Jumat, 18 Oktober 2019

MASALAH KESEHATAN PADA BAYI BARU LAHIR, Part 2



OLeH: dr. Barry Army Bakry, Sp.A

         💎M a T e R i💎

Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh.

Apa kabar semua?
Senang sekali bisa diskusi bersama-sama.

Kali ini kita akan membahas lanjutan pembahasan minggu lalu.

🌸MASALAH-MASALAH YANG UMUM TERJADI PADA BAYI BARU LAHIR (Bag. 2 end)

Saat lahir, ada sejumlah kondisi fisik yang biasa terjadi pada newborn atau bayi yang baru lahir di dua minggu pertama kelahirannya. Beberapa kondisi akan hilang dengan sendirinya.

Namun, kalau ada kondisi Si Kecil yang dirasakan serius atau terlihat janggal, maka sebaiknya segera menghubungi dokter anak. Berikut beberapa masalah umum yang bisa terjadi pada bayi baru lahir dan perlu diwaspadai bila menjadi serius.

APA SAJA MASALAH YANG SERING SERING TERJADI PADA BAYI BARU LAHIR?

Simak uraiannya berikut ini!

▪5. Kotoran Pada Mata Bayi Atau Belekan

Tak selamanya mata bayi yang baru lahir bersih. Terkadang, ada juga bayi yang mengeluarkan selaput putih hingga kuning dari ujung matanya. Kotoran mata atau yang biasa disebut belek ini menyebabkan bayi merasa tidak nyaman atau bahkan sulit membuka matanya.

Jika bayi Anda mengalami hal semacam ini, cobalah membersihkan ujung-ujung mata dengan kapas yang dibasahi air hangat. Jangan menggunakan obat tetes mata apapun kecuali dengan arahan dokter.

▪6. Ruam Pada Kulit

Ruam pada kulit adalah hal yang sangat biasa terjadi pada bayi. Hal ini dikarenakan kulit bayi masih sangat sensitif. Ruam bisa diakibatkan oleh suhu yang terlalu panas atau bisa juga karena popok.

Jika bayi Anda mengalami ruam, jangan berikan bedak bayi. Sebagai gantinya, berikan krim anti ruam. Hindari pakaian berlapis dan atur suhu ruangan agar tak terlalu panas.

▪7. Sesak Nafas

Sesak nafas pada bayi ditandai dengan nafas yang terengah-engah dan terkadang bisa sampai membuat wajah terlihat membiru. Sesak nafas seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti tersedak, infeksi, pembesaran kelenjar thymfus dan kelainan pada trakea. Jika kondisi ini terjadi segera kunjungi dokter.

▪8. Kolik

Kolik merupakan kondisi bayi menangis terus menerus. Menurut para ahli, kondisi seperti ini adalah hal yang wajar karena menangis merupakan cara bayi untuk berkomunikasi.

Namun, jika dibiarkan, bayi akan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, jika bayi menangis segera gendong dan dekap. Ubahlah posisi gendong beberapa kali hingga bayi merasa tenang.

▪9. Muntah Atau Gumoh

Muntah atau gumoh terjadi karena bayi terlalu kenyang, tersedak atau adanya lendir pada lambung bayi. Sebenarnya, hal ini adalah hal yang wajar karena klep penutup lambung bayi masih belum terbentuk secara sempurna.

Cara mengatasi bayi yang gumoh adalah  mengatur cara pemberian minum agar tidak masuk udara berlebihan. 

▪10. Demam

Demam pada anak tidak bisa dianggap enteng karena bisa memicu terjadinya kejang. Jika suhu tubuh bayi masih di bawah 37 derajat, memberikan ASI sesering mungkin bisa menjadi solusinya. Namun, jika demam sudah mencapai angka 38 derajat celcius, kompres bayi dengan air hangat.

Catatannya lagi, jangan menyelimuti bayi atau memberikan pakaian berlapis ketika demam. Sebaliknya, berikan pakaian yang tipis dan lembut. Jika tangan dan kaki bayi terasa dingin, pakaikan kaos kaki dan kaos tangan.

▪11. Infeksi Tali Pusar

Tali pusar bayi pasti akan dipotong begitu ia dilahirkan. Alhasil, akan ada luka bekas potongan yang harus terus dirawat hingga kering. Namun, terkadang ada juga bayi yang mengalami infeksi pada tali pusatnya. Tanda infeksi tali pusar yang paling umum adalah ruam, bengkak, berbau menyengat dan terkadang dibarengi dengan keluarnya cairan bening lengket atau nanah.

Jika hal ini terjadi pada bayi anda, segera konsultasikan ke dokter. Selalu jaga kebersihan tangan Anda sebelum merawat tali pusar dan biarkan tali pusar terbuka agar luka cepat kering.

▪12. Diare

Masalah lain yang sering dialami bayi baru lahir adalah diare. Penyebabnya bisa jadi karena alergi susu sapi atau karena infeksi. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, berikan ASI secara berkala tapi terus menerus selama 10 hingga 30 menit. Jika diare tak juga berhenti dan disertai tak mau minum, muntah atau demam, segera konsultasikan ke dokter.

▪13. Sembelit

Selain diare, bayi juga bisa mengalami sembelit. Hal ini bisa diakibatkan oleh pemberian susu formula atau karena pemberian makanan padat pada bayi sebelum waktunya.

Demikian sekelumit masalah pada bayi baru lahir.

Semoga bermanfaat.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
       💎TaNYa JaWaB💎

0⃣1⃣ Nurul Fadlila ~ Bekasi
Assalamu'alaikum dok,

1. Jika bayi konstipasi dan minum sufor, diharuskan bawa ke dokter kalau konstipasinya berapa lama dok, maksimal?

Terus kalau sudah mulai MPASI, normalnya bayi konstipasi itu berapa lama dan kita harus bawa dia ke dokter saat konstipasinya berapa lama?

2. Jika bayi minum sufor dan mulai MPASI, bagaimana caranya agar dia BAB nya normal, Dok? Dan kategori normalnya bagaimana?

Terimakasih.

💊Jawab:
Batasan untuk dibawa ke dokter adalah bila ada kondisi bayi kepingin pup tapi tidak keluar, itu tidak ada batasan hari karena kalau bayi benar-benar mau pup, keluhan rewel dan kesakitan, tidak akan berhenti sampai pup keluar, tapi kalau anaknya tenang-tenang saja, silahkan diobservasi maksimal 1 mingguan.

2. Sebenarnya jika bayi minum dan makan sesuai dengan batas usia, tidak akan terdapat keluhan konstipasi. Kategori normal adalah jika bayi bisa BAB rutin tanpa harus mengedan berlebihan serta BAB nya lunak.

0⃣2⃣ Yuli ~ Jombang
Dok, keponakan saya usia 9 bulan, sejak usia 3 bulan saat pindah ke Bali, matanya selalu berair walau kadang tidak belekan, sama bidan dikasih salep, tapi tetap saja begitu, anaknya juga tidak rewel. Itu kenapa ya, Dok?

Terimakasih.

💊Jawab:
Mata bayi biasanya belekan atau kotoran, biasanya karena muara saluran air mata bayi yang sempit, dan  biasanya terjadi dalam  beberapa minggu saja, tapi kalau masih berlanjut sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dicari tahu masalahnya.

0⃣3⃣ Dinda ~ Parung
Assalamualaikum Dok,

Anak saya baru berusia 21 hari. Nafasnya masih bunyi grok grok grok gitu, dari lahir sampai sekarang dan juga kaget-kagetan.

Sebaiknya saya segera konsul ke dokter anak yang nanganin anak saya dari lahir atau tunggu bulan depan pas kontrol ya Dok?

Terima kasih.
Wassalamualaikum

💊Jawab:
Bunyi grok-grok disebabkan anaknya sensitif terhadap udara dingin dan barang-barang berbulu di sekitar dia, tapi kalau anaknya ada nafas cepat gara-gara itu, sebaiknya dibawa ke dokter untuk diobservasi ya.

0⃣4⃣ Tia ~ Bandung
Assalamualaikum,

1. Adakah efek samping pemakaian clodi?

2. Bahayakah anak usia 1 tahun sudah makan nasi biasa layaknya orang dewasa?

3. Berapakah BB yang ideal buat anak 1 tahun dan cara menaikan BB nya, karena susah naik BB?

4. Bagaimana cara mengobati batuk pada bayi 6-12 bulan?

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

1. Pemakaian popok kain clodi tetap berisiko timbulnya ruam-ruam merah karena iritasi, jadi memang yang terbaik adalah popok kain yang sekali ganti, dan jangan lupa selalu dibersihkan daerah sekitar pantat bayi, jangan hanya mengganti popok saja.

2. Kalau sudah usia 1 tahun memang sudah  bisa makan nasi biasa dengan syarat sebelumnya sudah pada tahap memakan nasi lembek, jika belum sebaiknya bertahap sebelum mencoba nasi  biasa.

3. BB ideal usia 1 tahun sekitar 10 kg.

4. Cara mengobati batuk adalah menghindari udara dingin serta barang-barang berbulu di sekitar bayi.

0⃣5⃣ Annisa ~ Tangerang
1. Apa bener anak lahir premi 32 pekan harus lahir dengan cara SC?

2. Apa ada masalah jika ada premi cuma masuk perinatologi?

3. Anak saya waktu itu sakit panas usia 2 bulan dan ubun-ubunnya tiap sakit panas menonjol, dan suka terjadi muntah-muntah yang banyak sampai keluar hidung, apa itu tanda hidrosefalus?

4. Anak saya makan, minum mau, ngemil kuat tapi badan masih kurus saja karena aktifnya, apa tidak masalah ya dok?

💊Jawab:
1. Jelas benar, intinya usia prematur adalah kondisi belum waktunya lahir, bayi prematur lahir adalah dalam kondisi terpaksa harus dilahirkan karena berbagai macam sebab sehingga jalan keluar lahirnya adalah via operasi.

2. Tergantung dari kondisi bayi individual, untuk itu dokter yang merawat yang lebih paham kondisi bayi saat itu.

3. Tidak.

4. Definisi kurus kalau dibandingkan berat badan dengan usia, bukan cuma dari perawakannya saja, tapi berapa berat dan usianya juga.

0⃣6⃣ Rosi ~ Wonosobo
1. Cara mengatasi bapil bayi usia 2 bulan bagaimana ya?

2. Ciri-ciri orang yang mengalami baby blues itu apa ya Dok?
Bagaimana cara mengatasinya?

3. Bayi 2 bulan apa sudah bisa cek alergi?

Terimakasih

🎗Jawab:
1. Penyebab tersering  biasanya karena sensitif terhadap udara dingin dan debu, jadi perhatikan 2 hal tersebut.

2. Baby blues Adalah kondisi tidak nyaman, sedih pada ibu baru lahir bisa karena faktor psikis maupun efek dari komentar atau bully orang sekitarnya yang berkaitan dengan bayinya.

3. Belum waktunya.

🔹Hal yang harus dilakukan ketika ibu mengalami baby blues apa ya Dok?

Usia berapa dianjurkan untuk cek alergi dok?

💊Selalu berfikir positif, sharing dengan sahabat, suami, mertua, orang tua soal kondisi bayi, jangan sampai ibadah terlupakan.

Usia cek alergi di atas 1 tahun.

0⃣7⃣ Diana ~ Bogor
Dok, anak saya dari usia newborn sampai 7 bulan tidur malamnya susah sekali, biasa begadang, biasa tidur tengah malam sekitar jam 2 sampai jam 3 malam baru tidur, bangunnya siang menjelang mau dzuhur.

Pertanyaannya:
Bagaimana cara mengatasi jam tidur anak dok, jika si anak ini sudah terbiasa sulit tidur pada malam hari.
Berbahayakah untuk si anak dok, jika terus begadang pada malam hari?

Atas jawabannya Saya ucapkan terimakasih.

💊Jawab:
Sebenarnya dari segi lamanya tidur, sudah cukup. Sehingga tidak masalah. Hanya saja waktu tidur yang masih belum benar.

Cara memperbaikinya dengan mengkondisikan bayi untuk istirahat di jam yang kita inginkan.

0⃣8⃣ Nesa ~ Padang
Assalamu'alaikum, Dok..

Anak saya sekarang sudah 14 bulan umurnya dan saat ini sedang demam, itu yang saya ketahui. Badannya panas dari sore menjelang maghrib hingga pagi di bawah jam 10 pagi. Sudah 2 hari dengan hari ini dan hari ini badannya panas tapi tangan dan kakinya dingin ketika saya pegang.

Apakah ini masih gejala demam biasa Dok ?

Mohon penjelasannya ya Dok, terima kasih.

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Jenis dan waktu demam tergantung dari jenis kuman, jadi munculnya demam bisa kapan saja.

Jika setelah diberikan obat demam masih belum ada perbaikan sebaiknya dibawa ke dokter terdekat untuk diobservasi.

0⃣9⃣ Serra ~ Malang
Assalamualaikum,

Apakah obat untuk bayi umur 1 bulan harus habis?

Terima kasih.

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Tergantung jenis obatnya ya.

1⃣0⃣ Serra ~ Malang
Assalamualaikum,

Misal obatnya hufagrib. Bagaimana tuh, apa harus sampai habis diminum?

💊Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Tidak perlu dihabiskan, cukup sampai keluhan hilang.


🌷🌷🌷🔹🔹🔹🌷🌷🌷
💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Demikian pembahasan tentang masalah-masalah yang sering terjadi pada bayi baru lahir, mudah-mudahan bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kekurangan.

▪NASIHAT:
Penting bagi kita untuk mengetahui masalah-masalah apa yang terjadi pada anak kita atau saudara kita yang baru lahir, sehingga kita bisa melakukan preventif dan deteksi masalah sejak dini sehingga bisa segera diatasi.

Wassalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar