Sabtu, 23 Juni 2018

DIET PENYAKIT ASAM URAT



OLeh   : Rif'atul Amini, S.Gz

         💎M a T e R i💎

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh eyang dan bunda sholehah semuanya...

Pada malam ini akan sharing sedikit mengenai gout atau asam urat dan juga pengelolaan makan yang tepat bagi penderita.

Baik yaa...
Langsung saja kita masuk ke materinya,

Gout adalah peradangan sendi yang terjadi pada sebagian orang yang mengandung asam urat yang tinggi dalam darah. Asam dapat membentuk kristal seperti jarum dalam sendi dan menyebabkan episode nyeri, memar, kemerahan, kehangatan, dan pembengkakan yang tiba-tiba. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5-7 mg/dl dan pada perempuan 2,6-6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.

🔹Apa saja tahapan Gout?

1. Hiperurisemia asimtomatik adalah periode sebelum serangan asam urat pertama. Tidak ada gejala, tetapi kadar asam urat darah tinggi dan kristal terbentuk di sendi.

2. Gout Akut atau Serangan Asam Urat, terjadi ketika ada sesuatu (seperti konsumsi makanan/minuman) yang memgandung asam urat mendesak kristal yang telah terbentuk di sendi, sehingga memicu serangan. Peradangan dan rasa sakit yang ditimbulkan biasanya menyerang pada malam hari dan intensif berlangsung selama delapan sampai 12 jam berikutnya. Gejala mereda setelah beberapa hari dan kemungkinan hilang dalam seminggu hingga 10 hari.

3. Interval gout adalah waktu di antara serangan. Walaupun tidak ada rasa sakit, asam urat atau gout tidak hilang. Peradangan level rendah bisa merusak sendi. Masa atau waktu ini adalah tepat untuk melakukan terapi atau manajemen gout melalui perubahan gaya hidup dan pengobatan untuk mencegah serangan selanjutnya atau gout kronis.

4. Gout Kronis terjadi pada orang yang pernah terkena asam urat dan memiliki kadar asam urat yang tetap tinggi selama beberapa tahun. Serangan menjadi lebih sering dan rasa sakit tidak hilang seperti dulu. Kerusakan sendi bisa terjadi, bahkan dapat mengurangi pergerakan atau mobilitas. Dengan pengelolaan dan terapi yang tepat, tahap ini bisa dicegah.

Jadi asam urat itu ada tahapannya ya eyang bunda,  tidak serta merta langsung serangan.

🔹Faktor Penyebab Gout

~ Genetik: Jika ada anggota keluarga yang riwayat gout, kemungkinan bisa juga mengidap.

~ Kondisi kesehatan lain: Kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, DM dan penyakit jantung bisa meningkatkan risiko.

~ Obat-obatan: Obat-obatan diuretik atau “ramuan” yang diminum untuk tekanan darah tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat;

~ Jenis kelamin dan usia: Gout lebih sering terjadi pada pria daripada wanita sampai sekitar usia 60 tahun. Para ahli percaya estrogen alami melindungi wanita sampai pada titik itu.

~ Diet: Makan daging merah dan kerang meningkatkan risiko Anda.

~ Alkohol: Bagi kebanyakan orang, lebih dari dua minuman keras atau dua gelas sehari dapat meningkatkan risiko encok.

~ Soda: Fruktosa dalam soda manis baru-baru ini terbukti meningkatkan risiko asam urat.

~ Obesitas: Orang gemuk memiliki risiko gout lebih tinggi, dan mereka cenderung mengembangkannya pada usia yang lebih muda daripada orang dengan berat badan normal.

~ Operasi Bypass: Mereka yang telah menjalani operasi bypass lambung memiliki peningkatan risiko.

🔹Pemicu Gout

~ Diet ketat dan puasa
~ Minum terlalu banyak alkohol
~ Makan sebagian besar makanan tertentu tinggi purin (daging merah atau kerang)
~ Dehidrasi (tidak mendapat cukup cairan)
~ Soda manis

Dalam ilmu gizi,  penderita asam urat diberikan Diet Rendah Purin.  Contoh diet akan saya lampirkan ya eyang bunda..

🔹Diet
Mengembangkan strategi makan seumur hidup yang berfokus pada mengikuti diet jantung sehat harus menjadi tujuan bagi orang-orang dengan gout. Diet ini mencakup semua kelompok makanan, terutama sayuran, biji-bijian, protein tanaman seperti kacang-kacangan dan kacang-kacangan, dan produk susu rendah fait. Karbohidrat olahan dan makanan olahan harus dijaga seminimal mungkin.

💥Makanan berikut ini menurunkan kadar asam urat atau baik untuk jantung:
• Susu skim dan produk susu rendah lemak lainnya
• Makanan gandum utuh
• Minyak tumbuhan (zaitun, kanola, bunga matahari)
• Semua sayuran
• Beberapa buah (yang kurang manis)
• Suplemen vitamin C (500 hingga 1.000 miligram setiap hari)
• Kopi - jika Anda sudah meminumnya
• Air

💥Makanan berikut ini memiliki kandungan purin yang tinggi, atau diketahui memicu serangan asam urat:
• Daging merah dan organ berarti (hati, lidah dan roti manis)
• Kerang seperti udang dan lobster
• Minuman manis
• Alkohol berlebihan (lebih dari satu minuman beralkohol untuk wanita dan dua untuk pria dalam 24 jam)

Selain diet rendah purin,  ahli juga menganjurkan untuk jangan terlalu membatasi makan. Yang terpenting dalam pengelolaan diet bagi penderita asam urat adalah : MENGONTROL BERAT BADAN dan Rekomendasi untuk melakukan DIET MEDITERANIA

🔹Apakah Diet Mediterania itu?

Pola makan mediterania berdasarkan konsumsi berbagai makanan tradisional Yunani dan Italia yang dikenal sejak tahun 1960-an. Pola makan mediterania mengutamakan bahan makanan yang bersumber tumbuhan yang kaya akan karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, serta antioksidan. Berbagai sumber kaya protein dan lemak seperti daging merah, ikan, daging putih (poultry) dan telur juga termasuk dalam pola konsumsi mediterania, hanya saja dikonsumsi dengan frekuensi yang lebih sedikit.

💥Rencana pola makan mediterania dapat diuraikan secara sederhana, sebagai berikut:

✔Konsumsi harian – dapat disajikan setiap hari dengan frekuensi yang bervariasi untuk dikonsumsi. Jenis makanan dapat disajikan setiap hari seperti berbagai sayur dan buah, minyak zaitun, biji-bijian, kacang, serta rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan. Konsumsi harian juga mencakup berbagai sumber karbohidrat seperti gandum utuh, umbi-umbian sereal, biji-bijian, nasi, dan pasta.

Konsumsi harian dengan jumlah sedang – merupakan jenis makanan yang dapat dikonsumsi harian maupun mingguan dalam jumlah dan frekuensi yang tidak terlalu banyak, misalnya satu kali dalam sehari atau beberapa hari sekali. Jenis makanan yang mencakup dalam kelompok frekuensi ini antara lain berbagai produk daging putih, telur, susu dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt.

✔Konsumsi mingguan – merupakan kelompok makanan yang hanya disajikan dan dikonsumsi sekitar dua hingga tiga kali dalam satu minggu, di antaranya berbagai jenis ikan (darat maupun laut) dan berbagai makanan seafood.

✔Konsumsi bulanan – kelompok konsumsi yang dibatasi atau dapat dikonsumsi satu hingga tiga kali dalam waktu satu bulan. Daging merah adalah salah satunya. Selain itu berbagai makanan manis yang mengandung gula maupun pemanis juga dikurangi hingga frekuensi hanya dalam satu atau dua kali dalam sebulan atau, lebih baik lagi, dihindari.

💥Berikut beberapa langkah yang dapat lakukan:

◼Biasakan konsumsi buah dan sayuran sebagai bagian dari komponen makanan harian, kemudian dilanjutkan dengan menambahkan dan mengganti porsi jenis makanan Anda dengan sayur dan buah secara perlahan.

◼Ganti camilan yang banyak mengandung tepung dan gula dengan buah-buahan atau berbagai jenis kacang.

◼Mulai biasakan menggunakan bumbu dapur atau rempah-rempah untuk mengurangi garam dan mengganti MSG.

◼Jika ingin lebih sehat, biasakan konsumsi gandum utuh karena memiliki jenis karbohidrat kompleks yang lebih baik bagi pencernaan.

◼Kurangi asupan lemak trans dan lemak jenuh dari minyak dengan mengganti penggunaan margarin atau minyak lainnya dengan minyak zaitun.

◼Jika terbiasa konsumsi daging merah, mulailah menggantinya dengan konsumsi ikan dan daging putih. Kurangi frekuensi konsumsi daging merah hingga frekuensi per bulan dan batasi konsumsi ikan dan daging putih dalam frekuensi per minggu.

◼Batasi konsumsi lemak dari olahan susu. Pilih susu skim atau keju rendah lemak.

◼Jika sering berkunjung ke tempat makan atau restoran, pilihlah jenis makanan berbahan dasar ikan dan pilih makanan yang tidak digoreng atau digoreng menggunakan minyak zaitun.

Ini saya berikan contoh untuk Diet Rendah Purin bagi penderita asam urat.

Diet Rendah Purin

Untuk diperhatikan bahwa diet rendah purin adalah membiasakan makan sesuai pola gizi seimbang,aktivitas fisik secara teratur dan capai status gizi normal untuk menghindari tingginya asam urat.

Diet Rendah Purin diberikan antara lain bagi pasien penyakit Gout dimana kadar asam urat dalam darah tinggi.

Purin adalah hasil metabolisme protein yang dapat membentuk kristal asam urat dan dapat menumpuk pada sendi tangan serta ginjal atau saluran kencing.

🔹Tujuan Diet

1. Menurunkan kadar asam urat dalam darah.
2. Melancarkan pengeluaran asam urat.

🔹Syarat Diet

~ Energi diberikan sesuai kebutuhan tubuh.
Bila berat badan berlebih kebutuhan energi mengikuti pedoman diet energi rendah.
~ Protein : 1-1,2 g/kg BB atau 10 % - 15 % dari kebutuhan energi total.
Hindari bahan makanan sumber protein yang mempunyai kandungan purin >150 mg/100g.
~ Lemak tidak lebih dari 30 %, 10 % nya dari protein hewani.
~ Karbohidrat : 65 % - 75 % dari kebutuhan energi total berupa karbo kompleks.
~ Vitamin dan mineral sesuai kebutuhan.
~ Cairan disesuaikan dengan urin yang dikeluarkan setiap hari.
Banyak minum untuk membantu pengeluaran kelebihan asam urat, 2 sampai 3 liter/hari untuk mencegah terjadinya pengendapan asam urat dalam ginjal (batu ginjal).
~Apabila berat badan berlebih, dianjurkan untuk menurunkan berat badan, karena akan membantu menurunkan kadar purin dalam darah.

🔹Pengaturan Makanan

Bahan makanan

1. Sumber Karbohidrat dianjurkan berupa : nasi, bubur, bihun, roti gandum, makaroni, pasta, jagung, kentang, ubi, talas, singkong, havermout.

2. Sumber Protein Hewani dianjurkan berupa : telur, susu skim atau susu rendah lemak.
Yang harus dibatasi adalah daging ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, kerang, udang dibatasi maksimum 50 gram/hari.

3. Sumber Protein Nabati Yang harus dibatasi adalah  tempe, tahu maksimum 50 gram/hari dan kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai) paling banyak 25 gram/hari.

4. Sayuran
Dianjurkan berupa : wortel, labu siam, kacang panjang, terong, pare, oyong, ketimun, labu air, selada air, tomat, selada, lobak.
Yang harus dibatasi adalah : bayam, buncis, daun atau biji melinjo, kapri, kacang polong, kembang kol, asaparagus, kangkung, dan jamur maksimum 100 gram/hari.

5. Buah – Buahan
 Semua buah-buahan sangat dianjurkan.

6. Minuman
Dianjurkan berupa semua macam minuman yang tidak beralkohol.
Minuman yang harus dibatasi adalah teh kental atau kopi.
Dan hindari minuman yang mengandung soda dan alkohol, soft drink, arak, ciu dan bir.

7. Lain – lain
 Semua macam bumbu dianjurkan secukupnya dan yang harus dibatasi adalah makanan yang berlemak dan penggunaan santan kental, makanan yang digoreng.

🔹Makanan yang wajib dihindari adalah yang mengandung tinggi purin.

Kadar purin antara 150 – 800 mg/100 gram bahan makanan seperti : hati, ginjal, jantung, limpa, otak, ham, sosis, babat, usus, paru, sarden, kaldu daging, bebek, burung, angsa, remis dan ragi.

🔹Cara mengatur diet :

1. Memasak dengan merebus, mengukus, memanggang, pepes.

2. Banyak makan buah-buahan yang mengandung air untuk memperlancar pengeluaran asam urat.

🔹Hal yang perlu diperhatikan :

1. Olahraga secara teratur untuk mencegah kaku sendi.
2. Bila disertai dengan darah tinggi dan atau penyakit jantung diberikan pula diet rendah garam.
3. Hati – hati dengan minuman atau suplemen berenergi (lebih baik konsuktasikan kedokter).

🔹Contoh Menu

Pagi : Nasi , Telur dadar isi wortel dan tomat , teh manis.

Jam 10.00 selingan semangka

Siang: Nasi, ikan bakar saos kecap, (1/2 potong) tempe bacem ،( 1 potong kecil ), sayur sop
Buah jeruk

Malam : Nasi, semur daging, pepes tahu, tumis sawi dan tomat.
Buah pisang ambon.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Bunda Irna
Neng cantik...
beda yaa kandungan purin antara gandum biasa dan gandum utuh?

🌷Jawab :
Gandum biasa itu seperti apa mba irna?

🍓Gandum yang udah diolah menjadi tepung!

🍓Contoh gandum utuh itu kayak apa yaa ?

🌷Gandum dengan lapisan kulit... 
Untuk realnya kita bandingkan saja bunda roti tawar yang kulitnya putih dengan roti tawar yang kulitnya coklat (whole bread).  Yang coklat itu dari gandum utuh.

Contoh gandumnya ya nama nya Oatmeal.
Ada perbedaan kandungan mba, tapi gandum tidak dibatasi mba untuk asam urat.. 
Boleh dan aman dikonsumsi setiap hari.

0⃣2⃣ Bunda Deswati
Mba rif..
Saya sudah berbagai cara diet untuk menurunkan berat badan kok susah seka;i ya... Malah saya jadi punya magh akut!

🌷Jawab :
Dietnya pakai diet apa bunda kalau boleh tahu?

🍓Saat ini saya tidak makan nasi mba.

🌷Nasinya diganti apa bunda?

🍓Saya suka makan tempe sama daging ayam.

🌷Bunda,  setiap hari harus ada sumber karbohidratnya. Mungkin ini yang menyebabkan maag kronisnya bunda. Karena kekurangan kalori dan energi.

🍓Ohh gitu ya..
Pagi saya sarapan tempe goreng.
Siang saya makan ayam goreng dan sayuran.
Malam kalau lapar saya makan nanas kalau tidak pepaya mba.

🌷Food combining ya bunda? 
Sebenarnya ini bukan diet sehat Bund, ini termasuk kategori diet ketat. Membatasi makanan dalam jumlah besar. Karena tubuh kita tetap butuh semua zat gizi,  termasuk karbohdrat.

🍓Terus saya harus bagaimana mba biar berat badannya kurang?

🌷Bisa bunda tetap berdiet tapi diet yang sehat.
Aplikasi sederhananya pakai piring model T bun. 

🍓Piring model T seperti bagaimana?

🌷Setengah piring khusus sayur buah,  seperempatnya lauk hewani,  seperempat sisanya lauk nabati. Dan kurangi goreng-gorengan.

Intinya porsi dan jenis bahan makanan yang rendah kalori.

🍓Terimakasih mba rifa. Saya akan usahakan mengurangi goreng-gorengan.
Oalaaaahhh...... Kirain beneran piringnya yg model T, ternyata isi piringnya yaa.

🌷Iya bun,  model piring T.  Isinya.
Setengah sayur dan buah,  seperempat lauk nabati hewani,  seperempat nasi atau sumber karbohidrat yang lain.

0⃣3⃣ Bunda Har
Jadi gout itu penyakit karena asam urat tinggi?

🌷Jawab:
Iya betul bunda.

🍓Penyebab lain juga karena puasa. Puasa yang seperti apa yang menyebabkan gout?

🌷Berpuasa atau diet ketat.
Bisa saja bagi yang sedang asam urat tinggi untuk berpuasa asalkan konsumsi cairannya diatur bunda.
Karena jika kurang cairan maka asam urat dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan.

🍓Batasan ketat itu yang seperti apa mba?

🌷Contohnya seperti bunda deswati tadi, diet tidak makan nasi sama sekali.  Itu salah satu diet ketat.

0⃣4⃣ Bunda iiN
1. Berarti pernyataan kalau asam urat tinggi tidak boleh konsumsi sayuran itu mitos yaa?

2. Kalau ngemil kacang  tanah sehat tidak?

🌷Jawab:
1. Bukan mitos bunda,  benar untuk sayuran berwarna hijau dibatasi bila sedang kambuh asam uratnya .
Untuk sayuran bukan berwarna hijau tidak masalah.

2. Kacang tanah yang digoreng ya? 
Kalau sedang kambuh ya dibatasi bunda. Tapi kalau sedang normal boleh kok dumakan, lebih baik yang rebus.


🍓Apa benar kalau sakit asam urat tidak boleh di urut?

🌷Benar bun, Karena sedang mengalami radang sendi. Malah berbahaya jika diurut.

🍓Kalau kopi pahit bisa naikkan asam urat tidak?

🌷Setahu saya teh, kopi aman bunda.

0⃣5⃣ Bunda Har
Mba Rifa, saya tidak suka nasi tapi suka roti. Menurut mba bagaimana?

🌷Jawab :
Setiap hari makan roti bunda?
Roti menggantikan nasi?

🍓Seringnya begitu.
Kalau toh nasi paling 2, 3, sendok

🌷Dari sisi gizi nasi tetap lebih baik daripada roti bunda.  Karena roti sudah bentuk olahan dari gandum, banyak zat gizi yang hilang,,  kalaupun suka lebih baik roti whole bread.
Kita lebih baik memilih makanan yang fresh maksudnya asli bunda daripada sudah diolah..


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎


Diet untuk Penderita Asam Urat adalah membatasi makanan yang tinggi purin seperti jeroan,  kerang,  udang,  usus dan sebagainya, kemudian banyak mengonsumsi serealia,  buah,  dan sayuran bukan berwarna hijau.
Penting juga mengontrol Berat Badan bagi yang kegemukan.

Jazakumullah khair,  semoga bermanfaat.


Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar