Selasa, 20 Juni 2017

Hidup Berkah Tanpa Riba



OLeh : Ustadz Aziz Abu Hafshah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Benarlah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :
لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِى الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ ، أَمِنْ حَلاَلٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ
“Akan datang suatu zaman di mana manusia tidak lagi peduli dari mana mereka mendapatkan harta, apakah dari usaha yang halal atau yang haram.”
(HR. Bukhari no. 2083, dari Abu Hurairah)
Inilah Dosa Riba'
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
دِرْهَمُ رِبًا يَأْكُلُهُ الرَّجُلُ وَهُوَ يَعْلَمُ أَشَدُّ مِنْ سِتَّةِ وَثَلاَثِيْنَ زَنْيَةً
“Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali”
(HR. Ahmad 5: 225. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 1033)
Dalam hadits yang lain disebutkan,
الرِبَا ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ بَابًا أيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرُّجُلُ أُمَّهُ وَإِنْ أَرْبَى الرِّبَا عِرْضُ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ
“Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri. Sedangkan riba yang paling besar adalah apabila seseorang melanggar kehormatan saudaranya.”
(HR. Al Hakim dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih dilihat dari jalur lainnya)
Ancaman Pelaku Riba'
Allah Ta’ala berfirman,
يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ
“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.”
(QS. Al Baqarah : 276)
Ini adalah hukuman di dunia bagi pelaku riba, yaitu Allah akan memusnahkan atau menghancurkan hartanya.
🔥 “Menghancurkan” ini ada dua jenis:
1⃣ Menghancurkan yang bersifat konkret.
Misalnya pelakunya ditimpa bencana atau musibah, seperti jatuh sakit dan membutuhkan pengobatan (yang tidak sedikit). Atau ada keluarganya yang jatuh sakit serupa dan membutuhkan biaya pengobatan yang banyak. Atau hartanya terbakar, atau dicuri orang. Akhirnya, harta yang dia dapatkan habis dengan sangat cepatnya.
2⃣ Menghancurkan yang bersifat abstrak, yaitu menghilangkan (menghancurkan) berkahnya.
Dia memiliki harta yang sangat berlimpah, akan tetapi dia seperti orang fakir miskin yang tidak bisa memanfaatkan hartanya. Dia simpan untuk ahli warisnya, namun dia sendiri tidak bisa memanfaatkan hartanya.
(Lihat penjelasan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin di Syarh Riyadhus Shalihin, 1/580 dan 1/1907
🌸🌸🌸
Tinggalkan Riba', Qona'ah lah
Cobalah kita belajar untuk memiliki sifat qona’ah, selalu merasa cukup dengan rizki yang Allah anugerahkan, maka tentu kita tidak selalu melihat indahnya rumput di rumah tetangga karena taman di rumah kita pun masih terasa sejuk.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ ، وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ
“Kaya bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun kaya (ghina’) adalah hati yang selalu merasa cukup.”
(HR. Bukhari no. 6446 dan Muslim no. 1051).
Kata para ulama :
“Kaya hati adalah merasa cukup pada segala yang engkau butuh. Jika lebih dari itu dan terus engkau cari, maka itu berarti bukanlah ghina (kaya hati), namun malah fakir (hati yang miskin)”
(Lihat Fathul Bari, 11: 272).
Bersyukurlah Atas Pemberian Alloh Saat Ini
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ
“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.”
(HR. Muslim no. 2963).
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Oliph
Assalamualaikum U ziz,
Kalau sudah terlanjur ambil rumah pakai sistem lesing ke bank termasuk riba kan.. terus saya harus bagaimana.??
Haruskah rumahnya dijual.?
💎Jawab:
Ya tetep harus dilunasi dan bertaubat. Kalau memungkinkan jual aset untuk melunasi maka lakukan, supaya urusan dengan riba segera selesai.
0⃣2⃣ Eka
Assalamualaikum ustadz
Jika sekarang sudah terlanjur punya KPR rumah. Dan pinjaman di bank bagaimana ?
Karena saya baru tau kalau ternyata itu termasuk riba.. untuk segera melunasinya pun belum bisa karena gaji bulanan belum memadai. Menurut ustadz langkah apa yang harus saya ambil??
💎Jawab:
Ya tetep harus dilunasi dan bertaubat. Kalau memungkinkan jual aset untuk melunasi maka lakukan, supaya urusan dengan riba segera selesai.
0⃣3⃣ Erna
Assalamualaikum warahmatullah ustadz
Saya izin tanya titipan dari temen hehe, masalah riba kan di katakan pula bagi yang menulispun ikut mendapat laknat.. Apa itu juga berlaku pada mereka yang bekerja di bank ustadz?
Mohon penjelasannya, syukron ustadz 😄
💎Jawab:
Bekerja di bank riba' Kami lebih condong bahwa itu merupakan pekerjaan haram dari beberapa dalil yang kami kaji.
Karena otomatis dia memakan harta riba, dia memakan hasil dari usaha mendzolimi orang lain, dan atau minimal dia telah membantu dalam terlaksananya kemunkaran.
0⃣4⃣ Mila
Assalamu'alaikum uziz,,,
Mila izin bertanya,
1. Apakah riba hanya bentuk uang saja?
2. Saat menggunakan ojek, misal ongkosnya 7500, karena tidak ada kembalian, maka dibayarkan 10 ribu, apakah 2500 nya riba?
Syukron uziz.
💎Jawab:
Kalau memang ikhlas tidak apa", terhitung sedekah atau hadiah. Karena tidak disepakati diawal.
0⃣5⃣ Rafika
1. Ustadz saya sekarang ini mengikuti asuransi pendidikan tapi yang syariah melalui bank konvensional. Tiap bulan autodebet dari rekening sejumlah 557.000 termasuk biaya administrasi dan lain-lain. Sudah 11 bulan saya tidak menyediakan saldo yang cukup untuk di autodebet soalnya saya sampai sekarang masih ragu-ragu apakah asuransi syariah ini masuk riba atau bukan. Jika ya dibiarkan tidak dibayar selama 2 tahun maka asuransi ini akan hangus. Sedangkan sudah 2 tahun saya ikut...asuransinya tidak boleh diambil sampai 7 tahun. Jika saya hentikan saya rugi 12 juta lebih...jika saya teruskan takut riba... Bagaimana sikap yang harus saya ambil ustadz?
2. Kedua, jika kita menabung di bank konvensional kan ada bunga dan biaya administrasi...kadang-kadang bunga dan biaya administrasinya lebih banyak biaya adminnya...itu juga termasuk riba ustadz? Syukron
💎Jawab:
1. Harus lihat SOP nya seperti apa dahulu, terlalu dini saya mengatakan ini HARAM sebelum melihat prosedurnya.
2. Jika tidak ada lebih, sama saja anda berturut serta melakukan tolong menolong dalam proses Riba.
0⃣6⃣ Rana
Assalamualaikum ustadz,
Ada salah satu teman saya bekerja di perusahaan leasing namun di bagian Departement Pengurusan hukumnya apakah terkena dosa pula??
Dan jika iya, bagaimana Cara memberikan arahan yang baik supaya teman saya menjauhi riba tersebut!!
💎Jawab:
Kala leasing riba maka hasil atau gajinya pun jg riba. Jadi solusinya keluar kerja dan yakin dengan pertolongan Alloh. Alloh yang maha pemberi riski.
0⃣7⃣ Adinda
Bagaimana cara kita untuk lepas dari riba u ziz
Bagi dong tipz nya?
💎Jawab:
Hidup qona'ah, tidak melampaui dari batas kemampuan, sehingga tidak bermudah"an dalam berhutang.
0⃣8⃣ Ummi Andy
Assalamualaikum wr.wb.
Afwan Ustadz..
Umi ada ikut bisnis yang seperti jadi agen pulsa,tapi kita dapat potongan disc 50% seperti misal pemakaian pulsa kita sebulanya 50.000 nah 50.000 x 12 bulan harus nya kita deposit 600.000..namun karena ada program potongan 50% jadi kita hanya deposit 300.000 dan kita tiap bulan selama 12 bulan akan di transfer pulsa 50.000.naah itu bagaimana ustadz riba kah?
💎Jawab:
Tergantung akad nya,
Kalau akad nya sama sama ok tidak riba.
0⃣9⃣ Chie
Ustadz, misal kita terjebak hutang karena ditipu bisnisnya. Lalu kita mau pinjam orang lain tapi tidak ada yang kasih pinjam. Akhirnya kita hutang ke bank konvensional sebagai jalan terakhir.
Apa kita berdosa dalam hal ini ustadz?
💎Jawab:
Usahakan pakai cara tanpa riba dulu, misalnya menjual aset.
1⃣0⃣ Rianti
Assalamualaikum...izin bertanya.
Bagaimana hukumnya melamar dan biaya nikah dari hasil pinjaman bank.
Setau saya kalau usaha dari hasil riba akan bangkrut. Beberapa temen saya juga sudah banyak yang seperti itu, jadi ketika saya tau tentang riba langsung hilangkan niat untuk meminjam uang di bank.
💎Jawab:
Pinjamnya = Riba
Nikahnya = Sah
1⃣1⃣ June
Ijin bertanya ustadz.....
Bagaimana kalau Gaji bulanan dibayarkan online melalui bank yang tidak syariah...jadi mewajibkan kita sebagai pegawai harus membuka tabungan di bank tersebut. ???....
💎Jawab:
Berarti kondisi seperti ini darurat, cukup ambil atau manfaatkan sebesar nominal gaji saja, untuk bunganya tetep diambil tapi disedekahkan, jangan digunakan.
1⃣2⃣ Melani
Saya mau tanya,
Temen saya minjem uang sama saya yang jumlahnya lumayan besar, jadi saya minta jaminan ke dia lah dia ngasih motornya kesaya dan dia janji kalau dalam waktu 3 bulan tidak bisa balikin uang saya motornya jadi punya saya..
Yang mau saya tanyakan itu riba tidak ?
Soalnya kan harga motor sama uang yang temen saya pinjem mahalan motornya..
Saya mohon jawabannya biar tidak jadi beban.
Terimakasih..
💎Jawab:
Itu motor dijual terus anti cuma mengambil yang jadi hak nya anti (nominal hutang), sisanya dikembalikan kepada teman anti itu.
1⃣3⃣ Nuring
Kalau ikut arisan termasuk riba tidak ya. Pernah dengar kajian kalau arisan emak-emak itu dilarang.
💎Jawab:
Syaikh Ibnu Utsaimin berkata :
“Arisan hukumnya adalah boleh, tidak terlarang. Barangsiapa mengira bahwa arisan termasuk kategori “memberikan pinjaman dengan mengambil manfaat” maka anggapan tersebut adalah keliru, sebab semua anggota arisan akan mendapatkan bagiannya sesuai dengan gilirannya masing-masing”.
(Syarh Riyadhus Shalihin, 1:838)
1⃣4⃣ Halimah
Pinjam dana bantuan KUR (Koperasi Usaha Rakyat) di Bank Konvensional apakah itu termasuk riba ustadz...?
Jazakallah U-Ziz😊
💎Jawab:
Kalau memang ada penambahan nominal dalam pengembalian hutang, dan ada dendanya juga maka ini termasuk riba'.
1⃣5⃣ Eyang Jenni
SubhanAllah ...
Izin bertanya ustadz
Bagaimana jika gaji dari kantor yang memakai/mengirim gaji ke bank ?
Apalagi banknya bukan bank syariah 😭
💎Jawab:
Berarti kondisi seperti ini darurat, cukup ambil atau manfaatkan sebesar nominal gaji saja, untuk bunganya tetep diambil tapi disedekahkan, jangan digunakan.

1 komentar:

  1. ASALAMUALAIKUM WR.WB

    Salam silaturahmi , maksud dan tujuan menulis pengalaman hidup ini semoga dapat membantu dan mejadikan motivasi bagi yang membaca, agar dalam menjalani hidup ini apalagi
    yang dirundung permasalahan atau cobaan dapat mempunyai semangat juang serta usaha dan kerja keras dalam menghadapi nya .AMINN
    Singkat cerita pada tahun 2000 sampai 2010 saya bisa di katakan orang terpandang yang mempunyai kedudukan selalu di hargai orang dan sukses dalam segi usaha dan ekonomi
    hari2 yang saya jalani terasa indah dan tentram terasa seperti tiada hambatan dalam menjalani hidup . apapun yang saya ingin kan terpenuhi bahkan dulu saya memiliki
    rumah dengan nilai milyaran dan mobil sport bahkan dengan keadaan dan situasi itu saya mampu melakukan apapun ,tapi saya lupa akan semua ini bahwa apa yang ada di dunia
    ini semua hanya titipan karena ketika kematian datang dan ajal menjemput dan tiba di dunia kahirat tiada 1 pun yang bisa membantu apa lagi harta kecuali amal dan dan ibadah serta perbuatan kita yg baik .
    Cobaan pun datang di awal 2011 semua nya seperti mimpi , sangat mudah nya allah membalikkan keadaan kepada diri saya usaha yang saya perjuangkan selama ini tiba2 di rundung permasalahan hingga mendekati kebangkrutan
    di tambah banyak hutang yang harus saya bayar akibat kerugian usaha yg saya alami . akhir nya untuk menyelsaikan itu semua saya harus menjual semua aset yang saya miliki sampai hanya tersisa rumah yg saya tempati sekarang.
    astafirullahalzim, di dalam fikiran saya mngkin ini teguran dari allah atas semua perbuatan yang telah saya lakukan lupa akan semua harta yg di dunia ini hanya titipan,lupa akan setiap harta yg di miliki ada hak2 orang lain,lupa akan maha pencipta.
    seiring berjalan semua nya tetap saya jalani meskipun berat dan beban bagi saya dan keluarga untuk menjalani ini semua bahkan untuk mencukupi kebutuhan sehari pun saya
    dan keluarga pada saat itu susah, bahkan semua keluarga dan sahabat ketika tau posisi saya tahu pada saat itu bukan nya membantu malahan menjauh bahkan mencibir saya .

    7 tahun sudah beralalu saat ini alhamdulillah saya sudah mampu bangkit lagi memulai usaha dari nol dengan hasil yang kecil sampai besar semua nya saya syukuri yang penting berkah , semua kesalahan yang saya lakukan di masa lalu
    saya jadikan pelajaran yang sangat beharga agar kedepan saya dapat menjadi yang lebih baik selalu di jalan allah swt dan selalu ingat akan maha pencipta .
    karena yakin la setiap perbuatan dan tingkah laku yang kita buat di dunia ini BAIK dan BURUK pasti akan mendapatkan balasan nya .
    berjuang dan berusaha la serta tumbuhkan rasa semngat pantang menyerah dan yakin lah bahwa allah tidak diam melihat hambanya yang kesusahan apalagi yang selalu berusaha. bagi hamba2 allah selalu ikhtiar perbanyak sedekah dan selalu menjalan perintah allah
    insyallah akan selalu ada jalan kapan pun dan dalam bentun apapun .

    WASALAM .....
    BAGI YANG MAU BERBAGI PENGALAMAN DAN KONSULTASI SILAHKAN EMAIL :ALVINPRAYOGA70@GMAIL.COM

    BalasHapus