Jumat, 18 Oktober 2019

K O N S U L T A S I 🌐🔹(CLaSS iBu HaMiL)



OLeH: TeaM Kesehatan PeRiNDu SuRGA

Jum'at,  30 Agustus 2019
Moderator : Kiki
Notulensi   : Phity
➖➖➖➖➖➖➖➖

0⃣1⃣ Diana ~ Bogor
dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Bagaimana cara mengatasi jam tidur bayi yang selalu terjaga setiap malamnya dok?

Dari bayi newborn sampai usia 7 bulan anak saya tidur malamnya susah sekali dok, biasa tidur jam 2 atau 3 malam.
Apakah hal tersebut berbahaya dok?

Terimakasih sebelumnya.

🍓Jawab:
Pada prinsipnya bayi bisa tidur kapan saja asal cukup waktu tidurnya sekitar 10-12 jam perhari.

Jika terpenuhi berarti tidak ada masalah. Tapi kalau ingin mengatur jadwal tidur tergantung dari aktivitas di rumah sendiri. Jika kita ingin bayi tidur jam 7 malam misalnya. Kita mesti mengkondisikan lingkungan sekitar, jangan berisik, matikan tv dan radio, gelapkan lampu, pura-pura tidur, dan lain-lain.

0⃣2⃣ Widy ~ Purworejo
Rif'atul Amini, S.Gz

Anak saya makannya kok sedikit sekali ya padahal aktif sekali, MPASI pun sudah saya variasi setiap hari, sampai bingung harus gimana lagi biar makan banyak. Saya kasih madu penambah nafsu makanpun sama saja, apa yang harus saya lakukan karena kakak-kakaknya tidak pernah seperti ini. Apakah harus diperiksakan ke dokter?

🍓Jawab:
Usia anak berapa, harus saya tanya detail karena infonya  sedikit ini bunda.

Apakah sudah dibiasakan dengan sufor sehingga anak sudah merasa kenyang duluan. Kalau tidak, saran saya ibu butuh kesabaran extra untuk mencari makanan yang anak sukai, dan tidak bosan mengenalkan variasi makanan. Karena pola makan anak cepat lambat bagaimanapun akan terbentuk sesuai dengan pola makan keluarga sehari hari.

Mungkin suplemen nafsu makannya bisa diganti yang lain seperti ekstrak sayur buah atau curcuma.

0⃣3⃣ Yulis ~ Batam
Rif'atul Amini, S.Gz

Sudah 1 minggu ini anak saya BAB nya keras. Sekarang usia anak saya 7 bulan. Padahal saya buatkan MPASI nya nasi tim dengan sayur brokoli dan wortel. Kadang saya tambahin tahu putih.

Sebelum-sebelumnya tidak pernah BAB keras. Apalagi sampai seperti kerikil ukurannya.
Sudah dikasih pepaya tapi belum bisa BAB seperti biasanya mbak.
Ini kenapa ya. Mohon solusinya!

Terima kasih

🍓Jawab:
Berarti awalnya tidak ya bunda?
Coba konsistensinya diubah bertahap. Usia 6-9 bulan berikan dulu makanan tunggal dan bentuknya lunak (blender lalu saring lagi dengan saringan kawat).

Mungkin saja, konsistensi makanannya masih belum terlalu lembek dan pencernaan anak belum beradaptasi.

0⃣4⃣ Serra - malang
dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Assalamualaikum dokter,

Apakah boleh bayi di berikan alkohol 70% di perut juga punggung ketika panas?

Terima kasih.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Kurang  baik, sebaiknya air hangat saja.

0⃣5⃣ Zahra ~ Boyolali
dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Baby saya umur 15 bulan sedang batuk Dok.
Diberi puyer batuk dan antibiotik.
Sudah berjalan 4 hari meminumnya, saat ini di punggungnya timbul merah-merah, tapi nampak tidak gatal.

√ Pertanyaan saya, Apakah itu ruam?

Saya membaca brosur obat, ada efek samping akan terjadi ruam saat meminum antibiotik tersebut.

Semisal itu ruam apakah harus dihentikan antibiotiknya, padahal kan harus dihabiskan satu botol.
Untuk ruamnya sebaiknya diberi salep atau treatment apa nggih?

Atau bisa menghilang seiring pemberhentian obatnya.

Jazzakumulloh khoiron katsiron.

🍓Jawab:
Mungkin maksudnya alergi. Untuk pastinya memang mesti dilihat secara langsung. Tapi kalau ternyata alergi, biasanya gatal sekali.

Jika tidak, kemungkinan infeksi virus penyebabnya.

🔹Jadi sebaiknya konsul ke dokter ya dok?

🍓Ya benar, untuk pastinya.

0⃣6⃣ Dilla ~ Solo
dr. Barry Army Bakry, Sp.A

Assalamu'alaikum dok,

Anak saya pernah kena broncho pneumonia waktu usia 2,5 bulan lalu sembuh. Nah kemarin waktu diare akut dan dehidrasi sedang (usia 8 bulan), anak diopname dan karena ruangan pakai AC, cuaca kalau dini hari dingin sekali. Broncho pneumonianya kambuh lagi dok, sampai sesek nafasnya bunyi ngik-ngik (mengi).

√ Pertanyaan saya Dok, apakah pneumonia (yang diderita anak saya ini) itu bisa menular?

Kata dokter anak (yang merawat anak saya). Ini hanya broncho pneumonia mbak, ringan seringannya dari pneumonia. Dan memang sekarang istilahnya diganti jadi pneumonia. Apakah benar dok?
Sejujurnya saya masih shock sampai sekarang dengan diagnosa ini.

Karena ada beberapa orang itu ketakutan sama anak saya ini he...he...

Padahal mungkin anak saya yang tertular almarhum Bapak mertua saya (sakit pneumonia, diabetes komplek) dan waktu hamil anak ini. Saya membantu merawat almarhum dan rumah yang ditempati almarhum itu rumah kami. Setelah lahiran pindah ke rumah kami dan setelah itu juga anak sakit. Mungkin banyak faktor yang lain juga.

🍓Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Pneumonia atau bronkopneumonia, adalah penyakit infeksi pada saluran nafas bagian bawah. Penyakit ini bisa menular via udara. Tidak ada hubungan antara pneumonin yang diderita saat kecil dengan sekarang karena ini adalah penyakit infeksi. Jika memang benar saat ini ada pneumonia, dapat diobati sampai tuntas.

^^^_^^^

@Khoirunnisa Y.,S.Si.T.,M.Kes
@Devi Inggerianie, S.ST.,M.Kes
@dr. Barry Army Bakry, Sp.A
@dr. Lilis Kurniah R., M.A.R.S
@dr. Valleria, Sp.OG
@Rif'atul Amini, S.Gz
@drg. Selly Priliana Dewi
@dr. Fendi F.G.,Sp.BS
@dr. Merta Arum Prastika
➖➖➖
🌷bkc🌷

Tidak ada komentar:

Posting Komentar