Kamis, 29 Juni 2017

Tanda Bahaya Pada Kehamilan



OLeh : Khoirunnisa Yurliyana, S.Si, T., M.Kes

Alhamdulillahirobbil aalamiin...
Luar biasa nikmat karunia yang senantiasa Allah curahkan untuk kita semua sehingga bisa bersama kembali disini, digrup kajian yang selalu membadai sampai diusianya yang sudah 1 tahun, yaitu *"Bidadari Surga"*, yang selalu dihati dan selalu dinanti.
Ungkapan Terimakasih tidak terhingga kepada yang tersayang Adikku Henny Dwi Wulansari, Adinda Aan Ardita, dan Widaeka Agustina ( *TrioBS* yang super ) dan tim sukses (MoNot Bidadari Surga) yang cantik dan super kerend, masih memberikan kesempatan untuk kita bersua, saling mengisi dan berbagi disini di istana *Bidadari Surga* yang always full barokah semangatnya dalam bertholabul ilmi.
Semoga tidak bosan dengan Nisa, karena baru juga jum'at lalu ketemu, sekarang sudah ketemu lagi.
Sharing hari ini adalah tentang *"Tanda Bahaya Pada Kehamilan"*.
🔏 Ada ibu hamil kah disini....???
🔑 Ada bu bidan....
Sahabatku sekalian...
Apakah yang dimaksud dengan tanda bahaya kehamilan...? Setiap ibu hamil wajib tau, apa itu tanda bahaya pada kehamilan.
Tanda Bahaya Kehamilan = suatu kehamilan yang memiliki tanda bahaya atau resiko masalah yang serius (baik bagi ibu maupun janinnya).
🔏 Adakah jawaban lain...?
🔑
• Flek dan pendarahan. Ana sempat mengalaminya, hingga janin tidak bisa dipertahankan lagi😢
• Kalau suka kontraksi di usia awal kehamilan bisa dsebut bahaya tidak bu bidan?
• Baby blus
• Kondisi Si Ibu yang ringkih
• Keputihan bahaya tidak ya bunda.
• Demam tinggi, kejang
• Hipertensi
Ibu hamil wajib memiliki buku KIA sebagai buku panduan, selain untuk kontrol hasil pemeriksaan kehamilannya. Di buku KIA terdapat lengkap sekali informasi seputar perawatan kehamilan, persiapan persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi hingga pemantauan tumbuh kembangnya sampai usia 5 tahun.
🌴🌺🌴
*Tanda Bahaya Kehamilan, yaitu:*
1. Sakit kepala hebat
2. Mata kunang-kunang, penglihatan kabur
3. Bengkak di wajah, tangan, kaki, bahkan disertai kejang
4. Demam tinggi
5. Muntah terus dan tidak mau makan
6. Nyeri ulu hati/epigastrium
7. Janin kurang bergerak dibanding biasanya
8. Pengeluaran darah pervaginam
9. Air ketuban pecah sebelum waktunya
🌴🌺🌴
Kita bahas satu persatu ya sahabatku....
1⃣ *Sakit Kepala Hebat*
Penyebab sakit kepala saat hamil:
A. Morning sickness : yaitu keluhan yang muncul saat pagi saja yang disebabkan penyesuaian tubuh terhadap perubahan fisiologi kehamilan.
B. Pembuluh darah yang melebar, pemicunya adalah perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil. Dampak baiknya adalah aliran darah ke janin menjadi lebih lancar. Sedangkan dampak untuk ibu detak jantung dan sistem didalam jantung semakin meningkat. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil menjadi sering pusing.
C. Aliran darah meningkat. Sistem kardiovaskuler yang meningkat menyebabkan aliran darah ke janin menjadi meningkat. Dampaknya ibu akan mengalami tekanan darah rendah (hipotensi) yang mengakibatkan aliran darah ke otak tidak mencukupi, menyebabkan ibu hamil menjadi sering pusing dan bahkan sampai pingsan.
D. Penekanan pembuluh darah. Semakin tua umur hamil maka rahimpun semakin membesar. Hal ini mengakibatkan terjadinya penekanan pada pembuluh darah vena kava, sehingga aliran darah ke otak berkurang dan ibu hamil menjadi sering pusing dan bahkan sampai pingsan.
E. Sistem metabolisme ibu hamil yang berubah, berakibat pada penurunan gula darah yang ada dalam tubuh ibu hamil. Penurunan gula darah yang tiba-tiba berimbas ibu menjadi pusing, lemas dan tak bertenaga
F. Rasa lapar
G. Lelah
H. Anemia
I. Gangguan emosional
J. Hipertensi
K. Dehidrasi
L. Kepanasan
M. Penyakit kronis
N. Kehamilan ektopik
2⃣ *Mata Kunang-kunang, Penglihatan Kabur*
Hal ini disebabkan perubahan hormonal dalam kehamilan, anemia, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah.
3⃣ *Bengkak di Wajah, Tangan, Laki, bahkan disertai Kejang*
Tanda pre eklamsia-eklamsia. Atau yang biasa disebut dengan keracunan kehamilan. Ini sudah pernah dibahas di sesi sebelumnya yaitu 'Hypertensi dalam kehamilan'.
4⃣ *Demam Tinggi* Demam adalah keadaan suhu diatas normal yaitu 36,5 -37,5 °C, hal ini bisa karena peradangan atau serangan virus. Jika demam lebih dari 3 hari kemungkinan DBD, thypoid, dan lain-lain. Maka segeralah diperiksakan, karena demam tinggi menunjukkan adanya infeksi dalam kehamilan.
5⃣ *Muntah Terus dan Tidak Mau Makan* Mengakibatkan kekurangan nutrisi untuk ibu dan perkembangan janin.
6⃣ *Nyeri Epigastrium (ulu hati)*
Tanda laten preekkamsia.
7⃣ *Janin Kurang Bergerak di Bandingkan Biasanya*
Sebaiknya segera diperiksakan. Karena pergerakan janin adalah salah satu tanda janin aktif dan sehat.
8⃣ *Pengeluaran darah pervaginam*
Selama hamil, ibu hamil tidak boleh keluar darah walaupun sedikit. Jika ini terjadi pada kehamilan muda, maka beresiko keguguran. Jika perdarahan terjadi di usia kehamilan lanjut maka dicurigai suspek plasenta previa.
9⃣ *Air Ketuban Pecah Sebelum Waktunya*
🔏 Adakah yang tau apa beda ketuban yang pecah dengan air kencing yang mengalir?
🔑 Tidak bau pipis
🔑 Tidak amis, malah agak wangi
🔑 Bau bayi
🌴🌺🌴
Yang sudah dipaparkan diatas adalah tanda bahaya kehamilan sahabatku sekalian. Ada juga yang disebut dengan tanda yang menyebabkan risiko kehamilan.
🔏 Adakah yang tau apa beda tanda bahaya dan risiko kehamilan...?
🔑 Tanda bahaya kehamilan (suatu ciri-ciri yang bisa dikenali) bisa menyebabkan resiko kehamilan (penyakit misalnya).
- Tanda bahaya yaitu tanda yg mengancam pada kehamilan, seperti:
1. Sakit kepala hebat
2. Mata kunang-kunang, penglihatan kabur
3. Bengkak di wajah,tangan, kaki, bahkan disertai kejang
4. Demam tinggi
5. Muntah terus dan tak mau makan
6. Nyeri uluhati/epigastrium
7. Janin kurang bergerak dibanding biasanya
8. Pengeluaran darah pervaginam
9. Air ketuban pecah sebelum waktunya.
- Sedangkan resiko kehamilan yaitu hal-hal yang dianggap wajar selama kehamilan.
🔑 Resiko kehamilan: USIA ibu Hamil Diatas 40 tahun.
- Tanda bahaya kehamilan: indikasi/gejala" selama kehamilan yang menyebabkan suatu kehamilan berbahaya bahkan beresiko keguguran.
- Resiko kehamilan: indikasi atau keadaan sebelum atau saat kehamilan yang bisa dicegah supaya tidak berlanjut kekondisi yang tidak diharapkan.
🌴🌺🌴
Tanda-tanda Resiko Kehamilan = 4T (terlalu)
1. Terlalu muda, usia hamil pertama kurang dari 16 tahun.
2. Terlalu tua, diatas usia 35 tahun.
3. Terlalu banyak anak (lebih dari 4).
4. Terlalu dekat jarak kehamilan, kurang dari 2 tahun.
Selain tanda 4T diatas, tanda-tanda yang menyebabkan risiko pada kehamilan = pernah keguguran, riwayat persalinan SC, riwayat melahirkan dengan vacum, ibu dengan penyakit penyerta seperti anemia, TBC, malaria, kencing manis, DBD, typoid, dan penyakit menular sexual, riwayat gemeli (hamil kembar), riwayat bayi lahir mati atau mati dalam kandungan, riwayat bayi lahir sungsang atau lintang.
Masalah lain pada masa kehamilan yang perlu diwaspadai yaitu demam menggigil, terasa sakit saat kencing, keluar keputihan berbau, gatal di daerah kemaluan, batuk lama lebih dari 2 minggu, jantung berdebar-debar atau nyeri dada, diare berulang, sulit tidur dan cemas berlebihan.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Ratih
Bagaimana solusinya, kalau nanti ada jodohnya lagi dan ingin hamil. Harus bagaimana kah?
Rada takut juga nih, usia saya sekarang 38 tahun. Sedangkan punya history penyakit diabetes and hypertension, juga riwayat keguguran dua kali.
🌺Jawab:
Bunda ratih sudah punya anak yang sehat?
Jika sudah punya, sebaiknya difikirkan kembali resiko untuk hamil kembali. Namun jika belum pernah melahirkan anak sehat. Doa nisa semoga Allah menyegerakan jodohnya bunda.
Aamiin.
Dan saat program kehamilan pastikan bunda dalam pengawasan dokter ketat, baik kesehatan bunda maupun kesehatan suami. Semoga Allah memudahkan semua urusan dan mengabulkan permohonan terbaik untuk bunda ratih dan keluarga.
Aamiin yaa robbal aalamiin.
0⃣2⃣ Yuli
Bu bidan, bagaimana jika wanita hamil mengalami tanda bahaya diatas. Seperti; DBD, apakah janinnya akan dilahirkan prematur atau abortus jika hamil di bawah 7 bulan?
🌺Jawab:
Betul bunda yuli.
DBD sangat berbahaya bagi siapapun. Demam berdarah merupakan penyakit akut yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti disiang hari.
Kemungkinan komplikasi yang timbul adalah bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat lahir rendah, resiko melahirkan dengan SC meningkat. Jika ibu menderita DBD pada saat melahirkan, maka sang anak yang dilahirkan berisiko untuk menderita dengue dalam 2 minggu pertama usianya.
0⃣3⃣ Atieq
Bu bidan,
1. Pentingkah mengkonsumsi susu hamil selama masa kehamilan? Jika tidak mengkonsumsinya apa ada efek terhadap janin?
2. Bolehkan bumil trisemester pertama untuk berpuasa?
Banyak yang bilang trisemester awal itu baiknya jangan puasa karena masih pembelahan sel.
🌺Jawab:
1. Bunda atieq yang baik, susu adalah pelengkap gizi. Jika bunda tidak suka minum susu, maka penuhilah kecukupan gizinya dengan gizi seimbang. 2. Ibu hamil boleh berpuasa, yang penting kuat dan sehat.
0⃣4⃣ Adhani
1. Apakah penggunaan kosmetik saat hamil mempengaruhi kesehatan janin...?
2. Apakah boleh mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan kemasan dengan banyak pengawet dan penyedap rasa waktu hamil...?
🌺Jawab:
1. Mba adhani, saat hamil tidak ada salahnya bagi para ibu untuk tetap tampil cantik. Namun ada jenis kosmetik yang perlu dihindari saat hamil yaitu, perawatan rambut kimiawi, seperti rebonding, pengeritingan, pengecatan rambut, penggunaan cream hair removers. Karena bahan kimia yang terdapat didalamnya akan masuk ke pori-pori kepala dan aliran darah. Hal ini sangat membahayakan janin dan meningkatkan resiko janin lahir cacat. Penggunaan obat jerawat yang mengandung retinol A, benzoil peroksida, accutane, hidrocortison, salicylic acid. Penggunaan perawatan kulit tabir surya dengan perlindungan kimia avobenzone dan oksibenzone, lotion yang mengandung asam salisilat, produk pemutih kulit yang mengandung hydroquinone, menikur pedikur, bahan cat kuku dari basecoat, top coat, dan aseton.
Penelitian telah membuktikan banyak terjadi gangguan kesehatan seperti bayi cacat atau meninggal pada para pekerja salon yang sedang hamil.
2. Sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet dan kurangi penyedap rasa.
0⃣5⃣ Key
Multivitamin buat ibu menyusui biar tidak mudah capek apa ya...?
🌺Jawab:
Semua merek multivitamin bagus bunda key👍🏼
Namun untuk ibu menyusui silahkan dipilih yang tinggi zat besi dan kalsium, selain komposisi zat gizi lainnya. Karena ibu yang menyusui, juga bayi yang menyusui cenderung beresiko mengalami anemia dikarenakan asupan gizi yang kurang saat menyusui. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor kelelahan sehingga pola makan dan istirahat menjadi tidak teratur.
0⃣6⃣ Prima
1. Izin bertanya jika ibu hamil perawatan kecantikan agar selalu rapi akankah berpengaruh terhadap janinnya...?
2. Jika seorang ibu hamil di vonis hepatitis kemudian di vonis tidak bisa menyusui bayinya karena khawatir tertular, namun pihak rumah sakit menawarkan obatnya apakah akan berpengaruh terhadap janinnya...?
🌺Jawab:
Bunda prima yang baik...
1. Pertanyaan pertama sama dengan pertanyaan no.4
2. Tidak apa-apa bunda, memang seperti itulah tata laksana bayi yang dilahirkan dari ibu penderita hepatitis.
0⃣7⃣ Mia
Bu bidan, usia kehamilan 6 bulan....
Akhir-akhir ini saya insomnia kalau malam, terus suka pipis seperti sudah hamil tua. Keputihan juga lumayan sering tapi tidak bau. Itu tidak apa-apa kah bunda nisa...?
🌺Jawab:
Bunda mia yang berbahagia.
Keluhan sulit tidur malam adalah keluhan tersering ibu hamil, solusinya saat tidak bisa tidur lakukan aktivitas yang membuat bunda cepat tertidur seperti tilawah Qur'an dan lain-lain. Keluhan sering pipis disebabkan bagian terbawah janin menekan kandung kencing. Tidak apa-apa bunda, jangan ditahan pipisnya ya... Keputihan yang sering tapi tidak bau disebabkan karena perubahan hormonal tubuh, disamping faktor hygien daerah kemaluan.
0⃣8⃣ Desty
Bu bidan , saat melahirkan tapi bayi tidak menangis apa mempengaruhi perkembangannya nanti...?
🌺Jawab:
Bunda desty...
Bayi yang baru lahir wajib menangis. Jika tidak maka suplay oksigen tidak mencukupi kebutuhan tubuh bayi. Contohnya dibagian kepala, otak bayi jika tidak tersuplay oksigen maka semakin banyak sel otak yang rusak dan pastinya hal ini mengganggu kecerdasannya dan perkembangan selanjutnya.
0⃣9⃣ Prima
Bu bidan jika seorang ibu yang masih menyusui bayi berusia 11 bulan, kemudian hamil kembali. Apakah kehamilannya akan berpengaruh terhadap kualitas ASI nya, serta ketika ibu tersebut menyusui apakah akan mempengaruhi janinnya...?
🌺Jawab:
Bunda prima yang dirahmati Allah...
Menyusui saat hamil kurang baik bagi kesehatan, karena akan berpengaruh pada kualitas asi dan janin yang dikandung. Hal ini karena aktivitas menyusui saat sedang hamil dapat memicu produksi hormon oksitosin meningkat dan mengalami kontraksi yang menyebabkan rahim dan payudara terasa nyeri. Kualitas produksi asi dapat berkurang dan menurun manfaatnya. Karena pada saat hamil hormon estrogen mengalami peningkatan yang mengakibatkan tubuh kesulitan untuk mengubah sari makanan guna memperbanyak jumlah ASI. Ibu hamil yang menyusui ASI, berpotensi terserang ketidakstabilan emosional dan stress yang menyebabkan ibu kesulitan mendapatkan kualitas tidur yang baik.
Menyusui ketika hamil mempunyai resiko terjadinya keguguran diusia kehamilan dibawah 4 bulan.
1⃣0⃣ Desty
Bu bidan maaf melenceng dari tema , umur berapa ya, anak sudah mulai bisa berjalan...?
Terus makanan atau vitamin apa agar anak bisa cepat jalan...?
🌺Jawab:
Ini ada di buku KIA bunda, yaitu di lembar pemenuhan kebutuhan gizi dan perkembangan anak, yaitu di usia 6-12 bulan diantaranya, ajari berdiri dan berjalan dengan berpegangan, sehingga di usia 9 bulan bayi bisa merambat dan di usia 12 bulan bayi bisa berdiri sendiri dan berjalan berpegangan.
Sering melatih anak dengan sabar dan telaten In syaa Allah anak cepat pintar. Aamiin.
Yang pasti zat gizinya memenuhi gizi seimbang.
1⃣1⃣ Oktriani
Waktu hamil muda saya tidak merasakan gejala apapun, namun sebaliknya suami yang sering muntah-muntah dan ngidam. Itu karena faktor apa ya bu bidan...?
🌺Jawab:
Bunda oktriani yang berbahagia...
Beruntunlah bunda, jadi tidak perlu merasakan nikmatnya morning sicknes. Kenapa kok suami yang mengalami morning sicknes...?
Hal ini dipengaruhi oleh faktor psikis seorang ayah.
1⃣2⃣ Refia
Bunda, saya mau tanya.
Hhmmm jadi kemarin itu di grup sebelah ada yang meninggal karena waktu hamil diluar rahim apa bagaimana begitu kata temannya. Nah yang membuat bingung bagaimana bisa hamil tapi diluar rahim begitu...?
Terus itu kalau sudah diluar bisa kembali masuk ke dalam rahim tidak bunda...?
🌺Jawab:
Bunda refia yang berbahagia.
Yang dimaksud dengan hamil diluar rahim atau diluar kandungan adalah 'Kehamilan Ektopik', yaitu kehamilan yang terjadi karena pembuahan sel telur di luar rahim, biasanya terjadi di berbagai segmen tuba falopii (saluran telur). Kehamilan terjadi karena sel telur dibuahi oleh sperma. Dalam proses normal, sel telur yang telah dibuahi ini akan menetap di tuba falopii selama kurang lebih 3 hari sebelum dilepaskan kedalam rahim, didalam rahim sel telur ini akan berkembang sampai masa persalinan tiba, namun ada kemungkinan sel telur yang telah dibuahi ini menempel di organ lain dan inilah yang dimaksud dengan Kehamilan Ektopik.
Jika ibu hamil ektopik maka kehamilannya tidak bisa semakin berkembang dengan baik dan akhirnya organ yang ditempeli sel telur yang dibuahi tersebut menjadi pecah, inilah yang disebut dengan 'Kehamilan Ektopik Terganggu'.
Wanita yang mengalami kehamilan ektopik harus segera dibawa ke RS untuk ditangani secepatnya untuk dikeluarkan.
1⃣3⃣ iMah
Tadi dapat kabar, teman sekolah meninggal. Katanya beliau lagi hamil 4 bulan tapi tidak bisa buang air kecil yang akhirnya di keteter tapi jalanNya sudah tidak bisa tertolong lagi.
Kira-kira hal apa yang bisa menyebabkan hal ini, sebelum kejadian pernah konsultasi ke dokter kandungan katanya tidak ada masalah, hanya sering mengeluh punggungnya sakit.
🌺Jawab:
Bunda imah yang baik.
Kemungkinan temannya bunda mengalami infeksi saluran kemih.
• Infeksi saluran kemih = kondisi yang bisa terjadi akibat bakteri yang berasal dari luar tubuh kemudian masuk melalui saluran kemih lalu mencapai bagian uretra, dan Infeksi berkembang pesat disini kondisi ini disebut Cytitis.
• Infeksi ginjal = kondisi ketika bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih sudah berkembang hingga mencapai ginjal. Jika infeksinya berjalan ke aliran darah maka bisa menyebabkan kematian ibu dan janin.
• Bakteri asimtomatik = sebuah kondisi ketika ada bakteri penyebab infeksi pada saluran kemih namun sering tidak menyebabkan gejala. Jika infeksinya tidak ditangani dengan baik, infeksinya bisa menyebar ke ginjal dan beresiko menyebabkan kematian ibu dan janin.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎
Tanda Bahaya Kehamilan = Suatu kehamilan yang memiliki tanda bahaya atau resiko masalah yang serius (baik bagi ibu maupun janinnya).
Yaitu:
1. Sakit kepala hebat
2. Mata kunang-kunang, penglihatan kabur
3. Bengkak di wajah, tangan, kaki, bahkan disertai kejang
4. Demam tinggi
5. Muntah terus dan tidak mau makan
6. Nyeri ulu hati/epigastrium
7. Janin kurang bergerak dibanding biasanya
8. Pengeluaran darah pervaginam
9. Air ketuban pecah sebelum waktunya
Tanda tanda kehamilan risiko 4T(terlalu) : Terlalu muda, Terlalu tua, Terlalu banyak anak, Terlalu dekat jarak kehamilan.
Tanda tanda yang menyebabkan resiko pada kehamilan = pernah keguguran, riwayat persalinan SC, riwayat melahirkan dengan vacum, ibu dengan penyakit penyerta seperti anemia, TBC, malaria, kencing manis, DBD, typoid, dan penyakit menular sexual, riwayat gemeli (hamil kembar), riwayat bayi lahir mati atau mati dalam kandungan, riwayat bayi lahir sungsang atau lintang.
Masalah lain pada masa kehamilan yang perlu diwaspadai = demam menggigil, terasa sakit saat kencing, keluar keputihan berbau, gatal di daerah kemaluan, batuk lama lebih dari 2 minggu, jantung berdebar-debar atau nyeri di dada, diare berulang, sulit tidur dan cemas berlebihan.
Semua tanda bahaya kehamilan dan resiko kehamilan serta gejala yang perlu diwaspadai pada saat kehamilan tersebut harus di periksakan serta dikonsultasikan kepada tenaga kesehatan berwenang agar mendapat penanganan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar