Jumat, 18 Oktober 2019

DAKWAH JALAN KAMI



OLeH: Ustadz Syahrawi Munthe

           💘M a T e R i💘

🌸DAKWAH JALAN KAMI


Baca judulnya saja mungkin yang terbayang dalam pikiran adalah jalan atau pekerjaan para ustadz, ulama atau para aktivis dakwah. Tetapi sesunggguhnya dakwah adalah diksi biasa yang melekat dalam sejarah kehidupan.

Sejarah awal kehidupan di masa diutusnya para Nabi, dakwah sudah dijalankan. Mereka menyeru umatnya untuk menyembah Alloh ﷻ dan taat pada-Nya. Esensi dakwah adalah seruan, yaitu kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Alloh ﷻ.

Alloh ﷻ berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya lah kamu akan dikumpulkan."
(QS. 8 : 24)

Seruan yang disampaikan adalah seruan suci, yaitu mengenal Sang Khalik. Seruan yang mencoba mengetuk isi hati manusia, sekalipun pintu hati seseorang hanya bisa terbuka karena Alloh ﷻ. Seruan untuk membuang kesombongan diri untuk tunduk sujud pada-Nya. Seruan yang bahkan bisa mengancam jiwanya sebagaimana dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Rasulullah ﷺ.

JALAN DAKWAH adalah jalan yang tidak 'lazim', karena memang kecenderungan manusia adalah untuk hidup bahagia dan menikmatinya. Sedang kehidupan di jalan dakwah, terlihat rumit dan melelahkan, sehingga sangat sedikit yang mampu bertahan di dalamnya. Bahkan mereka banyak yang hidup sangat bersahaja, dan kadang malah dianggap jalan 'radikal' dan mendapat stigma negatif.

Jika membaca kisah para Nabi dan para sahabat  serta para orang-orang shalih terdahulu, bisa jadi menguras air mata. Ada yang dibakar, digantung, digergaji bahkan dibelah dua badannya. Sungguh sangat mengerikan. Tapi langkah mereka tak mundur sedikitpun. Mereka rela menukar  jiwanya dengan jalan dakwah yang ditempuh. Mereka hanya yakin bahwa mereka akan bertemu dengan Alloh ﷻ dan menempatkannya ditempat terbaik di surga. Bahkan Rasulullah ﷺ sudah menyampaikan berita baik tentang beberapa sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.

Masih relevankah bicara dakwah pada generasi milenial? Apalagi jalan suci ini sering dicap radikal, teroris, dan ekstrim. Belum lagi kecenderungan generasi sekarang, seperti tak suka baca 'sejarah kehidupan' tentang sirah Nabi dan sahabat. Preferesi saat ini sepertinya lebih kepada 'kekinian', sosial media dan 'menikmati' masa muda.

Tapi....
Alloh ﷻ sungguh sangat sayang dengan hamba-Nya. Alloh ﷻ ingin menyemai jalan dakwah ini agar selalu merembes hingga membasahi semua lini kehidupan. Alloh ﷻ telah mentakdirkan orang-orang dan memilih mereka untuk terus melakukan dakwah. Meneruskan tugas para Nabi. Ada dakwah di sektor ekonomi dengan ekonomi syariahnya, di birokrasi dengan reformasinya, di bidang sosial dengan zakat infaq dan sedekah, bidang pendidikan dengan semakin banyaknya lembaga tahfizh, ma'had dan sekolah islam terpadu. Semua ini adalah 'jelmaan' format dakwah yang berubah sesuai perubahan zaman. Tetapi koridornya tetap menyeru kepada Alloh ﷻ dan taat kepada-Nya.

JALAN DAKWAH adalah jalan istimewa, penuh dengan keberkahan. Melanjutkan tugas Nabi dan Rasul. Tugas mulia yang pahalanya hanya dari Alloh ﷻ. Tugasnya meneruskan seruan Alloh ﷻ dan Rasul-Nya. Ia tak memaksa karena tak ada paksaan dalam agama. Ia juga tak menghakimi, apalagi tukang vonis. Urusan hati biarlah Alloh ﷻ yang menentukan. Jika mereka mendengar seruan itu, maka ia akan beruntung, jika tidak maka biar Alloh ﷻ saja yang membalasnya.

لِلَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمُ الْحُسْنَىٰ ۚ وَالَّذِينَ لَمْ يَسْتَجِيبُوا لَهُ لَوْ أَنَّ لَهُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لَافْتَدَوْا بِهِ ۚ أُولَٰئِكَ لَهُمْ سُوءُ الْحِسَابِ وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَبِئْسَ الْمِهَادُ

"Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman."
(QS. 13 : 18)

JALAN DAKWAH adalah jalan kami dan berharap bisa mati di jalannya dan perjumpaan dengan Alloh ﷻ.

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
        💘TaNYa JaWaB💘

0⃣1⃣ Serra ~ Malang
Assalamualaikum, 

Ketika Kita berada di tempat yang belum mengenal baik agama Islam baiknya bagaimana Kita mempertahankan ilmu Kita, keistiqomahan Kita dan lain-lain?

Terima kasih

🔷Jawab:
Wa'alaykumussalam wr.wb.

Baiknya memang kita mencari lingkungan (bi'ah) yang kondusif. Sebab lingkungan ekternal sangat masif mempengaruhi kondisi jiwa dan iman.

Namun, bisa jadi pelecut iman, agar bisa berdakwah, menyampaikan Islam secara indah ke lingkungan, agar terwarnai dengan nilai-nilai Islam. Agar semakin banyak orang shalih, insyaAllah.

0⃣2⃣ Erni ~ Jogja
Assalamualaikum,

Bagaimana caranya mempertahankan visi dan motivasi pernikahan  istiqomah ingin ngepras generasi menuju generasi yang lebih islami untuk anak-anak karena orang tua dan mertua merasa lebih berpengalaman dalam hal mendidik anak dan kakak baik ipar maupun kandung merasa lebih berilmu dalam mendidik anak?

Mohon pencerahannya.

Jazakallah.

🔷Jawab:
Wa'alaykumssalam wr. wb. 

Biasanya kondisi ini 'sering' terjadi jika keluarga kecil, gabung dengan orang tua atau mertua. Jadi apa yang mereka paham tentang agama, seolah paling ngerti, sebab posisi kita sebagai anak.

Tapi jika keluarga kita mandiri dan terpisah, maka kita punya standing position untuk mengajarkan Islam yang lurus kepada anak-anak sebagai generasi penerus.

Wallahu'alam


🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
 💘CLoSSiNG STaTeMeNT💘

Dakwah adalah panggilan jiwa. Panggilan suci bagi yang jiwanya suci dan hanya sanggup dilaksanakan oleh jiwa yang suci.

Dakwah adalah kerja para Nabi dan orang-orang terpilih yang sanggup menanggung beban yang sangat berat tiada tara. Karena itu Alloh ﷻ beri ganjaran yang besar.

Semoga kita termasuk di barisan dakwah tersebut, agar menjadi bagian orang-orang yang berjiwa suci yang siap mengemban amanah mulia dan mendapat ganjaran besar dari Alloh ﷻ.

Semoga...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar