Selasa, 25 Agustus 2020

INDAHNYA BERPUASA BAGI ANAK



OLeH  : Bunda Ifat Latifah

           💎M a T e R i💎

🌷INDAHNYA BERPUASA BAGI ANAK USIA DINI


Ibadah puasa memang diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah Aqil baligh namun puasa juga perlu dikenalkan pada anak agar mereka dapat terbiasa melakukannya.
Bukan materi yang terus ditanamkan akan tetapi lebih kepada praktek, karena anak akan lebih mudah memahami dan mengikuti apa yang dicontohkan.

Ada Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan pemahaman serta kesadaran anak akan kewajiban berpuasa.

◼️1. Ajaklah Anak Untuk Menyambut Bulan Ramadhan, Dengan Begitu Anak Akan Berfikir Dan Bertanya Apa Istimewanya Bulan Ramadhan.

Pada kesempatan ini orang tua dapat memberi pemahaman sedikit demi sedikit tentang bulan Ramadhan serta kewajiban berpuasa.

◼️2. Bangunkan Anak Saat Melaksanakan Sahur.

Membangunkan anak saat dini hari untuk sahur memang tidak mudah. Untuk itu, Orang tua perlu menyajikan makanan sahur yang menarik dan menyenangkan bagi anak.

◼️3. Memberi Semangat Agar Anak Melakukan Puasa Pertama.

Hari pertama berpuasa adalah hari terpanjang untuk anak. Memberinya semangat akan sedikit meringankan mereka. Ajak juga anak untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan agar waktu berpuasa tidak terlalu terasa baginya. Saat anak melewatkan hari pertama puasanya  dengan baik. Berilah pujian, hal itu akan membuat anak ringan melakukan puasa dihari berikutnya.

◼️4. Mengajak Anak Ikut Serta Shalat Tarawih Dan Tadarus.

Beritahu anak bulan puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga. Ikut serta shalat tarawih dan mengisi bulan puasa dengan tadarus akan menambah  anak mengenal suasana bulan ramadhan.

Manfaat puasa bagi anak tidak hanya dalam rangka beribadah, juga menyehatkan. Bahkan, tidak hanya baik untuk kesehatan, berpuasa dapat mengajarkan pada anak berbagai kebaikan dalam hidup yang baik untuk perkembangan sikapnya.

Puasa yang dilakukan selama satu bulan bagi anak-anak yang baru menjalankannya tentu cukup berat. Mengajarkan sikecil sejak dini dapat membuatnya cepat terbiasa berpuasa. Dengan begitu, ia bisa mendapatkan berbagai manfaat puasa yang sangat baik untuk  perkembangannya.

Manfaat puasa bagi anak baik untuk diajarkan sejak dini. Tentunya orang tua harus mengajarkan anak berpuasa secara bertahap sesuai kemampuan fisiknya. Awali saja dengan puasa yang hanya dilakukan sampai waktu Dzuhur terlebih dahulu selama beberapa hari.

Kalau anak sudah merasa kuat, boleh mencoba berpuasa hingga waktu beduk Maghrib. Bisa juga dilatih untuk berpuasa hingga Dzuhur, makan siang terlebih dahulu, lalu melanjutkan puasanya hingga Maghrib.

💎MANFAAT BERPUASA BAGI ANAK-ANAK:

🔹1. Sebagai Ibadah dan Menjaga Kesehatan Anak

🔹2. Anak Lebih Dekat Dengan Yang Maha Kuasa

Manfaat puasa bagi anak yang pertama tentunya adalah membuatnya lebih dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini berkaitan dengan Bulan Ramadan yang penuh dengan berkah dan menawarkan pahala untuk berbagai ibadah atau kebaikan yang kamu  lakukan.

Banyak orang menjadi lebih rajin shalat ke masjid, membaca Al-Qur’an, bersedekah,  hingga melakukan amalan kebaikan lainnya di Bulan Ramadan ini. Kondisi ini tentunya merupakan waktu yang tepat untuk anak belajar kebaikan-kebaikan yang diajarkan oleh Agama Islam.

Selama Bulan Ramadan, ajak dan biasakan anak ke masjid atau mushala untuk menunaikan ibadah wajib maupun sunnah. Hal ini akan membuat anak merasa lebih dekat dengan Tuhannya dan terbiasa berada di masjid atau mushala.

🔹3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Menurut British Nutrition Foundation, puasa memiliki efek yang sangat beragam pada  tubuh. Manfaat puasa ini didapatkan selain karena pola makanan yang terjadwal, berbagai racun didalam tubuh juga ikut terbuang. Hal ini dikarenakan anak tidak makan dan minum selama 12 jam.

Beberapa peneliti menemukan bahwa puasa dapat menurunkan berat badan. Selain itu, puasa juga bisa menurunkan kolesterol darah, trigliserida, dan mengurangi stres. Namun, orang tua harus tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi anak saat puasa.

Pasalnya, anak-anak masih dalam usia pertumbuhan sehingga kebutuhan nutrisinya  harus tercukupi.

Berikan makanan-makanan yang bergizi pada anak saat sahur, dan hindarkan makanan-makanan snack yang kosong gizinya. Berikan kurma kepada anak-anak untuk makanan yang terbaik.

🔹4. Mengajarkan Sabar

Tidak hanya untuk kesehatan fisik tubuh, manfaat puasa bagi anak juga dapat membentuk karakter dan kepribadiannya. Hal ini terutama dalah hal kesabaran.

Salah satu aturan dan puasa yang harus dipenuhi oleh setiap orang adalah menahan diri untuk tidak makan dan minum, mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selama menunggu waktu berbuka inilah anak diajarkan untuk senantiasa bersabar.

🔹5. Lebih Disiplin

Selain mengajarkan  kesabaran, anak juga akan menjadi lebih disiplin. Untuk menjalankan puasa dengan lancar, anak tentunya harus belajar menyesuaikan diri dengan waktu makan,  tidur dan beribadah. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan pada anak untuk berdisiplin dalam melakukan segala aktivitas.

Dengan begitu, aturan-aturan yang diterapkan ketika berpuasa ini dapat membuat anak terbiasa untuk mematuhi peraturan dan hidup lebih teratur serta disiplin.

🔹6. Mengasah Rasa Empati

Bulan Ramadan menjadi moment untuk banyak beribadah, salah satunya bersedekah. Tujuan berpuasa sendiri adalah memahami penderitaan orang yang tak seberuntung kita,  sehingga mereka harus menahan lapar.

Mengembangkan empati sejak dini sangatlah penting. Empati akan mengajarkan anak untuk menghargai, mengekspresikan diri, dan bersosialisasi.

Contohnya: Berinfaq ketika tarawih, memberikan takjil, bersedekah, berzakat.

🔹7. Meningkatkan Rasa Syukur

Manfaat puasa bagi anak lainnya adalah untuk meningkatkan rasa bersyukur. Hal ini karena  setelah seharian berpuasa menahan haus dan lapar, ia akan menemukan berbagai  makanan dan minuman diatas meja ketika waktu berbuka.

Melihat hal ini anak akan merasakan perasaan lega, senang, dan bersyukur atas rezeki  yang diberikan.

🔹8. Mengontrol Emosi

Manfaat puasa memang sangat baik untuk perkembangan kepribadiannya, salah satunya dalam mengontrol emosi dan menahan keinginan. Pasalnya, selain mengendalikan rasa  lapar dan haus, puasa juga mewajibkan anak untuk mengontrol emosinya.

Terutama, menghindari perbuatan buruk, seperti berbohong, marah-marah, memukul teman, atau kenakalan lain yang biasanya dilakukan anak-anak.

Meskipun sulit pada awalnya, anak yang belajar untuk mengontrol diri untuk tidak berbuat nakal selama bulan puasa tentu akan menjadi terbiasa. Dengan begitu, kepribadian anak akan menjadi lebih baik.

Demikian Materi tentang Indahnya Berpuasa Bagi Anak Usia Dini.

Semoga bermanfaat.

Walahu’alambishowab

By. IfatLatifah

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎

0️⃣1️⃣ Gia ~Sulawesi Tenggara
Assalamualaikum bunda...

Bunda, apakah boleh kita menjanjikan sesuatu kepada anak agar dia mau berpuasa? Seperti hadiah misalnya.

Mungkin itu saja, terima kasih bunda.

Wassalamualaikum.

🌸Jawab:
Waalaikumussalam...

Sangat dibolehkan, dan berikanlah hadiah yang bermanfaat, jika tidak ada boleh diberikan pujian dan sanjungan.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣2️⃣ Sulami ~ Sidoarjo
Bismillah,
Mohon solusinya bunda...
Bagaimana menjelaskan pada anak soal puasa adalah kewajiban. Mengingat di sekitar teman-teman sebayanya tidak mau berpuasa?

🌸Jawab:
Jelaskan dengan baik-baik dengan banyak menceritakan sejarah  tentang sahabat yang berpuasa, juga cerita tentang anak-anak  palestina yang kondisi peperangan tapi masih tetap berpuasa.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣3️⃣ Atin ~Pekalongan
Assalamualaikum Bun,

1. Usia berapa sebaiknya anak dikenalkan puasa?

2. Kendala yang utama bagi sebagian ibu adalah rasa tidak tega melihat anak lesu dan terlihat lemah saat puasa. Ada juga yang bingung mengatasi anak yang rewel menahan lapar.
Akhirnya hati lemah, tidak usah puasa tidak apa-apa wong masih anak-anak.

Bagaimana mengatasi perasaan orang tua yang seperti ini Bun?

🌸Jawab:
Waalaikumussalam...

1. Usia sebaiknya anak berpuasa adalah saat anak usia sudah mumayiz yaitu di usia 7 tahun, di saat anak sudah memahami dengan baik.

2. Dalam hal ibadah orang tua harus bisa tega, seperti Rasulullah ﷺ dalam hadistnya menyuruh untuk ibadah ketika anak berusia 7 tahun, jika tidak mau diperbolehkan untuk memukul dengan cara yang baik.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Ibadah puasa bagi anak-anak merupakan tarbiyah yang terbaik dan contoh yang terbaik adalah yang diberikan dari lingkungannya.

Dan dengan berpuasa anak akan mulai belajar untuk bersyukur atas nikmat yang telah Alloh ﷻ berikan, juga merasakan empati terhadap orang tak mampu.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar