Selasa, 25 Agustus 2020

CANTIK ITU UJIAN



OLeH  : Ustadzah Nimas

         💘M a T e R i💘

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

🌸CANTIK ITU UJIAN


Cantik, sudah barang pasti semua orang ingin memiliki kecantikan. Berpenampilan cantik dapat membuat seseorang akan merasa lebih percaya diri dalam menjalani aktivitasnya. Dimanapun, kapanpun dan siapapun ia pasti memiliki hasrat untuk tampil cantik. Memang ada benarnya juga jika dikatakan bahwa tingkat kecantikan seseorang menentukan kemudahan dalam beraktivitas dalam hal ini berhubungan dengan interaksi sesama manusia.

Sangat disayangkan dewasa ini banyak yang salah mengartikan kecantikan. Konsep kecantikan hanya dinilai berdasarkan penampilan fisik semata tanpa menilik kepada yang lainnya. Dimana tampil cantik itu hanya dipandang pada postur tubuh serta keindahan wajah. Padahal, jika dilihat dari kacamata agama, sangat jelas di katakan bahwa cantik bukan hanya persoalan keindahan fisik yang dimiliki tetapi juga dilihat dari hati. Ini berarti bahwa keselarasan antara fisik dan sikap itulah yang dijadikan patokan kecantikan.

Ukhti, kecantikan itu harus terjaga, bukan dibanggakan.
Ukhti kecantikan itu ujian untukmu, bukan kebanggaan. Cantik yang mulia itu yang terjaga kemurniannya dari mata-mata liar.

Alloh ﷻ mengkaruniakanmu kecantikan bukan untuk kau banggakan hingga berujung pada ujub dan sombong. Ada maksud tertentu dan pahamilah itu.
Cantik adalah ujian dari Alloh ﷻ, ujian seberapa kuat kau tawadhu atas kecantikanmu.
Ujian seberapa hebat kau mampu menjaga kemurnian atas kecantikan rupamu.

Jika dipahami dengan benar, maka yang patut disadari bahwa kecantikan merupakan suatu ujian. Memang secara tidak langsung kita tidak bisa menyadarinya. Padahal itulah yang sebenarnya. Karena sering kita menganggap bahwa ujian hanyalah segala hal yang berbanding balik dari keindahan.

Jika cantik itu ujian, untuk siapakah ujian itu ditujukan???
Berbicara mengenai ujian pasti ada kaitannya dengan kepada siapa yang ditujukan atau siapa yang menjalaninya. Kecantikan menjadi ujian tersendiri kepada individu yang memilikinya, dalam hal ini perempuan dan juga terhadap laki-laki.

Bagi perempuan, kecantikan merupakan segalanya. Disinilah letak ujian yang diberikan. Dengan diberikan kelebihan yang sangat indah tersebut, tepatkah dia mempergunakannya. Jangan-jangan dari adanya kecantikan itu, dia melupakan bahwa itu harus dijaga dan diistimewakan.

Selain untuk perempuan, kecantikan seorang wanita juga bagian dari ujian bagi kaum pria. Sebagaimana firman Alloh ﷻ dalam Al Qur'an yang artinya "Katakanlah kepada laki-laki muslim agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (QS. An-Nur:30).

Sebagai manusia biasa, kaum pria juga ingin menikmati keindahan. Cantiknya Wajah dari lawan jenis misalnya. Ketika berhadapan dengan suguhan kecantikan di depan mata, pasti akan hadir di dalam hati keinginan untuk mendapatkannya. Begitu juga dengan keindahan postur tubuh dari wanita. Jika di hadirkan di hadapan mata maka yang terjadi ialah munculnya hasrat untuk bisa menikmatinya.

Selain itu cantik adalah ujian dari Alloh ﷻ, ujian seberapa kuat kau tawadhu atas kecantikanmu.
Ujian seberapa hebat kau mampu menjaga kemurnian atas kecantikan rupamu.
Ujian seberapa bisa kau menjaga kecantikanmu untuk kekasih halalmu saja.
Ujian seberapa banyak engkau bersyukur.
Ujian terberat adalah menjaga izzah dan iffah mu di hadapan banyak lelaki.

Jadi, yang menjadi kesimpulannya adalah Kecantikan itu merupakan ujian, maka berhati-hatilah dalam pemanfaatannya.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

🔷🔷🔷🌟🌟🌟🔷🔷🔷
         💘TaNYa JaWaB💘

0️⃣1️⃣ Safitri ~ Banten
Ustadzah, memang benar yah orang cantik tuh sombong, wajar sih yah sombong emang cantik geh yah, bagaimana Ustadzah?

🌷Jawab:
Tidak benar juga.
Tapi pada umumnya begitu karena itu yang dinamakan cantik itu adalah ujian.

Cantik itu juga bisa menyebarkan yang namanya penyakit ujub tahu kan Ujub?

💎 Ehemmm iya, Ustadzah, ujub itu yang membanggakan diri sendiri iya tidak, Ustadzah?

🌷Benar.

0️⃣2️⃣ Safitri ~ Banten
Lagi Ustadzah, jika kita merasa iri dan minder ihh dia cantik adanya bagus, pinter perawatan, banyak cowok-cowok yang suka apa itu sama saja diri ini tidak mensyukuri apa yang Alloh ﷻ kasih?

🌷Jawab:
Kurang bersyukur mungkin, tetapi sesungguhnya kita itu adalah cantik ketika kita tidak memiliki penyakit hati, jangan pernah iri, jangan pernah minder karena Alloh ﷻ memberikan kelebihan kepada setiap orang pada bagiannya masing-masing.

💎 Masya Allah, alhamdulillah iya Ustadzah.

0️⃣3️⃣ Safitri ~ Banten
Fitri punya teman bisa dibilang partner kerja dulu, dia cantik, Ustadzah, cantik sekali, cantiknya dia itu alami tidak perawatan apa-apa tapi memang benar yah manusia itu tidak ada yang sempurna, dia memiliki fisik yang banyak diinginkan para wanita tapi dia suka sakit-sakitan, Ustadzah, dia punya penyakit dan karena dia cantik, dia banyak dibenci orang-orang, dia pernah bilang kalau dia bisa milih dia juga tidak mau seperti gini percuma cantik juga tapi gini, dia juga tidak ingin seperti begini.

Cowok-cowok banyak sekali yang suka dan ngejar-ngejar tapi sebaliknya cewek-cewek benci sama dia, tidak suka.
Begitu, Ustadzah.

🌷Jawab:
Berarti dia kena penyakit ain, sayang banyak orang yang iri dan dengki dengan kecantikannya sehingga dia sering sakit-sakitan, sebaiknya  dia melakukan ruqyah pada ahlinya dengan mandi sisa air wudhu ibunya, sarankan beliau begitu supaya tidak sering sakit-sakitan, jadilah orang baik sehingga Alloh ﷻ memberikan pahala yang baik kelak.

💎 Ya Allah iya, Ustadzah, yah fitri sudah tidak temenan sama dia lagi, Ustadzah, tidak punya nomor dia lagi pokoknya sudah tidak kontak-kontak dia sampai sekarang.
Terjawab sudah rasa penasaran Fitri.

Alhamdulillah
Terima kasih, Ustadzah

0️⃣4️⃣ Erti ~ Bekasi
Bagaimana dengan fenomena wanita yang berjuang mati-matian untuk memperoleh kecantikannya "beauty is pain", dengan perawatan atau operasi yang berlebihan seperti oplas, sulam alis, eyeless, tanam benang dan lain-lain.

🌷Jawab:
Bismillahirrohmanirrohim, insya Allah itu adalah orang-orang yang kurang bersyukur dan kelak mereka akan dimintai pertanggungjawabannya karena menyulam alis dan merubah bentuk ciptaan Alloh ﷻ termasuk mengikir gigi itu hukumnya haram.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣5️⃣ Nurul ~ Tangsel
Perawatan kecantikan yang seperti apa yang di perbolehkan dalam Islam?

Bagaimana caranya agar kecantikan yang sudah ALLAH anugerahkan tidak menjadi 'Ain bagi kita?

🌷Jawab:
Supaya tidak jadi ain bagi kita maka tawadhulah kepada Alloh ﷻ ketika kita berkaca dan bercermin maka bacalah doa bercermin jangan sombong sehingga membuat orang lain ini dan sakit hati atas perilaku kita perbanyak dzikir dan baca kalimat tammah.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣6️⃣ Tetty ~ Sidoarjo
Bagaimana jika suntik supaya putih, Ustadzah?

🌷Jawab:
Iya itu juga merubah ciptaan Alloh ﷻ.

💎 Innalillahi banyak yang seperti itu.

Jika hanya memakai cream supaya putih wajahnya apakah juga sama, Ustadzah?

🌷Pakai krim tadi tujuannya apa, jadi kembali lagi kepada niat, kalau niatnya untuk mempercantik diri maka nanti masuknya pada tabarruj, mempercantik diri hanya untuk mahram, untuk suami yang boleh tapi kalau untuk umum itu yang tidak diizinkan.

💎 Baik, Ustadzah, insyaAllah paham. Jazakillah khoir.

Berarti semua kembali ke niat yaa, Ustadzah.

Padahal niat itu mudah sekali berubah.

💎Iya..benar itu.

0️⃣7️⃣ Erti ~ Bekasi
Bagaimana jika pada gigi depan yang sudah rusak ditambal, secara kesehatan perlu dan juga untuk estetika atau kecantikan.
Apakah diperkenankan dalam Islam. Juga pada anak yang terlahir dengan bibir sumbing dengan kondisi bibir belah dan hidung melesak ke dalam atau posisi tidak simetris.

🌷Jawab:
Jika bibir sumbing atau gigi berlubang itu menurut jumhur ulama dibolehkan.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

0️⃣8️⃣ Tetty ~ Sidoarjo
Tetty punya teman janda, dia ingin menikah lagi. Apakah tidak boleh jika ingin mempercantik diri?
Bagaimana sebaiknya, Ustadzah?

🌷Jawab:
Ingin menikah lagi boleh, mempercantik diri boleh tapi jangan tabarruj artinya mempercantik diri dengan pakai bedak yang sewajarnya saja itu masih diizinkan tidak masuk dalam katagori tabarruj.

وَ اللّٰهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَّاب

Tidak ada komentar:

Posting Komentar