Minggu, 14 Juni 2020

MAHKOTA HATI



OLeH : Ustadz Mukhtar Azizi, S.Pd.I

    💎M a T e R i💎

🌸MAHKOTA HATI


Kejujuran (shiddiq) adalah salah satu dari sifat agung Rasulullah Muhammad ﷺ. Kejujuran adalah mahkota kepribadian orang-orang mulia yang telah dijanjikan Alloh ﷻ akan memperoleh limpahan nikmat dari-Nya. Kedudukannya disejajarkan dengan para nabi (al-anbiya) dan dijadikan rujukan untuk menjadi teman dalam meningkatkan kualitas hidup.

“Dan barang siapa taat kepada Allah dan rasul-Nya, maka mereka bersama-sama orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, shadiqin, syuhada, dan orang-orang saleh, dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (QS An-Nisa: 69).

Kejujuran adalah komponen batin yang memantulkan berbagai sikap terpuji yang akan menempatkan orang tersebut pada tempat kemuliaan (maqomam mahmuda). Mereka berani menyatakan sikap secara transparan, terbebas dari segala kepalsuan dan penipuan. Hatinya terbuka dan selalu bertindak lurus dan karenanya mereka memiliki keberanian moral yang sangat kuat.

Seorang sufi terkenal Al-Qusyairi mengatakan, shiddiq adalah orang yang benar dalam semua kata-kata, perbuatan, dan keadaan batinnya. Hati nuraninya menjadi bagian dari kekuatan dirinya. Karena dia sadar bahwa segala hal yang akan mengganggu ketenteraman jiwanya merupakan dosa.

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari An-Nuwas bin Sam’an, dia berkata, “Saya bertanya kepada Rasulullah tentang dosa. Beliau bersabda, “Al-ismu maa haaka fii shodrika wa karihta an-yath tholi’an naasu ‘alaihi (dosa ialah yang merisaukan hatimu dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya).”

Dengan demikian, kejujuran bukanlah datang dari luar, melainkan bisikan hati yang secara terus-menerus mengetuk dan memberikan percikan cahaya Ilahi. Bisikan moral luhur yang didorong gelora cinta kepada Alloh ﷻ (mahabbatu lilllah). Kejujuran bukan sebuah keterpaksaan, melainkan panggilan dari dalam, sebuah keterikatan (aqad, i’tiqad).

Sedangkan, orang yang tidak jujur atau pembohong (kadzib) adalah orang yang menipu dirinya sendiri, menghancurkan atau menghapuskan seluruh nilai-nilai moral yang dimilikinya. Orang yang tidak jujur berarti tipikal manusia yang tega membunuh suara hatinya.

Kita tidak pernah mendengar setan korupsi atau berzina karena setan tidak membutuhkannya. Tugas setan hanya menggoda manusia sehingga manusia yang korup atau berzina itu sesungguhnya lebih sesat dari setan.

Karenanya, jangan beranggapan bahwa korupsi itu budaya atau sebuah lingkaran setan. Justru, mereka yang dalam hatinya masih ada nyala api shiddiq harus berupaya memutuskannya. Harus ada dalam pemikirannya untuk membenci dan memberontak bahwa korupsi dan koruptor itu tidak pantas dihormati.

Koruptor itu lebih buas dari binatang buas. Koruptor itu bukan hanya harus dihukum sebagai proses penjeraan agar kapok, melainkan seharusnya mereka itu dikucilkan secara sosial. Kiranya, setiap pribadi Muslim jangan terstigma berpikir bahwa korupsi itu sudah membudaya. Tidak. Korupsi adalah kebathilan paling mungkar yang dapat diberantas. Dan, itu bisa dilakukan bila ada sifat shiddiq (jujur).

Tujuan utama disyariatkan ibadah pada bulan Ramadhan adalah untuk meningkatkan ketakwaan orang-orang yang beriman, sesuai dengan Alquran surah al-Baqarah ayat 183.

Artinya, ''Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Takwa adalah predikat yang paling mulia di sisi Alloh ﷻ, bekal hidup yang paling baik yang diperlukan oleh setiap manusia agar dapat hidup bahagia di dunia dan di akhirat. "Berbekallah, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa", demikian kutipan arti surah al-Baqarah ayat 197.

Ketika seorang sahabat Rasulullah ﷺ meminta pesan singkat yang akan dijadikan sebagai pegangan hidupnya sehari-hari, Rasulullah ﷺ mewariskannya dengan pesan, "Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada."

Dengan bekal takwa, segala urusan dan problem yang kita hadapi akan teratasi (65: 2).

Krisis multidimensi yang seluruh pakar bingung mengatasinya dapat diselesaikan dengan takwa.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
        💎TaNYa JaWaB💎
       
0️⃣1️⃣ Eriska ~ Pangkal Pinang
Assalamualaikum,

Ustadz, bagaimana kaitan kejujuran dan taqwa, karena aspek ketaqwaan itu sangat luas?

🌷Jawab:
Wa'alaikum salam,

Taqwa yang utuh akan terjaga kejujuran pun terarah dan kokoh.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣2️⃣ Phity ~ Jogja
Assalamu'alaykum...

Ustadz, kalau memiliki murid yang tidak jujur kemudian dinasehati berkali-kali ternyata belum berubah juga bagaimana ya?

🌷Jawab:
Wa'alaikumsalam,

Dengan sabar dan mendo'akan lewat ketegasan dalam bersikap.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣3️⃣ Phity ~ Jogja
Ustadz, bagaimana kalau kita jujur, tapi malah dijauhi dan dirugikan?

🌷Jawab:
Tentu ada kebaikan di dalamnya, bila dirugikan pihak yang melakukannya akan merugi.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣4️⃣ Bestiar ~ Pekanbaru
Assalamualaikum...

Ustadz, orang yang sudah rajin sholat kok masih jahat sama orang lain, mengapa sholatnya tidak membawa kebaikan untuk dirinya juga untuk orang lain? 
Syukron.

🌷Jawab:
Wa'alaikum salam,

Ini hanya shalat tetapi belum sampai memahami isinya hakikat shalat, bila kokoh shalatnya tentu akan terjaga amal shalihnya.

💎Jazakallah khoir, Ustadz.

Interupsi, Ustadz. Berarti bisa dibilang apa dalam setiap solat dia tidak khusu' dan itu hanya sekedar gerak-gerak doang tapi tidak masuk ke hati begitu tidak.  Ustadz, dia belum paham tujuan dia sholat itu sekedar kewajiban atau apa begitu bukan, Ustadz?

🌷Benar... Benar...

💎Apalagi kalau gerakannya cepat sekali ya.

Orang yang rugi dalam sholat... begitu ya, Ustadz?

🌷Ya hanya sekedar shalat.

💎Lalu apa shalatnya pertanda tidak diterima ya, Ustadz?

Shalatnya sia-sia begitu?

🌷Shalat tanpa ilmu menjadi sia-sia.

💎Tidak berdampak sedikitpun untuk akhlaknya, Ustadz?

🌷Tak berefek karena kosong isi shalatnya.

💎Jika baik sholatnya maka baik akhlaknya, begitukah ya?

🌷 Sip... 
Benar sekali.

💎Terus gimana kabarnya orang yang menjalankan solat karena terpaksa selalu dipaksa-paksa biar sholat tapi dia tidak ikhlas dalam menjalaninya ada yang bilang lebih baik dipaksa daripada tidak dan nanti juga bakal terbiasa.

Bahasa Fitri sudah seperti cinta tumbuh karena terbiasa mohon maaf, Ustadz.

🌷Ora opo-opo.
Shalat dikerjakan dengan kelembutan akan masuk ke dalam jiwa dan akhlaqnya menjadi mulia.

💎Masya Allah, oke, haturnuhun, Ustadz.


🌸🌸🌸🌟🌟🌟🌸🌸🌸
 💎CLoSSiNG STaTeMeNT💎

Taqwa terwujud adanya kejujuran akan mengantarkan pada ridho Illahi.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar