Jumat, 18 Oktober 2019

SIBUK VS KESEHATAN



OLeH: dr. Merta Arum P.

         💎M a T e R i💎

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum,

Tubuh kita memiliki RITME SIRKADIAN.
Apa itu RITME SIKARDIAN?
RITME SIRKADIAN adalah proses biologis yang berpatokan pada siklus 24 jam atau siklus pagi-malam yang mempengaruhi sistem fungsional tubuh manusia. Jam sirkadian otak mengatur tidur, pola makan, suhu tubuh, produksi hormon, regulasi level glukosa dan insulin, produksi urin, regenerasi sel, dan aktivitas biologis lainnya.

Jadi tubuh kita memiliki waktunya sendiri, kapan saatnya paling fit, kapan butuh istirahat, kapan butuh asupan gula atau kapan saatnya bersemangat karena hormon tertentu sedang berada di puncaknya.

Kesibukan yang berlebihan sampai lupa istirahat atau menunda makan sangat mempengaruhi kesehatan kita.

Misalnya, saat tubuh sudah memerlukan haknya untuk istirahat, namun masih dipaksakan karena kesibukan maka di situlah akan mulai menurunnya daya tahan tubuh, sehingga virus mudah menyerang (6-8 jam adalah kebutuhan tidur orang dewasa).

Contoh lain: Saat sibuk sering lupa minum air mineral maka tubuh bisa kekurangan cairan atau  dehidrasi, padahal kebutuhan air adalah skitar 2 - 2,5 liter/hari (untuk BB ± 50 kg) atau malah sering minum soft drink yang tinggi gula, makanya banyak usia muda dgn kadar gula darah tinggi hingga sakit kencing manis.

Selain itu kadang saat dikejar deadline kita lupa atau telat makan, atau mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak yang menjadi salah satu penyebab dispepsia (sindrom atau kumpulan gejala akibat peningkatan asam lambung: Mual, sebah, nyeri ulu hati dan lain-lain).

Terlebih lagi kebiasaan FASTFOOD atau JUNKFOOD karena kita tidak sempat menyiapkan atau memasak makanan. Kita ketahui beberapa junkfood memiliki asupan nutrisi atau gizi yang tidak seimbang dan juga banyak bahan-bahan tambahan makanan yang belum tentu sehat. Saat banyak cemilan tinggi karbo yang kita konsumsi namun kalori yang kita buang tidak sebanyak kalori yang masuk, maka hati-hatilah, obesitas mengintai.

Kesibukan juga menguras waktu kita hingga tidak sempat olahraga. Dampaknya peredaran darah kurang lancar, metabolisme kurang stabil hingga daya tahan tubuh yang rendah.

Dan yang paling sering, kesibukan bisa merenggut kesehatan jiwa kita, saat pekerjaan menuntut kita untuk tetap maksimal, stres & depresi tidak terelakkan. Coba gunakan skala prioritas, kerjakan sebaik-baiknya tanpa terbebani, dengan ikhlas & bahagia. Refreshing sangat diperlukan, peregangan saat lembur itu lebih baik.

Jadi tetap jagalah kesehatan karena orang yang produktif adalah mereka yang mampu memanage waktu untuk menyelesaikan amanahnya sesuai tingkat prioritas namun tetap memberi hak tubuhnya.

Dan jangan lupa refreshing untuk kesehatan pikiran dan jiwa kita.

Wassalamu'alaikum.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
       💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Mala Hasan ~ Lampung
Apaka kecapekan dapat menyebabkan tensi bisa turun drastis. Meski asupan sudah berusaha di penuhi?

🔷Jawab:
Bisa mba Mala, Saat kelelahan sebenarnya tubuh kita stres dan meningkatkan hormon kortisol serta hormon lain yang mempengaruhi output curah jantung dan tekanan darah, jadi untuk yang punya bakat darah rendah, maka saat kelelahan darahnya bisa drop.

Namun untuk yang ada riwayat darah tinggi hal ini malah membuat rigiditas pembuluh darah meningkat sehingga tekanan darah naik.

0⃣2⃣ Bunda Vina ~  Cianjur
Bu dokter, kalau sakit radang tenggorokan termasuk kurang minum air mineral atau dari virus?

🔷Jawab:
Bisa karena kurang cairan (cuaca panas kurang minum misalnya), saat dehidrasi & radang begini imun menurun lalu virus mudah menyerang hingga bisa terjadi inflamasi tenggorokan disertai infeksi virus (faringitis).

0⃣3⃣ Ridha ~ Bekasi
Jika saya kurang tidur, telat makan & kecapekan saya sering pusing, tengkuk berat dan senda wa melulu.

Mohon arahannya bu dokter bagaimana baiknya. Agar tidak seperti itu dan berulang?

Apa yang salah ya dok? Keluhan seperti ini kira-kira sudah 4 tahunan.

Biasanya saya dipijit dan istrahat dulu baru pulih.

🔷Jawab:
Ubah pola hidup lebih sehat mba,
a) Tidur lebih awal (cukup 6-8 jam).

b) Kurangi makanan yang asam pedas dan niritatif lainnya.

c) Jangan telat makan, atau makan sedikit-sedikit tapi sering.

d) Kelola stres & refreshing (berlibur mungkin).

Tengkuk sakit bisa karena tegang otot saat kelamaan dalam posisi yang sama atau stres pekerjaan.

0⃣4⃣ Han ~ Gresik
Assalamu'alaikum,

Dok, saat sibuk melanda kita kadang bahkan sering mengabaikan tubuh ini, baru nanti setelah sakit baru sadar kalau sehat itu mahal. Kasih Tips dok biar sibuk tapi tetap saja selalu sehat jasmani dan rohani.

🔷Jawab:
Wa'alaikumusalam,

1) Buat skala prioritas & time schedule pekerjaan atau amanah yang kita terima, sehingga tidak beribet & stres sendiri.

2) Beri rehat badan tiap 2 jam walau hanya peregangan atau ubah posisi.

3) Harus makan bila saatnya makan, istirahat bila saatnya istirahat.
Jaga pola makan tetap bergizi & seimbang, jika tidak sempat masak, bisa beli atau gofood tapi perhatikan keseimbngannya.

Buah sayur dan air putih jangan lupa diperbanyak.
Konsumsi suplemen tambahan jika memang dibutuhkan.

4) Jangan bebani pikiran dengan tuntutan pekerjaan.

5) Sempatkan olahraga barang sebentar (zumba atau aerobik lihat di youtube mungkin) atau olahraga yang diminati lainnya.

6) Luangkan waktu weekend untuk sekedar duduk di taman kota dengan orang tersayang atau aktivitas lain yang menyenangkan, seperti lalukan hobi.

7) Selalu ikhlas menjalani hidup.

0⃣5⃣ Nina Fallen ~ Lampung
Alhamdulillah di beri kesempatan bertanya.
Saya tipe yang susah sekali minum, jadi kalau minum paling sukanya minum infused water saja dok dan lebihnya pas makan aja itu pun hanya sedikit, bagaimana menyiasatinya bu dokter biar tubuh tidak kurang cairan lagi?

2. Olahraga yang baik sebaiknya berapa kali dalam seminggu dok?  Kalau kita melakukan olahraga ringan seperti lari atau senam.

Terimakasih Bu dokter atas penjelasannya.

🔷Jawab:
1. Kalau saya menyiasatinya (masing-masing 1 gelas). 

√ Bangun tidur, sudah subuhan atau pas mau masak, pas sarapan, di tempat kerja bawa botol minum yang 750 cc (3 gelas) dari jam 8-14, pas ashar, pas makan malam, sebelum tidur.

Atau bisa 2 jam sekali dibiasakan. Atau minimal pas sebelum shalat 5 waktu ditambah setelah makan pagi, siang dan malam.

2. Sebaiknya rutin ya mba sehari 15 menit aktivitas fisik, seperti maraton (treadmill). Jika sangat sulit membagi waktu minimal 3x seminggu.

Sayapun masih PR dalam olahraga.

0⃣6⃣ iNtan ~ Bekasi
Saya sering sekali minum, kemana-mana wajib bawa air minum tetapi saya selalu buang air kecil (sering sekali).  Apakah itu normal dok?

🔷Jawab:
Normal mba.
Alhamdulillah fungsi ginjal masih baik.
Berapa banyak yang masuk seimbang dengan yang keluar.

0⃣7⃣ Rahmah ~ Cisalak
Bismillah,

Kalau makan malam jam 20.00 wib satu jam kemudian tidur, kira-kira jam 01.00 wib itu badan ini terasa aliran darah naik keatas  sampai dada berdebar-debar, terus saya langsung teriak ALLAHU AKBAR.

Sambil Istighfar langsung seperti biasa dan minum air hangat, sesudah itu biasa saja, seperti tidak ada kejadian apa-apa, padahal seperti orang ditarik nyawanya, ke 5 ujung jari saya satu ruas seperti didalamnya ada cairan darah, disaat ucap Allahu Akbar dengan keras langsung hilang dan sebelum tidur juga baca doa dan dxzikir. Kenapa saya begitu ya dok!
Afwan kepanjangan ceritanya.

🔷Jawab:
Sebaiknya makan malam paling lambat jam 19.00 wib mba supaya ada jeda waktu yang cukup untuk lambung memprosesnya.
Dan setelah makan jangan langsung tidur supaya tidak sakit GERD (asam lambung naik ke dada).

Coba baca dzikir petang, kebut tempat tidur 3x, wudhu sebelum tidur, baca ayat kursi, al ikhlas 3x, al alaq 3x, an nas 3x.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah.
Aamiin.

0⃣8⃣ Kiki ~ Tanjungpinang
Kapan baiknya kita buat cek darah ya dok?
Apakah ada rentang usia atau rentang tiap berapa bulan begitu dok?

Jazakillah dr. Merta.

🔷Jawab:
Untuk umur produktif jika tidak ada keluhan boleh sebulan sekali, jika ada keluhan seperti pusing, sempoyongan, lemas boleh segera cek & kontrol sampai tensi darah normal kembali.

0⃣9⃣ Lina ~ Tanjungsari
Assalamualaikum,

1. Dok bagaimana mengatur pola makan diet yang benar ketika saya hendak berniat untuk menurunkan berat badan jalan 3-4 hari badan malah mulai drop,  panas demam berujung typoid kambuh!

2. Bagaimana cara menurunkan Berat badan dibawah Berat biasanya saya BB dari gadis 50 kepingin turun 5 kg lagi, tapi susah sekali.

Mohon bantuan dokter,
Terimakasih.

🔷Jawab:
Waalaikumsalam mba lina,

1. Saya tidak menyarankan tidak konsumsi karbo, karena tubuh kita pun perlu karbo. Makan tetap 3x sehari, porsi karbo boleh dikurangi. Perbanyak sayur & buah serta air putih supaya imun tidak drop. Kurangi gluten & gula pasir (manis-manis). 

Hindari makanan seperti susu coklat & tinggi lemak lainnya, boleh searching.

2. Disyukuri saja mba, tidak apa-apa semok dikit yang penting sehat & tidak obesitas.

Jangan lupa konsisten olahraga untuk seimbangkan kalori input & output, zumba misalnya atau maraton atau bersepeda.

1⃣0⃣ Elly ~ Lamongan
Assalamualaikum dokter, 

Saya beberapa minggu kemarin hematuria tapi sebelumnya memang pernah hematuria sudah cek urin, rongsen, usg hasilnya normal semua.

Tapi kemudian kambuh lagi saat saya puasa dan kurang minum awalnya memang seperti anyang-anyangen lalu hematuria sampai banyak sekali. Saya tanyakan ke saudara yang Sp. Urologi katanya indikasi ada batu ginjal. Saya sudah minum obat tapi sekarang kalau minum air putih tidak banyak langsung kerasa sekali begitu dok seperti mau anyang-anyangen lagi.

Saya ingin puasa tapi bagaimana ya dok agar tidak dehidrasi dan kambuh lagi?

🔷Jawab:
Saat puasa coba siasati agar tetap cukup konsumsi air (3-4 gelas saat sahur & 4-5 gelas saat berbuaka.

1 gelas bangun tidur,
1 gelas sebelum  makan sahur,
2 gelas setelah sahur,
1 gelas berbuka,
1 gelas stlh magrib,
1 gelas setelah isya',
1-2 gelas sebelum tidur,

🌴Berarti untuk porsi makan sahur lebih sedikit ya dok?

🔷Secukupnya tubuh masing-masing mba. Tiap kebutuhan tubuh masing-masing orang berbeda. Dan mba yang kira-kira bisa menakar.

Kalau saya memang porsi makan nasi cukup 5 suap tapi banyak di sayur & lauk.

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Tips:

1) Buat skala prioritas & time schedule pekerjaan atau amanah yang kita terima, sehingga tidak beribet & stres sendiri.

2) Beri rehat badan tiap 2 jam walau hanya peregangan atau ubah posisi tubuh kita.

3) Harus makan bila saatnya makan, istirahat bila saatnya istirahat.

Jaga pola makan tetap bergizi & seimbang, jika tidak sempat masak, bisa beli atau gofood tapi perhatikan keseimbngannya.

Buah sayur dan air putih jgn lupa diperbanyak.
Konsumsi suplemen tambahan jika memang dibutuhkan.

4) Jangan bebani pikiran dengan tuntutan pekerjaan.

5) Sempatkan olahraga barang sebentar (zumba atau aerobik lihat di youtube mungkin) atau olahraga yang diminati lainnya.

6) Luangkan waktu weekend untuk sekedar duduk di taman kota dengan orang tersayang atau aktivitas lain yang menyenangkan, seperti lalukan hobi.

7) Selalu ikhlas menjalani hidup.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar