Sabtu, 23 Juni 2018

HIPERTENSI



OLeh  : dr. Risahmawati

          💎M a T e R i💎

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuhu

Nanti insyaallah akan banyak berdiskusi, materinya ringkas sekali dan mungkin sudah tahu jua semuanya.

💎Mari Mengenal Hipertensi

Apa itu hipertensi?

Hipertensi atau bisa disebut sebagai tekanan darah tinggi adalah keadaan peningkatan tekanan darah sistolik ( < 140 mmhg ) dan diastolik ( < 90 mmhg ).

Klasifikasi tekanan darah

Kategori darah normal adalah : sistolik < 120 mmhg / diastolik < 80 mmhg.

Kategori darah pre hipertensi
adalah : sistolik 120-139 /diastolik 80-89

Kategori darah hipertensi grade 1
adalah : sistolik 140-159/diastolik 90-99

Kategori hipertensi grade 2
adalah : sistolik >160/diastolik >100

Faktor resiko hipertensi
- Kegemukan
- Konsumsi garam berlebihan
- Merokok
- Faktor genetik atau keturunan
- Stress

Gejalanya
- Bisa tanpa gejala bisa sampai bertahun-tahun
- Timbul gejala bila sudah tahap lanjut

Gejala yang timbul :
- Sakit kepala yang teramat sangat
- Sakit pada leher belakang
- Sesak napas
- Dada sesak

Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi dengan beberapa penyakit berikut ini :
1. Stroke
2. Penyakit jantung
3. Kerusakan saraf mata yang dapat mengakibatkan kebutaan (Retinaphaty)
4. Kerusakan ginjal
5. Penyakit pembuluh darah lain

???? Sudahkah anda mengukur tekanan darah anda ???
Kenali dan cegah mulai dari sekarang

💎Pencegahan hipertensi

A. Konsumsi makanan sehat
B. Biasakan olahraga teratur, minimal 3 kali seminggu, selama 30 menit tiap kali olahraga
C. Kontrol berar badan
D. Berhentilah merokok
E. Hindari stress


Terima kasih


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Erna
Dokter tadi dikatakan faktor hipertensi antara lain merokok, pola hidup tidak sehat, stress, nah kalau tidak merokok, pola hidup insya Allah sehat, tidak merokok tapi masih hipertensi juga itu kira-kira kenapa ya dok? Curhat suami sering hipertensi.

🌷Jawab:
Boleh tahu usia suaminya berapa mba?
Faktor lain yang berkontribusi terhadap terjadinya hipertensi adalah keturunan.
Apakah sudah olahraga teratur?
Tidak suka begadang?

Kadang yang sering tidak disadari adalah kebiasaan begadang, banyak konsumsi garam tersembunyi dan stress.

💎46 th teh, nah garam tersembunyi maksutnya bagaimana. Aku memang suka di komplain kalau masak sering asin.

🌷Garam tersembunyi itu sebenarnya kelompok mineral yang sifatnya menarik cairan, paling sering dipakai sebagai pengawet makanan. Misalnya natrium benzoat; coba dicek dimakanan kita, seringkan baca ada natrium benzoat?
Itu kita tidak mengenal sebagai garam tapi dia punya sifat menarik cairan, yang otomatis menambah tekanan dalam pembuluh darah. Jangan lupa, garam dapur itu rumusnya natrium klorida, dan masih ada lagi natrium natrium lain dalam makanan kta terutama makanan dalam kemasan.

0⃣2⃣ Milla
Dokter, Apakah gejala hipertensi sama dengan darah rendah? Karena melihat gambaran dari dokter itu hampir sama terjadi pada mama yang notabene darah rendah. Lantas apa hipertensi juga mempengaruhi penyakit diabetes?
Terimakasih.

🌷Jawab:
Terimakasih mb Mila.
Hipertensi itu tekanan darah yang melebihi ambang atau nilai batas normal. Sesuai dengan referensi dikatakan hipertensi kalau sistole minimal 140 mmHg dan diastol minimal 90mmHg nilainya.

Sedangkan darah rendah itu tekanan darahnya kurang dari nilai normal. Seringkali tidak memberikan gejala apa-apa kecuali merasa pusing. perasaan pusing pada tekanan darah rendah karena suply darah ke jaringan kurang dari semestinya.

💎Jadi tidak ada hubungannya dengan diabetes juga ya dok ? Maksudnya mama suka drop juga.

🌷Mba Milla, diabetes dan hipertensi dapat saling mempengaruhi, terutama kalau sudah kronis. karena dua-duanya sama-sama bisa merusak pembuluh darah.  Kadang kalau sudah kronis diabetesnya bisa mempermudah terkena hipertensi demikian sebaliknya. Sehingga sekarang banyak dikembangkan obat diabetes yang juga punya fungsi melindungi pembuluh darah.

💎Subhanallah jazaakillah dokter jawabannya berarti memang harus hati-hati merawatnya.

🌷Ya dan sebisa mungkin minum obat apapun, termasuk jika ingin menggunakan herbal dikonsultasikan dengan dokter yang merawat.

Jangan lupa juga, hipertensi kemungkinan besar minum obat seumur hidup, jangan bosan ya. Obat hipertensi bukan sekedar menurunkan tensi saja tapi punya efek juga mencegah kejadian penyakit jantung, mencegah pembesaran jantung juga.

0⃣3⃣ Wida
Hipertensi apakah termasuk penyakit menurun?
Karena riwayat keluarga sebagian besar hipertensi!

🌷Jawab:
Terimakasih mba Wida, yang berperan dalam terjadinya penyakit hipertensi ada dua faktor. Faktor yang bisa dimodifikasi (gaya hidup, stress, olahraga, diet atau pola makan) dan yang tidak dapat dimodifikasi (genetik atau keturunan, jenis kelamin). Jadi keturunan memang berperan. Jika ada keturunan hipertensi, maka yang bisa kita kendalikan adalah faktor lainnya.

Tapi tidak serta merta kalau ada orang tua yang hipertensi makan kita akan hipertensi, hanya memang bila ada orang tua yang hipertensi maka kita lebih berisiko untuk menjadi hipertensi dibandingkan dengan mereka yang orang tua atau keluarganya tidak ada yang hipertensi.

0⃣4⃣ Eyang Jenni
Hipertensi apakah termasuk penyakit menurun? Karena riwayat keluarga sebagian besar hipertensi tadi nya saya tidak hipertensi, paling tinggi hanya 100/65 kalau lebih rendah lagi sering bahkan sewaktu ama setiap hari pingsan di sekolàh atau dirumah  di usia 60 yang lalu tiba-tiba tinggi sampai 175/125 sampai di DSA dan pasang stand dan sampai sekarang minum obat terus.

🌷Jawab:
Terimakasih Eyang Jenni.
Sebenarnya selain kehamilan, stress, dan kenaikan kadar gula mendadak, tidak ada yang menyebabkan hipertensi mendadak; intinya penyakit hipertensi adalah penyakit yang prosesnya perlahan lahan, bahkan seringkali tanpa gejala, meskipun sudah mencapai 170mmHg. jika kita baru saja mengetahui setelah tensi menjadi 160 maka kemungkinan sudah lama terjadinya, apalagi diastole sudah diatas seratus. Sebagai catatan diastole lebih lambat naiknya. Kalau pembuluh darah sudah kaku maka diastole baru akan lebih mudah naik tensinya. Demikian.

0⃣5⃣ SuMi
Maaf saya bertanya kenapa ya saya malah selalu pusing trus dan saya kalau di tensi selalu kurang darah terus kalau mau datang bulan saya merasa pusing seperti mau pingsan dan mual, apa penyebabnya ya terus bagaimana cara mengatasi masalah saya ini dokter?

Syukron

🌷Jawab:
Terimakasih bunda SuMi, Saya klarifikasi di tensi dikatakan kurang darah? Atau tekanan darah rendah? Biasanya kalau kurang darah itu istilah yang dipakai untuk mengatakan anemia (kekurangan kadar Hb (hemoglobin) dalam sel darah merah). Sedangkan hipotensi atau tekanan darah rendah kalau diukur tensinya kurang dari 100mmHg.
Nah,,, anemia memang akan bikin pusing, karena kurangnya Hb akibat kurang zat besi dalam darah bisa bikin asupan oksigen ke darah kurang sehingga terasa sebagai pusing.
Kalau kurang darah (anemia) cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar besinya (Fe) misalnya hati, daging merah, kacang-kacangan dan lain-lain. Atau bisa juga ditambah dengan suplementasi zat besi, minimal selama 3 bulan.

0⃣6⃣ Mei
Sebelumnya mohon maaf apabila pertanyaan saya mengarah ke materi lain.
Ibu saya punya diabet dan hypertensi. Karena memang keduanya tinggi. Maka sampai sekarang disarankan minum obat yang diresepkan.
Pertanyaan saya,
Apabila salah satu manfaat minum obat hipertensi yang seumur hdup adalah mencegah penyakit jantung dan pembesaran jantung.
Lalu untuk manfaat lain minum obat (seumur hidup) pada penderita diabetes apa ya?
Sebab ibu saya terkadang enggan minum obat. Barangkali ada penyemangat untuk ibu saya dari manfaat lain dari minum obat tersebut.

🌷Jawab :
Baik bu Mei.
Ada banyak manfaat tambahan obat antidiabetes. Rata-rata obat tersebut fokus di perbaikan fungsi vaskuler (pembuluh darah) karena memang pembuluh darah ini yang memegang peranan dalam kedua penyakit tersebut.
Ada juga yang punya efek memelihara fungsi ginjal, sering ada anggapan kalau obat hipertensi atau obat diabetes dapat merusak ginjal, padahal obat-obat yang baru justru melindungi ginjal dari kerusakan.

0⃣7⃣ Mei
Maaf dokter jika menyebut merk,
Untuk metformin, gliben itu termasuk yang memelihra ginjal atau yang merusak ya?

🌷Jawab :
Kedua obat ini tdak merusak ginjal yang masih normal. Tapi untuk mereka yang ginjalnya sudah ada kerusakan sebaiknya tidak menggunakan obat ini. Bukan merusak ginjalnya tapi mengganggu fungsi metabolisme yang lain dari ginjal.

💎Untuk mengetahui adanya kerusakan ginjal dari apa ya dokter.?
Atau karena pernah operasi atau yang lain?

🌷Test yang paling sederhana pemeriksaan kadar ureum dan kreatinin, kemudian cek urine, masih berkemih 6-8 kali sehari apa tidak?

💎Masyaallah jazakillah dokter.
Ilmunya sangat bermanfaat sekali bagi kami semua khususnya saya. Semoga ini menjadi amal jariyah dokter. Semoga keluarga dokter dan kita semua senantiasa diberi kesehatan oleh Allah swt. Amiin


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Hipertensi merupakan salah satu keluhan terbanyak di layanan kesehatan primer. Meski kebanyakan usai pasien diatas 40 sebaiknya sebelum usia 40 sudah mulai dikendalaikan faktor risiko hipertensi dengan cara: Usahakan berat badan dalam kisaran normal, makan makanan seimbang, kelola stress dengan baik, dan sama sekali tidak merokok (aktif ataupun pasif).

Bila sudah terkena maka bersabarlah hidup bersama hipertensi, karena sasaran pengobatannya adalah hidup tetap berkualitas meski harus terus minum obat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar