar keluhan mual muntah berkurang dan menambah nafsu makan.

Tingkatkan motivasi di dalam diri bunda untuk bisa tetap makan-minum dengan gizi seimbang.

Bila setelah usia kandungan 20 minggu mual muntah masih berlangsung, baiknya bunda berkonsultasi dengan dokter Sp.OG agar dicari penyebab dan diberikan terapi yang lebih tepat untuk bunda.

🌴Kemarin sudah ke dokter sudah dikasih anti mual.
Setelah itu saya juga tanya apa pengaruh dari typus nya ya dok, soal ada riwayat typus tapi kata dokter tidak apa-apa siklus ibu hamil obatnya yang anti mual juga tidak berpengaruh bubid masih suka muntah.

Jazakillah khoir ya bubid.

2⃣1⃣ Nesa
Bidan Nisa,

Assalamu'alaikum bubid,
Saya sudah beberapa hari ini batuk-batuk, makin kesininya perut makin terasa sakit di saat batuk. Apa ada obat batuk yang aman untuk ibu hamil? Apa batuk yang saat ini saya derita hingga perut yang terasa sakit akan berbahaya untuk janin?
Terimakasih.

🌷Jawab:
Wa'alaikumussalam wr.wb. bunda nesa,

Saat hamil memang perlu lebih cermat menjaga kesehatan. Apalagi daya tahan tubuh ibu hamil cenderung melemah, sehingga lebih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri.

Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat karena apa pun yang dimakan dan diminum akan berdampak kepada pertumbuhan janin. Maka jika keluhan batuk yang bunda rasakan terasa berat baiknya diperiksakan ke dokter.

Batuk yang keras menyebabkan perut nyeri karena tertekan saat batuk.

Tips alami mengurangi batuk tanpa obat =
1) Mandi dengan air hangat. Uap air panas dapat membantu melegakan sesak napas.

2) Berkumur dengan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorokan atau batuk.

3) Oleskan balsem atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan, serta oleskan juga sedikit di bawah hidung.

4) Makan sup ayam hangat juga membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.

5) Minum teh rendah kafein, tambahkan dengan lemon atau madu. Minuman ini dipercaya dapat membantu meringankan radang tenggorokan.

6) Gunakan bantal yang ditumpuk cukup tinggi ketika tidur agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini berguna untuk mencegah cairan dahak mengalir saat tidur dan mengiritasi dinding tenggorokan.

7) Letakkan segelas air, balsem, atau obat-obatan lain di dekat tempat tidur ibu hamil agar cepat dijangkau ketika dibutuhkan.

8) Konsumsi obat sesuai resep dokter.

9) Sebisa mungkin menghindari penderita batuk-pilek saat kondisi sehat, dan menggunakan masker.

2⃣2⃣ Ana
Bidan Nisa,

Assalamu'alaikum, Umur 25 tahun, alhamdulillah saat ini usia kehamilan sudah 29 +5 dan ini kehamilan pertama saya. Oiya bu bidan ada yang ingin tanyakan. Kenapa ya perut itu kadang tiba-tiba suka kenceng-kenceng padahal  sedang duduk santai dan bolehkah seorang yang sedang hamil itu olahraga sepeda menempuh jarak yang kurang lebih 4 km?

🌷Jawab:
Wa'alaikumussalam wr.wb. bunda ana yang berbahagia,

Umumnya, wanita yang baru mengalami kehamilan pertama masih bingung membedakan penyebab perut kencang di masa kehamilan, apakah karena kram atau kontraksi.

Perut kencang pada kehamilan muda adalah normal karena pertumbuhan rahim mendorong otot perut sehingga terasa kencang. Salah satu tandanya adalah rasa sakit di bawah pusar sampai ke lipat paha (round ligament pain).

Pada usia kehamilan yang lebih tua, perut kencang juga bisa disebabkan oleh pergerakan bayi dalam perut.

Selain itu, adanya gas berlebih dalam perut atau perut kembung juga bisa menjadi penyebab perut kencang.

Di antara penyebab di atas kontraksi merupakan penyebab paling umum terjadi dan harus diwaspadai karena kontraksi seharusnya terjadi saat akan melahirkan.

Bagaimana cara mengetahui tanda kontraksi?
Saat perut terasa kencang, raba puser bunda jika terasa keras-tegang maka itu kontraksi.

Yuk Mengenali Tipe Kontraksi =
Umumnya, ibu hamil merasakan kontraksi pada perut bagian tengah ke bawah.

Kontraksi ada dua macam =
1) Kontraksi persalinan palsu (braxton hicks) = kontraksi yang terjadi secara sporadis biasanya sejak usia kehamilan 6 minggu dan munculnya tidak teratur dan semakin sering seiring pertambahan usia kehamilan

Ciri-ciri lain dari kontraksi palsu adalah tidak memburuk saat dibawa berjalan, kontraksi tidak semakin menguat, dan terjadi dalam waktu yang tidak lama, maka masih dianggap normal. Cukup redakan kontraksinya dengan relaxasi, bersantai, mendengarkan musik atau tilawah dan tidur atau istirahat insyaAllah bisa meredakan kontraksi palsu ini.

2) Kontraksi persalinan sebenarnya = Kontraksi ini merupakan tanda-tanda akan terjadinya persalinan.

Ciri-cirinya adalah =
a) Nyeri pada bagian punggung dan perut bagian bawah yang disertai tekanan pada panggul. Seperti kram saat menstruasi namun lebih kuat dan lebih nyeri.

b) Kontraksi persalinan akan tetap ada meski bunda sudah berganti posisi, beristirahat, atau bersantai.

c) Kontraksi persalinan akan datang dengan jeda yang teratur dan berlangsung antara setengah hingga satu menit lamanya. Waktu jeda akan semakin memendek menjelang persalinan. Kekuatan kontraksi persalinan semakin lama akan semakin kuat.

Untuk bunda yang masih usia kehamilannya 29 minggu 5 hari dan merasakan kontraksi yang semakin kuat, maka sebaiknya periksa ke dokter agar diberikan obat untuk mengurangi kontraksi untuk mencegah terjadinya persalinan prematur.

√ ibu hamil berolahraga sepeda boleh, namun harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi kehamilannya. Jika ada kontraksi, sebaiknya ditunda agar tidak keterusan kontraksinya dan beresiko melahirkan sebelum waktunya.

^^^_^^^

@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
➖➖➖
🌷bkc🌷
==========
Join With Us:
💘FB ~ PeRiNDu SuRGa
https://www.facebook.com/groups/1770635569850310
💘Telegram
https://t.me/triobsperindusurga
💘Blog
http://triobshdw.blogspot.co.id
💘IG
https://www.instagram.com/triobsperindusurga
💘YouTube ~ Trio BS HDW
https://www.youtube.com/channel/UCMqJP7Gmwf9nDo_vDbBT3NQ

🌸🌸🌸🌸💫hdw💫🌸🌸🌸🌸

Tidak ada komentar:

Posting Komentar