Jumat, 23 Juni 2017

Bahagia Dengan Sedekah



OLeh : Ustadz Meichal K.S

*بسم الله الرحمن الرحيم*
_"Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang faqir; dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini."_
*(محمّد ؛ ٣٨)*
Duhai para Perindu Surga,
Jaminan hidup dan keberkahan masa depan sudah الله gariskan. Ada yang melalui keberkahan melalui prestasi Al-Qur'an, ada juga yang melalui prestasi Dhuha, Qiyamulail, berbakti terhadap orangtua dan Shodaqoh.
"Ada seorang Ikhwah bertanya kepada Murobbinya"
• Ustadz, ada seoarang akhwat yanng ana sukai, beliau teman satu laboratorium ana.
√ Silahkan jika antum sudah siap, di informasikan niat antum ke akhwat tersebut untuk siap dikhitbah dan nikah dengan dia.
Ketika sang ikhwah sudah memberanikan diri berbicara ke akhwat tersebut melalui pesan WA tapi tertolak secara langsung karena sang akhwat ingin melanjutkan study S2 nya.
Sang Murobbi hanya memberikan pesan; *Sabar dan Cintai Al-Qur'an dengan sempurna*.
Singkat kisah, 4 tahun kemudian sang ikhwah bekerja di sebuah perusahaan sampai suatu ketika di hari Jum'at sang ikhwah di pinta bos nya untuk ikut makan bareng dengan teman bisnis bossnya. Tetapi sang ikhwah menolak karena satu jam lagi mendekati Sholat Jum'at. Keesokan harinya sang ikhwah di pindah tugaskan di kantor cabang yang jauh dari rumahnya. Karena dianggap sang ikhwah tidak sesuai, sang ikhwah resign dari kantornya.
Dua pekan kemudian berkeluh kesah semua problem hidupnya dengan murobbinya.
"Sang Murobbi hanya berpesan dan salah satu pesan itu berkaitan infaq shodaqoh". Sang ikhwah menginfaqkan seluruh tabungannya 20 juta ke murobbinya untuk minta di salurkan infaqnya.
Selama 2 bulan sang ikhwah tetap menganggur dan di bulan ketiga sang ikhwah saat setoran hafalan dengan murobbinya ada seorang bapak mengunjungi murobbinya yang sedanng menyimak hafalan binaannya lalu langsung terus terang meminta di ta'aruf antara sang ikhwah dan anak perempuan bapak tersebut.
Singkat kisah sang ikhwah menerima ta'aruf dengan anak perempuan dari bapak tersebut dan anak perempuan itu adalah akhwat yanng dahulu di sukai nya. Ba'da menikah perusahaan yang membuat sang ikhwah resign rupanya perusahaan bapak mertuanya dan sang ikhwah ini di minta memimpin perusahaannya.
Duhai Perindu Surga...
Sang ikhwah itu adalah binaan saya sampai saat ini dan sudah 10 tahun saya bina hidupnya semakin barokah.
Seperti itu lah prestasi amal Shodaqoh. Kita semua di perintahkan untuk semangat bershodaqoh dan ingatlah الله Maha Kaya dan kita adalah makhluk yang lemah dan penuh keterbatasan.
Semua perkara hidup milik الله bukan milik logika kita, maka carilah jalan kebahagiaan dan keberkahan dengan 'Amal Shodaqoh.
_"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya."_
*(Al Imron : 92)*
Perlu di pahami baik-baik, segala kemungkinan الله berikan tanpa kita rencanakan dan tanpa kita fikirkan. Maka raihlah masa depan hidup kita dengan amalan yang terbaik.
🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎TaNYa JaWaB💎
0⃣1⃣ Esa
Manakah yang harus didahulukan dalam bersedekah; keluarga terdekat, tetangga yang fakir miskin atau pembangunan masjid/musholah...?
🌹 Jawab:
Sedekah itu apa yang kita lihat dan apa yang kita dengar. Semua sedekah baik untuk hidup dan masa depan hidup diri kita.
0⃣2⃣ Nina
Apakah dalam bersedekah boleh mengatas namakan orang lain?
Jika bisa, apakah pahala sedekahnya juga terhitung ke kita?
Terima kasih.
🌹Jawab:
Amal yang kita kerjakan semua pahala untuk mereka yang bersedekah dan pahalanya tidak bisa di sampaikan ke orang lain.
0⃣3⃣ Refia
Kalau orang minta uang tapi atas nama masjid atau yayasan atau apalah itu namanya, bisakah dibilang sedekah dan bukannya kalau maksa orang untuk bersedekah tidak boleh ya ustadz?
Lalu jika ada orang berpura-pura jadi pengemis untuk meminta sedekah begitu bagaimana ya ustadz...?
Syukron.
🌹Jawab:
Salurkan sedekah kita untuk mengenyangkan orang lain, mengkayakan orang lain dan mencerdaskan orang lain. Maka saat bersedekah apa kebutuhannya maka berikan sesuai kebutuhan nya.
0⃣4⃣ Nur
Bolehkah kita menyedekahkan orang yang sudah meninggal...?
🌹Jawab:
Boleh saja tetapi pahala untuk yang bersedekah.
0⃣5⃣ Rafika
1. Jika kita ingin wakaf, bolehkah yang kita wakafkan itu atas nama lebih dari 1 orang...?
2. Sedekah itu harus ikhlas tetapi kalau kita menunggu ikhlas tidak sedekah-sedekah, itu bagaimana menurut ustadz...?
3. Bagaimana menghindari rasa riya dan ujub ketika melakukan sedekah...?
4. Jika kita bersedekah ke suatu yayasan ternyata yayasannya itu fiktif, apakah kita masih mendapatkan pahala sedekah...?
Terima kasih ustadz.
🌹Jawab:
1. Boleh
2. Pekerjaan yang kita hadirkan untuk الله baik terpaksa ataupun tidak, tetap bernilai ikhlas
3. Tetap kerjakan, keraguan adalah cara syaithon membuat kita tidak beramal
4. Usahakan bersedekah pada tempat yang berhak
Ada tempat yang baik untuk bersedekah:
1. Anak yatim
2. Para penghafal Al-Qur'an
3. Para ustadz untuk berdakwah
4. Pembangunan masjid
0⃣6⃣ June
Benarkah ustadz sedekah itukan harus dimulai dari orang-orang sekitar atau keluarga terdekat...?
Jadi, kalau keluarga sendiri masih kekurangan tidak perlulah kita sampai bela-belain menafkahkan harta kita untuk orang lain!!!
Mohon pencerahannya.
🌹Jawab:
Jangan kerdilkan nilai sedekah kita, ada banyak tempat yang uang kita ada hak untuk mereka yang membutuhkannya.
0⃣7⃣ iiN
Ustadz boleh tidak kita bersedekah dengan niat ingin mempermudah mendapatkan jodoh. Syukron ustadz.
🌹Jawab:
Sangat di perbolehkan, jodoh datang bisa dari jalan sedekah..
0⃣8⃣ iiN
Ustadz boleh tidak ya kita menshare program tentang sedekah yang di mana ada photo kita, niatnya untuk menunjukkan dan mengajak teman-teman lain buat sedekah. Itu bagaiman ya ustadz...?
Syukron.
🌹Jawab:
Jika bertawasul dalam rangka untuk memotivasi tidak apa-apa.
0⃣9⃣ iNdika
Bagaimana caranya memberitahukan kepada seseorang yang tidak percaya pada sedekah?
🌹Jawab:
Do'akan dan jangan hina atau di hardik sebagai orang munafik orang tersebut.
1⃣0⃣ iiN
Tadi sore ada kejadian seorang bapak-bapak beli obat; “mbak obat tolak miskin” saya jawab sedekah. Bapaknya bilang itu malah buat miskin. Karena saya masih muda, segan kalau mau memberi tau ustadz. Itu bagaimana ya sebaiknya. Syukron.
🌹Jawab:
Kebaikan jangan di tunda, salah amal sholih yang sangat mulia adalah menyampaikan kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar