Jumat, 23 Juni 2017

Mau Dibawa Kemana Cintamu



OLeh : Irnawati Syamsuir Koto

Alhamdulillah... syukran jazakillah khair neng
Apa kabaaaaar saudari ku yang lagi OL malam ini?
Yang lagi makmal bareng orang" tercinta... selamat menikmati indahnya kebersamaan...
Yang lagi nungguin cintaaaa..... sabar yaaa... cinta akan ada kalau ditemukan
Ngomong ngomong soal Cinta... pa ndak bosan yaa ngomongin cintaaaa terus ?
Apa nggak ada bahan lain untuk diomongin?
Kenapa cinta mulu see?
Nggaaak bosaaan karnaaaa...... *Cinta adalah bagian alami dari emosi manusia, cinta adalah interaksi qalbu yang dirasakan seseorang ketika dia cenderung dan tertarik kepada sesuatu atau kepada seseorang.*
Dapat kita lihat bahwa ```ketika cinta telah bersemi dalam qalbu, maka cinta tersebut akan membawa pengaruh yang luar biasa pada diri seseorang.```
Seseorang akan sering menyebut-nyebut orang yang dicintainya, senantiasa memendam rindu untuk segera melihatnya, ingin selalu berdua, berbunga-bunga ketika dekat dengan orang yang dicintainya, rela berkorban untuk dirinya dan senang dengan pemberiannya walaupun sedikit dan kecil nilainya. Ini adalah sebagian kecil dari pengaruh cinta ketika telah merasuki qalbu seseorang terhadap orang yang dicintainya.
Jadi terkenang masa" jatuh cinta😅
🌸🌸🌸
Inilah cinta… Cinta adalah makanan pokok hati, gizi untuk ruh manusia dan penyejuk pandangannya. Cinta yang membuat seseorang hidup dalam sebuah keinginan yang besar untuk bisa saling dekat, saling memiliki, cinta yang membuat dunia ini bagaikan surga.
Cinta pada hakikatnya merupakan naluri yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya. Tapi kadang manusia menyalahgunakannya. Manusia lebih mencintai dunia ketimbang akhirat-Nya. Sehingga lupa kepada Allah SWT selaku maha pemilik cinta sejati. Dan cinta itu lebih condong kepada keIndahan,kecantikan, rupawan dan kesenangan yang hal hal keduniawian.
Betapa sibuknya manusia mengejar cinta. Betapa berharganya cinta itu bagi mereka. Cinta isteri, cinta anak, cinta atasan, cinta masyarakat, dan cinta begitu banyak orang.
Kenapa begitu? *Karena mereka butuh merasakan kenyamanan hidup. Bagi mereka, betapa nyamannya hidup, bila segala dan siapapun yang ada ada di sekitarnya, merasa mencintai dan menyayanginya. Mereka berpandangan, bahwa dengan dicintai semakin banyak orang, mereka akan semakin aman, semakin merasa tentram, dan semakin bisa menerima uluran kebaikan.*
🌸🌸🌸
Dunia ini begitu indah dan hijau, perhiasan yang selalu dilirik, kemegahan yang senantiasa dikejar.
Tapi tahu kah kita….
Di belakang gemerlap dan keindahannya yang memikat, tersimpan bencana dan penipuan yang besar?
```Lihat.... dan belajarlah dari orang yang telah tenggelam di dalamnya. Dia mengira bahwa dunia ini diciptakan untuknya dan dia diciptakan untuk dunia. Lihat pula kemajuan yang telah diraih oleh negeri-negeri kafir, ternyata semua itu menjadi bumerang dan senjata makan tuan. Untuk mendapatkan pesona dunia tersebut manusia menghabiskan demikian banyak waktu bekerja keras menumpuk harta mengejar kebahagiaan duniawi. Pencinta dunia bahkan tidak atau sedikit saja menyisakan waktunya untuk amal akhirat di sela-sela kesibukan kerjanya atau di waktu luangnya dan dikala ia sehat.```
Mereka bahkan melupakan shalat atau minimal menunda shalat berjamaah karena lebih penting waktu untuk urusan dunia yang lebih jelas terlihat di depan mata mereka. Sebagian bahkan siap korupsi, merampok, mencuri, menganiaya, menipu, memperkosa, membodohi orang lain untuk mendapatkan tiket membeli pesona dunia.
🌸🌸🌸
Sebagian manusia meluangkan demikian banyak waktunya untuk menikmati pesona dunia, bahkan tanpa mau bekerja dengan keras apalagi beribadah kepada pemilik dunia ini, Allah SWT. Merekalah para pemilik harta berlebih yang menggunakannya untuk bersantai dan menikmati fasilitas dunia, termasuk para pemilik waktu yang menggunakannya untuk bermalas-malas di rumahnya yang nyaman, bermaksiat atau menikmati narkoba, termasuk juga para pemilik kekuasaan yang menggunakan kelebihannya untuk mendengar kekaguman orang lain pada dirinya atau memamerkan pengaruhnya atau fisiknya yang indah.
Para pecinta dunia hanya berpikir bahwa tak mungkin Tuhan menciptakan dunia yang sangat sempurna, luas dan lengkap ini kalau tidak untuk dinikmati. Pencinta dunia hanya takjub kepada dunia yang luar biasa ini dan tidak pada akhirat. Mereka lupa peringatan dari Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam:
*“Seandainya dunia itu ada nilainya di sisiAllah Swt bahkan seberat sayap nyamuk sekalipun, tentu Dia tidak akan sudi memberi makan dan minum pada orang kafir meskipun seteguk air.” (HR Tirmidzi, shahih).*
Karena sifatnya yang materi, kasat mata, maka dunia terlihat jelas oleh mata manusia. Keindahan-keindahan dan perhiasan-perhiasan yang melengkapi dunia, lebih mudah dijadikan tolak ukur kebahagiaan oleh manusia. Tentu saja karena manusia juga adalah materi.
*Ada nafsu yang dikaruniakan Allah kepada manusia, yang sebenarnya adalah untuk dikelola, bukan untuk dipuaskan.*
Maka amatlah sukar bagi manusia untuk membandingkan keindahan yang memuaskannya itu dari dunia, dengan sesuatu yang sifatnya immateri, tak terlihat, ghaib, seperti alam akhirat. "Iming-iming" kenikmatan negeri akhirat, bagi orang yang kurang keimanannya, tentu akan sukar ditangkap logikanya. Apa yang sudah ia lihat di dunia, adalah lebih nyata. Manusia-manusia materialis kebanyakan meminta hal-hal berbau logis. Sementara alam akhirat hanya bisa 'disentuh' dengan keyakinan yang tinggi.
🌸🌸🌸
Orang-orang Yang Cinta Dunia, *Cinta dunia adalah meletakkan kesukaan pada hal-hal materi di dalam hati sehingga sukar dilepaskan, ditinggalkan dan dikeluarkan*.
_Sulit bagi orang-orang yang cinta dunia untuk menjadi seorang yang dermawan. Sukar bagi orang-orang yang cinta dunia untuk mendapatkan ketentraman batin._
Tapi orang yang tidak cinta dunia pun bukanlah berarti mereka yang tidak memiliki materi, tidak mempunyai kelebihan fisik materi. Akan tetapi, ia yang memiliki segalanya, kekayaan materi sekaligus juga kekayaan hati yang membuatnya tidak meletakkan segala apa yang ada dalam genggamannya (dunia) di hatinya. Kekayaan tersebut hanya sampai di tangannya, untuk kemudian ia distribusikan kembali kepada orang-orang yang sesungguhnya juga memiliki hak atas hartanya itu. Orang-orang yang cinta dunia, enggan meninggalkan dunia meskipun itu adalah sebuah keniscayaan, sesuatu yang pasti dan harus juga terjadi. Apa yang sudah ada di tangannya, enggan ia lepaskan. Bahkan kalau mungkin, ia harus bisa meraup lebih lagi.
Tak hanya orang-orang yang cinta harta dan tahta, ```mereka yang haus pujian manusiapun adalah tergolong orang-orang yang cinta dunia. Ilmuwan dan cendekiawan yang takabbur, bisa tergolong mereka yang cinta dunia. Cinta dunia membawa orang berpikir pendek. Tak ada rasa syukur darinya terhadap apa-apa yang telah diperolehnya. Seperti meneguk air garam di lautan, yang ada hanyalah rasa haus dan haus yang terus berkelanjutan, tak terpuaskan.```
Sulit bagi orang-oang yang terlanjur terpaut hati pada gemerlap dunia dan telah memperoleh semua kenikmatan dunia, untuk segera meninggalkan kecintaan mereka terhadap dunia. Apalagi mereka yang ghurur telah mendapatkan berbagai manfaat dari banyaknya harta, tingginya kedudukan dan banyaknya pujian. Bagi orang-orang tersebut, sukar melepaskan predikat yang telah disandangnya. Kecuali dengan riyadhah dan kesungguhan yang tinggi disertai keyakinan akan jaminan dari Sang Pemberi Rizki, maka tidak mustahil Allah menurunkan pertolongan-Nya dengan menanamkan keikhlasan hati padanya untuk melepas atribut duniawi itu.
🌸🌸🌸
Dunia dan seisinya adalah amanah Allah. Semua akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah di akhirat. Semakin tinggi jabatan, kedudukan, dan semakin banyak nikmat yang diterima seseorang di dunia, maka semakin berat pula tanggung jawabnya di akhirat.
Karena itu, sangatlah bodoh orang yang siang malam sibuk mengejar dunia demi tujuan" kepuasan dunia semata.
*“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” (QS. Al Qashash :77)*
*Menurut Imam Al-Ghazali, cinta dunia adalah pangkal segala dosa*. Gemerlap dunia seringkali membuat orang tersesat sehingga lupa pada tujuan hidupnya sebagai musafir menuju alam akhirat. Cinta dunia adalah sesuatu yang sangat berbahaya. Rasulullah saw bersabda:
*“Kalau begitu, bergembiralah dan berharaplah memperoleh sesuatu yang melapangkan diri kalian. Demi Allah, bukan kemiskinan yang aku khawatirkan akan menimpa diri kalian. Akan tetapi, aku kahwatir jika dunia ini dibentangkan untuk kalian sebagaimana ia dibentangkan untuk orang-orang sebelum kalian sehingga kalian berlomba sebagaimana mereka berlomba, dan akhirnya kalian hancur sebagaimana mereka hancur.” (Hadits riwayat Muslim (2961) dan al-Bukhari (6425), dan Ibnu Abi ad-Dunya dalam kitab tentang Zuhud hal. 73)*
🌸🌸🌸
*Jika orang sudah cinta dunia, maka akan datang berbagai penyakit hati.* Ada yang menjadi sombong, dengki, serakah dan cenderung melelahkan diri sendiri memikirkan yang tidak ada. Makin cinta pada dunia, akan makin serakah. Bahkan, bisa berbuat keji untuk mendapatkan dunia yang diinginkannya. Pikirannya selalu dunia, pontang-panting siang malam mengejar dunia untuk kepentingan dirinya.
Cinta dunia adalah sumber segala kesalahan karena cinta dunia, sering mengakibatkan seseorang cinta terhadap harta benda dan didalam harta benda terdapat banyak penyakit. Antara lain sifat rakus, tamak, bangga dan angkuh, pamer terhadap yang dimiliki. Dan orang yang cinta dunia akan sibuk mengurus hartanya dan terus berusaha untuk menambahnya, hingga membuatnya lalai dari dzikir kepada Allah SWT.
Melihat rumah orang lain lebih besar langsung merasa iri, melihat suami orang lain lebih ganteng dan kaya langsung merasa kurang, melihat kendaraan rekan kerja lebih oke langsung tak mau kalah. Seperti itulah ciri pecinta dunia yang tidak pernah merasa cukup akan pemberian.
🌸🌸🌸
_Visi hidup para pecinta dunia adalah kesenangan dunia semata_. Inilah yang mereka kejar, tak peduli jika harus melakukan hal-hal yang melanggar ajaran Agama, atau melanggar norma kemanusiaan sekalipun.
Disisi lain ….
```Dikala hati dipenuhi cinta kepada ilahi Rabbi… selayaknya cinta… maka dia akan memberi pengaruh yang sangat besar …..
pengaruh seperti apakah yang akan timbul jika ternyata yang dicintainya adalah kekasih yang Maha Agung? Bagaimanakah kondisi seseorang yang di dalam qalbunya terdapat cinta kepada Allah? Tidak diragukan lagi bahwa pengaruh yang Maha Dahsyat akan timbul disebabkan oleh cinta yang murni kepada Allah. Kita akan menyaksikan bahwa seseorang akan senantiasa menyebut Asma Allah dan senantiasa rindu untuk dekat dengan-Nya.```
Ia akan segera melaksanakan perintah-Nya dan selalu beramal demi mengharap ridha-Nya, benci terhadap sesuatu yang telah dilarang dan diharamkan oleh Allah, senang dan senantiasa bersyukur atas segala karunia-Nya. Ia rela berkorban dengan apapun yang dimilikinya demi cintanya kepada Allah, bersunguh-sungguh dalam beramal dan taat kepada-Nya, serta senantiasa memendam kerinduan yang besar untuk segera melihat-Nya.
*Cinta yang paling bermanfaat, yang paling wajib, yang paling tinggi, dan yang paling mulia adalah cinta kepada Dzat yang telah menjadikan qalbu cinta kepada-Nya dan menjadikan seluruh makhluk memiliki fitrah untuk mengesakanNya.* Ilah adalah Dzat yang dicenderungi oleh qalbu dengan kecintaan, pengagungan, pemuliaan, penghinaan diri sendiri di hadapanNya, ketundukan, dan peribadahan.
🌸🌸🌸
_Seluruh qalbu diciptakan dengan tabiat cinta kepada siapa saja yang memberinya nikmat dan bersikap baik kepadanya. Maka bagaimana dengan Dzat yang seluruh kebaikan berasal dari-Nya? Tidak ada satu nikmatpun yang dirasakan oleh makhluk kecuali berasal dari-Nya_.
Dia yang Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya, Allah Ta’ala berfirman:
*“Dan segala nikmat yang ada padamu (datangnya) dari Allah, kemudian apabila kamu ditimpa kesengsaraan, maka kepada-Nyalah kamu meminta pertolongan.” (QS.An-Nahl:53)*
```Cinta adalah cahaya, barangsiapa kehilangan cinta, dia akan tenggelam dalam lautan kegelapan. Cinta bagaikan obat. Siapa yang tidak memilikinya, hatinya akan tertimpa berbagai penyakit.```
Mesti kita sadari bahwa semua yang ada di dunia ini pastilah akan sirna, termasuk kekayaan, popularitas, juga segala hal lainnya yang ada di dalamnya, cepat atau lambat akan meninggalkan kita.
Harta kekayaan, tak mampu menunda ajal yang datangnya sudah ditetapkan oleh Tuhan. Popularitas pun tak dapat menjadi juru selamat tatkala malaikat maut datang menjemput. Semua yang kita miliki selama ini, tak akan selamanya dapat kita miliki ataupun kita pertahankan.
Siapapun yang selama hidupnya hanya memikirkan dunia, maka kelak akan Allah akan buat dia terletih-letih dalam mengejarnya. Berbeda dengan orang menjadikan akhirat sebagai prioritas utamanya, maka dunia dengan sendirinya akan melayaninya.
Bagi Allah, dunia yang kita singgahi sementara ini hanyalah seperti seonggok bangkai kambing yang cacat, bahkan lebih buruk lagi, mengapa kita menjadi bodoh dengan memperebutkan dan mencintai seonggok bangkai cacat?
```Jabir bin Abdillah ra berkata, “Rasulullah SAW pernah memasuki sebuah pasar yang di kiri-kanannya dipadati manusia. Ketika itu beliau melewati seekor kambing kuper (telinganya kecil) yang telah menjadi bangkai. Lantas Beliau menenteng telinga kambing itu seraya berseru, “Siapakah yang mau membeli kambing ini dengan harga satu dirham?”
Pengunjung pasar menjawab, “Sedikit pun kami tidak menginginkannya“.
Beliau bertanya lagi, “Apakah kalian mau jika anak kambing ini kuberikan cuma-cuma kepada kalian?”
Mereka menjawab, “Demi Allah, kalaupun anak kambing itu hidup, kami tidak akan menerimanya karena cacat, maka bagaimana kami mau menerimanya setelah menjadi bangkai?”
Mendengar hal ini Rasulullah saw bersabda, “Demi Allah, sesungguhnya dunia itu lebih hina dalam pandangan Allah daripada bangkai kambing kuper ini dalam pandangan kalian” (HR. Muslim)```
🌸🌸🌸
*Wahai para Calon Bidadari Surga kemanakah cintamu akan kamu bawa????*
*Kepada Dunia atau kepada Ilahi Rabbi?*
Pilihan ada ditanganmu sendiri.
Demikian dulu dari saya... selanjutnya majelis saya kembalikan ke neng Ella selaku momod malam ini,
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Nuring
Memang cinta selalu datang dan hadir dalam hidup kita, memang cinta yang kekal hanyalah milik Allah, pertanyaannya bolehkah cinta itu dipendam lama ???
Atau cinta itu harus di curahkan??
🌷Jawab :
Curahkanlah cintamu pada yang semestinya, yaitu kepada pemilik Jiwa dan ragamu. Jangan curahkan cinta pada MakhlukNya baik kepada Alam maupun kepada manusia. cintai mereka sekedarnya saja. semua akan ditinggalkan entah malam ini, esok, lusa atau kapan saja. Tak ada daya bagi kita untuk terus memeluknya dalam keabadian. Cinta kepada Ilahi Rabbi akan membawa kita kepada JannahNya hidup dalam keabadian cinta disana.
Wallahu a'lam
0⃣2⃣ Yama
Assalamu'alaikum..
Izin bertanya..
Kiat" apa aja agar kita tidak tenggelam dalam cinta dunia.. ??
Karena setiap orang pasti mencintai dunia..
🌷Jawab :
Jalan yang paling ampuh adalah dengan Menuntut Ilmu agama dan berkumpul dengan orang orang sholeh yang zuhud.
Serta mengingat mati, belajar dari mereka yang telah lebih dulu menghadap ilahi, apa yang mereka bawa ke alam sana? uang ? mobil? emas permata? uang tabungan? deposito? orang2 yang mereka cintai? Rumah mewah? pangkat? jabatan? apa malaikat maut takut mencabut nyawa orang" berpangkat?
meski mereka presiden sekalipun.. atau raja diraja sekalipun.... malaikat maut tidak takut. apalah lagi kita hamba sahayanya Allaah .
Merasa Cukup dengan Apa yang Ada di Tangan.
Seperti nasihat Imam Ali bin Abi Thalib yang telah diuraikan di atas, janganlah meminta di dunia lebih banyak dari yang cukup, dan jangan menuntut darinya lebih dari kebutuhan hidup.
Banyak Bersyukur Demikianlah orang yang bisa mensyukuri nikmat, adalah mereka yang juga merasa cukup dengan apa yang dimilikinya dan tidak bernafsu memiliki segala apa yang belum diraihnya.
Mengambil Pelajaran dari Orang-orang SekitarTak jarang hidayah bersegera datang pada saat seseorang melihat sesuatu di sekitarnya. Biasanya hati tersentuh, kemudian ia mulai berpikir mendalam dan menghayati fenomena tersebut.
```"Celupkanlah jarimu ke dalam lautan. Air yang mengalir dari ujung jarimu, itulah dunia dan seisinya….Air yang ada selebihnya di lautan, itulah akhirat nanti"```
Demikian sedikit dari sekian banyak cara.
Wallahu a'lam
0⃣3⃣ Mitha
Apa bila kita sudah mencintai sepenuh hati terus seorang laki-laki memanfaatkan kecintaan kita dengan bersikap semaunya itu bagaimana, dan supaya tidak terjadi seperti itu adakah caranya ?
🌷Jawab :
ini bahaya yaa kalau sudah sepenuh hati.. cinta untuk Allaah dihati yang mana lagi???
kita hanya punya satu hati looo.....😀
Didalam sebuah hubungan sangat dibutuhkan saling menghargai, saling menyayangi, dan perlu adanya sebuah komunikasi yang baik antar pribadi serta saling keterbukaan.
Dengan komunikasi yang baik, maka segala sesuatu bisa dibicarakan, termasuk hal" yang bisa mengganggu harga diri masing-masing. Ego harus ditekan serendah rendahnya, kalau bisa ke posisi 0 agar masing" kita bisa menerima jika ada kritik dari pasangan.
Jika salah satu pasangan merasa dimanfaatkan, maka seharusnya dibicarakan agar tak terjadi tekanan batin pada salah satunya, karena ini bagai api dalam sekam yang bisa membakar sendi sendi Rumah tangga kalau itu dalam rumah tangga.
Ta'at bukan berarti kita tertindas, patuh bukan berarti kita tak layak dihargai. Bicarakan apapun itu demi kebaikkan bersama.
Laki" tersebut harus menyadari bahwa pasangannya adalah manusia yang layak mendapatkan keadilan.
Wallahu a'lam
0⃣4⃣ Alem
Assalamualaikum, apakah salah mencintai seorang laki"?
Ana ada menyukai seseorang, tapi cuma dipendam saja, apa kah ana sudah buat dosa?
Terus apa yang harus ana lakukan
🌷Jawab :
Tidak salah jika hati mencintai karena itu fitrahnya manusia. Namun daripada menanggung siksa maka alihkan cinta pada hal" yang lebih bermanfaat.
Yang berdosa itu adalah cinta itu melalaikan kita dari Allaah, cinta itu membuat kita berpanjang angan angan.
Jika mencintainya, maka minta lah dia pada sang pemiliknya, yaitu Allaah Rabb alam semesta. jangan dipendam,... ntar jerawatan.. mintalah dia pada pemiliknya.
Jika memang dia yang terbaik untuk kita, maka si ikhwan tersebut akan diberikan untuk kita. namun jika tidak maka kita tak akan dijodohkan walau berapapun besar cinta padanya.
Karena itu pantaskanlah diri agar Allaah memberikan yang pantas juga untuk kita.
Wallahu a'lam
0⃣5⃣ Anna
Assallammualaikum ummi irna..
saya anna mau ijin bertanya..🙈akhir" ini saya galau karena cinta yang tak pasti..
tapi..kenapa ya..saat saya mencoba melupakan..tapi dia pilih semakin mendekatiku..😭apakah saya salah dengan yang ku lakukan..
mohon penjelasannya..
🌷Jawab :
Wadaaau yang lagi galau...
Hubungan yang seperti apakah yang telah dijalani? apakah dalam proses ta'aruf atau pacaran???
Jika pacaran maka itu sebuah kesalahan, namun jika itu dalam proses ta'aruf maka itu adalah ujian dari Allaah seberapa kuatkah keinginan untuk berjuang mendapatkan.
Jadi salah atau tidak itu tergantung proses yang dijalani.
jangan lupa untuk istikharah, selalu libatkan Allaah dalam setiap keputusan.
wallahu a'lam
0⃣6⃣ Chie
Bagaimana mengatasi hati agar tidak mudah baper saat ada yang mendekati kita.
Karena perempuan terkadang mudah tersentuh dengan sedikit perhatian kecil. Serta tidak terperangkap dalam zina hati,
🌷Jawab :
Heee wanita adalah makhluk perasa yang lebih mengedepankan perasaan, kalau mau baper.. baper doong sama Allaah.. kurang apa lagi Allaah sama kita? perhatian seperti apa lagi yang tidak diberikan Allah? sayang seperti apalagi yang kurang dari Allaah?
Baru dikasi senyuman dan dibantu bawain tas aja udah baper sama ikhwan.... Laa Allaah udah ngasi kita wajah yang menarik , dan udah bantuin hidup kita setiap saat malah dicuekin... ðŸ˜°
Udah saatnya kita menundukkan pandangan dan hati agar terselamatkan dari Zina Mata dan hati. Perempuan juga harus berfikir menggunakan logika jangan melulu menggunakan perasaan.
Tapi gunakanlah perasaan sepenuhnya saat menerima apapun dari Allaah agar bisa bersyukur.
Wallahu a'lam
0⃣7⃣ iiN
Assamu'alaikum ummi irna
Bagaimana tips supaya kita cinta sama illahi robbi,,
Kadang melakukan pekerjaan niatnya ikhlas tapi semisal di dapat pujian pun kaya ada rasa bangga begitu, mohon tips nya ummi,
Sukron
🌷Jawab :
'Alaikumussalam Mba Iin
Apapun realisasi rasa cinta seseorang kepada Allah SWT, tetapi kalau sampai bertentangan dengan apa yang telah Rasulullah SAW ajarkan, maka pengungkapan bentuk cinta itu justru tertolak, bahkan malah melahirkan laknat dan siksa dari Allah.
Sebab kedudukan Rasulullah SAW adalah sebagai utusan resmi satu-satunya dari Allah kepada seluruh manusia, bahkan kepada seluruh makhluk hidup yang ada. Maka apa pun yang beliau sampaikan, wajib kita ikuti dengan sepenuh hati. Sebaliknya, apapun yang dilaranganya, tentu saja wajib kita jauhi dari diri kita. Penegasan pernyataan ini disampaikan Allah langsung di dalam Al-Quran Al-Kariem.
Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah pernah menggambarkan sebuah pengibaratan tentang bentuk cinta kepada Allah.
Beliau berkata bahwa cinta kepada Allah itu ibarat pohon dalam hati, akarnya adalah merendahkan diri di hadapan Dzat yang dicintainya, batangnya adalah mengenal nama dan sifat Allah, rantingnya adalah rasa takut kepada Nya, daunnya adalah rasa malu terhadap-Nya, buah yang dihasilkan adalah taat kepadaNya Dan penyiramnya adalah dzikir kepadaNya. Kapanpun jika amalan-amalan tersebut berkurang maka berkurang pulalah mahabbahnya kepada Allah”.
Wallahu a'lam
0⃣8⃣ Mainizar
Saat cinta datang menyapa, terkadang seseorang lupa segalanya, kau lah bulan kaulah bintang kalau bisa di istilah kan🙊, bahkan ada yg smpai melawan orang tua, dengan alasan demi cinta, bagaimana cara menghindari rasa seperti itu??
🌷Jawab :
Cinta seperti itu adalah cinta hawa nafsu yang dikendarai oleh setan laknatullah yang inginkan manusia hancur dan berpecah belah, serta melupakan Allaah. Maukah kita masuk kedalam perangkap setan?
dan berteman dengannya?
kalau mau yaa silakan lanjutkan cintamu, tapi jika tidak maka tariklah diri dari dosa tersebut.
Wallahu a'lam
0⃣9⃣ Mila
Apa bedanya cinta dan kagum, ummu?
🌷Jawab :
Cinta dan kagum itu tentunya berbeda, cinta itu tumbuh pada seseorang yang membuat kita nyaman, diperhatikan, dan rasa lain yang membuat kita senang.
Kagum itu datang pada seseorang yang menurut kita mempunyai kelebihan.
Wallahu a'lam
1⃣0⃣ Adha
Seperti apa bentuk ikhtiar kita untuk menggapai cintanya. Cinta yang dipendam, tapi Bolehkah ikhti'ar dengan orang yang kita idamkan untuk minta dita'arufkan?
Dan bagaimana menjaga hati agar cinta itu tidak salah jatuh cinta, dan pas sesuai porsinya karena sejatinya cinta itu untuk Allah tercinta,
🌷Jawab :
Ikhtiar tentu boleh kita lakukan, mengambil contoh dari Ibunda kita Khadijah RA.
Menjaga hati agar mencinta sesuai porsinya adalah cintai seseorang karena ingin ridhonya Allaah, bukan karena dia, tapi karena Allaah, jika telah kita lakukan hal itu maka keta'atan dan kecintaan kepada Allaah akan lebih utama.
Wallahu a'lam
1⃣1⃣ Rafika
1) Bunda bolehkah jika kita mencari kekayaan sebanyak"nya dengan tujuan untuk mensejahterakan orang" yang membutuhkan seperti fakir miskin, anak yatim piatu, tunawisma dll?
2) Bagaimana caranya menanamkan dalam hati agar selalu ingat akherat?
3) Mencintai sekedarnya orang" di sekitar kita seperti cinta keluarga, saudara, orangtua itu seperti apa implementasinya? Jika orang yang kita cintai meninggal dunia hati jadi terasa hancur dan susah untuk ikhlas,
🌷Jawab :
1. Boleh sangaaat... Orang Islam itu tidak boleh miskin, kemiskinan itu mendekatkan kepada kekafiran. jadi harus banyak uang, apalagi jika uang itu dibelanjakan untuk membantu orang fakir miskin, anak yatim dan orang" yang membutuhkan. Sejatinya harta kita adalah yang telah kita belanjakan untuk jalan Allaah, seperti yang disebut diatas itu contohnya. Yang tidak boleh itu adalah berbangga bangga dengan harta kekayaan hingga sombong dan hilangnya zuhud dari dalam diri.
2. Agar selalu ingat akhirat adalah dengan mengingat mati dan memahami ilmu agama, dengan ilmu agama kita dituntun untuk percaya kepada hari Akhir dan semua peringatan" tentang neraka serta kabar gembira tentang surga.
3. Jika kita memahami bahwa kita ini hanyalah seorang hamba yang boleh ta'at dan patuh serta mencintai hanya karena Allaah. Setiap langkah yang kita langkahkan setiap nafas yang kita hembuskan, semua sudah ada aturan, setiap pertemuan dan perpisahan pun sudah diatur sedemikian rupa oleh Allaah, Allaah yang tau kapan waktu terbaik untuk bersama dan kapan waktu terbaik untuk berpisah, saat ini atau nanti, sama" akan berpisah satu dengan yang lainnya dan itu sudah ketetapan Allaah.
Hanya itu yang perlu kita sadari, jika hal itu mampu kita maknai maka keikhlasan akan ada dihati disaat terjadi perpisahan dalam bentuk apapun dan tentunya juga berdoa kepada Allaah agar diberi kesabaran.
Wallahu a'lam
1⃣2⃣ Nuring
Jadi dari jawaban mam Ir tadi, cinta sama manusia hanya sekedar saja, so bagaimanakah cara kita memanajemen hati untuk bisa tidak melebihi cinta kita kepada Allah, karena kadang cinta manusia tidak berbalas, bagaimana cara menyikapinya mam??? Ada solusi mam??
🌷Jawab :
Karena cinta kepada manusia terkadang bertepuk sebelah tangan, sudah selayaknya kita menyadari bahwa cinta itu berlandaskan karna Allaah, dan balasannya juga akan datang dari Allaah, tidak berharap kepada manusianya itu sendiri, balasan dari Allah itu lebih nikmat dan indah daripada balasan yang datang dari manusia.
Wallahu a'lam
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSiNG STaTeMeNT💎
Sekiranya kita cinta kepada manusia, tak semestinya manusia cinta kepada kita, tetapi sekiranya kita cinta kepada Allah, niscaya cinta Allah tiada penghujungnya.
Sekiranya kita cinta kepada manusia, kita akan cemburu kepada orang yang mencintai orang yang kita cintai, tetapi sekiranya kita cinta kepada Allah, kita akan turut mencintai orang yang melabuhkan cintanya kepada Allah juga.
Selamat melabuhkan cinta kepada yang semestinya .....
Cinta kepada Allaah Adalah cinta yang sejati....
Mohon maaf jika ada salah salah kita ...
Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar